Add this

03 May 2009

Matematika untuk menciptakan harmoni warna

Easy RGB




Dulu, ketika komputer belum ada atau jamak digunakan, pada arsitek, desainer grafis, pelukis, dan mereka yang berkecimpung dalam dunia “warna” bereksperimen untuk menciptakan warna-warna baru dengan mengoplos cat atau tinta dengna berbagai bahan kimia lainnya. Terbayang, bukan? Betapa lama, mahal, dan beresikonya eksperimen untuk mendapatkan warna baru.

Tapi sekarang, pekerjaan pengoplosan cat dan tinta sudah tidak diperlukan lagi. Para periset warna tersebut dapat memanfaatkan bantuan komputer, mencampurkan kode-kode warna menggunakan software khusus, menampilkannya di layer monitor, meng-generate formulanya, dan mencetaknya jika perlu. Semuanya dapat dilakukan dengan cepat, murah, da hampir tidak beresiko apa-apa.

Tahukah Anda bahwa jutaan warna yang kini dapat ditampilkan di layer monitor kumputer, ponsel atau smartphone, seluruhnnya mengandalkan pencampuran tiga warna utama, yakni merah (red), hijau (green), dan biru (blue), atau disingkat dengan RGB. Bagi para seniman di atas, warna yang ditampilkan di layer monitor haruslah 100% sama bila di cetak di atas kertas, atau digunakan sebagai produk.

Bagaimana mengkalibrasi monitor agar warna yang ditampilkannya sesuai dengan hasil cetakan? Bagaimana warna RGB di monitor di konversi menjadi CMYK (cyan, magenta, yellow, key) di percetakan? Bagaimana menciptaka harmoni warna? Bagaimana menghitung resolusi? Temukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas beserta penjelasan matematisnya pada website EasyRGB.



Bonus Foto










No comments:

Post a Comment