Add this

07 May 2009

Memperkenalkan teknologi Pengenalan Wajah

Dari Muda hingga Tua


Mungkin Anda pernah mengalami kejadian berikut. Suatu ketika Anda bertemu dengan seorang dengan wajah yang familiar. Anda tidak tahu siapa orang itu, tapi rasanya kenal dengan wajahnya. Setelah bercakap-cakap, barulah Anda tahu bahwa dia teman semasa SD dulu.

Kemampuan Anda mengenali dan mengingat wajah seseorang meski lupa namanya inilah yang sekarang diadopsi oleh komputer, dengan istilah Facial Recognition System. Komputer akan mengenali seseorang sejak bayi hingga masa tuanya, dari beberapa elemen khas yang ada pada wajah.

Ingin tahu bagaimana kemajuan yang telah dicapai dalam teknologi ini? SIlahkan buka Website Face.com. Website ini memberikan pelayanan pengenalan wajah dari foto diam seseorang. Aplikasi yang masih dalam tahap alpha ini telah bisa dinikmati oleh pengguna Facebook, dengan nama PhotoFinder.

- - - - - - - - - - - - - - - -



Facial Recognition System adalah Teknologi yang memberikan kecerdasan kepada komputer untuk mengenali wajah seseorang. Sejak kali pertama dikembangkan pada 1960-an, software pengenal wajah telah banyak berkembang. Setiap wajah memiliki kontur khusus yang membedakannya dengan wajah yang lain. Paling tidak ada 80 titik kontur yang dapat diukur dengan software, di antaranya adalah : jarak antara kedua mata, lebar hidung, kedalaman lekuk mata, bentuk tulang pipi, dan panjang rahang. Titik-titik kontur tersebut diukur menggunakan kode numeric, disebut faceprint, yang disimpan dalam database. Pada mulanya, software face recognition mengandalkan foto wajah dua dimensi (2D) untuk dibandingkan atau diidentifikasi dengan foto wajah 2D alinnya dalam database.

No comments:

Post a Comment