Add this

04 June 2009

Memilih dan mencetak sebuah halaman Website

Mudah dan sederhana


West Quoddy Head Lighthouse Lubec Maine

Saat ini mencetak sebuah halaman website, terutama website berita, umumnya memiliki banyak sekali iklan atau gambar yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan berita disajikan. Buat apa kita mesti turut mencetak iklan dan promosi-promosi, sementara yang kita butuhkan hanya teksnya, dan satu dua gambar yang berkaitan dengan berita itu.

Untuk mengakalinya, Anda bisa mencetak apa yang Anda inginkan melalui Print What You like. Pada dasarnya, Print What You Like adalah sebuah website editor bersifat online yang mengizinkan Anda untuk menghilangkan iklan dan ruang kosong, serta mencetak hanya yang diinginkan. Caranya juga sangat mudah, ikuti panduan berikut ini:

1. Buka Website Print What You Like, lalu tuliskan alamat website yang ingin dicetak, dan klik Start.

2. Langkah pertama yang pasti kita lakukan adalah menghilangkan background-nya. Karena background tersebut berwarna hitam, yang bila dicetak tentu akan membuang-buang tinta. Di bagian sebelah kiri layer terdapat panel. Klik Remove Background.

3. Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membuang gambar iklan atau logo yang tidak ingin turut dicetak. Caranya, klik gambarnya hingga warnanya menjadi agak kekuning-kuningan. Setelah itu, di panel klik Remove Imbages.

4. Anda juga bisa menghapus kolom atau tulisan yang tidak ingin dicetak. Caranya arahkan mouse ke kolom itu hingga muncul garis panduan berwarna merah yang mengelilingi bagian yang akan dibuang. Lalu, klik hingga kolomnya berwarna kuning. Setelah itu, di panel klik Remove.

5. Setelah hapus sana-sini, akan tersisa banyaks ekali ruang kosong. Trik berikutnya adalah bagaimana caranya agar ruang kosong itu tidak terbuang dengan percuma. Klik area kosong itu hingga muncul garis panduan merah dan berwarna kuning. Lalu klik Resize

6. Tampilannya akan berubah, kemudian rapatkan area putih itu seperti proses pengecilan gambar.

7. Anda juga bisa melakukan perubahan ukuran font, dan menggunakan Ecofont.
Untuk penggunaan Ecofont, browser Anda minimal harus Firefox 3.1 (beta), Opera 10 (beta), atau Safari 3.1+. Tapi bisa juga dengan cara memasukkan file Ecofont seperti yang tadi sudah dijelaskan di atas.

8. Setelah diutak-atik, halaman tersebut akan seperti yang anda inginkan. Setelah itu, Anda bisa langsung mencetak halaman itu atau menyimpannya dalam format PDF dan HTML.




Bonus Foto













































No comments:

Post a Comment