Add this

12 June 2009

Silsilah Negara-negara di dunia

Implementasi Hukum pada kehidupan Manusia






Bila kita perhatikan, sejarah selalu mencatat dua hal: perang dan pemimpin. Setiap perang pasti dicatat oleh sejarah. Demikian pula pemimpin, meskipun selama masa kepemimpinannya tidak ada perang pun tercatat dalam sejarah. Sebagai makhluk yang berpolitik (zoom politikon, istilah yang dikemukakan oleh Aristoteles berdasarkan pemikiran Plato), manusia selalu membutuhkan pemimpin.

Dalam bentuk pemerintahan apapun, seorang pemimpin memiliki tugas yang sama, yakni mengatur urusan rakyatnya. Pengaturan urusan rakyat inilah yang menjadi definisi asli politik, bukan semata kekuasaan. Kekuasaan hanyalah alat yang digunakan untuk mengatur. Kekuasaan, dalam bentuk pemerintahan apapun termasuk monarki sebenarnya merupakan amanat yang diberikanh oleh rakyat kepada pemimpin untuk mengatur urusan mereka.

Dalam prakteknya, tidak semua pemimpin mendapatkan mandate langsung dari rakyat. Pada Negara yang luas, dengan rakyat yang banyak, amanat untuk menyerahkan mandate kekuasaan dapat diwakilkan pada sekelompok orang (seperti dalam sistem pemerintahan demokrasi) atau manta tersebut diberikan pada sebuah keluarga yang berjasa (seperti pada sistem monarki). Kembali ke topic semula, apapun sistem penyerahan mandate kekuasaan, orang yang menerimanya disebut pemimpin.

Pemimpin ibarat orang tua dalam keluarga. Bila dalam sejarah (silsilah) keluarga patriarki, bapak merupakan tokoh sentral. Tokoh sentral dalam Negara adalah pemimpin. Nah, bila ingin tahu silsilah sebuah Negara, Anda cukup megnetahui siapa saja yang pernah memimpin Negara tersebut. Website Rulers mencatat silsilah Negara-negara yang ada di dunia saat ini.

Silsilah para pemimpin Negara yang disediakan di sini cukup lengkap, bahkan ada yang sampai pada abad ke-16. Indonesia, misalnya, meski merdeka pada tahun 1945, para pemimpin sebelum presiden RI tercatat di website ini. Gubernur Jenderal Hindia Belanda yang memerintah pada 1691 – 1704, Willem Van Outhoorn, tercatat sebagai pemimpin pertama Indonesia (dulunya bernama Hindia Belanda).

Gubernur Jenderal terakhir, Hubertus Johannes Van Mook, tercatat memerintah Indonesia pada masa transisi, yakni 4 September 1944 sampai 15 Oktober 1948. Presiden Soekarno sendiri sejak hari proklamasi Kemerdekaan RI hingga 12 Maret 1967, yang diselingi oleh Sjafruddin Prawiranegara, dan Assaat yang menjabat sebagai presiden sementara.



Bonus Foto

















































Mempermudah akses terhadap removable media, dengan shortcut yang terbentuk otomatis

Desk Drive 1.7.2





Mengakses data dengan cepat, sederhana, dan mudah, menjadi suatu dambaan bagi user secara umum, bahkan termasuk data yang tersimpan pada removable media. Umumnya untuk mengakses cepat terhadap data, user membuat shortcut pada desktop yang mengarah pada drive removable media tersebut.

Namun seringkali kenyataannya, drive removable media tersebut dapat saja berubah, dengan kata lain tidak fix sehingga shortcut yang sebelumnya telah didefinisikan dan ditentukan mengarah pada drive, menjadi tidak berfungsi ataupun tepat sasaran lagi. Namun tidak tertutup kemungkinan drive yang terbentuk saat removable dimasukkan masih memiliki identifikasi drive yang sama. User dapat menggunakan Desk Drive yang dapat memudahkan user, tanpa harus membuat shortcut secara spesifik dan permanen, yang mengarah pada drive removable media.

Aplikasi ini secara otomatis berjalan pada sistem tray, yang mendeteksi adanya aktivitas pembentukan drive baru atas removable media yang ditancapkan pada PC, dan membentuk shortcut pada desktop. Shortcut yang tidak mewakili drive removable media pun secara otomatis akan dihapus, ketika removable medi di-eject dari PC.



Harga : Gratis
Ukuran File : 683 KB
Download : Blue Onion Software

11 June 2009

Mencari Solusi Obesitas dengan Detox

Modern Culture





Gaya hidup modern makanan dan minuman instant berbahan ekstraksi dan mengandung pengawet, rokok dan alcohol, serta lingkugnan berpolusi merupakan musuh bagi kesehatan. Dalam jangka pendek, efek dari gaya hidup modern mungkin tidak begitu kentara. Namun, dalam jangka waktu panjang, berbagai penyakit mulai dari yang ringan sampai yang mematikan sebagian besar timbul akibat kotoran-kotoran yang tertimbun di dalam tubuh selama puluhan tahun.

Obesitas atau kegemukan merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan oleh gaya hidup modern ini. Untungnya, saat ini telah banyak orang yang sadar bahwa gaya hidup modern sebagai imbas dari era industrialiasi yang tidak sehat harus segera ditinggalkan. Mengusung slogan “back to the nature”, mereka mmulai melirik makanan organic yang bebas dari rekayasa, pestisida, dan bahan kimia lainnya.

Mereka berusaha membersihakn racun-racun yang terlanjur masuk ke dalam tubuh, dengan mengkonsumsi makanan-makanan organic. Proses pembuangan racun inilah yang disebut detoxification (biasa disebut detox saja) atau body cleansing. Ingin tahu makanan apa saja yang mendukung proses detox? Arahkan web browser Anda ke website Detox untuk menemukan jawabannya.

Website ini berisi informasi seputar diet detox, metode-metode detox, resep masakan, suplemen herbal, olah raga, dan lain-lain. Selain diet alami, website ini juga menganjurkan puasa sebagai salah satu metode detox yang efektif. Bukanlah selain polusi, gaya hidup modern didonimasi dengan makanan dan minuman? Menahan diri dengan (paling tidak) mengurangi konsumsi diet yang tidak sehat, ternyata memberikan kesempatan bagi metabolisme tubuh menghilangkan racun yang terlanjur masuk ke dalam tubuh.


Tambah Foto




































Proteksi akses file .exe dengan mudah dan cepat

AppLocker 1.1





Pemakaian PC bersama dengan user lainnya tentu akan tidak nyaman, apabila aplikasi-aplikasi khusus di buka ataupun dijalankan sehingga dapat mengakibatkan perubahan pada file kerja ataupun konfigurasi dari aplikasi itu sendiri. Terlebih apabila user tersebut masih anak-anak yang tidak mengerti. Untuk mengatasi atau menghindari hal tersebut, Anda dapat menggunakan aplikasi yang dapat memproteksi akses terhadap aplikasi yang ditetapkan, yaitu AppLocker.

Secara sederhana, aplikasi ini dapat mencegah akses terhadap aplikasi tertentu dengan mudah dan cepat. Anda hanya perlu pasting name file .exe ke dalam aplikasi, namun tidak dapat melakukan pencarian terhadap aplikasi.

Dan juga perlu diketahui bahwa aplikasi ini hanya memproteksi akses terhadap file-file eksekusi atau berekstensi .exe sehingga Anda tidak dapat mengunci penggunaan selain file tersebut, misalnya control panel pada sistem. Namun, aplikasi ini tentunya masih efektif bagi proteksi akses penggunaan browser IE dan Firefox.




Harga : Gratis
Ukuran File : 977 KB
Download : Smart X

10 June 2009

Buku-Buku yang sudah kubaca

Intelektualitas dan gaya hidup


Barangkali bagi kita, ada buku-buku tertentu yang tidak kita sukai. Tetapi dalam setiap buku, sesungguhnya, minimal ada satu hal, satu pelajaran, satu nilai, satu hikmah, satu pengetahuan, dan satu jalan keluar.

Satu hal tersebut adalah manfaat . . . . . . . . !

Membiasakan diri membaca buku berarti membiasakan diri berguru pada sumber-sumber ilmu. Membaca buku berarti berdialog langsung dengan pikiran berbagai penulis buku yang kandungan dan kekayaan ilmu-ilmu-nya bisa kita serap dengan begitu mudahnya. Sehingga kita dapat menambah aktivitas pengembangan diri kita menjadi lebih baik.

Bayangkan, jika kita bisa memaksa diri membaca minimal satu buku dalam seminggu. Maka satu bulan terbaca empat buku, dan setahun 52 buku. Jika konsisten membaca, maka dalam lima tahun kita sudah membaca 260 buku. Jika buku-buku yang kita baca itu topiknya menyangkut bidang yang kita geluti, maka dalam lima tahun kita pasti sudah ahli dalam bidang tersebut.

Nah, bagi anda yang ingin mengenal lebih dekat dengan buku dan manfaat membaca buku, layangkanlah website anda ke Blog Buku yang kubaca. Blog ini menyediakan review berbagai buku yang telah dibaca oleh pembuat blog ini.

Penyajian yang apik dan sederhana pada blog ini, sangat memperjelas makna yang terkandung pada penyajian buku itu sendiri. Informasi dan tulisan yang dituturkan, sangat jelas dan dapat membuat para pengunjung pada blog ini, dapat ikut keranjiangan untuk membaca berbagai buku.

Untuk para internet mania, sayang sekali jika anda tidak meluangkan waktu anda untuk membaca blog ini. Jika anda ingin mengembangkan diri, bacalah buku-buku bagus dimulai dari sini.

09 June 2009

Resensi buku-buku berbahasa Indonesia

Karya Penulis Tanah Air


Ketika berbicara tentang romantisme sejarah, kita kerap terpana dengan kecerdasan generasi terdahulu, sebelum era televisi dan multimedia. Tak perlu jauh-jauh, bandingkan saja kecerdasan yang dimiliki oleh rata-rata generasi kakek kita yang hidup di era pra-kemerdekaan, dengan generasi anak muda gaul saat ini. Mengapa mereka begitu cerdas, padahal sarana pendidikan, kesehatan, dan teknologi pangan yang menopang kebutuhan gizi belum secanggih sekarang?

Membaca adalah jawabannya. Berbeda dengan menonton televisi, membaca bukan hanya menambah wawasan, melainkan juga mampu mengembangkan imajinasi seseorang. Imajinasi sendiri merupakan bentuk kecerdasan yang hanya dimiliki oleh makhluk Tuhan yang bernama manusia. Kebalikannya, berbeda dengan buku, televise dan multimedia justru melemahkan imajinasi.

Malangnya, di AS misalnya, rata-rata dalam sehari setiap orang menghabiskan 4 jam di depan televise, dan hanya 14 menit untuk membaca (baik buku maupun majalah). Lantas, bagaimana pula dengan kebiasaan di Tanah Air? Entahlah, namun biasanya kita tidak lebih baik dari mereka. Nah, bila tidak ingin generasi kita dan selanjutnya terpuruk lebih dalam, satu-satunya cara adalah mengembalikan minat baca sekaligus menyediakan bahan bacaan yang bermutu.

Di mana Anda bisa menemukan bahan bacaan yang bermutu, khususnya di Tanah Air? Website Wisata Buku memberikan jawabannya untuk Anda. Website ini berisi resensi buku-buku yang pernah terbit di Indonesia, baik karya asli penulis Tanah Air maupun hasil terjemahan, komentar, baik terhadap resensi maupun buku yang diresensi di sini. Dari 5.600-an buku yang terdaftar di sini, hampir 600 judul telah diresensi.

Bila Anda memiliki buku yang bagus, dan belum diresensi di sini, tak ada salahnya menawarkan diri untuk membantu tim redaksi. Kontribusi Anda akan sangat membantu pengelola website ini untuk menyebarkan virus gemar membaca pada masyarakat Indonesia. Ingin berubah? Mulailah dengan membaca. Jika tidak, jangan salahkan Tuhan yang sudah memerintahkan kita untuk membaca. Bacalah !

Penerapan filter dan penggantian wallpaper secara otomatis

WallShuffler 2.8.3






Penggantian wallpaper secara manual sudah biasa ditemui oleh user, dan beberapa hari Anda sudah bosan melakukan hal tersebut. Tentunya user menginginkan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk pergantian wallpaper adalah Wall Shuffler.

Aplikasi ini memberikan kenyamanan dan cara baru dalam melakukan penggantian wallpaper desktop Anda. Secara otomatis wallpaper akan berganti/update tiap kali Windows Anda startup atau autochange berdasarkan interval waktu tertentu. Namun tak tertutup kemungkinan bagi Anda untuk dapat meng-update-nya secara manual melalui system tray. Anda dapat menambahkan berbagai efek/filter gambar pada wallpaper Anda tanpa mempengaruhi gambar aslinya, antara lain efek adjustment, blur color, distortion, edge, enhance dan lain sebagainya.

Setiap gambar dapat diterapkan filter yang berbeda. Format file gambar yang didukung oleh Wall Shuffler, antara lain bitmap dan jpeg. ANda hanya perlu mengarahkan folder yang berisikan gambar ataupun drag and drop dari Windows Explorer ke dalam interface Wallshuffler. Aplikasi ini juga mendukung penambahan plugin yang berukuran kecil dan dapat diperoleh dengan mudah, dengan men-download-nya.



Harga : Gratis
Ukuran File : 961 KB
Download : Vistanita

08 June 2009

Menampilkan foto dan video tentang sungai gletser secara real time

Bongkahan es akumulasi endapan salju





Anda pernah menonton fim “An Inconvenient Truth” yang ditulis oleh mantan Wapres AS, Al Gore? Dalam film documenter tersebut diperlihatkan bagaimana daratan di Bumi yang selama ini berwarna putih karena tertutup es, berubah menjadi coklat (tanah) dan hijau (tumbuhan).

Tunggu dulu, ini bukan penghijauan lahan es, melainkan gambaran berapa cepatnya es mencair, berubah menjadi sungai gletser, dan mengalirkan airnya ke laut. Munculnya sungai-sungai gletser ini merupakan dampak pemanasan global, yang ditandai dengan meningkatnya suhu bumi dan perubahan iklim

Untuk meyakinkan orang-orang bahwa mencairnya es di kedua kutub Bumi bukanlah isapan jempol, website Extreme Ice Survey menampilkan foto, dan video real time gletser dari 27 lokasi es di bumi. Ingin melihat bagaimana es-es mencari dan berubah menjadi sungai secara real time? Layangkan web browser Anda ke website ini.


Foto tambahan























































Mempermudah proses diagnostic Windows

BGInfo 4.15






Untuk mengetahui informasi system, tentunya user perlu menggunakan tool diagnostic Windows. Tentunya terbersit dalam benak, Anda menginginkan adanya tool yang mempermudah memperoleh informasi, tanpa mengusahakannya melalui proses berbagai tool diagnostic yang ada. Bagi user yang tiap kali harus mendapati informasi sistem PC dan melakukan rutinitas penggunaan diagnostic tool tersebut, pasti akan merasa kesulitan dan lelah, terlebih apabila me-manage banyak komputer. Sebagai usaha mengatasi kesulitan tersebut, user dapat mencoba aplikasi BGInfo.

Aplikasi inilah yang dapat memudahkan Anda melihat informasi sistem dan meletakkannya pada desktop, sehingga setiap saat informasi dapat mudah diperoleh dan dilihat. Pada aplikasi ini, Anda dapat menentukan warna background, konfigurasi font, seleksi item yang disertakan, dan seleksi posisi desktop pada layar.

Sebagai info tambahan yang perlu diketahui, BG Info juga mendukung export data ke sebuah database source pada network sehingga memampukan Anda untuk mengkonsolidasi sistem informasi yang berasal dari beberapa mesin yang mengarah pada sebuah single source.



Harga : Gratis
Ukuran File : 386 KB
Download : Download sys internals

07 June 2009

Mencari titik antipodal Kota Anda dengan GIS

Bola Dunia





Sewaktu kecil, ketika kali pertama mengetahui bahwa Bumi ini bulat, pernahkah Anda bertanya, Negara mana yang terletak persis di bawah Indonesia? Jawaban atas pertanyaa ini dapat dengan mudah Anda temukan dengan memutar bola globe saat pelajaran geografi di sekolah.

Bila pikiran iseng itu kembali muncul saat ini, Anda tidak perlu lagi bola globe untuk melihat wilayah yang saling membelakangi di Bumi ini. Anda cukup membuka website Antipode Map.com, dan menemukan titik antipodal di seluruh belahan dunia.

Website ini menggunakan Google Map untuk menampilkan bola dunia dalam format peta (map), foto satelit (satellite) atau gabungan keduanya (hybrid). Titik antipodal Jakarta terletak di antara Medelin dan Bogota di Colombia. Sementara Indonesia sendiri memiliki titik antipodal yang membentang dari laut Ekuador hingga laut Guyana, melintasi enam Negara Amerika Tengah.


Halo, untuk tambahannya,” silahkan menikmati foto-foto di bawah ini !





























Mengganti ekstensi file secara simultan dengan mudah dan sederhana

AnalogX Extension Changer 1.0







Terdapat berbagai alasan penggantian atau perubahan ekstensi sebuah file, salah satunya untuk perbaikan kesalahan pemilihan ekstensi file yang disimpan sehingga dapat berdampak terhadap pembacaan file tersebut oleh aplikasi tertentu, misalnya tidak dapat dikenali ataupun terbaca.

Penggantian ekstensi file masih mudah dikerjakan, apabila masih dalam jumlah sedikit. Namun akan berbeda apabila jumlahnya tergolong banyak. Akan lebih baik tentunya, apabila dapat dipermudah dengan mengotomatisasikan proses penggantian ekstensi secara bersamaan, melalui penggunaan aplikasi AnalogX Extension Changer.

Aplikasi ini melakukan perubahan ekstensi tanpa mengubah format file itu sendiri. Anda dapat mengubah ekstensi sebuah file ataupun memproses secara keseluruhan bagi folder dan subdirektori. Aplikasi ini pun dapat di integrasi dengan menu right click Windows Explorer sehingga melalui drag and drop lebih memudahkan user dalam pemilihan file.





Harga : Gratis
Ukuran File : 432 KB
Download : Analog X