Add this

20 June 2009

Mendengarkan Radio Live dari web browser Anda

Dari kota Gudeg merambah Dunia




Kangen dengan kampung halaman di Yogyakarta, namun Anda belum bisa pulang? Tak perlu bersedih, coba buka website Jogja Streamers, siapa tahu bisa sedikit meringankan rasa rindu Anda dengan mendengarkan siaran radio Yogya dari Internet. Website ini menyediakan layanan streaming untuk setasiun-stasiun radio FM di Yogyakarta, dan sekitarnya.

Sampai tulisan ini dibuat, sudah delapan stasiun radio yang siarannya bisa dinikmati secara live dari web browser Anda, cukup dengan mengklik nama radio pada halaman index. Siaran beberapa radio dari kota gudeg ini sekarang bisa diakses dari manapun di dunia. Namun jangan lupa untuk menyiapkan bandwidth yang cukup agar suara yang anda dengar tidak terputus.

Bagaimana, rasa rindu terhadap kampung halaman atau kota tempat Anda menempuh pendidikan sudah agak sedikit terobati, bukan? Selanjutnya, kita menantikan radio-radio dari kota lain ikut memperluas siarannya melalui Internet. Hmm, bila semua radio sudah menyediakan jasa ini, masih perlukah stasiun relay di kota-kota lain?





- - - - - - - - - - - -




Bandwidth. Lebar kapasitas jalur data. Kemampuan maksimum hardware untuk menyalurkan informasi dalam satuan bit untuk jalur lebar digital, dan Hertz untuk jalaur lebar analog. Istilah bandwidth juga dapat diartikan sebagai lebar frekuensi antara batas teratas dan terbawah dari sebuah frekuensi gelombang transmisi. Dalam Internet, bandwidth biasanya dihitung berdasarkan jumlah bit data yang dapat diangkut dalam satu detik (bits per second).


Streaming. Teknologi yang mampu mengkomprei atau menyusutkan ukuran file audio dan video agar mudah ditransfer melalui jaringan internet. Pentransferan file audio dan video tersebut dilakukan secara “stream”, alias terus menerus. Dari sudut pandang prosesnya, streaming berarti sebuah teknologi pengiriman file dari server ke client







Foto Tambahan


































19 June 2009

Database perundang-undangan di Indonesia

Informasi Hukum



Indonesian flag



Sebagai Negara yang didirikan atas dasar hokum (rechstaat), segala aktivitas Negara selalu berdasarkan perundang-undangan. Undang-undang selalu mengikuti perkembangan dinamika kehidupan. Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) misalnya, hadir menjawab tantangan dan perkembangan teknologi informasi di tanah air.

Setiap warga Negara yang sadar dan taat pada hukum, selayaknya ikut mengetahui perkembangan hokum dan perundang-undangan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda cukup mengunjungi website Legalitas. Berbeda dengan kebanyakan website hokum lainnya, website ini tidak memberikan konsultasi/nasihat hukum, melainkan menyediakan informasi yang berkaitan dengan peraturan perundang-undangan.


Posting menarik lainnya
Membuat aplikasi anda menjadi portabel
Menggerakkan pointer mouse dengan wajah
Mengatur Kinerja Komputer Anda dengan suara
Menampilkan Peta Dunia secara Offline


Anda bisa mengakses database peraturan perundang-undangan, artikel, maupun informasi perkembangan pembahasan rancangan peraturan perundang-undangan. Anda dapat men-download dan menggunakan file yang terdapat pada website ini secara gratis, sepanjang untuk keperluan pribadi dan pengembangan ilmu hukum.



Tambahan foto





































18 June 2009

Menambah khasanah Ilmu Kedokteran bagi para Dokter dan calon dokter

Penerapan solusi yang baik






Ilmu kedokteran merupakan cabang dari ilmu kesehatan. Ilmu ini mempelajari tentang cara mempertahankan kesehatan manusia dan mengembalikan manusia pada keadaan sehat dengan memberikan pengobatan pada penyakit dan cedera. Ilmu ini meliputi pengetahuan tentang sistem tubuh manusia dan penyakit serta pengobatannya, dan penerapan dari pengetahuan tersebut.

Praktek kedokteran dilakukan oleh para professional kedokteran – lazimnya dokter dan kelompok profesi kedokteran lainnya yang meliputi perawat atau ahli farmasi.

Seperti yang kita ketahui, pada setiap praktek kerja seringkali kita sangat memerlukan suatu panduan atau bahan tambahan untuk lebih mengasah dan menambah formalin khasanah kita, untuk bisa melakukan praktek kerja yang lebih baik.

Solusi bagi para dokter dan calon dokter yang bisa saya berikan disini adalah Blog Buku-buku kedokteran. Blog ini berisi tentang review buku-buku yang bisa dijadikan modal tambahan untuk praktek kedokteran.

Kategori posting review buku yang penulis tampilkan pun cukup beragam, dari Anatomi, Dermatologi, Diagnostik, Orthopedi sampai dengan psikiatri serta banyak lagi.

Memang semua buku-buku yang direview disini hanyalah berasal dari satu bahasa yaitu, Bahasa Inggris. Akan tetapi apabila anda ingin mencoba untuk melihat lebih dekat, mungkin blog ini bisa menjadi bahan acuan anda untuk lebih belajar mengenai Bahasa Inggris untuk kedokteran.



Foto tambahan




































17 June 2009

Mengatur tampilan menu pada Windows Explorer

Cara Efektif





Banyak item menu pada Windows Explorer, terutama yang jarang penggunaannya, hanya dapat memenuhi menu dan memperlambat user dalam pemilihan item. Anda dapat mendisable ataupun meng enable item tersebut melalui software freeware, yaitu ShellMenuView yang efektif dalam mengatur tampilan item menu.

Windowns Explorer menampilkan berbagai item menu yang mungkin saja dibutuhkan oleh penggunanya, saat melakukan penyeleksian file/folder. Item menu yang cukup bansyak dapat menyulitkan dalam pemilihan item menu yang memang benar-benar sering digunakan, karena mungkin saja harus melakukan scrolling mouse.

Item menu tersebut dapat bertambah sering dengan penambahan instalasi software. Untuk pengaturan item menu teresebut, Anda dapat menggunakan ShellMenuView, yang tentunya efektif untuk menampilkan ataupun menyembunyikan item yang tidak diperlukan.

ShellMenu View hanya dapat berjalan pada Windows 2000 dan XP. Pada Windows 98, Shell Menu View dapat berjalan, namun tidak dapat melakukan enable / disable. Dengan kata lain hanya menampilkan saja, karena untuk dapat mengaktifkan fitur enable / disable memerlukan registry key LegacyDiable, dan buruknya tidak didukung oleh Windows 98. Sebelum melakukan instalasi, terlebih dahulu Anda perlu men-download ShellMenuView 1.04 di Nirsoft, dengan ukuran file 34 KB





  1. Sama halnya dengan DriverView, ShellMenuView hanya perlu di download dan diekstrak pada folder yang telah ditentukan, serta tidak perlu dilakukan instalasi apapun. Langsung saja jalankan file shmnview.exe sehingga tampilan jendela utama. Pada jendela tersebutlah, ditampilkan keseluruhan item menu yang ditampilkan saat iklik kanan sebuah file/folder di Windows Eksplorer, tergantung pada jenis file-nya. Salah satunya adalah file eksekusi. Anda dapat melakukan disable / enable menu item yang tidak dan pilih disable / enable. Misalnya item menu run as.



  2. Informasi detail mengenai item menu dapat dilihat dengan mengklik kanan item, pilih Properties. Anda juga dapat mengatur kolom yang ditampilkan dalam jendela utama SHellMenuView, dengan mengklik kanan salah satu item. Pilih Choose Columns. Anda dapat menyimpan informasi item menu tersebut dalam sebuah file teks, dengan memilih Sava Selected Item dari menu dialog yang tampil saat mengklik kanan.



  3. Informasi item menu tersebut dapat ditampilkan dalam bentuk file html, baik keseluruhan ataupun individual, dengan klik kanan. Pilih HTML Report – All Item atau HTPML Report – Selected Item.




Foto Tambahan





















































16 June 2009

Mencari penyebaran Nama Anda di dunia

Nama Anda dan Dunia





Seperti halnya mode, nama juga bersifat musiman atau mengikuti tren tertentu. Lihat saja tren nama anak-anak Indonesia yang lahir di era 2000-an, sebagian besar berbeda dengan nama-nama asli Tanah Air yang disandang oleh generasi-generasi sebelumnya. Bahkan, nama-nama yang berbau kedaerahan mulai ditinggalkan oleh para orang tua baru.

Namun, selalu ada nama yang menjadi tren sepanjang masa, dan menyebar ke seluruh dunia. Menurut majalah Time, misalnya, “Thomas” dan “Kennedy” adalah nama anak laki-laki yang paling banyak digunakan di Negara Denmark. Ingin tahu penyebaran penggunaan nama-nama di dunia? Silahkan anda membuka website Map Your Name.

Website ini menampilkan database nama yang dipadukan dengan GIS. Anda cukup mengetikkan nama tertentu, website ini akan menampilkan peta penyebaran penggunaan nama tersebut. Website ini memiliki database nama dari 360 juta penduduk yang tinggal di benua AS, Australia, dan Eropa Barat.





- - - - - - - - - - - - - - - -





GIS : Geographical Information System. Sistem informasi khusus yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Dalam arti yang lebih sempit, GIS adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola, dan menampilkan informasi bereferensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya dalam sebuah database.


Foto Tambahan