Add this

11 July 2009

Jejaring komunitas pertemanan khusus untuk para penulis

Situs untuk spesialisasi
.


Sekarang ini, banyak search engine yang lebih mengarah pada spesialisasi pelayanan. Beberapa contohnya, seperti Pipl, yang khusus mencari orang atau Icon Finder yang khusus mencari file icon. Fenomena serupa juga sepertinya akan berlaku pada website-website social networking.

Gejala tersebut mulai tampak dengan bermunculannya website social networking sepesialis, seperti PWNED; yang mewadahi para gamer, My Happy Planet; untuk mereka yang ingin mempelajari bahasa asing dari penutur asli atau Footbo; jaringan pertemanan khusus penggila sepak bola.

Website Penulis Indonesia juga termasuk ke dalam website social networking spesialis. Di sini para penulis senior dan muda Indonesia baik penulis buku, novel, naskah, puisi, artikel, maupun berita dapat mencari teman baru, berbagi informasi seputar dunia penulisan dan perbukuan, dan lain-lain.

Kamera Canon terbaru dengan ukuran yang Besar dan bertenaga

Jauh dan lengkap


Untuk memenuhi kebutuhan fotografer akan lensa telephone berukuran besar, Canon merilis Canon EF 800 mm f5.6L IS USM. Canon EF 80mm F5.6L IS USM terbaru ini, selain memiliki daya jangkau jauh, juga sudah dilengkapi fitur Image Stabilizer, sistem optikal seperi fluorite untuk mengoreksi chromatic aberration, dan juga menghasilkan performa pemotretan resolusi tinggi dan kontras tinggi.

Canon EF 800mm f5.6L IS USM akan menemani lensa raksasa Canon EF600mm f4L IS USM, yang telah hadir lebih dahulu. Dengan berat kurang dari 10 lbs, Canon EF 800mm F5.6L IS USM masih nyaman untuk dibawa berpetualang, ataupun pada saat pemotretan olah raga.

Canon EF 800mm F5.6L IS USM menggunakan elemen lensa fluorite, satu buah elemen UD, dan satu buah elemen Super UD glass. Lensa raksasa ini menggunakan konstruksi besi yang tahan berbagai kondisi cuaca, serta kompatibel dengan EF1.4x II dan 2x II tele extender.



Sumber : Canon

Intel Atom mendatang dengan dual-core processor

Pada semester kedua tahun ini



Informasi terbaru mengenai processor Intel Atom kali ini cukup menarik untuk disimak. Dikabarkan seri processor Atom ini akan dilengkapi dengan pilihan versi dualcore processor pada semester kedua tahun ini.

Menurut informasi, Atom 330 adalah processor Atom dual-core pertama yang akan beredar. Menggunakan clock 1,6 GHz, mirip dengan versi single core Atom 230. Dilengkapi dengan 1,2 cache sebesar 512 KB untuk masing-masing core (total 1,2 cache 2 x 512 KB). Sedangkan bus yang digunakan adalah 533 MHz FSB. Perlu diingat, masing-masing core processor mendukung process multithread sehingga processor Atom 330 ini dapat dikatakan akan mampu melakukan komputasi 4 thread secara bersamaan.

Processor Intel Atom 330 juga akan dilengkapi dengan dukungan proses 64 bit. Sedangkan untuk panas yang dihasilkan saat beroperasi, processor Atom 330 ini hanya menghasilkan TDP 8 W. Sebagai tambahan, processor Atom 330 ini juga diklaim bebas dari penggunaan bahan dasar halogen dan timbale, yang membuatnya ramah dengan lingkungan.



Sumber : tudzilla


Ket.

TDP. Thermal Design Power atau Thermal Design Point (TDP) adalah besaran maksimal dari panas yang dilepaskan CPU, tanpa merusak komponen di dalamnya. Biasanya, TDP tidak menggambarkan daya maksimal yang dibutuhkan saat CPU dalam keadaan full load. TDP hanya dapat menjadi acuan daya yang dibutuhkan dengan load CPU dalam kondisi normal, dari load aplikasi yang sehari-hari digunakan.



Bonus Foto















Laptop XO generasi kedua, dengan dual touch screen display untuk dunia pendidikan

Harga yang terjangkau

Notebook dengan harga terjangkau memang sangat hangat dibicarakan dan gerakan One Lapton Per Child (OPLC) bisa dikatakan adalah pelopor dan pemicu hal ini.

Yayasan tersebut baru saja mengumumkan akan hadirnya generasi kedua dari Laptop XO. Disebut dengan XO-2, dalam bentuk konsep yang benar-benar baru dari versi sebelumnya. Berukuran hanya setengah dari versi sebelumnya, hanya seukuran buku tulis, membuatnya lebih ringan dan lebih mudah dibawa anak-anak.

Dominasi warna hijau dan putih juga masih digunakan. Notebook yang lebih dikhususkan untuk dunia pendidikan ini menggunakan layar display, dual touch sensitive screen. Masih juga dengan dual mode display. Pada mode tablet format vertical, akan terlihat halaman kiri dan kanan. Hal ini ditujukan untuk menambah fungsi e-book pada versi kali ini. Sedangkan pada mode Notebook salah satu layar sentuh akan berfungsi sebagai keyboard, dan dapat menyesuaikan aksara yang digunakan ataupun aplikasi yang digunakan.

Rencannya, produk ini baru akan tersedia pada tahun 2010 mendatang. Sedangkan XO 1,5 akan tersedia pada tahun 2009, masih dengan desain yang mirip dengan generasi pertama. Hanya saja dengan ukuran dimensi yang lebih ringkas, dan harga yang lebih murah dibanding XO-1.


Sumber : Laptop





Ket.

Laptop XO. Nama notebook yang dikembangkan oleh sebuah yayasan sosial dunia, One Laptop per Child (OLPC). Berupa sebuah laptop PC yang terjangkau, ditujukan untuk didistribusikan di Negara berkembang dengan tujuan membantu perkembangan dunia pendidikan. Di produksi oleh Quanta Computer, sebuat produsen notebook terkemuka di Venezuela. Versi pertamanya, Laptop XO-1 menggunakan processor AMD Geode LX700.



Bonus Foto















10 July 2009

Software untuk memahami logika dasar bahasa pemrograman bagi anak berumur 8 tahun

Mudah
.


Penting bagi user untuk memahami logika dasar pemrograman, sebelum memasuki lebih jauh mengenai bahasa pemrograman secara spesifik.

Awalnya, Scratch didesain untuk membantu user yang berusia 8 tahun ke atas, agar dapat mempelajari logika dasar pemrograman sedini mungkin. Melalui aplikasi ini, user yang berusia muda dapat belajar berpikir secara matematis, komputasi, kreatif, sistematis, dan kolaborasi. Anda dapat men-download aplikasi Scratch pada url Download Scratch, dengan ukuran file 30,9 MB.

- - - - - - - - - - - - - - - - -



Bahasa Pemrograman. Sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu set aturan sintaks dan semantic yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi. Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang dapat diterjemahkan menjadi kumpulan perintah-perintah dasar tersebut. Penerjemahan dilakukan oleh program komputer yang disebut kompilator. Sintaks dari bahasa pemrograman lebih mudah dipahami oleh manusia daripada sintaks perintah dasar. Namun tentu saja komputer hanya dapat melaksanakan perintah dasar itu. Maka di sinilah peran penting kompilator sebagai perantara antara bahasa pemrograman dengan perintah dasar.

Produk Asus yang dilengkapi oleh Built-in modem 3G, dan GPS

Kondisi koneksi yang lengkap

Setelah menghebohkan pasar dunia dengan meluncurkan EEE PC, pihak Asus kembali berencana meluncurkan produk anyarnya, yaitu Asus R70 UMPC. UMPC ini akan menggunakan processor 1.6GHz, kemungkinan besar Atom yang memiliki kecepatan sama dengan Celeron 900. Mesiki menggunakan operating system Vista namun beberapa fiturnya dinon-aktifkan, seperti Aero, dan lain-lain.

Selain itu, pada R70 disertakan modem 3G. Anda dapat melakukan koneksi dengan kecepatan tinggi tanpa mesti mahal-mahal membeli modem 3G lagi. Namun, Anda tetap harus mebayar bagian provider-nya saja. GPS juga disediakan secara built-in. Layar yang digunakan memiliki resolusi 1024 x 600.

Layaknya UMPC keluaran produsen lain, UMPC Asus ini pun memiliki sistem touch screen untuk mempermudah proses navigasi. Baterainya lumayan baik, mampu bertahan hingga 4 jam dengan kondisi pemakaian penuh.


Sumber : UMPC Portal



Ket.

UMPC. Kepanjangan dari Ultra Mobile PC. Sebelumnya diberi nama Origami. Merupakan versi kecil dari table PC. Hasil kerjasama antara Microsoft Intel, Samsung, dan beberapa vendor lainnya. Operating system yang biasa digunakannya: XP Tablet PC, Windows Vista, sampai dengan Linux. Jika Anda menginstal Windows XP ke dalamnya, maka semua aplikasi yang dapat bekerja pada operating system ini pun dapat dijalankan pada UMPC Windows XP.

Sepasang camcorder dari Samsung dengan fitur yang menarik

Samsung Camcorder Terbaru


Samsung mengumumkan perilisan dua buah camcorder terbaru, Samsung SMX-C14 dan Samsung CMX-10. Samsung SMX-C14 dan Samsung CMX-10 merupakan dua buah camcorder yang didesain ergonomic, compact, serta mudah digunakan. Sepasang camcorder ini juga mempunyai fitur Touch of Colora (ToCa), yang sebelumnya pernah disematkan pada jajaran HDTV flat panel.

Samsung SMX-C14 dan Samsung CMX-10 sangat ideal untuk pengguna yang sering bepergian, apalagi camcorder ini juga dilengkapi dengan 10x zoom optikal yang dipasangkan dengan Hyper Image Stabilization untuk membantu mengurangi hasil gambar blur atau goyang. Samsung SMX-C14 dan Samsung CMX-10 dilengkapi dengan 230.000 pixel pada layar ukuran 2.7 inci. Sama dengan seri Samsung HD HMX-R10, Samsung SMX-c14 dan Samsung CMX-10 mempunyai fitur Active Angle Lens.

Fitur ini memudahkan penggunaan camcorder, tanpa harus membuat pergelangan tangan dan siku cepat lelah. Samsung SMX-C14 mempunyai kapasitas internal 16 GB flash memory, dan data ditambah berkat adanya slot kartu memory SD/SD-HC. Sedangkan Samsung SMX-C10 melengkapi dirinya dengan sebuah program edit video yang disebut intelli-studio. Program ini membuat pengguna dapat mengkoneksikan langsung camcorder melalui USB ke PC sekaligus mengedit video, tanpa harus menggunakan aplikasi lain.



Harga : $ 279,99
Sumber : Samsung

Note Book tahan banting dari Asus

Tahan air sebanyak 1 gelas.

Beberapa pengguna notebook dengan mobilitas dan gaya penggunanya memang relative lebih rawan dengan benturan. Seperti pengguna yang lebih sering di luar kantor, atau para petualang yang belum tentu seapik pekerja kantoran saat membawa notebook-nya. Itu sebabnya, beberapa produsen note book menawarkan varian produk yang memang dikhususkan untuk ketahanannya dengan benturan. ASUS B51E adalah sebuah rugged notebook yang didesain untuk jenis penggunaan seperti itu.

Menggunakan rangka dari bahan magnesium alloy yang kuat, namun tetap ringan. Dilengkapi dengan pelapis karet untuk meredam benturan di bagian sudutnya. Sedangkan pada bagian layar, dilapisi lapisan film khusus untuk mencegahnya tergores.

Notebook ini bahkan mampu menahan benturan, saat dijatuhkan dari meja setinggi 75 cm. Ia juga dilengkapi dengan saluran air di bagian keyboard yang mampu dengan aman mengarahkan air hingga 120 cc ke bagian bawah sehingga tidak membasahi komponen di dalamnya. Setidaknya, tumpahan air dari gelas yang berisi ½ penuh, tidak akan mengganggu.

Beberapa spesifikasi antara lain menggunakan processor Intel Core 2, Duo T8300/T8100/T5850/T5750, chipset Intel GM695, mampu terpasang RAM maksimal 4 GB DDR2 667 MHz. Dengan built in webcam 1.3 M pixel, dan tersedia konektivitas 802.11 a/b/g/n wireless dan Bluetooth 2.0+ EDR. Notebook dengan sistem operasi Windows Vista Business ini mengggunakan baterai 8 cell.


Sumber : Asus

09 July 2009

Apakah anda ingin tahu Blogger tertua di dunia ?

Cucuku yang Pelit

Entah mengapa, manusia kerap mengasosiasikan sesuatu dengan usia. Misalnya, sebentar lagi anggota DPR masa bakti 2009 – 2014 akan dilantik; biasanya aka nada liputan di media massa tentang legislator termuda dan tertua. Hal yang sama pun berlaku di dunia blog.

Memang sulit mengklaim blogger termuda, namun tidak susah menemukan blogger tertua. Selama ini, Maria Amelia Lopez, dikenal sebagai blogger tertua. Namun sayang, Ny. Lopez tak bisa lama-lama meramaikan jagad blogsphere. Pada 20 Mei 2009 silam, beliau telah meninggalkan kita untuk selama-lamanya.

Ny. Lopez, yang memiliki alamat Blog Amis95, memulai debutnya di kancah blog pada hari ulang tahunnya yang ke 96 sebagai hadiah dari seorang cucunya “yang sangat pelit”, demikian tulis Ny. Lopez pada blog nya. Selamat jalan Ny Lopez? Selamat beristirahan dengan tenang


Sumber : ABC News

Turnamen tercanggih yang pernah diselenggarakan oleh Google

10 peserta awal


Beberapa waktu lalu, pihak Google mengumumkan tim peserta pertama yang ikut dalam lomba Google Lunar X PRIZE. Pada perlombaan ini, setiap tim harus membuat pesawat yang mampu sampai ke Bulan,d an berjalan di atas permukaannya.

Setelah pesawat tersebut mencapai bulan, setidaknya ia harus mampu bergerak sekitar 500 m di atas permukaan Bulan, sambil mengirimkan paling sedikit 1 GB file-file gambar, maupun video.

Hadiah total yang diperebutkan sebesar 30 juta dolar US, dibagi sebagai berikut : 20 juta dollar US untuk hadiah utama, 5 juta dolar US hadiah kedua, dan 5 juta dollar US untuk hadiah bonus. Tim-tim yang sudah masuk ke dalam daftar awal adalah : Aeronautic and Comonautics Romanian Association (ARCA), Astrobotic, Chandah, FREDNET, LunaTrex, Micro Space Odyssey Moon, Quantum3. Southern California Selena Group, dan Team Italia.




Sumber : Goolge Lunar X Prize





Bonus Foto















Note Book dari Lenovo dengan dukungan konektivitas nirkabel 3G

Apa saja yang berbeda ?


Meneruskan kesuksesan IdeaPad S10, kini hadir Lenovo IdeaPad S10-2. Apa saja yang berbeda? Lenovo IdeaPad S10-2 mencoba melengkapi fitur dari versi terdahulunya. Antara lain dengan konektivitas nirkabel 3G, dan daya tahan baterai yang lebih lama. Sedangkan untuk spesifikasi lainnya masih memiliki banyak kesamaan dengan produk serupa.

Lenovo Idea PadS10-2 menggunakan processor Intel Atom 1.6 GHZ, memory 1 GB RAM, media penyimpanan harddisk 160 GB, GMA graphics, dan tentunya dukungan konektivitas nirkabal WiFi. Note book dengan layar 10,1 inci widescreen ini juga dilengkapi dengan webcam 1.3 MP terintegrasi, dan 4 in 1 card reader.

Daya tahan baterai diklaim dapat mencapai 6 jam, dengan penggunaan baterai Li-ion +-cell pada Lenovo IdeaPad S10-2 ini.



Sumber : Lenovo

Note Book dari Dell Inspiron yang dilengkapi oleh Baterai Li-ion

Harga yang menarik


Dell cukup dikenal sebagai merek komputer yang memberikan alternative pilihan spesifikasi yang beragam, dengan harga yang bersaing. Dell Inspiron Mini 10v adalah produk note book terbarunya, cukup menarik untuk disimak.

Berita mengenai akan hadirnya produk dengan penawaran harga menarik yang satu ini cukup banyak menghiasi informasi baik di media cetak maupun online. Namun, kini akhirnya Dell Inspiron Mini 10v sudah mulai tersedia di pasaran. Spesifikasi yang digunakan tidak banyak berbeda dengan note book kebanyakan. Dimulai dari penggunaan processor, Dell Inspiron Mini 10v ini menggunakan processor Intel Atom N270 (1,66GHz), dengan memory 1 GB RAM, media penyimpanan harddisk 120 GB. Display dengan diagonal 10,1 inci widescreen ini menampilkan resolusi 1024 x 576 dari graphic controller terintegrasi, Intel Graphics Media Accelerator 950. Untuk konektivitas nirkabel, mendukung WiFi 802.11g. Note Book dengan sistem operasi Windows XP Home Edition SP3 ini menggunakan baterai Li-ion 3 cell.

Memang tidak ada yang terlalu istimewa dengan spesifikasi yang ditawarkan. Namun seperti terlihat pada gambar, pilihan warna yang tersedia cukup lengkap. Dan bagi Anda yang memperhatikan harga penawarannya, membuat Dell Inspiron Mini. 10v cukup menarik untuk dipertimbangkan.


Harga : $ 299
Sumber : Dell


- - - - - - - - - - - - - - - -


Baterai Li-ion. Baterai Lithium ion atau disingkat Li-ion, adalah salah satu dari tipe baterai rechargeable. Lithium ion bergerak dari anoda (kutub positif) ke katoda (kutub negative) saat digunakan. Dan Lithium ion agak bergerak kembali dari katode ke anoda saat dilakukan proses charging. Baterai jenis ini banyak digunakan pada consumer electronic. Kepopuleran baterai ini dikarenakan beberapa alasan, seperti baterai jenis ini protabel dengan ratio energi banding berat yang baik, minim memory effect, dan lain sebagainya.

Bentuk Desktok PC yang unik dengan ragam pilihan warna

Efisien dan Hemat Energi


Sebuah desktop PC dengan desain yang unik, kini semakin marak di tawarkan. Salah satunya seperti yang ditawarkan Dell Studio Hybrid. Menggunakan small form factor, membuatnya memiliki dimensi yang ringkas. Dengan tampilan yang memikan dan desain yang unik, akan membedakannya dengan desktop kebanyakan.

Desktop Dell yang terkecil ini dapat diposisikan baik vertical maupun horizontal, menyesuaikan dengan ruang dan kebutuhan pengguna. Dell Studio Hybrid juga memiliki tujuh lapisan pembungkus opsional dengan warna yang berbeda. Tersedia pilihan Bamboo, Emerald, Quartz, Ruby, Sapphire, Slate, dan Topaz.

DImensinya yang ringkas juga merupakan salah satu usaha dari Dell untuk membuat produk yang ramah lingkungan, termasuk dengan mengurangi dokumentasi cetak sebanyak 75% dari produk sebelumnya. Selain penggunaan catuan daya yang lebih hemat energi dan sesuai dengan standarisasi Energy Star 4.0, dan dilengkapi power supply unit dengan efisiensi 87%.



Sumber : Dell

08 July 2009

Mircrosoft Saingi Google Docs, demi mencegah dominasi Google

Langkah-langkah Microsoft



Menghadapi tekanan produk software seperti Google Docs dan Google Apps, Microsoft sedang menyiapkan sebuah paket software dan layanan host, melalui sebuah proyek yang diberi nama Albany.

Proyek Albany menggabungkan berbagai macam aplikasi menjadi satu, seperti Office, Office Live Work Spaces, Windows Live OneCare dan Windows live, dan diharapkan akan hadir tidak lama lagi. Menurut InfoWorld, Microsoft melibatkan beberapa penguji dalam proyek Alabany beta ini.

Office merupakan sebuah produk software yang cukup sukses milik Microsoft, dan belum jelas berapa banyak akan dilibatkan ke dalam Proyek Albany. Dikarenakan harganya yang murah serta fungsionalitasnya, Office Home Student 2007 yang didalamnya sudah termasuk Word, Excel dan PowerPoint, merupakan kandidat kuat yang akan disertakan ke dalam Proyek Albany, dan diharapkan nantinya harganya akan lebih mudarah dari paket office 2007.

Mengembangkan Proyek Albany merupakan salah satu langkah Microsoft untuk mencegah dominasi Google yang meulai menggerogoti pasar software Microsoft.


Sumber : Info World



Bonus Foto















Mesin pencarian baru dengan hasil yang masih mengecewakan

Ide yang bagus


Seach Cloud, sebuah mesin pencari baru yang dirilis pada 17 Juli 2008 telah mengambil langkah berbeda, dan berharap akan menjadi alternative yang berguna untuk bersaing dengan Google dan Yahoo!. Daripada harus memasukkan banyak kata kunci, pengguna SeachCloud dapat menentukan kata apa saja yang penting untuk dimasukkan dalam pencarian.

Setiap kata yang dimasukkan ditempatkan di sebuah “search cloud”, dimana berat kata-kata tersebut mengindikasikan ukuran huruf. Contohnya, Anda dapat memasukkan kata “Google” dan “Sony” dengan kata Google lebih kuat beratnya,d an berharap Anda dapat menghasilkan pencarian artikel mengenai Sony di situs Google. Untuk melebarkan hasil pencarian, Anda dapat kata “Gmail” dan “Google Maps”, di mana nantinya akan membantu topik yang dicari agar muncul lebih awal, tanpa harus memasukkan hasil pencarian yang tidak dibutuhkan.

Konsep yang diberikan Search Cloud merupakan konsep bagus, tapi sayangnya hasil pencarian SearchCloud sangat buruk. Dengan menggunakan contoh di atas, tidak satupun hasil pencarian muncul di halaman pertama dengan kata Google. Anda juga tidak dapat mengatur setiap kata kunci langsung dari halaman hasil pencarian, Anda diharuskan membuat sebuah pencarian baru, jika Anda ingin mengatur kata yang dicari.

SearchCloud menggunakan hasil pencarian Yahoo!, dan mereka menggunakan platform BOSS terbaru, dimana mereka dapat mengatur ulang hasil pencarian bukan menggunakan API nomal. BOSS membuat para pengembang dapat memanipulasi hasil pencarian Yahoo!, yang sebelumnya tidak mungkin. SearchCloud mempunyai ide yang bagus dengan mengandalkan hasil pencarian dengan ukuran berat pada kata kunci, tapi sayangnya hasil pencarian masih jauh dari harapan.



Sumber : Daily Tech



Bonus Foto















Mendownload Data File Zip yang dibutuhkan saja

Mau 1, tapi ternyata 50




Untuk mendapatkan sebuah file yang ada di dalam file ZIP, Anda harus men download seluruh file ZIP tersebut, bukan? Padahal mungkin saja file yang dibutuhkan itu hanya berukuran 1 MB, sementara file ZIP nya sendiri berukuran 50 MB.

Buat apa menghabiskan bandwidth untuk mendownload 50 MB, tapi nantinya yang diambil hanya satu buah file saja yang ada di dalamnya. Selain buang waktu dan listrik, tentunya jatah quota bandwidth juga akan terbuang dengan percuma.

Dengan LoadScout, Anda bisa mengambil file yang dibutuhkan dari sebuah file ZIP, tanpa harus mendownload seluruh file ZIP nya. LoadScout bisa di download dari Website Loudscout dengan file berukuran 1,1 MB.

Berikut panduannya :



  1. Download file installer LoadScout, kemudian jalankan file loadscout.exe, dan ikuti tahapan instalasi hingga selesai.
  2. Jalankan LoadScout, lalu klik Open URL. Kemudian masukkan URL dari file ZIP yang ingin diambil. Misalnya http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2009/02/bayu-aplikasiwebgis1.zip Lalu pilih protokol-nya, yaitu HTTP atau FTP. Klik OK
  3. Tunggu sebentar, kemudian di jendela sebelah kanan akan terlihat isi dari file ZIP tersebut. Pilih file yang ingin diekstrak, lalu klik tombol Extract.
  4. Pilih lokasi ekstraknya, lalu klik Start. File yang Anda butuhkan akan diekstrak langsung ke lokasi yang sudah ditentukan.


- - - - - - - - - - - - - - - -


Protokol. Konsep atau aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi dalam sebuah jaringan komputer, dan harus dipenuhi oleh pengirim atau penerima agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar. Pada protocol terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan. Pertama yaitu Syntax yang merupakan format data dan besaran sinyal yang merambat. Kedua, Semantix, yang merupakan control informasi dan kesalahan data yang terjadi. Ketiga adalah Timing, yang merupakan pengusaan kecepatan transmisi data dan urutannya.

Bandwidth. Lebar kapasitas jalur data. Kemampuan maksimuym hardware untuk menyalurkan informasi dalam satuan bit untuk jalur lebar digital dan Hertz untuk jalur lebar analog. Istilah bandwidth juga dapat diartikan sebagai lebar frekuensi antara batas teratas dan terbawah dari sebuah frekuensi gelombang transmisi.

FTP. Singkatan dari File Transfer Protocol, adalah sebuah protocol Internet yang merupakan standar untuk pentransferan file komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork, FTP merupakan salah satu protocol internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan download dan upload file antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP. Sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau Daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespon perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, mengupload file komputer ke server FP, serta mendownload berkas dari server FTP.

Daemon. Program yang berjalan di background, latar belakang. Daemon tidak terlihat oleh pengguna di desktop. Nama lain dari daemon adalah service yang diambil dari makna sesungguhnya, hantu, yang menunjukkan kepada sifat program ini yang tidak terlihat, namun mengerjakan sesuatu.

Handset ponsel terbaru dari Vodafone

Mirip dengan HTC Dream

Jaringan penyedia layanan telepon bergerak Vodafone telah menghadirkan Handset ponsel baru pada tahun 2009 ini. Sebagai informasi, HTC Magic sebelumnya juga pernah disebut di beberapa berita dan informasi yang tersedia di Internet dengan sebutan HTC Sapphire atau G2.

Ponsel yang menggunakan teknologi Android ini juga memiliki banyak kesamaan dengan ponsel HTC dream. Perbedaan utama yang tidak tersedianya keyboard untuk HTC Magic, membuatnya lebih ringkas dan ringan. Selain itu, peningkatan juga dilakukan pada daya tahan baterai yang lebih lama, kapasitas ROM yang meningkat dua kali lipat hingga menjadi 512 MB pad HTC Magic, dan tambahan kanal HSDPA, sehingga HTC Magic juga dapat memanfaatkan HSDPA dengan band 900 MHz, dan 2100 MHz.

Belum ada informasi tambahan mengenai perkiraan program bundling dengan Vodafone dari ponsel ini



Sumber : HTC


- - - - - - - - - - - - -


HSDPA. High Speed Downlink Packet Access adalah protocol generasi ketiga (3G) untuk komunikasi data pada mobile phone. Masih termasuk dalam High Speed Packet Access (HSPA), yang memungkinkan berbagai jaringan Universal Mobile Telecomunications System (UMTS) melakukan transfer data yang lebih cepat dengan kapasitas jaringan yang lebih besar.

07 July 2009

Kumo sebagai jawaban Microsoft atas search engine Google?

Menghitung hari


Ada yang beda di gedung Microsoft, raksasa software tersebut meletakkan sebuah jam penghitung mundur di gedungnya, berkenaan akan dirilisnya search engine terbaru dengan codename Kumo.

Munculnya jam penghitung di gedung tersebut berdasarkan ide dari bos online Microsoft, Qi Lu, yang akan mengumumkan Kumo di event SMX Advanced, pada bulan Juni 2009. Jam penghitung mundur itu juga sebagai penanda bagi Microsoft yang berencana akan meng-kampanye-kan besar-besaran atas kemunculan search engine mereka yang baru. Walaupun begitu, Microsoft masih menolak berkomentar bahwa jam penghitung mundur tersebut memang untuk menyambut kemunculan Kumo.

Screenshot awal Kumo, menurut CNET News, menunjukkan adaya penggabungan search engine yang berfokus pada pemaparan area query pencarian ke dalam pilihan yang lebih detail. Walaupun Microsoft telah mengujisearch engine di bawah nama Kumo, pakar Microsft mengatakan masih ada beberapa nama yang dipertimbangkan Microsoft untuk menjadi nama resmi search engine mereka.


Sumber : Live side

Memperbaiki Data di Harddisk yang rusak

Recuva dan Undelete Plus


Sebenarnya, ada banyak sekali aplikasi yang bisa diandalkan untuk melakukan recovery data. Kali ini, kita akan melakukan dengan bantuan Recuva dan Undelete Plus. Kedua aplikasi ini sangat mudah penggunaannya, dan memiliki fungsi yang mirip.

Pertama, Download Recuva di
Recuva dengan file berukuran 2,98 MB. Kemudian install seperti biasa.

Kedua, mungkin anda ingin mecoba Undelete Plus sebagai alternative. Pada dasarnya Undelete Plus sama dengan Recuva, hanya ada sedikit perbedaan di fitur yang ditawarkan. Undelete Plus bisa di download dan dapat dipakai gratis, tapi dengan waktu yang di batasi.

Apabila Anda ingin mendownloadnya silahkan ke alamat
Undelete Plus, dengan file berukuran 3,02 MB.

Layar LCD yang ideal untuk edukasi dan presentasi bisnis

Menyediakan pensil untuk menulis




Wacom, produsen pen tablet, interactive pen display, dan intuitive interface devices, merilis Wacom PL-900, sebuah LCD 19 inci yang dilengkapi dengan pena digital. Wacom PL-900 membuat pengguna dapat menulis, dan menavigasikan pena melalui layer LCD. Perangkat layer sentuh Wacon ini ditujukan untuk institusi pendidikan dan perusahaan yang membutuhkan perangkat audio video untuk rapat, presentasi dan konferensi video.

Dengan dukungan layer lebar 19 inci yang memberikan resolusi SXGA 1280 x 1024 pixel, Wacom PL-900 merupakan perangkat layer digital yang mudah digunakan walaupun dalam jangka waktu lama. Wacon PL-900 memberikan kemampuan video dengan teknologi input DVI, dan output DVI. Dengan teknologi ini, dumber video digital maupun analog dapat digunakan. Wacon juga menambahkan output digital dan analog untuk proyektor dan layar LCD sehingga tidak lagi dibutuhkan tambahan DVI splitter.

Video scaler juga fitur baru pada Wacon PL-900, yang mendukung input format layar lebar sebagai aspect ratio standar. Jika Wacon PL-900 dikoneksikan pada laptop widescreen atau layar LCD, aspect ratio perangkat ini secara otomatis akan berubah ke 16:10.

Sumber : Wacom

Kamera Canon EOS 4500, Siap memimpin pasar kamera digital kelas menengah

Otomatis dengan 9 titik fokus

Canon meliris kamera digital SLR terbaru kelas menangahnya, yaitu Canon EOS 450 D. Dilengkapi dengan sensor gambar CMOS 12.2 megapixel, EOG Integrated Cleaning System. Layar LCD sebesar 3 inci dengan teknologi Live View, dan sistem otomatis fokus 9 titik.

Canon EOS 450 D mempunyai banyak fitur layaknya flagship kamera digital SLR Canon EOS-1, termasuk processor gambar DIGIC III, dan menu yang telah didesain kembali, seperti control langsung unit flash Speedlite yang dapat dikendalikan dari layar LCD. Pilihan 13 fungsi custom membuat para fotografer dapat meng-custom kamera agar cocok dengan gaya memotrer mereka. Dengan semua komponen kunci dikembangkan dan dibuat oleh canon sendiri, para pemilik kamera Canon mempunyai keuntungan tersendiri. Canon EOS 450D dibuat khusus, seperti sensor gambar 12.2 megapixel yang memiliki noise rendah, dan mampu memproduksi gambar dengan grain minimal. Processor gambar DIGIC III memastikan render gambar dan waktu respons cepat, hanya 0,1 detik waktu start-up. Data gambar diproses pada 14-bit, memberikan kecepatan burst 3.5 frame per detik. DIGIC III processor bekerja dengan image buffer yang mampu menghasilkan 53 gambar Jpeg, dan 6 RAW tanpa interupsi.

Canon EOG 450 D memiliki bobot ringan, hanya 475 gram, serta desain grip yang nyaman digenggam, walaupun dalam jangka waktu lama. Hadir kali pertama pada kamera digital SLR kelas menengah. Live View yang membuat para fotografer dapat memotret pada sisi yang sulit diraih. Gambar yang ditransformasikan ke Live Viem tampil sangat halus, mampu memberikan tampilan 30 fps video, dan 50% lebih terang daripada Canon EOS 400 D.

Sumber : Canon

- - - - - - - - - - - - - - - - -


DIGIC III. Kepanjangan dari DiGital Integrated Circuit version III adalah sebuah ASIC yang dibuat oleh Canon untuk memproses gambar dengan kecepatan tinggi, serta mengatur pengoperasian kamera digital. DIGIC III merupakan pengembangan dari DIGIC II, dengan menambah buffer dan processing speed yang lebih tinggi untuk mengoptimalkan algoritma. DIGIC III menggunakan DDR SDRAM kecepatan tinggi yang membantu menambah kecepatan start up, dan auto focus pada kamera digital. Canon mengklaim DIGIC III memberikan warna yang lebih natural, ketajaman, dan automatic white balance lebih alami, dengan penggunaan sensor CMOS pada DSLR kamera.

Produk iPhone yang memiliki genggaman lebih nyaman

GameGrip untuk iPhone

Kini iPhone 3 G telah hadir secara resmi di Indonesia. Anda cukup beruntung telah memilikinya, tentunya sudah menikmati beberapa fitur unggulannya. Termasuk salah satunya sebagai game konsol portable dengan fungsi multi-touch dan accelerometer yang tersedia.

Dikarenakan bentuk dan sesuai fungsi utama yang bukan sebagai game konsol, membuat desain pegangannya kurang nyaman untuk kebutuhan tersebut. Beberapa penyedia aksesoris untuk iPhone cukup jeli melihat hal tersebut, seperti pada produk GameGrip ini. Terbuat dari bahan silicon, dengan bentuk yang membuatnya lebih nyaman dipegang saat bermain game. Terlebih untuk menggerakkan accelerometer dengan lebih akurat pada game yang di iPhone.

Dengan GameGrip, memang membuatiPhone ataupun iPod touch menjadi lebih nyaman digenggam, namun menjadi kurang praktis untuk digunakan dalam keseharian. Lebih baik untuk menyimpannya di rumah, dan menggunakannya saat akan bermain game di rumah.


Harga : US$51
Sumber : Ohgizmo


- - - - - - - - - - - - - - - - -


iPod touch. iPod adalah mereka untuk produk portable media player yang didesain, dan dipasarkan oleh Apple. iPod touch adalah iPod pertama yang menggunakan konektivitas Wi-Fi dan Interface Multi Touch. Diperkenalkan pada akhir tahun 2007. Dengan konektivitas Wi-Fi , ia dapat dimanfaatkan untuk menjelajah Internet, menggunakan web browser Safari yang dibuat khusus untuk melakukan web browsing pada perangkat ini. Wi-Fi juga dapat digunakan untuk terhubung ke iTunes Store dan YouTube. Tersedia pilihan dengan kapasitas 8, 16, 32 GB



Bonus Foto




















Konsep desain desktop PC yang unik, dengan bentuk dasar bola

Ringkas

Jika Anda masih bingung dengan gambar yang tersedia, berikut adalah penjelasannya. E-Ball Spherical masih sebuah konsep desain untuk sebuah PC. Bentuknya, sesuai dengan namanya, menyerupai sebuah bola yang bulat. Dilengkapi dengan 4 kaki untuk mengamankan posisinya di meja.

Dilengkapi dengan konsep desain menarik lainnya. Sebagai input device, salah satunya dengan menggunakan sebuah optical mouse wireless yang detachable. Dapat ditempatkan di bagian depan. Ditambah dengan sebuah keyboard non fisik yang diproyeksikan di bagian depan. Ukurannya juga sangat ringkas, hanya seukuran bola dengan diameter sekitar 20 cm.

Perancangnya, Apostol Tnokovski, menyatakan konsep PC ini akan menggunakan komponen PC. Namun dengan ukurannya yang sedemikian ringkas, idealnya konsep ini menggunakan komponen untuk mobile PC. Selanjutnya, tinggal melihat akankah ada pihak yang tertarik untuk merealisasikan konsep desain yang akan membuat revolusi pada konsep desktop PC kebanyak sekarang ini ?



Sumber : Slash Gear


Bonus Foto