Add this

18 July 2009

Menangkap hikmah di balik setiap teknologi baru

Hikmah Teknologi



Huge Wave



Teknologi hadir membawa perubahan. Tengoklah ke belakang, teknologi bercocok tanam telah mengubah manusia dari pola hidup nomaden menjadi menetap, dan membentuk peradaban (civilisasi). Selanjutnya teknologi industri mengubah manusia dari bercocok tanam menjadi mengeksploitasi sumber daya alam.

Lantas, perubahan apa yang dibawa oleh teknologi informasi (TI) saat ini? Banyak, salah satunya yang paling kentara adalah hilangnya tradisi menulis surat atau mengirim kartu ucapan via post, yang digantikan dengan e mail. Di luar itu, masih banyak lagi perubahan pola hidup manusia, khususnya dalam berkomunikasi.

Hal inilah yang menjadi sorotan utama blog Hikmah Teknologi. Blog ini berusaha memadukan core TI dengan kebudayaan, utnuk menangkap hikmah dari setiap lahirnya teknologi baru. Ingin tahu hikmah apa saja yang ada di balik teknologi baru? Silahkan simak setiap posting yang tersaji di sini.


Bonus Foto


















Kamera seukuran pil, untuk penggunaan di dunia kesehatan

Kamera berbentuk pil

Kamera berukuran kecil memang sering dipergunakan dalam dunia kesehatan, untuk melihat bagian dalam tubuh manusia. Pengembangan terakhir adalah penggunaan kamera berukuran kecil yang dapat dikendalikan dengan gelombang magnetik, menyesuaikan arah yang diinginkan dalam tubuh pasien.

Keuntungannya, kamera ini dapat berhenti di bagian tertentu yang diinginkan, untuk mengumpulkan informasi gambar organ tubuh manusia yang dibutuhkan. Dapat bergerak relative cukup bebas ke atas dan bawah, ataupun mengatur sudut gambar yang dibutuhkan. Kamera ini dikembangkan oleh divisi Biomedical Engineering dari Fraunhofer Institute.

Sebelunya, masih banyak kesamaan dengan konsep kamera untuk dunia kesehatan terdahulu. Hanya saja, konsep terbaru ini memungkinkannya dikendalikan. Sedangkan konsep terdahulu tidak memungkinkan hal ini, membuat informasi gambar yang dikumpulkan kurang informative, dan mengakibatkan pasien harus melalui proses endoskopi dengan alat yang berukuran lebih besar.



Sumber : News Medical

Samsung 256 GB SSD turut meramaikan persaingan SSD

Ternyata kartu tidak hanya sebagai tanda pengenal


Perbetuhan tahta produk SSD tercepat baru saja dimulai. Produsen terkemuka tidak hentinya meluncurkan produk terbaru dan terbaik untuk SSD, yang diperikirakan dalam waktu dekat akan menggeser dominasi HDD untuk media penyimpanan.

Tidak ketinggalan Samsung dengan SSD berkapasitas 256 GB. Diklaim memiliki kinerja yang mengesankan. Dengan kecepatan transfer data 200 MB/s untuk sequential read speed, dan 160 MB/s untuk sequential write speed.

Produk dengan nama MLC 256 GB SSD adalah SSD yang menggunakan single level cell. Dengan form factor 2,5 inchi, dan interface SATA II. Ia juga dilengkapi dengan kemampuan ekripsi data, untuk security data yang tersimpan di dalamnya. Tentu saja dengan konsumsi daya yang sangat hemat, hanya 0,9 watt dalam keadaan aktif.

Produk ini telah dipasarkan sejak bulan September 2008, Bersamaan dengan varian dengan form factor 1,8 inchi.



Sumber : info sync world


Ket.

SSD. Solid State Drive (SSD) adalah media penyimpanan yang menggunakan solid state memory sebagai media penyimpanan data. SSD akan berfungsi sebagai layaknya harddisk. SSD yang menggunakan SRAM atau DRAM (bukan flash memory), sering disebut sebagai RAM-drive.

Note Book Acer Blue dengan layar super lebar

Seri Biru terbaru

Setelah cukup sukses mengeluarkan produk notebook high end terdahulu, kini Acer memiiliki seri high-end terbaru. Disebut dengan seri “Blue”.

Menurut berita terakhir, Acer sudah meluncurkan 2 produk dari seri high end ini. Acer Aspire 8920 adalah notebook dengan layar sangat lebar, 18,4 inchi. Acer CineCrytal display mampu menampilkan resolusi Full HD 1920 x 1080.

Menggunakan processor Intel Core2 Duo Processor T9500, dengan chipset Mobile Intel PM 965 Express. Dengan pilihan penggunaan discreate graphic controller nVIDIA GeForce 9650M GS atau nVIDIA GeForce 9500M GS. Memungkinkan penggunaan 2 harddisk, hingga kapasitas total 640 GB. Konektivitas yang lengkap, drive optic DVD Super Multi plus Blu-ray juga tersedia. Juga tambahan HDMI port untuk dukungan HDCP. DItawarkan dengan harga mulai dari $1,299.

Sedangkan Aspire 6920 menggunakan Acer CineCrytal display 16 inchi, juga mendukung resolusi Full HD. Dengan processor, chipset, konektivitas, dan beberapa spesifikasi lain yang serupa. Juga menggunakan discrete graphic, dengan nVIDIA GeForce 69500M GS. Hanya menggunakan satu slot harddisk, seperti kebanyakan note book. Ditawarkan dengan harga mulai dari $849.



Sumber : Acer


Ket.

Full HD. Lengkapnya adalah Full High Definition, adalah istilah yang biasanya digunakan untuk kebutuhan marketing dan biasa digunakan, mengacu pada resolusi display 1920 x 1080. Untuk video processing, artinya setiap frame akan menggunakan resolusi tersebut. Istilah lain Full HD adalah 1080p. Angka “1080” menyatakan jumlah line pada resolusi vertical. Sedangkan huruf “p” menyatakan progressive scan. 1080p inilah yang disebut sebagai HDTV video mode, dengan rasio gambar 16 : 9 (wide format). Total resolusi gambar untuk masing-masing frame adalah 2.073.600 pixel.

17 July 2009

Tutorial membangun dan mengelola web dengan CMS

Carilah Selek beluk Web disini
.

Bagi Anda yang mengikuti teknologi web dalam satu dasawarsa terakhir, pasti merasakan perkembangan yang signifikan. Dulu, biasanya seorang desainer dan programmer web mengerjakan segala segala sesuatu dari kertas kosong atau dikenal dengan istilah from scratch. Pada waktu itu, wajar bila pengerjaan sebuah proyek web memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Namun sekarang, dengan banyaknya pilihan framework dan template web, pekerjaan para desainer dan programmer web menjadi lebih ringan. WordPress, katakanlah,adalah salah satu paket software yang banyak digunakan oleh para desainer dan programmer web untuk menciptakan website yang interaktif dan dinamis.

Nah, bila tertarik untuk mendalami seluk beluk pembuatan website dan blog menggunakan fasilitas yang disediakan Blogger atau WordPress, Anda bisa mendapatkan tutorial seta tip dan triknya di blog Tutorial Website. Selain customize Blogger dan WordPress, blog ini juga membahas instalasi webserver di localhost, setting domain, integrasi Flash ke dalam blog, CSS dan lain-lain.

- - - - - - - - - - - - - - - -


Domain. Sebutan ringkas untuk domain name. Sebuah sistem peng-alamatan di Internet. Alamat asli di Internet (IP Address) berupa angka-angka yang sulit dihapal. Domain membuat pengalamatan tersebut menjadi lebih mudah diingat, dengan men-terjemahkan IP Address menjadi nama seperti www.yahoo.com. Domain terdiri atas sebuah struktur hierarkis, di mana level tertinggi disebut sebagai TLD. Saat ini, terdapat lebih dari 200 TLD yang terdaftar di seluruh dunia, danterus bertambah. Terdapat tiga TLD yang paling populer, yaitu com, net dan org.

Localhost. Istilah dalam komputer jaringan yang berarti “komputer ini”. Localhost adalah nama standar yang diberikan sebagai alamat loopback network Interface. Localhost selalu men-terjemahkan loopback IP address 127.0.0.1 dalam IPv4 atau 1 dalam IPv6. Localhost digunakan untuk mengantarkan web browser pada HTTP server yang terinstall di komputer lokal. Alamat http://localhost akan menampilkan website lokal pada komputer yang bersangkutan.

IPv4. Internet Protocol version 4 adalah interelasi ke empat dari Internet Protocol (IP), dan merupakan versi pertama dari protocol yang digunakan secara luas. IPv4 adalah protocol layar jaringan yang dominant di internet, dan satu-satunya protocol yang digunakan di Internet. IPv4 menggunakan alamat 32 bit (4 byte), yang membatasi ruang alamat sebanyak 4.294.967.296 kemungkinan alamat unik. Akan tetapi, beberapa diperuntukkan bagi keperluan khusus seperti jaringan privat (mendekati 18 juta alamt) atau alamat multicast (mendekati 1 juta alamat). Hal ini mengurangi jumlah alamat yang dapat dialokasikan sebagai alamat Internet public. Semakin banyak alamt yang diambil, kekurangan alamat IPv4 tampaknya akan sulit dihindari.

IPv6. Internet Protokol version 6 adalah standar IP layer jaringan yang digunakan oleh peralatan elektronik untuk pertukaran data melalui packet switched Internetwork. Standar ini mengikuti IPv4 sebagai versi kedua dari protokol Internet yang digunakan secara formal untuk keperluan umum. Perbaikan utama yang diberikan oleh IPv6 adalah penambahan dalam jumlah alamat yang tersedia untuk peralatan jaringan, memungkinkan misalnya masing-masing telepon selular dan perangkat elektronik bergerak untuk memiliki alamat sendiri. IPv4 hanya mendukung 232 (kira-kira 4,3 miliar) alamat, yang tidak cukup bahkan untuk memberikan satu alamat bagi setiap orang hidup, apalagi untuk mendukung ledakan pasar peralatan koneksi. Sedangkan IPv6 mendukung 2128 alamat kira-kira 5 x 1028 alamat untuk setiap kira-kira 6,5 miliar orang yang masih hidup saat ini.

Ponsel Philips e2e, sekilas mirip iphone

Power management yang efektif

Ponsel yang dilengkapi dengan touch screen menjadi semakin populer sebagai salah satu produk andalan dari masing-masing produsen. Tidak ketinggalan Philips, dengan produk X800 e2e.

Memiliki layar sentuh (touch screen) selebar diagonal 2,9 inchi. Dilengkapi dengan user interface yang sekilas mirip dengan iPhone. Penggunaan icon dan susunannya, yang membuat keduanya mirip. Untuk sementara, produk ini hanya tersedia untuk pasar regional di Cina.

Penamaan dengan nama e2e ini memiliki arti khusus. Adalah singkatan dari “edge to edge”, yang menggambarkan kemampuannya yang lengkap dari ujung ke ujung. Ponsel ini juga menggunakan power management, seefektif Philips Xenium, yang sudah terkenal daya tahan baterainya.

Dilengkapi dengan kamera 2 megapixel. Untuk konektivitas, ia juga mendukung WiFi. Sayangnya, berdasarkan informasi, ponsel ini tidak memberikan dukung HSPA/3G. Untuk konektivitas GSM network masih terbatas pada GPRS.


Sumber : pdas News

- - - - - - - - - - - - - - - -


HSPA. High Speed Packet Access (HSPA) adalah kumpulan standar jenis protocol yang digunakan pada teknologi mobile phone, dan merupakan bagian pengembangan teknologi UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) atau yang lebih dikenal dengan sebutan teknologi third-generation (3G). Termasuk di dalamnya HSPA adalah Standar High Speed DSownlink Packet Access (HSDPA), dan High Speed Uplink Packet Access (HSUPA).

Touch Screen. Layar sentuh adalah display yang mampu mendeteksis lokasi koordinat sentuhan. Ini memungkinkan touch screen sekaligus menjadi input device, menggantikan keyboard atau mouse. Selain pada PC, touch screen juga digunakan pada beragam perangkat mobile, termasuk PDA dan smart phone. Beberapa varian lain yang mirip adalah memanfaatkan penggunaan stylus, untuk meningkatkan akurasi pendeteksian koordinat.



Bonus Foto












Blu-ray drive eksternal pertama

Perang format high definition

Dengan semakin jelasnya Blu-ray sebagai pemenang dari perang format high definition, tentunya cukup membuat para konsumen dapat merasa tenang. Selain itu, produsen seperti Lite-On atau Phillips yang mencoba menghadirkan solusi Blu-ray drive yang berjenis eksternal, juga cukup memperkuatnya. Drive-drive ini akan mulai dirilis pada kuartal kedua 2008.

Dengan makin besarya adopsi Blu ray sebagai standar optical disc untuk konten high definition, juga akan mebuat permintaan pasar yang makin besar untuk solusi Blu-ray playback. Bahkan produk seperti eksternal Lite-On BD-ROM, memungkinkan pengguna untuk dapat menjalankan disc Blu-ray di komputer manapun melalui interface kabel USB 2.0

Penawaran model Blu-ray yang salah satunya dari Lite On, yakni DX-401S, memiliki kemampuan baca disc Blu-ray hingga kecepatan 4x, single layer DVD pada 12 X, dual layer DVD 8X, dan media CD sekitar 32X secara maksimalnya. Bagi mereka yang lebih memilih jenis Blu-ray internal dapat menemukan drive Blu-ray Lite-On pada kisaran harga $ 150.

Sebagai alternative, para penggila komputer Home Theater PC dapat mempertimbangkan penawaran drive eksternal HD-DVD dari Xbox 360, yang mana saat ini memiliki penawaran harga ketat di nilai $50. Walau mungkin HD-DVD memiliki potensi penggunaan di masa depan yang cukup kecil, namun add-on dari Xbox 360 ini dapat menjadi pilihan terjangkau untuk dapat menjalankan konten high definition saat ini.


Info : Daily Tech

16 July 2009

Kamera digital saku dengan layar AMOLED

Merupakan yang terbaik


Samsung meramaikan pasar kamera digital saku, dengan merilis Samsung WB100 dengan resolusi sebesar 12 megapixel. Samsung WB100 mempunyai lensa sudut lebar 24 mm Schneider dengan zoom 5x optikal. Selain memotret, kamera saku ini juga mampu merekam video dengan resolusi high definition. Untuk menampilkan gambar atau hasil rekaman video, Samsung WB 100 mengklaim layar AMOLED yang digunakan pada Samsung WB 100 merupakan yang terbesar.

Teknologi perekaman video Samsung WB100 memiliki resolusi 720p, serta konektivitas HDMI. Konektivitas HDMI sangat berguna, jika pengguna ingin melihat foto atau video melalui televise dengan teknologi HDTV. Lensa zoon optikal pada Samsung WB100 dapat digunakan juga untuk merekam video, dan berkat penggunaan sistem kompresi H.264, kamera digital ini mampu merekam video dengan waktu yang lebih lama.

Samsung WB100 telah dilengkapi dengan teknologi Optical dan Digital Image Stabilization untuk mereduksi gambar goyang. Bagi pengguna yang ingin memotret dengan kreativitas tinggi, kamera ini telah menggunakan setting secara manual penuh. Pengguna dapat mengatur sistem pencahayaan, kecepatan hingga pemilihan ISO untuk hasil yang lebih baik.


Sumber : Samsung



Foto Tambahan















Software untuk membantu Menjadwalkan Aplikasi yang secara rutin dijalankan

Untuk mengurangi pekerjaan rutin






Aktivitas harian yang sudah terjadwal terkadang tidak berjalan semestinya, apalagi jika tanpa adanya jadwal. Banyaknya aplikasi dan kegiatan rutin yang mengiringi hari demi hari, lambat laun akan melelahkan user. Oleh karena itu perlu dikurangi sedikit beban tersebut melalui aplikasi Bantu yang dapat mengurangi campur tangan user dalam mengaktifkan aplikasi rutin yang berjalan. Aplikasi yang dapat digunakan adalah FreeByte Task Scheduler.

Jadwal yang terbentuk dapat dalam kurun waktu mingguan ataupun ditentukan secara detail hari/tanggal/waktunya. Untuk dapat menggunakan FreeByte Task Scheduler, Anda harus men-download nya terlebih dahulu di Website Freebyte dengan ukuran file 216 KB.


  1. Ekstrak file fbtaskscheduler.zip, lalu jalankan file FBTaskScheduler.exe tanpa perlu instalasi.
  2. Pada jendela utama FreeByte Task Scheduler, Anda dapat menambahkan job/task yang dilakukan secara terjadwal dengan mengklik tombol (+) atau melalui menu Task, Add sehingga jendela Define new task tampil.
  3. Pada jendela Define new task, di Program location, tentukan aplikasi yang dijalankan, misalnya Real Popup.exe. Jika pada aplikasi ada parameter tambahan, Anda dapat memasukkannya pada Program parameters, dan pastikan checkbox active aktif. Lalu beri nama task tersebut.
  4. Pilih jadwal yang Anda inginkan, misalnya weekly/mingguan, dan waktu dimulainya pada bagian Start time. Klik tombol Save untuk menyimpan. Untuk mencoba langsung menjalankan aplikasi, Anda dapat menkan tombol Play.
  5. Task yang sudah ditambahkan dapat dimodifikasi ataupun dihapus. Jika ingin menghapus klik tombol ( - ), sedangkan untuk memodifikasinya kembali klik tombol di sebelah ( - ).


- - - - - - - - - - - - - - - - - -

Parameter. Teks yang ditulis dalam bentuk kode mengandung formula tertentu. Parameter digunakan untuk memberikan perintah kepada sebuah program untuk menjalankan operasi terhadap sebuah objek. Jika operasi tersebut berhasil, akan menghasilkan output yang sesuai dengan formula parameter.

Komputer Desktop untuk gaming dari Dell

Didukung oleh ESA


Dell melebarkan jajaran produk komputer gamingnya dengan meluncurkan komputer desktop XPS 630. Menurut Dell, produk ini merupakan OEM PC pertama yang mendukung Enthuasiast System Architecture (ESA).

ESA adalah protocol yang mengatur komunikasi antara peripheral di dalam komputer yang diciptakan oleh nVIDIA. Dengan itu para konsumen antusias dapat membangun komputer dari nol (merakit) secara mudah, dengan menggunakan komponen yang memang compatible dengan ESA. Selain itu, ESA memungkinkan kemudahan dalam hal memonitor data penting dari komputer,d an juga overlocking.

Komputer Dell XPS 630 sendiri, dilengkapi dengan chipset nVIDIA nForce 650 SLI, dua slot PCI Express x16, empat HDD bay internal, memory CORSAIR Dominator, empat DIMM slot, teknologi Light FX 2.0 dan power supply 750 Watt. Hardware tambahan lainnya adalah AGEIA PhysX, dan drive Blu-ray. Produk ini akan hadir dalam dua model bezel merah maupun hitam, dan untuk casing dari bahan berlapis aluminium.

XPS 630 akan dimulai dari kisaran penawaran $1249 dan lebih dari itu bergantung komponen yang ingin dipasangkan oleh konsumen. Untuk konfigurasi standar, pengguna akan mendapatkan komputer yang menggunakan processor Intel Core 2 Quad Q6600, video card GeForce 8800 GT 512 MB dan garansi selama satu tahun.

Info : Daily Tech



Ket.

SLI. Scalable Link Interface, adalah teknik penggabungan dua buah video card dari nVidia di dalam satu motherboard guna mendapatkan peningkatan performa sebanding dengan jumlah performa kedua video card yang digunakan. Walau secara prakteknya hal ini belum tercapai dan biasa hanya berkisar 40 hingga 60 persen saja dari penggunaan satu video card.

PCI Express. Slot yang ada di motherboard sebagai gerbang untuk menambahkan fungsi baru, sperti graphic accelerator, audio, perluasan interface port, atau hal-hal lainnya. PCI Express berasal dari pengembangan PCI standar sebelumnya, guna didapatkan gerbang dengan bandwidth yang lebih besar.

Keyboard dengan nilai harga termahal di dunia

Optimus Maximus


Keyboard untuk tiap tombolnya berbasiss semacam monitor OLED, yakni Optimus Maximus, akhirnya hadir dalam bentuk produk jadi. Keyboard ini juga memiliki keunggulan utama dari konstruksinya yang sangat kokoh dan penggunaan material yang sangat berkualitas. Namun sayangnya ketika mencobanya kali pertama, tim review dari ENgadget sangat kecewa karena kekurangan yang lebih mendasar untuk ukuran sebuah keyboard biasanya dari Optimus Maximus.

Menurut para tim reviewer, ketika dalam pengetikan menggunakan Optimus Maximus sangatlah tidak nyaman. Secara keseluruhan, pengetikannya membutuhkan terlalu banyak tenaga pada saat menekan tombol, dan itu akan cepat membuat lelah setelah 1 mengit menggunakan keyboard ini. Bahkan mungkin setelah 30 detik, pengguna sudah akan merasakan kram di tangan.

Hal ini mengindikasikan, produk ultimate keyboard yang memiliki harga penawaran hingga $1564 perunitnya ini, sudah melupakan fungsinya yang paling dasar karena terlalu terfokus pada fitur khususnya.


Infor : engadget

15 July 2009

IBM Saingi Microsoft di Eropa


Open Referent

Sebagi langkah menantang Microsoft di pasar komputer desktop, IBM telah bekerja sama dengan sistem integrator Polandia dan Austria untuk memasok bisnis komputer desktop di pasar Eropa Timur dan Rusia, dengan sistem berbasiskan Red Hat Linux dan software berbasiskan open standards.

IBM akan bekerja sama dengan perusahaan yang berbasis di Wina, Austria, yaitu VDEL GmbH, dan Warsawa, Polandia, yang berbasiskan LX Polska, untuk menjual sistem menggunakan software yang disebut Open Referent. Sistem ini akan berbasiskan Red Hat Enterprise Linux Desktop, Lotus Notes, Lotus Sametime, dan Lotus Symphony. Pelu diketahui, IBM telah menjual salah satu bisnis PC nya ke Lenovo, dan IBM berjanji untuk tidak akan kembali lagi ke bisnis PC. Tapi bagaimanapun juga, Open Referent memposisikan diri ke permintaan pelanggan akan sistem desktop murah, dan tidak terikat dengan standar Microsoft.

IBM mengatakan telah memenuhi permintaan dari bisnis-bisnis besar dan agen pemerintahan di Eropa Timur dan Rusia, termasuk Aeroflot, pemerintahan pertahanan RUsia, dan hotel RUshotel. IBM mengklaim Open Referent dapat memotong harga jauh lebih murah


Foto tambahan
















Software : Apabila PC anda mengalami booting yang lama, segeralah telusuri dengan aplikasi ini

Mencari solusi






Untuk melihat palikasi-aplikasi pada startup dengan mudah dan secara otomatis dapat menggunakan aplikasi tertentu, dan salah satunya adalah WhatInStarup. Men-disable, mengaktifkan ataupun menghapus pun dapat dilakukan melalui aplikasi ini.

Informasi yang ditampilkan terbagi dalam kelompok-kelompok, antara lain starup type, command line string, product name, file version, company name, location pada registry atau file system, dan lain sebagainya. Aplikasi ini dapat di download pada url Nirsoft, dengan ukuran 44 Kb.



  1. Download, dan ekstrak file whatinstarup.zip.

  2. Jalankan file WhatInStartup.exe, tanpa perlu instalasi. Pada layar, tampak sebuah daftar aplikasi-aplikasi yang berjalan pada sistem operasi Windows, dimana aplikasi dijalankan.

    Anda dapat men-disable aplikasi yang diinginkan melalui tombol merah, mengaktifkan dengan mengklik tombol hijau bahkan menghapusnya dengan mengklik tombol silang dari startup Windows.

  3. Anda dapat menampilkan informasi dari sebuah aplikasi secara lengkap, dengan menyeleksinya terlebih dahuli, diikuti dengan mengklik menu file, kemudian klik Properties.

Ket.

Registry. Windows menyimpan informasi tentang konfigurasi dalam sebuah database yang dinamakan registry. Registry terdiri dari profile dari tiap-tiap user dan informasi mengenai sistem hardware, aplikasi yang terinstall dan setting lainnya. Dalam operasionalnya Windows akan secara kontinu mengacu pada registry. Registry disusun secara hirarkis seperti pohon yang terdiri dari key, subkey, hive, dan value entry.

Startup. Pengawalan atau permulaan. Kondisi ketika pertama kala operating system dijalankan. Pada saat tartup, terdapat beberapa aplikasi yang dapat langsung dijalankan.

Note Book tangguh untuk petualang dari Dell

Kondisi apapun


Nama Dell sudah dikenal sebagai produsen terkemuka di dunia komputer. Kali ini, pihak Dell mengumumkan notebook terbarunya yang diberi nama Latitude XFR D630. Keunikan notebook yang satu ini terletak pada daya tahannya.

Dell Latitude XFR D630 dapat dioperasikan tanpa masalah pada cuaca sangat buruk, guncangan yang berat, dan kondisi alam lainnya yang sulit ditebak. Kemungkinan Anda sudah dapat menebak daya tahan notebook ini dari bentuknya yang juga terlihat sangat kokoh, dan berlapis bahan karet. Latitude XFR D630 menggunakan system SSD atau HDD, dan memiliki ketajaman layar sampai 500 nit, sehingga teks di layar tetap dapat dibaca dengan jelas.

Bagian harddrive, dan komponen-komponen berat lainnya terisolasi dengan bahan anti air dan debu. Sesuai dengan temanya sebagai note book lapangan, maka Latitude XFR D630 menyertakan fasilitas GPS di dalamnya. Anda akan tetap mengetahui keberadaan posisi Anda dalam keadaan darurat sekalipun. Selain itu, juga disediakan fasilitas untuk koneksi ke Internet melalui jaringan WiFi.


Harga : $ 3.899
Sumber : Dell



Foto Tambahan














Handphone untuk Tuna Netra yang dilengkapi oleh Operating system Symbian

Untuk kebutuhan tuna netra dari India


Pada konsumen dengan kemampuan terbatas menjadi sasarang minoritas produsen-produsen ponsel. Ambil contoh merek ayang tuna netra. Saat ini beberapa tuna netra menggunakan ponsel-ponsel keluaran Nokia. Disamping karena kemudahannya, pada operating system Symbian S60 juga disediakan aplikasi yang disebut screen reader bagi tuna netra. Sayangnya aplikasi ini lumayan mahal. Sebagai alternative baru, para tuna netra dapat menggunakan ponsel yang satu ini.

Braille Phone memang bukan konsep baru. Sebelumnya sudah ada Samsung yang memperkenalkan konsep seperti ini. Pihak India tidak mau ketinggalan. Melalui perusahan Spice Corp of India, Braille Phone diluncurkan untuk memenuhi keinginan konsumen dengan kemampuan terbatas.

Anda tidak akan menemukan layar di ponsel ini. Keypad yang digunakan bertipe Braille. Ketika Anda menekan sebuah tombol, maka akan keluar suara yang menyebutkan angka. Dan, ketika anda menekan tombol dial, maka nomor yang sedang Anda hubungi akan diucapkan kembali. Modelnya cukup menarik, tidak terkesan murahan. Akankah ponsel jenis ini masuk ke pasar Indonesia? Kita nantikan saja.


Harga : $ 20
Sumber : Spice India


- - - - - - - - - - - - - - - - -

Symbian. Sebuah operating system yang digunakan oleh ponsel-ponsel atau smartphone yang beredar saat ini. Symbian versi 9.3 terbilang fleksibel karena para penggunannya dapat memasukkan berbagai macam aplikasi tambahan ke dalamnya. Symbian bukan OS ponsel yang gratis. Tapi biasanya sudah disertakan pada paket ponsel-ponsel merk tertentu. Pada perkembangannya, Symbian memfokuskan diri pada urusan koneksi tanpa kabel atau wireless.

Foto tambahan















14 July 2009

Ebox akan menggebrak pasar dunia dengan Eee PC

Fenomena Teknologi

Gaung fenomena Asus Eee PC belum usai. Kabar terbaru yang beredar, tentang akan hadirnya versi desktop dari Eee PC, dan menurut informasi akan disebut sebagai Ebox.

Sebetulnya, berita mengenai akan hadirnya Eee PC versi desktop memang sudah cukup lama beredar. Ebox cukup berbeda dengan desktop kebanyakan, khususnya white box (PC rakitan). Ebox sekilas akan lebih mirip dengan sebuah game console yang juga populer, yaitu Nintendo Wii. Namun, dengan ukuran dimensi yang sedikit lebih besar.

Ebox akan memiliki kemampuan kapasitas RAM maksimal 2 GB, harddisk 160 GB, dan akan dilengkapi optical drive dengan mekanisme slot in tanpa tray. Diperkirakan produk ini akan menggunakan motherboard dari seri Intel DIamondville. Dengan bentuknya yang unik, akankah menjadi produk fenomenal seperti Eee PC?


Sumber : Reghardware



Ket.

Asus Eee PC. Sebuah notebook PC ringkas atau termasuk dalam kategori subnotebook, didesain dan dipasarkan oleh Asus. Ciri khas lainnya, selain ringkat Eee PC juga memiliki bobot yang ringan, menggunakan solid state drive, dan ditawarkan dengan harga relative terjangkau. Menurut Asus, nama Eee adalah singkat dari slogan pemasarannya, yaitu “Easy to learn, Easy to wor, Easy to play”. Eee PC juga termasuk PC yang dikategorikan sebagai Netbook.

Slot In. Sebutan untuk salah satu sistem mekanisme pada drive optic. Tinggal memasukkan sebagian dari media keping, mekanisme slot loading atau slot ini akan menarik sisanya, untuk kemudian dijepit secara magnetis pada spindle. Mekanisme lain adalah tray loading, yang menggunakan sebuah tray (tempat) untuk menaruh media kepingan ini. Pada tray loading, mekanismenya menggerakkan tray yang menjadi jalan keluar masuknya CD/DVD.



Foto Tambahan















Aplikasi yang dapat melacak keberadaan pegawai Anda

Sinyal radio digital

Untuk dapat menggunakan aplikasi yang satu ini. Anda membutuhkan sebuah PDA yang memiliki fasilitas GPS terintegrasi. PocketClockGPS dapat mengubah PDA menjadi PDA GPS berbasis waktu.

PocketClock akan merekam lokasi sebenarnya dari tiap-tiap pegawai pada waktu tertentu. Jangan kuatir, pegawai-pegawai Anda tidak dapat mengubah posisi mereka yang sebenarnya. Sebelumnya Anda harus melakukan sinkronisasi antara jam PDA dengan jam yang digunakan oleh komputer kantor terlebih dahulu. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memberikan informasi seputar pekerjaan yang tengah dilakukan.

Sebagai manajer, Anda dapat mengecek langsung kebenarannya. Informasi-informasi yang telah terkumpul akan dikirimkan ke komputer yang menangani soal penggajian pegawai. Aplikasi ini bersifat portable, dan mudah digunakan. Asyiknya lagi Anda dapat menyandingkan aplikasi ini dengan beberapa aplikasi lain dari produsen yang sama, misalnya dengan aplikasi JobClock, dan lain sebagainya.

Sumber : Job Clock

- - - - - - - - - - - - - - - - -


PDA. Personal Digital Assistant. Sebuah alat yang menyerupai komputer genggam dan berfungsi mengatur berbagai macam informasi personal kita. Informasi-informasi tersebut mencakup: database nama dan alamat, hal-hal yang mesti dilakukan, note, dan lain-lain. PDA di masa sekarang dipadu dengan fungsi ponsel atau mobile office. Untuk input/output digunakan stylus, maupun keyboard kecil.

GPS. Kepanjangan dari Globat Positioning System, sistem navigasi menggunakan 24 satelit MEO (medium earth orbit atau middle earth orbit) yang mengelilingi bumi dan penerima-penerima di bumi. Satelit mengorbit pada ketinggian sekitar 12.000 mi di atas bumi dan mampu mengelilingi bumi dua kali dalam 24 jam. Satelit GPS secara terus menrus mengirimkan sinyal radio digital yang mengandung data lokasi satelit dan waktu pada penerima yang berhubungan. Satelit GPS dilengkapi dengan jam atom yang memiliki ketapatan satu per satu juga detik. Berdasar informasi ini, stasiun penerima mengetahui berapa lama waktu yang digunakan untuk mengirim sinyal sampai ke penerima di bumi. Semakin lama waktu yang digunakan untuk sampai ke penrima, semakin jauh posisi satelit dari stasiun penerima dengan mengetahui posisi satelit, penerima mengetahui bahwa satelit terletak pada posisi tertentu pada permukaan bola imaginer yang berpusat pada satelit.


Bonus Foto













Jadikan Televisi biasa Anda menjadi High Definition

Gambar yang tajam

Anda ingin menikmati teknologi televise high definition, tanpa harus membeli televise LCD yang harganya selangit? Mengapa tidak mencoba produk terbaru dari ASUS yakni ASUS HDTV Suite-HDMI.

Perangkat televisi ini memberikan solusi menonton berteknologi HDTV, dengan kualitas 1920 x 1200 pixel. Penggunaannya pun cukup mudah, cukup dengan mengkoneksikan ASUS HDTV Suite HDMI ke monitor PC, Anda pun sudah dapat menikmati teknologi HDTV. Sebagai tambahan, AsSUS HDTV Suite HDMI bukan hanya menyediakan teknologi HDTV ke rumah Anda, tapi juga dpaat berperan menjadi multimedia center tanpa harus menyalakan PC.

ASUS HDTV Suite HDMI hadir dengan teknologi built-in CE quality TV engine. Dengan teknologi terbaru, termasuk Dynamic Deblocking, Dynamic Anti Flickr Brightness Adjustment, Advanced 3 D Comb dan Flesh Tone Correction, ASUS HDTV Suite HDMI mampu menampilkan sinyal video kualitas tinggi untuk memberikan gambar tajam dengan detal yang baik. Selain dapat menampilkan kualitas televisi tinggi, Anda juga dapat mengkoneksikan ASUS HDTV Suite HDMI ke konsol game, seperti PS3, PS2,Xbox 360, Xbox dan Wii, dan bahkan DVD player.


Sumber : ASUS

- - - - - - - - - - - - - - -


HDTV. High Definition Tlevision adalah siaran dari sinyal televise dengan resolusi tinggi daripada format tradisional (NTSC, SECAM, PAL). Kecuali untuk format analog awal di Eropa dan Jepang. HDTV disiarkan secara digital, oleh karena itu perkenalan HDTV terkadang secara kebetulan sama dengan perkenalan Digital television (DTV).

Bonus Foto