Add this

29 July 2009

Software untuk membaca temperature Personal Computer Anda

Panas dan dingin-nya suatu komputer






Pengawasan terhadap hardware ataupun software perlu dilakukan, mengingat hal tersebut sangat penting demi kenyamanan penggunaan PC. Adakalanya PC dapat saja shutdown ataupun restart seketika, di saat Anda asyik mengerjakan pekerjaan. Hal tersebut tentunya menjengkelkan, karena mungkin saja Anda belum sempat menyimpan hasil pekerjaan. Salah satu aplikasi yang dapat Anda pilih untuk masalah ini adalah SpeedFan, yang dapat memonitor kecepatan kipas, temperature dan voltase dalam komputer, melalui chip-chip monitor hardware.

Aplikasi ini bahkan dapat mengakses info S.M.A.R.T pada beberapa harddisk yang mendukung fitur tersebut dan menampilkan temperature harddisk juga, jika memang telah didukung. Pada beberapa hardware, SpeedFan dapat melakukan perubahan pada FSB. Pada lebel paling terendah, SpeedFan merupakan aplikasi untuk memonitor hardware, namun memiliki fitur utama, yaitu dapat mengendalikan kecepatan kipas (tergantung pada kemampuan chip sensor dan hardware Anda tentunya) berdasarkan pada temperature PC Anda sehingga dapat mengurangi gangguan/noise, dan konsumsi energi/power.

SpeedFan mendukung sistem operasi Windows 9x, ME, NT, 200, 2003, XP, dan juga dapat berjalan pada Windows 64-bit. Perbaikan disertakan pada versi SpeedFan terbaru, yaitu 4.34, diantaranya adalah perbaikan atas isu terhadap motherboard SUN 2864, perbaikan bug data saat mengubah jenis data untuk grafis, perbaikan pembacaan temperature ADT7475 pada offset mode 64, perbaikan deteksi terhadap motherboard SUN 2864, perbaikan bug data saat mengubah jenis data untuk grafis, perbaikan pembacaan temperature ADT7475 pada offset mode 64, perbaikan deteksi terhadap revisi lama ITE IT8705F, dan perbaikan pada intel core temperature yang dilaporkan memiliki temperature sama pada kesemua core-nya.



Spesifikasi Minimum : Windows 2000
Ukuran File : 1,6 MB
Nama Pembuat : Alfredo Milani-Comparetti
Download : File Hippo

- - - - - - - - - - - - - - - - - - -


S.M.A.R.T. Self Monitoring Analysis And Reporting Technology. Sebuah teknologi harddisk yang memiliki kemampuan untuk mengenali keadaan dirinya sendiri. Contohnya: suhu harddisk, kecepatan putaran piringan harddisk (platter), dan kerusakan sector hard disk.

FSB. Front Side Bus merupakan sistem bus yang menghubungkan antara memory dengan CPU pada motherboard. Lalu lintas data yang terjadi antara keduanya ditangani oleh sebuah chip/hub yang dikenal dengan nama north bridge (di pasaran dikenal dengan ‘chipset’).

Northbridge. Sebuah controller yang mengatur fungsi-fungsi kerja antara processor, VGA, dan memory. Chipset North bridge ini juga bekerja sama dengan southbridge yang berfungsi sebagai controller perangkat lainnya dalam sebuah motherboard. Karena digunakan sebagai controller dari processor, memory, dan VGA, maka northbridge juga berpengaruh pada kinerja overclocking. Umumnya motherboard yang dirangcang untuk overclocking menggunakan heatsink fan akif (dengan kipas) untuk menunjang kinerja dari northbridge. Bahkan beberapa motherboard khusus overclocking membuat sistem pengaliran panas yang baik untuk menjaga kestabilan northbridge pada saat overclocking.

Teknologi terbaru untuk sebuah Graphic Controller

Memberikan Solusi yang ideal

Teknologi AMD ATI XGP (External Graphics Platform) adalah teknologi penggunaan VGA card dengan interface PCI Express 2.0, dengan sebuah interface eksternal. Solusi ini idealnya dapat tersedia dan digunakan pada note book, namun tidak tertutup kemungkinan diaplikasikan pada desktop PC. External PCI Express 2.0 masih mampu memberikan bandwidth hingga 4.0 Gbyte/s.

AMD ATI XGP external graphic menggunakan sebuah chasis external, menghubungkannya dengan note book PC. AMD ATI XGP external graphic dilengkapi dengan sistem pendingin, dan catuan daya yang terpisah dari notebook.

AMD ATI XGP external graphic ini akan memungkinkan pengguna notebook menampilkan tampilan display pada multiple monitor. Ataupun meningkatkan kinerja saat bermain game, memutar file video high definition atau bahkan melakukan image atau video editing.

Salah satu yang sudah memiliki produk ini adalah Fujitsu Siemens, dengan AMILO Graphic Boosternya. Fujitsu Siemens AMILO Graphic Booster diklaim akan memiliki peningkatan kinerja grafis hingga hampir 5x. Sayangnya, belum ada informasi lebih banyak mengenai spesifikasi, harga maupun detail spesifikasi lainnya dari Fujitsu, untuk produk ini.



Sumber : ati amd

Layar Handset mobile phone yang dapat diputar untuk tampilan landscape

Bisa tengok sana, tengok sini

Sebelumnya, Fujitsu lebih dikenal dengan ragam produk mobile PC nya. Sedangkan Fujitsu F906i adalah sebuah handset mobile phone, dengan desain layar yang dapat diputar. Namun perputaran layar yang dimungkinkannya dapat dibilang unik. Perputaran layar ditujukan untuk memberikan tampilan mode landscape, untuk kenyamanan penggunannya.

Wajar, mengingat produk yang satu ini adalah sebuah handset yang dilengkapi dengan TV tunner. Mode landscape akan membuatnya lebih nyaman untuk fungsi menonton TV pada layar 3,2 inchi, yang mampu menampilkan resolusi 864 x 480.

Selain fungsi TV, tentu saja dilengkapi dengan kamera, menggunakan sensor CMOS 3,2 MP. Sedangkan untuk video call, tersedia kamera kedua di bagian depan.

Fungsi multimedia juga dimilikinya, dengan dukungan untuk format MP$ dan ASF. Selain dilengkapi dengan tambahan FM tuner, ia juga memiliki fasilitas untuk navigasi GPS.

Ponsel 3G ini juga dinyatakan kompatibel dengan Adobe Flash 8 sehingga membuatnya makin nyaman, saat melakukan browsing situs dengan komponen tersebut. Sayangnya, untuk sementara produk ini hanya tersedia di Jepang.

Sumber : ubergizmo





Ket.

TV Tuner. Adalah komponen yang memungkinkan menerima sinyal televise, dan menampilkannya pada layar display. Komponen utama TV tuner adalah receiver, tuner, demodulator, dan analog to digital converter (untuk receiver analog TV). Hybrid tuners adalah istilah TV tuner yang dapat menangkap siaran TV digital maupun analog. Beberapa TV tuner juga memiliki fungsi sebagai FM tuner, dan kadang disebut sebagai combo tuner.

GPS. Singkatan dari Global Positioning System adalah sistem navigasi untuk menentukan posisi/lokasi, kecepatan, arah, dan waktu. Awalnya, dikembangkan untuk kebutuhan militer di Amerika Serikat. Nama resminya adalah NAVSTAR GPS. Sistem ini menggunakan Global Navigation Satellite System (GNSS), terdiri dari 24 satelit medium orbit yang memancarkan sinyal microwave, yang kemudian diterima oleh GPS receiver.

3G. High Speed Packet Access (HSPA) adalah kumpulan standar jenis protocol yang digunakan pada etknologi mobile phone, dan merupakan bagian pengembangan teknologi UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) atau yang lebih dikenal dengan sebutan teknologi thirg generation (3G). Termasuk didalamnya HSPA adalah standar High Speed Downlink Packet Access (HSDPA), dan High Speed Up-link Packet Access (HSUPA).

28 July 2009

Software yang dapat membantu anda apabila tersesat dalam perjalanan

Menampilkan lokasi yang spesifik


Tersesat dalam perjalanan mungkin saja dapat terjadi, terlebih jika Anda berada pada wilayah yang sebelumnya tidak pernah dilalui. Saat ini, teknologi sudah banyak membantu. Salah satunya alat yang dapat menampilkan lokasi secara spesifik keberadaan kita, terkoneksi dengan satelit disertai peta adalah GPS.

Produk tersebut sering dikenal dengan nama garmin dan Magellan. Peta yang ada pada device/perangkat GPS tersebut dapat di-download ataupun di-upload menggunakan software. Anda dapat menggunakan freeware untuk mengerjakan hal tersebut, aplikasinya dikenal dengan nama OkMap. Aplikasi ini mendukung banyak format gambar peta, data vector dan data GPS.

OkMap termasuk dalam software komprehensif yang dikhususkan pada kegiatan outdoor, seperti trekking (melakukan perjalanan), sailing (pelayaran), mountain bike (sepeda gunung), off road, hunting dan fishing (berburu dan memancing), finding mushrooms (cari jamur), soft air (udara segar), geocaching, dan lain sebagainya. Aplikasi ini menarik sekali untuk dicoba bagi Anda yang memliki perangkat GPS jenis garmin atau maagellan. Sebelum instalasi, perhatikan kebutuhan sistem instalasi OkMap.


Harga : Gratis.
Ukuran File : 9,49 MB
Download : Ok Map





Ket.

Satelit. Alat elektronik yang mengorbit bumi yang mampu bertahan sendiri. Bisa diartikan sebagai repeater yang berfungsi untuk menerima sinyal gelombang microwave dari stasiun bumi, diterjemahkan frekuensinya, kemudian diperkuat untuk dipancarkan kembali kea rah bumi sesuai dengan lingkupnya. Dalam komunikasi GEO (merupakan sistem komunikasi satellite yang paling banyak) posisi satellite adalah sekitar 36.000 km diatas bumi.

GPS. Sistem navigasi dan penentuan posisi menggunakan satelit yang dikembangkan dan dikelola oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. GPS dapat memberikan informasi tentang posisi, kecepatan dan waktu di mana saja di muka bumi setiap saat, dengan ketelitian penentuan posisi dalam fraksi millimeter sampai dengan meter. Prinsip dasar penentuan posisi dengan GPS adalah perpotongan ke belakang dengan pengukuran jarak secara simultan ke beberapa satelit GPS.

Data Vektor. Bentuk bumi yang direpresentasikan ke dalam kumpulan garis, area (daerah yang dibatasi oleh garis yang berawal dan berakhir pada titik yang sama), titik dan nodes (merupakan titik perpotongan antara dua buah garis). Keuntungan utama dari format data vector adalah ketepatan dalam merepresentasikan fitur titik, batasan dan garis lurus. Hal ini sangat berguna untuk analisa yang membutuhkan ketepatan posisi.

Video camera mungil, ringan dan terjangkau

Ringkas

Sesuai dengan namanya, produk ini adalah sebuah video cam dengan ukuran ringkas, dan dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam kantung ke dalam kantung celana ataupun tas. Produk yang tersedia dalam dua pilihan warna: pink dan silver ini, memiliki berat kurang dari 90 gram. Sudah termasuk dengan baterai removable dan rechargeable, juga memory 2 GB sebagai media penyimpanan. Untuk display, digunakan LCD dengan lebar diagonal 2 inchi.

Dengan kemampuan merekam video dalam resolusi VGA (6480 x 480), dan dilengkapi kemampuan 2x digital zoom. Kapasitas memory 2 GB itu cukup untuk menyimpan rekaman video resolusi VGA dalam kompresi MPEG-4 atau AVI dengan 30 fps selama kurang lebih 2 jam.

Produk ini lebih ditujukan untuk pengguna yang akan meng-upload hasil rekamannya ke layanan video streaming, seperti YouTube atau hosting gambar seperti Photobucket dengan mudah. Tersedia software terintegrasi secara built-in, yang memungkinkan penggunanya mengupload hasil rekaman dengan mudah.

Walaupun bukanlah sebuah video camera digital dengan spesifikasi terbaik, namun tetap menarik. Selain bobotnya yang ringan, ia juga ditawarkan dengan harga kisaran yang cukup menarik.


Harga : $ 99
Sumber : Creative





Ket.

Baterai removable dan rechargeable. Jenis baterai yang bisa di charge ulang (rechargeable), dan dapat dilepas (removable). Keuntungan jenis baterai yang removable, baterai dapat diganti dengan baterai lain atau baterai cadangan. Atau bahkan diganti, jika baterai yang digunakan sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya (soak atau drop).

MPEG-4. Kompresi yang digunakan pada data digital audio dari video (AV data) MPEG-4 mengadopsi MPEG-1 dan MPEG-2, juga standar kompresi audio video yang lain. Komprsi ini masih terus dikembangkan, dengna tingkat kompatibilitas yang masih tergantung dari pengembangnya masing-masing Ada yang disebut MPEG-4 part 2 (MPEG-4 SP/ASP), digunakan pada DivX, Xvid, Nero Dital, 3ivx dan by Quicktime 6. MPEG-4 part 10 10 (MPEG-4 AVC/H 264), atau x264 codec, digunakan pada Nero Digital AVC, Quicktime 7, juga HD DVD dan Blu ray Disc.

Kingston turut meramaikan pasar SSD dengan Kingston SSDNow

Read speed dan write speed

Kingston SSDNow yang baru-baru ini diperkenalkan, terdiri dari dua pilihan, E series dan M series. Keduanya ditujukan untuk kalangan pengguna yang berbeda. Jika E series ditujukan untuk server di enterprise, sedangkan M series lebih ditujukan untuk kalangan pengguna mobile PC yang ingin meningkatkan kinerja, jika dibandingkan menggunakan harddisk konvensional.

Yang menarik, kedua seri harddiskini menggunakan SSD dari Intel. Sesuai dengan namanya, M series dari Intel X25-M dan E series dari Intel X25-E SSD. Demikian juga tentunya dengan spesifikasi dan kinerja yang mampu melakukannya. E series memiliki read speed 250 MB/sec, dan write speed 170 MB/sec. Sedangkan M series dengan read speed 250 MB/sec, dan write speed 70 MB/sec. Keduanya hadir dengan form factor 2,5 inci dan menggunakan interface SATA 3,0 GB/sec.


Sumber : Kingston




Ket.

Read speed. Kecepatan transfer data, saat melakukan proses read. Pada kebanyakan media penyimpanan, read speed lebih cepat dibandingkan dengan write speed.

Write speed. Kecepatan transfer data, saat melakukan proses write. Pada kebanyakan media penyimpanan read speed lebih cepat dibandingkan dengan write speed.