Skip to main content

Posts

Showing posts from December 20, 2009

Membaca isi dokumen PDF dengan suara

Inilah caranya

Baseball stadium
Acrobat Reader. Namanya saja sudah Reader, fungsinya ya jelas untuk membaca. Membacanya bukan cuma sekadar menampilkan lho. Tapi memang benar-benar bisa dibacakan isinya dengan suara. Seru khan?
Fitur yang diberi nama Read Out Loud ini punya dua pilihan, yaitu Read This page Only yang berfungsi untuk membacakan dokumen pada halaman yang aktif saja. Sedangkan yang satunya adalah Read To End Of Document, yang akan membacakan semua isi dari file tersebut.
Untuk mengaktifkan fitur ini ada beberapa tahapan yang perlu diikuti:
1. Buka dokumen PDF Anda, lalu tekan “Ctrl + K” dan halaman “preferences” akan muncul. 2. Klik pada “Reading” dan lakukan pengaturan pada halaman tersebut. Atau bila menggunakan cara panjangnya, klik “Edit > Preferences > Reading. 3. “Volume”, berfungsi untuk mengatur besar kecilnya suara yang dihasilkan. Dengan menghilangkan tanda checklist pada “use default voice”, Anda dapat memilih satu di antara 3 karakter suara yang akan membaca do…

Agar Blog Cepat Dikenal

Sarana promosi
Sports blue tracks stadium
Agar maksimal, website harus mudah dikenali oleh situs pencarian semacam AOL Search, AltaVista, Google, Lycos, MSN Search dan Yahoo. Lalu bagaimana agar situs kita ramah search engine?
1. Gunakan META tags
Kebanyakan search engine akan melihat META tag di halaman web. Berikut adalah contoh bagaimana menggunakan tag .
Tag META ini harus diletakkan di dalam . Dalam "description", masukkan uraian singkat dari halaman Anda.
Dalam "keywords", berikan kata kunci yang menurut Anda mudah dan sederhana untuk ditemukan. Anda dapat memisahkan setiap kata kunci atau deskripsi dengan menggunakan koma (,) seperti yang ditunjukkan di atas.
2. Judul Halaman
Infoseek akan menggunakan judul sebagai prioritas utama dalam proses pencarian. Berikan judul dengan hati-hati. Cobalah memikirkan kata kunci apa yang diketik pengunjung untuk menemukan halaman anda. Yahoo juga menggunakan judul halaman dan keterangan yang Anda kirim ke pencarian.
3. Isi dari Ha…

Mencetak semua File PDF yang diproteksi

Begini caranya ?
Spectators in Melbourne Cricket Ground During Game
Adobe Reader itu aplikasi yang “pasrah”. Kenapa begitu? Soalnya aplikasi ini Cuma menerima apa yang di-setting oleh pembuat dokumen. Dokumen dikunci fitur editing-nya, reader ikut, dokumen diproteksi pencetakannya, reader pun ngikut. Belum lagi batasan batasan lain seperti larangan untuk menambahkan komentar, mengisi form, dan sebagainya.
Tingkat proteksi seperti ini banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan, misalnya oleh sebuah penerbit buku. Tujuannya jelas membatasi akses pembaca agar hanya dapat membaca tanpa dapat membuat hardcopy dari dokumen tersebut.
Gimana kalau kita benar-benar butuh pencetakan dokumen yang diproteksi tadi? Itu yang repot. Mari kita usahakan agar dokumen tadi bisa dicetak.
Untuk mempermudah pembahasan kali ini, akan dipaparkan terlebih dahulu cara membuat sebuah file pdf dengan tingkat proteksi High (128-bit RC4). Jalankan software pdf maker Anda masing-masing. Buat contoh kita pakai OpenOffice.…

Merubah nuansa warna pada Microsoft Word

Bisa diubah kok
Saddledome and Calgary Skyline
Biru. Itulah yang jadi nuansa warna standari di Microsoft Word. Microsoft menyediakan nuansa warna lain yang dapat dipilih oleh penggunanya. Jadi, untuk mengubah-ubah tampilan, pengguna tidak perlu instal aplikasi apa-apa lagi.
Tinggal ikuti langkah-langkah ini saja. Oh ya, trik ini bisa juga dipakai di aplikasi Microsoft Office yang lain.
1. Klik tombol “Office”, lalu klik “Word Options”.
2. Di tab “Popular”, cari “Color Scheme”.
3. Coba ganti dari “Blue” jadi “Black”. Klik “OK”. Word akan tampak seperti pada gambar “Word dengan tampilan hitam”.
4. Coba kembali ke “Word Options” terus ganti jadi “Silver”. Apa yang terjadi?
5. Silakan pilih nuansa yang Anda suka.

Membuat Restart Windows lebih cepat

Swap file perlu diatur
Sports stadium
Virtual Memory, atau yang lebih dikenal dengan nama swap file, merupakan memori bohong-bohongan yang terletak di dalam hard disk. Pada dasarnya, Virtual Memory berguna jika RAM yang terdapat di sistem sudah tidak mencukupi sehingga dipakailah ruang hard disk sebagai tempat penyimpanan sementara. Karena itu, tidak mengherankan jika ukuran Virtual Memory bisa disetel sampai 2 kalinya RAM sistem.
Tapi tahukah Anda, besar-kecilnya Virtual Memory dapat mempengaruhi kecepatan shutdown atau reboot Windows. Semakin besar Virtual Memory, semakin lama pula Windows melakukan reboot atau shutdown.
Begini solusi untuk mengatasinya. 1. Klik menu “Start”, lalu ketik “Local Security Policy”. 2. Atau coba ketikkan “secpol.msc” di menu Start. Lihat kolom kiri, lalu pilih “Security Settings > Local Policies > Security Options > Shutdown : Clear virtual memory pagefile”. Set value-nya menjadi “Disabled”.
Anda memiliki RAM sistem yang besar? Anda dapat pula menyetel…

Meng-kunci Setting File Temporer Internet

Memang menjadi tempat penyimpanan
Soccer team practicing on field at night
Temporary Internet Files itu tempat berkumpulnya file-file dari internet yang lahir setiap kali Anda membuka suatu halaman web. File-file ini memang sengaja disimpan supaya saat Anda mengunjungi kembali halaman web yang sama, prosesnya bisa berjalan dengan lebih cepat.

Untuk mengubah setting Temporary Internet File tersebut, lakukan langkah berikut.
1. Pilih “Start > Control Panel > Network and Internet > Internet Options”.
2. Pada tab “General”, ada bagian yang mengatur setting Temporary Internet File tersebut. Di sana terdapat dua pilihan, yaitu “Delete…” dan “Settings”. Pada pilihan “Delete”, Anda bisa menghapus semua file-file pada folder Temporary Internet Files. Sedangkan melalui pilihan “Settings”, Anda bisa mengatur berapa kapasitas maksimal yang bisa ditampung oleh folder Temporary Internet Files.

Supaya settingan ini tidak bisa digonta-ganti oleh orang lain, lakukan langkah berikut.
1. Jalankan Regi…

Menambah Kecepatan pembacaan sebuah folder

Memperbesar cache
Fenway Park
NTFS adalah file sistemnya sistem operasi yang dibangun dengan fondasi NT. Karena Windows 7 menggunakan kernel atau inti dari OS Windows NT, maka sistem operasi ini juga mendukung NTFS.

Nah, sebagai OS yang dapat menggunakan file sistem NTFS, ia membutuhkan sebuah cache yang berfungsi menampung informasi mengenai file yang terdapat di dalam sebuah folder. Seperti apa cara kerjanya? Ketika Anda membuka sebuah folder untuk pertama kalinya, Windows akan membaca dan menampung informasi detail mengenai folder yang Anda buka tersebut ke dalam sebuah cache. Informasi ini kemudian akan digunakan jika Anda membuka folder yang sama di lain waktu sehingga prosesnya akan lebih cepat.

Dengan memperbesar cache ini, tentunya kecepatan Windows Anda dalam membaca sebuah folder akan meningkat pula. Untuk melakukannya, praktekkan langkah berikut.

1. Jalankan Registry Editor melalui menu “Start”, lalu ketik: regedt32.
2. Masuklah ke sub key HKEY_LOCAL_MACHINE-SYSTEM-CurrentControl…