22 November 2010

Menyediakan tutorial, referensi, kuis, dan sertifikasi

W3 Schools


Bila ada yang bertanya, sumber tutorial seputar web development apa yang plaing valid, lengkap, dan direkomendasikan banyak pihak di WWW, jawabannya adalah W3Schools. Website ini menyediakan materi tutorial yang sistematis, terbagi ke dalam lima kategori, yakni HTML & CSS Browser Scripting, XML language, Server Scripting, dan yang terakhir Multimedia.

Di setiap kategori terdapat pokok bahasan yang lebih spesifik. Pada kategori HTML & CSS, dan TCP/IP. Di bawah kategori Browser Scriptin terdapat pokok bahasan JavaScript, HTML, DOM, DHTML, VBScript, AJAX, E4X, dan WMLScript. Sementara pada kategori Server Scripting, Anda bisa memilih tutorial SQL, ASP, ADO, PHP, ASP.NET, .NET, dan Web Services.

Di bawah kategori Multimedia, Anda bisa mempelajari pokok bahasan Media, SMIL, SVG, dan Flash. Bukan hanya tutorial, website ini juga menyediaka referensi dari masing-masing scripting dan bahasa pemrograman, misalnya tag-tag HTML, dan XHTML, warna-warna yang dapat ditampilkan dalam HTML, fungsi-fungsi dalam PHP, dan lain-lain.


Bila merasa telah menguasai salah satu dari HTML, XHTML, CSS, XML, JavaScript, SQL, PHP, dan ASP atau sekedar untuk menguji sampai di mana penguasaan terhadap salah satu bidang tersebut, Anda bisa menjajal kuis yuang disediakan di sini. Jika hasilnya memang memuaskan, tidak ada salahnya untuk mensertifikasi keahlian Anda di sini.


- - - - - - - - - - - - -


DOM. Document Object Model. Model standar untuk HTML dan XML yang bersifat cross platform dan language independent. Sebuah web browser tidak harus menggunakan DOM untuk menampilkan dokumen HTML. Namun DOM diperlukan oleh JavaScrip yang akan mengubah tampilan sebuah website secara dinamis. Dengan kata lain, DOM adalah cara JavaScript melihat suatu halaman HTML.

DHTML. Dynamic HTML. Istilah untuk halaman web yang memanfaatkan HTML (Heypertext Markup Language), DOM (Document Object Model), SC (Cascading Style Sheet), dan client side untuk membuat tampilan halaman tersebut dinamis atau interaktif istilah Dynamic ditambahkan untuk membedakan sifat dinamis halaman web ini dengna halaman web statis yang dibuat dengan HTML saja.

E4X. ECMAScript for XML. Ekstensi bahasa prmorgaraman yang menambahkan dukungan pada XML asli untuk ECMAScript (termasuk di dalamnya ActionScrip, DMDScript, JavaScript, Jscript). Tujuannya adalah menyediakan alternative pada interface DOM yang menggunakan sntax yang lebih sederhana untuk mengakses dokumen XML.

WMLScript. Dialek JavaScript yang diguankan unuk halaman WML (Wireless Markup Language, bahasa markup berbasis XML yang diperuntukkan bagi perangkat-perangkat yang mengimplementasikan spesifikasi WAP seperti ponsel). WMLScript adalah client side scripting yang sangat mirip dengan JavaScript. Seperti halnya JavaScript. EMLScript di gunakan untuk keperluan seperti memvalidasi input dari user, membuat pesan error, dan dialog box lainnya.

SMIL. Synchonized Multimedia Integraton Language. Bahasa markup berbasis XML yang direkomendasikan E3C untuk menggambarkan presentasi multimedia. SML mendefinisikan antara lain: markup untuk timing, layout, animasi, transisi visual dan media embedding. SMIL mengizinkan presentasi item media seperti teks, image, video, dan audio sebagaimana link pada presentasi SMIL lainnya, dan file dari banyak web server.

Bagi Sahabat
Bagi SAHABAT Updated at: November 22, 2010

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Labels

A (1) AlertPay (2) Analisa (1) Anti virus (4) B (1) Bahasa Komputer (23) Belajar dan Bahasa (47) Bengkel dan Kendaraan (1) Berita dan Informasi (266) Biologi (6) Bioskop dan Video (63) Blog (151) Browser (3) Budaya dan Bahasa (15) Buku Majalah dan tulisan (40) C (2) Catur (1) D (2) Desain dan Furniture (95) DNS (2) Dongeng dan Cerita (1) Dunia Busana dan Mode (4) E (2) E-commerce (4) E-mail (10) Ekonomi dan perdagangan (58) Eksakta (7) F (1) Facebook (10) Flora dan Fauna (6) Foto dan Design (99) G (1) gad (1) Gadget (257) Game (73) Generator (23) H (1) Hand Phone (14) Hardware (6) Hobi dan koleksi (8) Hosting dan Domain (7) Hubungan dan komunikasi (129) Hukum dan Perundang-undangan (12) Humor (4) Huruf dan Template (4) i (1) Indonesia - Pengetahuan Alam - Geografi (35) Industri (1) Interior Desain Komputer (27) Internasional (1) J (1) Jaringan (7) Jejaring Sosial (9) K (1) Kamera (35) Keamanan (7) Kedokteran (25) Keyboard (1) Kimia (7) Kisah (10) Komik dan Animasi (12) Komputer dan Perangkatnya (109) Koneksi (7) Konfrensi (1) Konversi (1) Koran (1) Kreatifitas (3) Kumpulan (19) L (1) Lembar (234) Libery Reserve (1) Liburan dan Pariwisata (7) Lingkungan hidup (2) Linux (2) Logo (7) Lowongan Kerja (8) M (1) Matematika (17) Media Penyimpanan (14) Meja (4) Membaca dan Menulis (40) Mencari uang di Internet (25) Microsoft-Google-Yahoo (57) Militer (1) Miniatur (2) Monitoring (9) Motherboard (1) Mozilla Firefox (1) Multimedia (33) Musik dan Lagu (57) N (1) Note Book (48) O (1) Olahraga dan Kesehatan (53) P (1) Page Rank (1) PDF (3) Pemimpin (1) Pendidikan dan Pengetahuan (105) Perangkat Lunak (442) Perbaikan komputer (48) Pertanian dan Perkebunan (2) Peternakan dan Perikanan (6) Ping (1) Playstore (1) Politik dan Pemerintahan (10) Print (2) Produk (62) Produk Internet dan Tekhnologi (40) Prosesor (3) Psikologi (6) Q (1) R (1) Rak Buku (51) Religi (7) Remaja dan Pergaulan (11) Resep dan Masakan (1) Rumah dan Keluarga (64) S (1) Scanner (1) Search Engine (19) Sejarah (40) Seni dan Kerajinan (18) Seni Melipat Kertas (4) Sepeda (8) Service (1) Sharing (3) Situs Komputer dan Tekhnologi (27) Situs Menarik (66) Situs Populer dan Aplikasinya (26) SMS (5) Sofa (19) Sony (2) T (1) Telepon Genggam (18) Tempat duduk (14) Tips dan Tricks (138) Trans 7 (1) Tutorial (66) U (1) Ucapan Selamat (1) Unik (19) USB Drive (7) V (1) W (2) Wanita dan Peranannya (8) Website (1) Windows (27) X (1) Z (1)