Add this

16 January 2010

Penghitungan rumusan matematika dengan praktis

Penghitungan akar, integral, nilai ekstrim dan sebagainya.
.

Saat ini, rumusan matematika telah dikembangkan, dan digunakan untuk bidang ilmu pengetahuan lain, di antaranya ilmu pengetahuan alam, rekayasa, medis, dan ilmu pengetahuan sosial. Termasuk di dalamnya ekonomi dan psikologi.

Seiring dengan perkembangan teknologi, rumusan matematika pun telah dapat dimudahkan penghitungannya dengan bantuan aplikasi matematika. Salah satu aplikasi matematika yang dirancang khusus untuk tujuan penghitungan persamaan atau perbandingan adalah 7math. Adapun fitur secara detail yang didukung oleh aplikasi ini, antara lain penghitungan akar, integral, lokal maksimum/minimum, nilai ekstrem, dan pembentukan grafik.

Hasil output dari penghitungan rumusan dapat disimpan ke dalam format file teks ataupun html. Aplikasi ini, dalam penggunaan membutuhkan .Net Framework. Pastikan terlebih dahulu sisitem operasi anda telah memilikinya.

Harga : Gratis
Ukuran File : 230 KB
Download : Persian thought

Blog yang mewujudkan ide-ide kritis menjadi sebuah gerakan nyata

Pemikiran kritis saja belum cukup
.


Di dunia maya, mudah sekali menemukan blog-blog yang berisi pemikiran-pemikiran kritis dalam bidang sosial, politik, dan budaya. Namun, tidak mudah mencari blog yang provokatif mengajak pembacanya untuk mewujudkan ide-ide kritis menjadi sebuah gerakan yang nyata. Blog Bergerak termasuk tipe yang kedua.

Blog ini berisi tulisan-tulisan yang kritis menyingkapi kasus-kasus sosial, politik, dan budaya yang tengah hangat di Tanah Air. Disampaikan dengan gaya yang ringan, tidak bertele-tele, dan langsung menembus jantung permasalahan. Membaca blog ini kita diajak untuk ikut merasakan kegundahan penulisnya, dan tentu saja ikut bergerak!

Pada posting teranyar saat tulisan ini dibuat, Anda diajak seolah-olah ikut hadir dalam proses penghitungan koin keadilan untuk Prita. Saat membaca posting ini, perasaan malu pasti menyeruak bagi pembaca yang belum “bergerak” menyumbangkan satu dua keping koinnya untuk keadilan. Ayo bergerak !

15 January 2010

Menghasilkan gambar yang berasal dari screenshot movie

Manual ataupun otomatis.

Lindis Pass


Khusus caputure screenshot film, printscreen standar Windows tidak mampu melakukannya sehingga membutuhkan aplikasi lain yang mendukung. Salah satu yang dapat digunakan adalah Scenegrabber.

Aplikasi ini mampu meng-grab atau meng-capture secara manual ataupun otomatis frame-frame yang berasal dari sebuah film, dan menggabungkannya ke dalam sebuah file gambar format.jpg, disertai informasi tambahan seperti judul film, resolusi, info, codec, durasi film, dan waktu dimana screenshot diambil. Berbagai format file film telah didukung oleh scenegrabber.net.

User dapat mempergunakan semua installer codec untuk scenegrabber.net, namun dianjurkan mempergunakan codec pack seperti “XP-Codecpack”.

Sebelum mempergunakan aplikasi ini ,pastikan sistem operasi Anda telah terinstal .Net Framework 2.


Harga : Gratis
Ukuran File : 2,82 MB
Download : Scene Grabber


------------------------------------


Codec. Akronim dari compressor decompressor atau coder decoder. Merujuk pada peragkat atau program yang memiliki kemampuan melakukan transformasi pada data stream atau sinyal. Codec dapat mengubah data stream atau sinyal ke dalam bentuk yang telah di encode (biasanya untuk keperluan transmisi, penyimpanan, atau enkripsi), dan men decode nya kembali untuk diputar/dimainkan/dioperasikan.

14 January 2010

Men-download wallpaper National Geographic cepat dan mudah

.

Daraga and the Mayon Volcano


Gambar atau foto yang tidak gratis, biasanya dicantumkan pada web sebagai sample saja, disertai dengan watermark. Adapun foto ataupun gambar yang diperoleh gratis, biasanya disediakan oleh institusi nonprofit, salah satunya adalah National Geographic.

Institusi besar ini cukup terkenal di dunia dalam bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan. Dari tahun ke tahu, institusi ini giat menjadi penyedia gambar atau foto ilmu pengetahuan dan alam yang dapat di download, dan dipergunakan user dengna gratis sebagai wallpaper. Ukuran file gambar yang besar sering menjadi kendala bagi user dalam mendownload gambar secara langsung melalui situs National Geographic.

User dapat menyiasatinya dengan menggunakan aplikasi downloader khusus, yang dikenal dengan nama Nat Geo Wallpaper. Aplikasi ini memampukan user mendownload lebih dari seribu wallpaper yang dimiliki oleh Nat Geo Wallpaper dengan cepat dan mudah, hanya dengan satu klik mouse saja.

Harga : Gratis
Ukuran File : 354 kB
Download : Nozavi

Mengendalikan Winamp dari Tray

Tanpa buka jendela Winamp


Ada cara agar kita bisa mengontrol Winamp tanpa membuka jendela Winamp. Jadi, kalau kita ingin pindah ke lagu berikutnya ketika kita sedang browsing, kita tinggal arahkan pointer mouse ke system tray, klik di sana, lalu pindah lagu deh.

Nah, untuk itu bagaimana jika tombol kendali Winamp seperti [Play], [Pause], [Next Track], dan tombol Winamp lainnya pindah ke system tray? Agar tombol kendali Winamp dapat muncul di system tray, lakukan langkah-langkah ini.

1. Buka Winamp.
2. Tekan [Ctrl] + [P] untuk membuka jendela “Preferences”.
3. Masuk ke bagian [Plug-ins] > [General Purpose].
4. Pilih [Nulsoft Tray Control] dan klik [Configure selected plug-in].
5. Pada jendela yang muncul terdapat pilihan [Previous Track], [Play/Pause], [Stop], [Next Track], dan [Open File]. Beri tanda centang semua pilihan tersebut dan klik [OK].
6. Setelah itu lihat pada system tray. Muncullah lima tombol kendali Winamp yang tadi telah dipilih. Mulai sekarang, Winamp dapat dikendalikan dari system tray.

Download manager khusus free file hosting

Mendukung banyak free hosting

Keberadaan free file hosting, saat ini telah berhasil menarik perhatian user sehingga menjadi peluang bisnis yang potensial. Free hosting biasanya mencantumkan banner iklan ataupun penawaran lain sehubungan dengan pelayanannya.

Tak berbeda apa proses download umunya, download file melalui halaman free hosting pun sering mengalami kendalah sehingga dibutuhkan peran aplikasi downloader, dan salah satu yang dapat digunakan khsusu free hosting adalah Mipony.

Aplikasi ini memiliki browser yang terintegrasi di dalamnya, serta mendukung banyak free hosting, di antaranya adalah Megaupload, Rapidshare, Mediafire, Depostifiles, Filefactory, Uploading, 4shared, dan sebagainya. Download menggunakan account free ataupun premium pun juga didukung oleh Mipony. Aplikasi ini pun telah mampu mengenai CAPTCHA dan melakukan download bila terinterupsi.

Harga : Gratis
Ukuran File : 2,3 MB
Download : Mipone


-----------------------



CAPTCHA. Sejenis pengujian respons untuk memastikan respon yang dihasilkan bukan dilakukan oleh kumputer. Pengujian ini dilakukan oleh komputer dan meminta user untuk menyelesaikan sebuah tes sederhana. Umumnya tes tersebut berupa memasukkan deretan huruf atau angka yang diberi efek. Istilah CAPTCHA dipopulerkan oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J.Hopper, dan John Langford. Tujuan utama dari CAPTCHA adlaah untuk mencegah software yang bersifat otomatis dalam melakukan aksi yang bisa menurunkan kualitas sebuah layanan. Aksi tersebut bisa berupaa spamming atau hammering.

Ayo, mari mendandani Mac OS anda

Kalau bosan bisa ganti kok dengan mudah




Mac OS adalah salah satu sistem operasi terindah dari berbagai macam OS yang ada. Tampilan atau user interface yang menarik dan menawan, ditambah kestabilan ketika membuka aplikasi grafis, patut diacungi jempol. Tak heran, banyak desainer grafis yang sangat mengandalkan sistem operasi ini dalam bekerja. Efek Genie saat Anda me-minimize jendela dan keciamikan Dock menawarkan kesan tersendiri saat mengoperasikan si OS.

Sayangnya, kreator Mac OS sangat pelit dalam hal memberikan keleluasaan untuk mengganti tema, ikon, dan lain-lainnya. Jadi, bisa dibilang mustahil bagi pengguna untuk mengganti tampilan Mac OS-nya sendiri. Imbasnya, tampilan yang ada jadi membosankan.

Nah, supaya enggak bosan lagi, manfaatkanlah aplikasi alternatif dari pihak ketiga yang banyak tersebar di internet. Pada kesempatan kali ini, PCplus mencobanya di Mac OS 10.5.X Leopard.



A. Mengganti Tema dengan Magnifique
http://www.magnifiqueapp.com/
Magnifique adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna mengubah tema sesuai keinginan. Ia didukung oleh banyak sekali Themes yang dapat diunduh di forumnya.

1. Unduh aplikasi Magnifique, kemudian ekstrak dan klik-dobel untuk membuka ekstensi .dmg. Lanjutkan dengan menyalinnya ke Folder Application.
2. Jalankan Magnifique, masukkan Theme yang ber-ekstensi .mfq.plugin dengan cara meng-klik Add Theme.
3. Pilih Theme yang Anda suka, lalu klik Apply Theme.
4. Agar Magnifique segera mengubah Theme pilihan Anda, klik Restart Finder dan Restart Dock. Jika belum berubah juga, coba log out dulu.
5. Karena Leopard memiliki Toolbar yang transparan, akan lebih baik jika Anda hilangkan saja fitur transparan tersebut saat mengubah theme dengan Magnifique. Caranya, klik “Logo Apple > System Preferences > Desktop&Screensaver”, pilih tab Desktop, lalu hilangkan checklist Translucent Menu Bar.



B. Ganti Ikon dengan CandyBar
http://www.panic.com/candybar/
Mengubah ikon yang ada di Mac OS akan terasa lebih mudah jika menggunakan CandyBar. Caranya, drag masing-masing ikon yang ingin diganti dengan ikon baru. Untuk memasukkan ikon bertema, silakan download icon themes untuk CandyBar yang biasanya ber-ekstensi .icontainer.


Jika sudah, klik Apply Icons dan silakan log out.

C. Ganti Warna Menu Bar dengan LeoColorBar
http://homepage.mac.com/mdsw/md_softworks.html
Bosan dengan warna menu bar? Manfaatkan saja LeoColorBar untuk mengganti warna menu bar sesuai keinginan Anda. Jangan lupa, aktifkan dulu Translucent Menu Bar.



D. Tweak dengan Secret
http://secrets.blacktree.com/
Secret adalah salah satu aplikasi tweak untuk Mac OS yang sangat populer. Dengannya, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan fitur-fitur di Mac OS yang tersembunyi secara tidak sengaja maupun sengaja (oleh kreator si OS).

1. Unduh Secret dari link yang telah diberikan. Ekstrak dan klik-dobel Secrets.prefPane untuk menginstal-nya.
2. Masuk ke System Preferences, lalu cari menu Secret di bagian Other.
3. Setelah masuk ke jendela Secret, ada beberapa menu untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur-fitur tersembunyi di Mac OS.
4. Anda dapat mengaktifkan fitur efek minimize tersembunyi bernama "Suck" pada Dock yang secara defaultnya hanya punya dua efek minimize, yaitu Scale dan Genie. Caranya, pilih “Dock > Minimize Effect > Suck”. Suck adalah efek minimize dock dengan animasi seperti lipatan.

13 January 2010

Virtual keyboard yang memudahkan penulisan Sansekerta

Tanpa scanning dan hardcopy

Hitler and Chief of the German General Staff in Conference


Umumnya, suatu bahasa disertai simbol yang dapat ditulis pada media tertentu, entah itu baru ataupun kertas. Adapun simbol tersebut mewakili arti tersendiri hingga dapat dibaca oleh para penggunanya, baik berupa huruf, angka ataupun gambar.

Beberapa penulisan simbol tersebut kini telah didukung oleh software virtual keyboard yang memungkinkan penulisan dapat di-input melalui keyboard. Salah satu simbol tulisan yang telah tersedia untuk software virtual keyboard-nya, dikenal dengan Devawriter, adlaah huruf sansekerta.

Aplikasi ini melakukan mapping huruf sansekerta dengan bentuk keyboard standar sehingga tampil pada layar, layaknya keyboard. Dengan adanya aplikasi ini, tentunya memudahkan user untuk dapat secara langsung meng-input tulisan sansekerta ke PC, tanpa harus melakukan scanning terlebih dahulu atau melakukan hardcopy dari tulisan sansekerta.

Harga : Gratis
Ukuran File : 3,91 MB
Download : Andre Garzia on rev

Membuka dan memperbaiki file rusak

Membuka dan memperbaiki file rusak


Voglia


Text Recovery Converter merupakan fasilitas tambahan yang ada di MS Word untuk membuka dan memperbaiki file-file yang rusak. Sayangnya, fasilitas ini tidak diinstal secara otomatis. Anda harus menginstalnya sendiri.


Begini caranya.

1. Buka Control Panel. Klik ganda ikon “Add and Remove Program”.
2. Pada kotak dialog Add and Remove Program, cari program MS Office yang terinstall, misalnya Microsoft Office Professional Edition 2003.
3. Klik tombol “Change”.
4. Pilih “Add and Remove Feature”, lalu klik “Next”,
5. Pada kotak dialog “Microsoft Office Setup”, beri tanda centang pada pilihan “Choose Advanced Customization of Applications”, dilanjutkan dengan mengklik “Next”.
6. Pada daftar fitur yang ada, cari “Converters and Filters”, lalu klik tanda “+”.
7. Pilih “Text Converters” dan beri pilihan “Run from My Computer”.
8. Klik “Update”.

Setelah Text Recovery Converter terinstal, Anda dapat menggunakan fasilitas ini untuk membuka file yang rusak.

Caranya? Ini dia.

1. Buka program MS Word, lalu klik “File > Open…”.
2. Pilih file dokumen yang rusak tersebut.
3. Klik panah kecil yang ada di sisi kanan tombol “Open”.
4. Pada menu drop down yang terbuka, pilih “Open and Repair”.

Cek kembali file yang kemudian terbuka. Memang, tidak semua teks bisa di-recovery, tapi setidaknya Anda tidak perlu lagi menulis ulang seluruh naskah yang telah dibuat.

12 January 2010

Kalkulator engineering yang berfitur lengkap

Fitur yang dikembangkan untuk kebutuhan anda.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kalukulator kini dapat berupa software sehingga cenderung lebih besar potensinya untuk dapat diintegrasikan ke dalam perangkat elektronik lain, termasuk perangkat PC dan gadget.

Fitur dari kalkulator pun turut dikembangkan sehingga dapat memenuhi kebutuhan user untuk penggunaan formula penghitungan, bahkan variasinya. Salah satu software kalkulator yang masuk kedalam kategori tersebut adalah MhcFS2.

Aplikasi ini dapat dikatakan sebagai kalkulator engineering yang memiliki fitur lengkap sehingga dapat menggantikan kalkulator standar dari Windows. Berapa rumusan yang dapat dihitung oleh aplikasi ini, antara lain integral, sum, products, derivatives, LSE, ODE, LSDE, akar, matriks, dan interpolasi.

Harga : Gratis
Ukuran File : 575 KB
Download : Dmanx narod

Kunci dan Sembunyikan Rumus Excel

Menyimpan dan memproteksi


Dutch Light Artillery in Flooded Defence Area


Selagi bekerja dengan rumus di Excel, mungkin Anda merasa perlu untuk menyimpan dan memproteksinya supaya tidak terjadi perubahan ketika Anda ingin menggunakannya kembali. Bagaimana caranya?

Sebenarnya mudah saja, bahkan Anda dapat menyembunyikannya sekalian.

Begini caranya.
• Mula-mula, blok dulu sel yang rumusnya ingin Anda sembunyikan.
• Pilih “Format > Cell”, dilanjutkan dengan mengklik tab “Protection”. Aktifkan “Locked” untuk menguncinya dan “Hidden” untuk menyembunyikannya, lalu klik “OK”.
• Pastikan sel lain tidak ikut terkunci agar sewaktu-waktu Anda dapat mengubah data yang ada (Locked tidak aktif, karena default-nya Locked aktif) yaitu dengan memblok semua sel yang tidak akan dikunci. Ingat, jangan aktifkan Locked dan Hidden.
• Pilih “Tools > Protection > Protect Sheet…”. Akan muncul kotak dialog “Protect Sheet”. Aktifkan “Contents”, kemudian ketik password yang akan digunakan, diakhiri dengan “OK”. Akan muncul kotak dialog “Confirm Password” untuk memastikan. Ketik kembali password yang sama, lalu tekan “OK”. Simsalabim! Rumus akan menghilang dengan tiba-tiba.
• Untuk memunculkannya kembali, pilih “Tools > Protection > Unprotect Sheet…”. Masukkan password, lalu klik “OK”. Tada! Rumus akan muncul kembali.

11 January 2010

Aplikasi untuk pengecekan koleksi musik dengan mudah

Keberadaan cover album atas folder koleksi musik


Bagi beberapa user, pengorganisasian koleksi musik penting dilakukan, bahkan ingin sesempurna mungkin mengorganisasikannya. Adapun organisasi meliputi bagian-bagian penting, dan salah satunya adalah cover album.

Untuk memudahkannya, user dapat menggunakan aplikasi tambahan yang dikenal dengan CovArt Ops. Aplikasi ini mampu melakukan scanning direktori yang diinginkan user untuk pengecekan keberadaan file gambar cover album, baik dengan nama (“cover”, ”folder”, “front”) berbeda ataupun format yang berbeda (jpg, png, bmp, gif).

Aplikasi ini pun menyediakan option bagi user untuk dapat mengekspor daftar cover album ke dalam file .csv ataupun melakukan register program ke dalam Windows Explorer sehingga memudahkan penggunaannya.

Harga : Gratis
Ukuran File : 533 KB
Download : Skwire
-------------------
.CSV. Singkatan dari Comma Separated Values. File yang berisi nilai (value) dari sebuah tabel data yang terdiri dari sekumpulan teks ASCII yang tiap kolomnya dibatasi dengan tanda koma, dan tiap barinya berupa baris baru. CSV adalah format yang umum digunakan untuk mentransfer data dari satu spreadsheet (atau database) ke spreadsheet lain.

Menggabungkan Dua Sel Excel

Satu kolom di Excel 2007

Aerial View of Crop-Duster Over Rice Fields


Bagaimana kalau Anda punya dua format berbeda dalam jumlah yang sangat banyak? Misalkan, Anda perlu menggabungkan field Tempat dan Tanggal Lahir dalam satu kolom.

Untuk menyiasatinya, buatlah kolom Tempat (Lahir), dan kolom Tanggal Lahir dalam kolom tersendiri. Misalnya, taruh data Tempat (Lahir) di kolom M, sedangkan data Tanggal Lahir disimpan di kolom O. Supaya cepat, isi Tanggal Lahir (kolom O) menggunakan keypad dengan format pengetikan (dd-mm-yy) atau (dd/mm/yy). Contoh, jika Anda akan mengetik 25 November 1992, cukup ketik 25/11/92 atau 25-11-92.Jika, setelah di-enter, yang muncul adalah 25/11/92 atau 25-11-92 atau 25 11 92 atau 25-Nov-92, jangan cemas dulu. Formatlah sel/range dengan (dd mmmm yyyy). Caranya, blok kolom O, lalu klik “Format > Cells > Number > Custom”, lalu pilih dd mmmm yyyy pada Type.

Jika pilihan tersebut tidak tersedia, buat pada kotak Type dengan cara mengetikkan dd mmmm yyyy. Akhiri dengan mengklik “OK”. Nah, format yang diinginkan kini telah muncul.

Sekarang, ketik seluruh data. Dalam hal ini, ada dua hal yang bisa Anda lakukan dengan cepat. Pertama, Anda bisa mengisi tanggal, bulan, dan tahun hanya dengan mengetik 6 digit (jika tanggal dan bulan satuan) atau 8 digit (jika tanggal dan bulan puluhan).

Begini langkah selanjutnya.

1. Di dalam program Excel, blok kolom Tanggal Lahir, lalu klik “Copy”.
2. Pindah ke MS Word, lalu klik “Edit > Paste Special > Paste > Unformatted Text > OK”.
3. Kembali ke Excel, blok kolom (di tempat yang salinannya akan ditempel, misalnya O7:O10) dengan mengklik “Format > Cells > Number > Text > OK”.
4. Pindah lagi ke Word, blok teksnya dan klik “Copy”.
5. Balik lagi ke Excel, tempatkan penunjuk sel di O7, lalu klik “Paste Special > Paste > Text > OK”. Kini, gabungkan hasil di sel O7 menggunakan operator sesuai keinginan. Hasil yang sama akan diperoleh jika Anda menggunakan perintah “=Concatenate(M7;O7)”.
6. Selanjutnya, tinggal salin dan tempel ke range di bawahnya.
7. Terakhir, salin dari range ke range yang sama menggunakan pasangan perintah “Edit > Copy” dan “Edit > Paste Special > Value”. Kini kolom yang tidak terpakai bisa dihapus dengan perintah “Edit > Delete > Entire Column > OK”.

10 January 2010

Membersihkan jejak browsing dengan freeware Wipe

Membersihkan semua atau hanya yang kita pilih


Riverside Rice Terraces


Saat kita melakukan pencarian informasi di internet, maka kita kaan meninggalkan jejak perjalanan yang direkam dalam history. Jika kita ingin jejak kita diketahui orang lain, terutama saat kita melakukan browsing di warnet, maka salah satu cara aman yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan history yang terekam pada system PC.

Sebenarnya fasilitas history tersebut diciptakan untuk mempercepat koneksi ketika kita melakukan browsing pada situs yang pernah kita kunjungi sebelumnya. Namun di sisi lain, dengan fasilitas tersebut, dapat membuka peluang orang lain untuk menyalahgunakan karena mereka dapat mengambil data-data pribadi atau data-data penting lainnya. Atau minimal mereka dapat mengetahui situs apa saja yang pernah kita kunjungi sebelumnya.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan history, namun kali ini saya mencoba dengan memanfaatkan freeware yang dapat diperoleh secara gratis di internet, yaitu :Wipe.

Wipe adalah freeware yang mampu digunakan untuk membersihkan history (pada saat browsing) dan file index.dat, untuk menghapus cookies, cache, logs, file temporary internet, dan mampu secara otomatis mencari history dan jejak setelah user menggunakan PC.

Wipe biasa berjalan paa Windows XP, Vista, dan juga support pada browser seperti IE, Firefox, Opera, Chrome dan beberapa program lainnya yang sering kita gunakan.


Harga : gratis
Kapasitas data : Lihat sendiri ( mmmm...mmm ) Lupa liat ... !
Download : Privacy root

Otomatis Membaca Data Teks Excel

Fitur Text to Speech

Countryside of Terraced Rice Fields


Bekerja dengan sebuah spreadsheet tidaklah mudah, apalagi jika Anda dituntut untuk menjaga keakuratan data yang tertera di sana. Nah, dengan fitur Text to Speech, Anda bisa membuat komputer membacakan semua teks yang dimasukkan ke Excel untuk melakukan verifikasi.


Begini cara mengaktifkannya.
1. Pada menu “Tools”, pilih “Speech”, kemudian klik “Show Text To Speech Toolbar”.
2. Pilih kelompok cell yang ingin dibacakan.
3. Pada toolbar “Text To Speech”, klik “By Rows” agar komputer membacakan per baris, atau pilih “By Columns” agar komputer membacakan data per kolom.
4. Klik “Speak Cells” agar komputer membacakan sel yang Anda pilih.
5. Jika menemukan kesalahan pada data, klik “Stop Speaking”, lalu gunakan mouse untuk memperbaikinya.
6. Klik “Speak Cells” untuk melanjutkan.

Agar Excel membacakan setiap data yang Anda memasukkan ke dalam cell, jajal trik ini.
1. Pada menu “Tools”, pilih “Speech”, lalu klik “Show Text To Speech Toolbar”.
2. Pada toolbar “Text to Speech”, klik “Speak On Enter”.

Selanjutnya, setiap kali Anda memasukkan data pada sebuah cell dan menekan Enter, komputer akan membacakan data yang ada di cell tersebut.