10 February 2011

Huruf i

Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda

ICG. Merupakan aplikasi instant messaging popular yang dibuat kali pertama oleh perusahaan Israel bernama Mirabilis. Saat ini, ICQ sudah dimiliki oleh AOL. Versi pertama dari aplikasi ini dirilis pad aNovember 1996, dan menjadi layanan instant messaging pertama yang terdapat di Internet. Menurut Time Warner, saat ini tercatat sekitar 100 juta account yang terdaftar di layanan ICQ

Icon. Dalam apliaksi berbasis GUI, icon adalah simbol atau gambar kecil pada layar yang merepresentasikan fungsi atau operasi sebuah software. Biasanya pengguna mengarahkan kursor mouse kepada icon terpilih, kemudian mengkliknya untuk menjalankan operasi tertentu.

IEEE 802.11. Kelompok kerja atau working group nomor 11 dari IEEE yang membahas mengenai standar wireless LAN (WLAN). Beberapa standar yang dihasilkan oleh kelompok kerja ini, antara lain: (1) IEEE 802.11 legacy, standar transmisi 1- 2 Mbps pada band 2,4 GHz menggunakan FHSS atau DSSS, (2)IEEE 802.11a, standar transmisi 54 Mbps pada band 5 GHz menggunakan OFDM, (3) IEEE 802.11b, standar transmisi 11, fallback 5.5, 2, 1 Mbps pada band 2.4 GHz menggunakan DSSS, dan (4) IEEE 802.11g, standar transmisi 20+ Mbps pada band 2.4 GHz menggunakan DSSS.

IGCN. Sebuah organisasi di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan di Indonesia telah beranggotakan 190 organsiasi yang meliputi perusahaan, perguruan tinggi / lembaga pendidikan/ pesanteren serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LCM). Program TJAHAYA ini akan dijalankan dalam sebuah grup kerja sama (collaboration action) dari beberapa anggota IGCN yang peduli dunia anak Indoensia, yaitu World Vision Indonesia (WVI). Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI), Picture Me, Matoa Albarits serta Ki Communication,s erta dukungan anggota IGCN lainnya.

IM (instant messaging) Merupakan suatu proses interaksi komunikasi berbasis teks secara realtime antara dua orang atau lebih. Instant messaging berbentuk seperti chat pada umumnya dan dilakukan melalui jaringan computer seperti Internet.

Indexing. Layanan atau service dasar untuk Windows 2000 ke atas yang fungsinya mengekstrak konten dari file dan membuat katalog tersusun, untuk mengefisienkan proses pencarian.Intedeing bisa mengekstrak berupa teks atau informasi properties dari file.

Indirect. Fungsi ini mengembalikan referensi ke sel awalnya beradarkan string. Indirect memiliki syntax indirect (string_reference, ref_style).

INI. Atau intialization file adalah file yang berisi konfigurasi data untuk aplikasi berbasis Microsoft Windows. Meski diperuntukkan buat Windows, file ini bisa dipakai di OS apapun, karena fleksibilitasnya.

Inner Class. Class yang dideklarasikan dalam class lainnya. Class ini hanya dapat diakses secara langsung oleh class induknya. Salah satu manfaatnya adalah enkapsulasi data sehingga tetap dapat membuat struktur kode class induk menjadi lebih rapi.

Insomnia. Salah satu jenis gangguan tidur yang memiliki karakteristik penderita susah tidur, tidak mampu menutup mata atau mengistirahatkan pikiran dalam jangka waktu lama. Gangguan ini disebabkan oleh berbagai hal, misalnya obat psikotropika, hormone, gangguan mental, kondisi medis, parasomnia, parasit, dan sebagainya.

Instance Name. Untuk mengendalikan sebuah simbol yang dirujuk dengan sebuah instance di Action Script, kita perlu memberikan simbol tersebut sebuah instance name yang unik.

Intel Atom. Processor x26 dari Intel dengan proses teknologi 45nm. Processor ini secara khusus ditujukan oleh Intel untuk penggunaan pada ultra mobile PC (UMPC) dan Mobile Internet Device (MID).

Interacitve Shadow Tool. Fasilitas dalam software CorelDraw yang memberikan efek bayangan pad aobjek dengan kepekatan, dann letak jatuh bayangan yang dapat diatur dengna kondisi serta nilai tertentu.

Interactive Drop Shadow Tool. Fasilitas dalam software Corel Draw, yang memberikan efek bayangan pada objek dengan kepekaan dan letak jatuh bayangan yang dapat diatur dengan kondisi serta nilai tertentu.

Interactive Transparency Tool. Fasilitas dalam software CorelDraw yang memberikan efek transparansi (tembus pandang / terawang) pada objek vector maupun bitmap. Tingkat transparansi dapat diatur dengan nilai tertentu, begitu pula efek transparansinya (dapat diatur secara linier, radial, conical, bertekstur).

Internet Explorer 9. Biasa disingkat IE9, adalah versi mendatang dari web browser internet Explorer dari Microsoft. Saat ini IE 9 tersedia dalam versi beta public, dirilis pada 15 September 2010. IE9 mendukung semua CSS 3 selector, peningkatan kinerja JavaScript, dan mendukung warna melalui Windows Color System. IE 9 juga memanfaatkan fitur gratis hardware accelerated rendering yang menggunakan Direct2D, akselerasi perangkat keras render teks yang menggunakan DirectWrite, dan akselerasi perangkat keras render video yang menggunakan Media Foundation. IE9 juga mendukung HTML 5 dan Web Open Font Format.

IP Address. Identifikasi computer/host yang terkoneksi ke jarignan. IP address direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255. IP address panjangnya 32 bit dan dibagi menjadi dua bagian: bagian network dan bagian host. Batasan antara network dan host ini tergantung kepada beberapa bit pertama.

IP. Itnernet Protocol adlaah protokol lapisan jaringan (network layer dalam OSI Reference Model) atau protokol lapisan internet work (internet work layer dalam DARPA Reference Model) yang digunakan oleh protokol TCP/IP Versi IP yang banyak digunakan adalah IP versi 4 (Ipv4) yang didefinisikan pada RFC 791, dan dipublikasikan pada tahun 1981. Tetapi, akan digantikan oleh IP versi 6 pada beberapa waktu yang akan datang.

IP65. Ingress Protection atau dikenal juga dengan International Protection Rating adalah sertifikasi standarisasi untuk sebuah perangkat. Standarisasi ini lebih spesifik dari sekedar menyatakan sebuah produk tahan air (waterproof) atau tahan debu (dustproof), yang kurang jelas batasannya. Dua angka di belakarang menyatakan tingkatan perlindungan dari benda padat dan cair. Angka pertama untuk benda padat, dan angka kedua untuk benda cair. IP65, artinya produk ini dilindungi enclosure yang tidak akan terganggu oleh debu sekecil apapun, dan dapat bertahan meski terkena siraman air. Namun, tidak dapat bertahan beroprasi di bawah air atau terkena semprotan air bertekanan tinggi.

iPad. Produk komputer tablet buatan Apple Inc. (AI). iPad memiliki bentuk tampilan yang hampir serupa dengan iPod Touch dan iPhone, hanya saja ukurannya lebih besar dibandingkan kedua produk tersebut dan memiliki fungsi-fungsi tambahan seperti yang ada pada system oeprasi Mac OS X. Contoh model iPad adalah Model Wi-Fi dengan Wi-Fi 802.11a/b/g/n dengan berat 680 gram dan model Wi-Fi+3G yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan jaringan HSDPA dengan berat 730 gram.

iPod Dock. Sesuai dengan namanya, adalah sebuah dock khusus yang digunakan untuk iPod. Kepopuleran multimedia player portable yang satu ini membuat banyak produsen menyediakan fungsi iPod Dock. Selain dapat berfungsi untuk mengeluarkan output suara ke perangkat audio yang bersangkutan, kebanyakan dock sekaligus berfungi untuk melakukan proses recharge iPod.

iPod Touch. iPod adalah merek untuk produk portable media player yang didesain, dan dipasarkan oleh Apple. iPod touch adlaah iPod pertama yang mengunakan konektivitas Wi-Fi dan interface Multi Touch. Diperkenalkan pada akhir tahun 2007. Dengan konektivitas Wi Fi, ia dapat dimanfaatkan untuk menjelajahi internet. Menggunakan web browser Safari, yang diibuat khusus untuk melakukan web browsing pada perangkat ini. Wi Fi juga dapat digunakan utnuk terhubung ke iTunes Store dan YouTube. Tersedia pilihan dengan kapasitas 8, 16, 32 GB.

IRC. Internet Relay Chat adalah suatu bentuk komunikasi di Internet yang diciptakan untuk komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran), tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi. IRC diciptakan oleh Jarkko Oikarinen (nickname “WIX”) pada akhir Agustus 1988 untuk menggantikan program di BBS yang disebut MUT (Multi User Talk), di Finlandia disebut OuluBOX. Oikarinen menemukan inspirasi Bitnet Relay Chat yang beroperasi di dalam jaringan Bitnet.

ISO. Istilah dalam fotografi untuk mengukur tingkat kesensitivitasan atau kepekaan film foto terhadap cahaya Film dengan kepekaan rendah (memiliki angka ISO rendah) membutuhkan sorotan (Inggris: exposure) yang lebih lama sehingga disebut slow film, sedangkan ilm dengan kepekaan tinggi (memiliki angka ISO tinggi) membutuhkan exposure yang singkat.

ISP. Singkatan dari Internet Service Provoder, adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting. ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan ISP dapat terhubung ke jaringan Internet global.

Bagi Sahabat
Bagi SAHABAT Updated at: February 10, 2011

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Labels

A (1) AlertPay (2) Analisa (1) Anti virus (4) B (1) Bahasa Komputer (23) Belajar dan Bahasa (47) Bengkel dan Kendaraan (1) Berita dan Informasi (266) Biologi (6) Bioskop dan Video (63) Blog (151) Browser (3) Budaya dan Bahasa (15) Buku Majalah dan tulisan (40) C (2) Catur (1) D (2) Desain dan Furniture (95) DNS (2) Dongeng dan Cerita (1) Dunia Busana dan Mode (4) E (2) E-commerce (4) E-mail (10) Ekonomi dan perdagangan (58) Eksakta (7) F (1) Facebook (10) Flora dan Fauna (6) Foto dan Design (99) G (1) gad (1) Gadget (257) Game (73) Generator (23) H (1) Hand Phone (14) Hardware (6) Hobi dan koleksi (8) Hosting dan Domain (7) Hubungan dan komunikasi (129) Hukum dan Perundang-undangan (12) Humor (4) Huruf dan Template (4) i (1) Indonesia - Pengetahuan Alam - Geografi (35) Industri (1) Interior Desain Komputer (27) Internasional (1) J (1) Jaringan (7) Jejaring Sosial (9) K (1) Kamera (35) Keamanan (7) Kedokteran (25) Keyboard (1) Kimia (7) Kisah (10) Komik dan Animasi (12) Komputer dan Perangkatnya (109) Koneksi (7) Konfrensi (1) Konversi (1) Koran (1) Kreatifitas (3) Kumpulan (19) L (1) Lembar (234) Libery Reserve (1) Liburan dan Pariwisata (7) Lingkungan hidup (2) Linux (2) Logo (7) Lowongan Kerja (8) M (1) Matematika (17) Media Penyimpanan (14) Meja (4) Membaca dan Menulis (40) Mencari uang di Internet (25) Microsoft-Google-Yahoo (57) Militer (1) Miniatur (2) Monitoring (9) Motherboard (1) Mozilla Firefox (1) Multimedia (33) Musik dan Lagu (57) N (1) Note Book (48) O (1) Olahraga dan Kesehatan (53) P (1) Page Rank (1) PDF (3) Pemimpin (1) Pendidikan dan Pengetahuan (105) Perangkat Lunak (442) Perbaikan komputer (48) Pertanian dan Perkebunan (2) Peternakan dan Perikanan (6) Ping (1) Playstore (1) Politik dan Pemerintahan (10) Print (2) Produk (62) Produk Internet dan Tekhnologi (40) Prosesor (3) Psikologi (6) Q (1) R (1) Rak Buku (51) Religi (7) Remaja dan Pergaulan (11) Resep dan Masakan (1) Rumah dan Keluarga (64) S (1) Scanner (1) Search Engine (19) Sejarah (40) Seni dan Kerajinan (18) Seni Melipat Kertas (4) Sepeda (8) Service (1) Sharing (3) Situs Komputer dan Tekhnologi (27) Situs Menarik (66) Situs Populer dan Aplikasinya (26) SMS (5) Sofa (19) Sony (2) T (1) Telepon Genggam (18) Tempat duduk (14) Tips dan Tricks (138) Trans 7 (1) Tutorial (66) U (1) Ucapan Selamat (1) Unik (19) USB Drive (7) V (1) W (2) Wanita dan Peranannya (8) Website (1) Windows (27) X (1) Z (1)