10 February 2011

Huruf T


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda





Tab. Pada awalnya, tab hanya digunakan pada menu system untuk menu-menu yang memiliki banyak cabang. Penggunaan tab ini sangat praktis dan otomatis menghemat tempat karena kita cukup hanya membuka satu jendela, dan semua informasi yang diperlukan dapat dilihat bergantian dengan satu kali klik. Sekarang ini, penggunaan tab telah banyak digunakan juga pada aplikasi-aplikasi penting dan browser. Sehingga Anda dapat melakukan browsing tanpa harus menumpuk banyak aplikasi browser di bawah tangan anda.





Task Manager. Tool kecil pemantau kinerja Windows. Berbagai aplikasi yang berjalan bisa dilihat dari tool ini. Dari sini, Anda juga bisa menutup aplikasi secara paksa jika aplikasi tersebut mengalami masalah. Seeprti tool sejenis lainnya, Task manager juga memiliki berbagai fitur yang bisa diaktifkan dan dinonaktifkan. Contohnya, fitur untuk menampilkan kolom-kolom tambahand alam bagian “Processes”. Di sini, Anda bisa mengaktifkan beberapa kolom tahambahan untuk memantau aplikasi yang bekerja dari sisi lainnya.





TCP/IP. Kependekan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol yang merupakan standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas Internet dalam proses tukar menukar data dari satu komputer ke komputer lainnya di dalam jaringan internet. Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana, dan hal tersebut disebut sebagai IP Address.





Templar. Pasukan militer kristiani pada masa perang salib. Organisasi ini bertahan sekitar dua abad pada masa abad pertengahan. Didirikan oleh gereja Katolik Roma pada tahun 1129, pasukan ini tumbuh dengan cepat dalam keanggotaan dan kekuatan. Ciri khas mereka adalah jubah putih bertanda salib merah, dengan kemampuan bertarung tertinggi di antara pasukan perang Salib.


Terminal. Window yang biasa dipakai untuk mengeksekusi Shell. Terminal juga memiliki arti perangkat yang mengijinkan Anda untuk mengirim perintah ke komputer di tempat lain. Text box. Field yang digunakan untuk memasukkan teks. Text box dapat dibiarkan kosong dan pengisiannya diserahkan sepenuhnya kepad user atau diprogram untuk emengisi teks-teks tertentu sesuai dengna pilihan pengguna.


Texture Filtering. Metode yang dipakai untuk menentukan warna tekstur dari pixel dengan menggunakan warna dari texel terdekat. Singkatnya, texture filtering mencampurkan tekstur pixel secara bersamaan dengan memecahnya menjadi pixel lebih kecil. Istilah lain untuk texture filtering adalah texture smoothing.





TFT-LCD. Penggunaan teknologi thin film transistor pada Liquid Crystal Display. Penggunaan layar ini juga termasuk bagian dari yang disebut active matrix LCD. Selain pada layar notebook, dapat ditemukan juga pada projector, monitor LCD, bahkan mulai pada tahun 2004 juga menggantikan CRT pada televisi.


Theme. Sekumpulan file PHP (atau server side scripting lainnya), HTML, CSS dan gambar yang bertugas menjadi interface antara blogware atau CMS dengan pengjungnya. Apa yang tampil dan anda lihat ketika mengakses blog ditentukan oleh theme. Dengna kata lain, theme adalah mekanisme untuk mendefinisikan tampilan blog.





Thriller. Merupakan salah satu jenis genre yang mencakup banyak bidang, seperti karya tulis, film, televise, dan game yang kadang dibagi lagi mendai beberapa subgenre. Karakterisasi thriller dikenal dengan namanya yang cepat, aksi laga yang sering dan tokoh utama yang seringkali digambarkan tidak berdaya menghadapi musuh yang bersenjata lebih lengkap, dan memiliki keahlian mematikan. Biasanya dihubungkan dengan kisah-kisah misteri, pembunuhan, horror dengan setting latar belakang yang eksotis, seperti kota-kota asing, padang pasir, atau di tengah laut.





Thumnail. Gambar berukuran lebih kecil dari ukuran aslinya. Biasanya thumbnail ini diguankan untuk screenshot jendela aplikasi yang aktif pada aplikasi ataupun catalog untuk toko online dalam memerkan daftar produknya.


Timeline. Istilah itu sering digunakan untuk menyebut tampilan Twitter sebab isinya adalah update tweet yang berdasarkan interval urutan waktu. Timeline ditampilkan dengna urutan terbalik, yang paling baru berada pada bagian paling atas.


Toolbar. Bar menu pada bagian atas layar yang berisi daftar perintah yang diasosiakan dengan tombol bergambar. Toolbar dapat berisi tombol bergambar, menu atau kombinasi tombol dan menu.





Tools Free. Pemasangan suatu perangkat, tanpa membutuhkan alat tambahan seperti obeng dan tang.


Touch Pad. Adalah salah satu jenis input device yang kebanyakan tersedia pada notebook atau laptop. Inpu device ini biasanya sebagai pengganti mouse. Untuk mengarahkan kursor, penggunannya cukup menggerakkan jari di atas touch pad. Pada kebanyakan notebook, luas touch pad biasanya 20 cm2.





Touch Screen. Atau layar sentuh atau adalah layar tampilan computer yang sensitive terhadap sentuhan manusia, sehingga seseorang dapat berinteraksi dengan komputer dengan cara menyentuh gambar atau tulisan yang terpampang pada layar computer. Touch Screen sering dipakai pada kios informasi di tempat-tempat umum, misalnya di bandara dan rumah sakit, serta pada perangkat pelatihan berbasis komputer. Sistem touch screen tersedia dalam bentuk monitor yang sudah memiliki kemampuan layar sensitif sentuhan, dan ada juga kit touch screen lebih ekonomis yang dapat dipasang pada monitor yang sudah ada.





Touch screen. Layar sentuh (touch screen) adalah display yang mampu mendeteksi lokasi koordinat sentuhan. Ini memungkinkan touchscreen sekaligus menjadi input device, menggantikan keyboard atau mouse. Selain pada PC, touch screen juga digunakan pada beragam perangkat mobile, termasuk PDA dan smarphone. Beberapa varian lain yang mirip adalah memanfaatkan penggunaan stylus, untuk meningkatkan akurasi pendeteksian koordinat.





Transparency Tool. Tool / fasilitas khusus untuk memberikan efek transparan pada objek vektor maupun bitmap. Progresi transparansi objek dapat dilakukan secara halus dengan aplikasi radial, liner, dan sebagainya.


TRIM. TRIM command merupakan perintah yang memungkinkan sistem oeprasi untuk menginformasikan blok data yang dianggap tidak digunakan lagi dan dapat dihapus secara internal pada solid state drive (SSD). TRIM memungkinkan SSD untuk menangani overhead sekumpulan garbage yang nantinya secara signifikan dapat memperlambat kemampuan write pada blok yang telah teridentifikasi.


Triple-SLI. Konfigurasi ini mulai diperkenalkan pada chipset seri nForce 700 dan nForce 680i. Konfigurasi ini memungkinkan penggabungan tiga kartu grafis. Dalam prakteknya, konfigurasi ini memiliki banyak persyaratan, antara lain adalah keterbatasan pilihan VGA card yang memungkinkan konfigurasi 3 way SLI ini.


TruPic III+. Mesin pengolah gambar yang memiliki kemampuan untuk memproduksi peningkatan warna alami. TruPic mencakup beberapa teknologi, yaitu Advanced Proper Gamma III yang telah disempurnakan untuk control sinyal pencahayaan mandiri dan perbedaan sinyal chrominance. Advanced Detail Reproduction untuk mendeteksi arah tepid an menerapkan arah Low Pass Filter. Mesin itu juga memberikan peningkatan kecepatan sehingga dengan resolusi 10 MP dapat membuat irisan gambar 3fps. Trusted List. Daftar Website yang digolongkan ke dalam website-website terpercaya, yang tidak akan menimbulkan kerusakan atau menyebarkan virus dan malware ke dalam computer Anda. Tingkat keamanan browser mungkin akan menyebabkan Anda tidak dapat mengakses website spesifik yang penting, dan justru terus menerus memunculkan jendela prompt peringatan dari browser. Untuk mengakses website tersebut dengan mudah, Anda dapat menambahkan URL website ke dalam Trusted List ketimbang menurunkan level sekuriti Anda menjadi medium atau low. Ketika menggunakan level high security, Anda juga perlu menambahkan URL web application ke dalamnya. Twitter. Website layanan social negorking dan microblogging yang memberikan penggunanya fasilitas untuk mengirimkan update berupa teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, IM, e-mail, atau aplikasi seperti Twitterific dan Twttbin. Kesuksesan Twitter membuat banyak website lain meniru konsep ini. Saat ini paling tidak terdapat 111 website web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.

Bagi Sahabat
Bagi SAHABAT Updated at: February 10, 2011

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Labels

A (1) AlertPay (2) Analisa (1) Anti virus (4) B (1) Bahasa Komputer (23) Belajar dan Bahasa (47) Bengkel dan Kendaraan (1) Berita dan Informasi (266) Biologi (6) Bioskop dan Video (63) Blog (151) Browser (3) Budaya dan Bahasa (15) Buku Majalah dan tulisan (40) C (2) Catur (1) D (2) Desain dan Furniture (95) DNS (2) Dongeng dan Cerita (1) Dunia Busana dan Mode (4) E (2) E-commerce (4) E-mail (10) Ekonomi dan perdagangan (58) Eksakta (7) F (1) Facebook (10) Flora dan Fauna (6) Foto dan Design (99) G (1) gad (1) Gadget (257) Game (73) Generator (23) H (1) Hand Phone (14) Hardware (6) Hobi dan koleksi (8) Hosting dan Domain (7) Hubungan dan komunikasi (129) Hukum dan Perundang-undangan (12) Humor (4) Huruf dan Template (4) i (1) Indonesia - Pengetahuan Alam - Geografi (35) Industri (1) Interior Desain Komputer (27) Internasional (1) J (1) Jaringan (7) Jejaring Sosial (9) K (1) Kamera (35) Keamanan (7) Kedokteran (25) Keyboard (1) Kimia (7) Kisah (10) Komik dan Animasi (12) Komputer dan Perangkatnya (109) Koneksi (7) Konfrensi (1) Konversi (1) Koran (1) Kreatifitas (3) Kumpulan (19) L (1) Lembar (234) Libery Reserve (1) Liburan dan Pariwisata (7) Lingkungan hidup (2) Linux (2) Logo (7) Lowongan Kerja (8) M (1) Matematika (17) Media Penyimpanan (14) Meja (4) Membaca dan Menulis (40) Mencari uang di Internet (25) Microsoft-Google-Yahoo (57) Militer (1) Miniatur (2) Monitoring (9) Motherboard (1) Mozilla Firefox (1) Multimedia (33) Musik dan Lagu (57) N (1) Note Book (48) O (1) Olahraga dan Kesehatan (53) P (1) Page Rank (1) PDF (3) Pemimpin (1) Pendidikan dan Pengetahuan (105) Perangkat Lunak (442) Perbaikan komputer (48) Pertanian dan Perkebunan (2) Peternakan dan Perikanan (6) Ping (1) Playstore (1) Politik dan Pemerintahan (10) Print (2) Produk (62) Produk Internet dan Tekhnologi (40) Prosesor (3) Psikologi (6) Q (1) R (1) Rak Buku (51) Religi (7) Remaja dan Pergaulan (11) Resep dan Masakan (1) Rumah dan Keluarga (64) S (1) Scanner (1) Search Engine (19) Sejarah (40) Seni dan Kerajinan (18) Seni Melipat Kertas (4) Sepeda (8) Service (1) Sharing (3) Situs Komputer dan Tekhnologi (27) Situs Menarik (66) Situs Populer dan Aplikasinya (26) SMS (5) Sofa (19) Sony (2) T (1) Telepon Genggam (18) Tempat duduk (14) Tips dan Tricks (138) Trans 7 (1) Tutorial (66) U (1) Ucapan Selamat (1) Unik (19) USB Drive (7) V (1) W (2) Wanita dan Peranannya (8) Website (1) Windows (27) X (1) Z (1)