10 February 2011

Huruf U


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda





U3. Teknologi yang memang didesain untuk tujuan portable application. Dari segi hardware, U3 memerlukan USB flash disk yang khusus dibuat untuk itu yang disebut U3. Smart Drive, dengan ditandai tabel U3.





UFD. Singkatan dari USB flash disk. Adalah sebuah flash disk dengan interface USB. Sering juga disebut sebagai pendrive, USB drive, thumb drive, dan lain sebagainya.





UIQ. Dulu dikenal sebagai User Interface Quartz dan dikembangkan oleh UIQ Technology. UIQ adalah platform software yang didasari oleh Symbian OS. Secara khusus, UIQ adalah lapisan GUI yang menyediakan komponen tambahan ke dalam core Symbian. Hal ini bertujuan agar pengembangan aplikasi ponsel bisa diperluas lagi melalui pihak ketiga.


Ultrapolling. Teknologi yang dirancang untuk meningkatkan jumlah waktu dari firmware perangkat mouse ketika mengirimkan data ke komputer hingga 1 ms (atau 1000hz). Hal ini berarti, teknologi ini mampu menurunkan jumlah interval waktu dari setiap transmisi kalkulasi pergerakan perangkat mouse tersebut sehingga menghasilkan efek gerak yang lebih smooth, lebih akurat, serta lebih responsif dibandingkat perangkat mouse konvensional yang ada saat ini. Nilai 1000hz pada teknologi Ultrapolling di atas menggambarkan bahwa komputer yang digunakan sebagai host perangkat mouse tersebut akan selalu menerima total seribu laporan kalkulasi pergerakan mouse setiap detiknya dari perangkat mouse tersebut.


UMPC. Awalnya, Ultra Mobile PC (UMPC) mengacu pada proyek Origami, yang dipelopori oleh Microsoft, Intel, dan Samsung untuk sebuah table PC berukuran ringkas. Variasi berikutnya dari konsep UMPC ini adlaah Mobile Internet Device (MID) yang dikembangkan oleh Intel. Namun, istilah UMPC makin berkembang penggunaannya mengacu pada sebuah mobile PC yang ringkas, biasanya dengan ukuran layar tidak lebih besar dari 10 inci.





Unicode Consortium. Organisasi nirlaba yang mengoordinasi pengembangan standar Unicode. Tujuannya adalah menggantikan skema encoding karakter yang ada saat ini dengan Unicode dan standarnya, skema Unicode Transformation Format (UTF), yang mengklaim bahwa skema encoding yang ada saat ini memiliki keterbatasan dalam ukuran dan ruang lingku, serta tidak kompatibel dengan lingkungan multibahasa. Standar yang dikembangkan Unicode telah diimplementasikan dalam banyak teknologi saat ini, termasuk XML, bahasa pemrograman Java, dan OS modern.


URL Suggestion. Fitur yang biasanya terdapat pada web browser modern, seperti Mozzilla Firefox 3 ke atas, IE 8 ke atas, dan Oepra. Fitur URL suggestion memudahkan pengguna dalam menuliskan alamat website (URL). Ketika pengguna mengetikkan huruf pada address bar, akan muncul di bawahnya daftar website yang mungkin dimaksud oleh pengguna


USB. Singkatan dari Universal Serial Bus. Standar bus ber seri untuk perangkat penghubung, biasanya kepada computer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan dan PDA. Sistem USB mempunyai desain yang asimetris, yang terdiri dari pengontrol host, dan beberapa peralatan terhubung yang berbentuk pohon, menggunakan peralatan hub yang khusus.


USB OTG. USB On The Go merupakan tambahan pada spesifikasi USB versi 2.0 untuk meningkatkan kemampuan mobile device dan periferal USB dengan menambahkan fungsionalitas host untuk koneksi periferal USB. Fungsionalitas tersebut antara lain standar baru untuk bentuk konektor dan kabel kecil USB, tambahan kemampuan host untuk memproduksi, yang selama ini dilakukan oleh periferal saja, untuk mengaktifkan koneksi P2P atau point to point, kemampuan sebagai host sekaligus sebagai periferal (dual role device) dan bisa di switch secara dinamis serta kebutuhan daya yang rendah.





USB Recharge. Beberapa perangkat portabel yang sudah menggunakan rechargeable baterai, proses charging dapat dilakukan dengan menghubungkannya pada port USB pada PC yang sedang beroperasi. Bagaimana jika ingin melakukan charge baterai tanpa PC? USB charger yang melakukannya. USB charger tidak bedanya dengan power supply adapter. Mengubah tegangan dari power outlet, di Indonesia 220V AC, menjadi catuan daya seperti standar USB, yaitu 5V DC.


User script. Pemrograman yang mengizinkan pengendalian sebuah aplikasi. Script disini berbeda dengan kode pemrograman (source code) yang ada di dalam aplikasi. Dan biasanya user script dibuat dan dimodifikasi oleh end user. Contohnya, Firefox dibuat dengan menggunakan C/C++, tapi bisa dikendalikan dengan userscript yang dibuat dengan menggunakan Javascript.

No comments:

Post a Comment

Add this