Add this

01 June 2011

Mempelajari perkembangan sains dari masa ke masa

Garis Waktu Sains




Waktu berjalan lurus, seperti garis. Ia tidak melengkung, dan oleh karenanya mustahil bagi kita untuk kembali ke waktu yang telah berlalu. Setiap detik, menit, jam yang telah berlalu tidak dapat kembali lagi. Itulah mengapa kita mengenal istilah garis waktu atau timeline untuk menggambarkan waktu yang berjalan lurus.



Untuk memudahkan kita mengingat apa yang telah dan sedang terjadi, dibuatlah sebuah diagram waktu yang dinamakan garis waktu. Dengan mencatat, kita telah mengabadikan kejadian yang telah lalu untuk diingat kembali, dan dijadikan alat untuk menganalisis perkembangan sesuatu hal dari masa ke masa.



Demikian pula halnya dengan sains. Ia berkembang dari masa ke masa. Apa yang telah ditemukan dan dirumuskan oleh para saintis dimasa lalu, menjadi pijakan bagi saintis-saintis kontemporer. Membaca perkembangan sains dari masa, seperti yang disajikan oleh website timelinescience, sungguh mengasyikkan.



Secara tidak langsung mlalui website ini, kita telah dibawa menyaksikan secara langsung perkembangan sains selama satu milenium, mulai dari tahun 1000 hingga 2000. Memang ditinjau dari sudut desain, website yang didanai oleh perusahaan famasi di Inggris ini sangat sederhana. Namun, informasi yang dikandungnya sangat bermanfaat bagi para pengunjungnya.



No comments:

Post a Comment