Add this

14 June 2011

Menjadi sutradara kecil dengan Kino

Kino Video Editor




Kino merupakan sebuah video editor yang memperbolehkan Anda untuk menghasilkan video karya sendiri, dengan menggunakan software open source. Dengan ini, Anda dapat menangkap dan mengedit klip dari kamera video, memasukkan judul, menambahkan gambar, membuat transisi di antara scene, dan menghasilkan output dalam beberapa format. Kino juga mudah untuk dipelajari dan digunakan.



Proses download dan kompilasi versi terakhir dari Kino mungkin sedikit rumit. Jika telah mendownload versi tarball maka Anda harus juga mengisntal beberapa perangkat yang diperlukan. Kino hanya mendukung FireWire (IEEE-1394) untuk menangkap video dari kamera Anda. USB hanya didukung untuk mengontrol peralatan eksternal seperti jog dan shuttle wheels, yang mungkin Anda gunakan untuk melakukan editing, dan memutar balik. Karena Kino menggunakan dvgrab untuk menangkap video, Anda akan membutuhkan hak akses sebagai root, atau menambahkan pengguna Anda ke video group.



User Interface Kino dijalankan dengan mode memilih salah satu icon yang tersusun vertikal sepanjang jendela sebalah kanan. Kino dimulai dalam edit. Untuk menangkap video dari kamera Anda, tinggal klik pada icon Capture yang tersedia. User Interface Capture menyediakan lima tombol kontrol yang berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan kontrol VTR, memulai dan menghentikan tangkapan video, menangkap gambar tetap, dan menekan suara selama penangkapan. Ketika kontrol VTR hidup, Anda akan melihat tipe icon untuk play, pause, rewind dan fast forwared.



Tampilan Edit menyediakan icon yang berfungsi untuk menyimpan tampilan frame sebelumnya, sebagai file gambar tunggal. Tampilan Edit juga menggunakan thumbnails pada setiap scene yang di tumpuk di atas sepanjang sisi kiri jendela untuk menunjukkan sebuah jalan cerita film. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai fitur Kino, kunjungi saja url resminya di kinodv.org.






Firewire. Merupakan nama merek dari Apple. Inc untuk interface IEEE 1394. Firewire merupakan serial bus interface standard, untuk high speed communications, dan isochronous real time data transfer, yang biasanya diguankand alam sebuah PC dan digital audio/digital video. Kebanyakan perangkat digital camcorder sudah menyertakan interface ini, untuk mempercepat proses transfer data ke PC.



No comments:

Post a Comment