Add this

01 August 2011

Sejarah dan budaya Cina kuno serta asal usul orang Cina

Cina Kuno

Sekitar 4300 tahun yang lalu, di Tengah daratan Asia Timur, tepatnya dekat dengan Sungai Kuning. Terdapat aliasi suku yang dipimpin oleh dua pemimpin besar, yakni Yan-Di dan Huang-Di. Mereka bekerja sama membentuk bangsa yang besar, bangsa tersebut bernama "Hua" yang berarti bunga dan keindahan.

Pada abad ke-21 SM, Qi, putra Yu, seorang penguasa besar pada saat itu, membangun Kerajaan Xia. Sejak terbentuknya kerajaan baru tersebut, bangsa Hua punya nama lain yaitu "Xia" (Seperti merk mobil Korea, Kia) yang berarti besar. Kemudian bangsa yang besar tersebut berubah lagi namanya menjadi "Tianxia".

Orang-orang dari bangsa Tianxia bangga pada negara mereka, dan kemudian mereka memanggil bangsanya dengan nama "Bangsa Tengah", yang disebut "Cina" oleh orang Barat sekarang. Kemudian pada tahun 206 SM terbentuklah Dinasti Han Barat. Sejak saat itu, Bangsa Tengah menjadi salah satu negara paling kuat di dunia. bangsa Tianxia dikenal dengan julukannya “Han”, sama dengan Yunani, mereka menyebutnya dengan julukan “Hellas”, tetapi bangsa Roma memanggilnya Greece.

Seperti kata Max Weber, “ketika kita mengingat kembali akan sejarah kuno. Kita dapat menemukan begitu banyak kesamaan antara Cina dan Eropa, seperti kepercayaan, kesucian, revolusi, sistem politik, puisi klasik, dan pendidikan yang dimiliki oleh kaum feodal. “ Masyarakat suku cina, yang bernama Han lebih dekat komunikasinya dengan masyarakat Eropa dibandingkan Kerajaan Imperialisme Cina. Orang Han kuno sangat mengagumi kota Roma, dan mereka berkata bahwa orang-orang Eropa memiliki perawakan yang tinggi, elegan dalam tata karma, dan jujur dalam moralitas. Dengan demikan dapat terlihat bahwa nilai-nilai universal pun berlaku tidak hanya untuk orang-orang barat, namun juga berlaku bagi orang-orang timur.

Dalam website History of Old China penjelasan tahapan sejarah Cina kuno dibedakan menjadi 3 bagian, yakni the age of myths (Masa sebelumnya sampai Dinasti Shang), the age of feudal states (Masa Dinasti Zhou) dan the age of empires (Masa Dinasti Qin sampai Dinasti Ming)

Tahapan tersebut dibentuk guna memudahkan anda untuk mengenal sejarah hidup dan kemegahan dari Cina Kuno. Pada bagian tersebut juga terselip berbagai informasi menarik, meliputi pakaian tradisional, gaya arsitektur, ilmu kedokteran, norma dan adat istiadat bangsa Cina. Tidak tertinggal, anda pun dapat mengetahui tentang bagaimana proses penyebaran peradaban Cina ke Jepang dan Korea.

No comments:

Post a Comment