Add this

12 February 2011

Aplikasi gratis untuk membuat Gaun Pengantin

Bride Dreses Photo Editor 1.0

Seringkali, banyaknya model pakaian membuat bingung seseorang dalam melakukan pemilihan pakaian. Termasuk dalam hal gaun pengantin. Padahal pernikahan adalah momen istimewa bagi hidup setiap orang karena umumnya hanya terjadi sekali seumur hidup. Pemilihan model gaun pengantin merupakan salah stu hal yang penting bagi seorang mempelai wanita oleh karena itu, gaun pengantin biasanya di design khusus sesusi permintaan mempelai wanita.

Untuk memudahkan mempelai menemukan bayangan atas model gaun pengantin yang diidamkannya, user dapat memanfaatkan fitur aplikasi Bride Dreses Photo Editor 1.0 yang menghadirkan berbagai model gaun pengantin.

Aplikasi ini memberikan beberapa pilihan gaun pengantin menarik bagi para mempelai wanita meliputi model dan warna. User hanya perlu menempatkan photo pada salah satu template gaun pengantin yang telah diseleksi. Sebelum menggunakan, pastikan akses Internet tersambung agar aplikasi ini dapat berjalan dengan semestinya.


Harga : Gratis
Ukuran File: 2,96 MB
Download: weddingphotoonlineeditor.com

Kursi lipat "The Poets" dengan sajian tongkat lampu yang menarik

Pernahkah anda melihat seorang nelayan atau petani yang sedang berpangku pada sebuah tongkat di suatu pematang sawah atau hamparan sungai. Tongkat tersebut selain menjadi penunjuk arah angin, ternyata juga bisa menjadi penjaga lahan mereka. Hal tersebut terlukis erat pada desain kursi dari studio Nieuwe Heren berikut. Melalui eksperimennya dengan nilai konvensional yang dimiliki. Rangkaian kursi lipat berikut dirancang bagi pembaca atau penulis yang suka akan hal-hal yang berbau puisi. Produk ini sempat di pamerkan pada ajang Belanda Design Week 2010 di Eindhoven.









11 February 2011

Membuka situs atau menjalankan File favorit anda secara otomatis

Instant File Opener v1.0.0



Mengunjungi situs ataupun membuka file kerja di PC, tentunya menjadi aktivitas sehari-hari user. Akan tetapi, lambat laun Anda akan merasa lelah bila selalu melakukan langkah berulang-ulang untuk membuka file-file ataupun url-url favorit Anda tersebut. Nah, solusi cepat utuk hal tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi Instant File Opener v1.0.0. Aplikasi ini mampu secara otomatis menjalankan file-file atuapun membuka url yang ada di dalam daftarnya saat startup Windows. Installer berukuran 1,1 MB dapat di download dari magnonic.com

1.Download, dan lakukan instalasi file Instant%20File%20Opener%20Installer.exe

2.Jalankan aplikasi Instant File Opener, dan tentukan file ataupun url yang menjadi favorit atau sering dijalankan ataupun dikunjungi. Untuk mendaftarkan daftar file favorit, klik tombol Open file, dan tentukan file yang diinginkan dengan menyeleksinya pada jendela dialog open. Sedangkan untuk url, klik tombol url, kemudian input-kan url lengkap website yang diinginkan.

3.Semua file ataupun url yang telah di input kan akan tampil pada jendela Instant File Opener. Anda dapat memindahkan urutan daftar file atau url tersebut dengan mengklik tanda panah atas bawah. Untuk menghapus dapat dilakukan dengan menyeleksi satu per satu, kemudian klik cion bergambar pensil, ataupun keseluruhan isi daftar dengan mengklik tanda silang.

4.File yang terdapat dalam daftar dapat secara cepat dijalankan dengan menyeleksi atau mengklik file yang diinginkan, kemudian klik tombol Open Files in File List. Berbeda dengan file, url yang ada dalam daftar dapat dibuka dengan dobel klik, dan secara langsung browser default akan membukan halaman website berdasarkan url tersebut.

Sofa yang dapat didekonstruksikan dan dibangun dengan mudah


Disini anda bisa melihat sebuah sofa sangat menarik yang mampu memberikan satu desain yang lebih berani. Modi Sofa adalah furniture yang dapat menjawab pertanyaan tersebut dan Anda dapat mengubahnya menjadi sofa yang berbeda setiap harinya. Tidak hanya keren tapi juga memiliki fitur tersembunyi dengan potongan dan permainan desain yang lebih menarik

Info: moredesign.it



10 February 2011

Mengupas tuntas apa dan bagaimana autism itu

Autism Today

Beberapa waktu lalu, di dunia maya sempat terjadi “pelecehan” terhadap penderita autism dengan menyebutkan aktivitas online, khususnya yang mengunakan perangkat mobile sebagai aktivitas autis. Sebagaimana kelainan lainnya, tidak selayaknya autism dijadikan bahan candaan.

Pelecehan ini tidak semestinya terjadi andaikata kita memahami apa itu autism. Menurut Wikipedia, autism merupakan kelaianan perkembangan otak yang ditandai dengan melemahnya interaksi sosial dan komunikasi, serta perilaku yang terbatas secara berulang-ulang.

Ingin tahu lebih dekat apa itu autism dan bagaimana solusinya? Segera saja anda layangkan web browser Anda ke alamat website Autism Today. Website ini mengupas tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan autism, serta memberikan terapi solusi untuk para penderitanya dengan dukungan keluarga dan lingkungan mereka.

Membakar File dengan Cepat dan Mudah


Explore & Burn 1.2.1

Seleksi file atau direktori yang ingin di-burning secara langsung melalui Windows Explorer tentunya akan lebih cepat, terutama untuk backup. Kini hal tersebut dapat diwujudkan dengan menggunakan aplikasi Explore & Burn.

Berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk proses burning, masing-masing menawarkan fitur yang berbeda, ada yang menonjolkan kemudahan, kecepatan ataupun fitur yang lengkap. Salah satu aplikasi yang menawarkan kemudahan burning adalah Explore & Burn 1.2.1. Aplikasi ini memampukan Anda untuk melakukan seleksi file secara langsung pada Windows Explorer untuk kemudian melalui proses tahapan burning. Dengan kata lain aplikasi ini terintegrasi dalam Windows Explorer. Explore & Burn 1.2.1 bisa anda download secara gratis pada alamat codesnake.com dengan file berukuran 2,7 MB.

1.Downoad, dan jalankan file ExploreBurnSetup-1.2.1 untuk memulai instalasi

2.Pilih file ataupun folder yang ingin di burn, kemudian klik kanan, kemudian pilih Burn file(s) to disc. Pada file image misalnya berekstensi ISO, anda akan mendapati menu pilihan yang sedikit berbeda, yaitu Burn image to disc. Jendela Explore & Burn Disc writing wizard ditampilkan. Klik Next untuk melanjutkan.

3.Bila Anda menemui tampilan dengan pesan tidak dapat melanjutkan proses pada saat tahapan burning file, hal tersebut dikarenakan Windows Anda tidak memiliki hotfix KB932716. File itu bisa didownload dari http://bit.ly/DD8AP dengan nama file Windows XPKB932716v2-x86ENU. Jalankan file update tersebut, dan dengan segera anda dapat melanjutkan tahapan burning yang tertunda.

4.Masukkan CD ke dalam optical drive, dan Anda dapat melanjutkan dengan melakukan pemilihan kecepatan penulisan CD dan title CD yang diinginkan. Ada baiknya Anda memilih kecepatan tulis yang lebih rendah untuk mengantisipasi error yang dapat terjadi. Klik Next untuk melanjutkan , dan proses burning dimulai


- - - - - - - - - - - - -- - - - - -


Backup. Data yang telah di copy ke lokasi yang lain untuk menjaga keamanan file tersebut. Backup dapat diartikan sebagai proses penyalinan data ke lokasi lain untuk tujuan antisipasi kehilangan data asli.

Optical Drive. Sebuah perangkat elektronik yang menggunakan sebuah laser dalam pembacaan ataupun penulisan informasi ke dalam sebuah disk (CD/DVD). Biasanya optical drive ditemui pada perangkat computer akan tetapi mereka dapat berdiri sendiri menjadi perangkat khusus. Perangkat optical drive yang dapat ditemui antara lain digital versatile disc (DVD) player, Blu ray disc (BD) player. Compact Disc (CD) player sekalipun merkea tidak terpasang dalam perangkat komputer. Berbagai video game juga banyak menggunakan optical drive untuk pembacaan disc game.

Blu ray. Sebuah format disc untuk penyimpanan media digital terasuk video high definition. Nama Blu ray diambil dari laser biru ungu yang digunakan untuk membaca dan menulis disc jenis ini. Disc: Blu ray dapat menyimpan dan yang lebih banyakd ari format (DVD) yang lebih umum karena panjang gelombang laser biru ungu yang dipakai hanya 405nm dimana lebih pendek dibandingkan laser merah 650 nm yang dipakai DVD dan piringan kompak. Beberapa pabrik bahkan telah membuat disc Blu ray stu lapis dan dua lapis (50 GB) yag dapat ditulis ulang. Beberapa studio film yang mendukung format Blu ray bahkan telah merilis atau mengumumkan akan merilis film pada disk berkapasitas 50GB.

Windows Explorer. Aplikasi yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sistem operasi Microsoft Windows. Windows Explorer menyediakan interface grafis kepada penguna untuk mengakses system file. Komponen Windows inilah yang mempresentasikan interface kepada pengguna di dalam monitor dan mengizinkan penguna untuk mengontrol komputer yang menjalankan system operasi Windows. Kadang-kadang Windows Explorer juga disebut sebagai Windows GUI shell atu “Explorer” saja.

Wizard. Sebuah user interface software yang mengarahkan user untuk proses tertentu secara bertahap namun pasti, sehingga memudahkan user bahkan bagi pemula sekalipun. Tahapan demi tahapan ditampilkan berupa jendela dialog option yang memberikan informasi dan tindakan selanjutnya.

Huruf Z

Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda

ZIP. Format data terkompresi yang berguna dalam mengurangi ukuran file. Format Zip mengizinkan sejumlah algoritma kompresi, namun pada tahun 2009, metode Deflate menjadi dominan. Format Zip dibuat kali pertama pada tahun 1986 oleh Phil Katz untuk PKZIP, dan berasal dari format kompresi ARC yang dibuat oleh Thom Henderson.

ZIP. Standar kompresi data yang paling popular. Dengna kompresi data, ukuran data akan lebih kecil sehingga penggunaan media penyimpanan atau transfer data apa pun akan menjadi lebih efisien. File-file ZIP dapat didekompresi dengan berbagai macam program freewar/shareware, seperti Winzip. Winzip juga mampu melakukan proses kompuresi dengan standar ZIP.

Zootfly. Pengembang game asal Slovenia yang berspesialisasi pada game action adventure. Zootfly adalah anggota International Game Developers Association (IGDA). Dibangun pada Desember 2002 di Slovenia, oleh veteran industry Bostjan Troha, Denis Rosaj, dan Dvid Pangerl. Video games yang telah diciptakannya, antara lain Hollow, Panzer Elite Action: Dunes of War, Toy Wars, dan First Ballation. Saat ini, Zootfly sedang mengembangkan game popular Prison Break yang direncanakan rilis pada tahun 2010.

Zotob. Jenis worm computer yang masuk melalui lubang keamanan Windows, biasanya melalui rentannya keamanan di bagian MS05-039 plug and play dan menyebar pada port TCP atau Microsoft ds. Zotob dan turunannya yang dikenal dengan nama Rbot.cbq, SDBot.bzh dan Zotob.d, pada Agustus 2005 menginfeksi computer beberapa perusahaan seperti ABC, CNN, The Associated Press, The New York Times, dan Caterpillar Inc. Konon biaya untuk menghapus worm ini selama 80 jam untuk satu perusahaan adalah $97.000.

Huruf X


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda





Xbox 360. Console game kedua buatan Microsoft, kelanjutan Xbox. Console itu merupakan saingan PlayStation 3 dan Nintendo Wii sebagai console game generasi ketujuh yang populer saat ini. Xbox 360 dipasarkan dengan beberapa versi sesuai dengan kapasitas harddisk yang disediakan di dalamnya. Model terbaru console itu saat ini adlaah Xbox 360 S yang berkapasitas harddisk 250 GB.


XML. Extensible Markup Language. Format universal untuk dokumen terstruktur dan data pada web. XML adalah standar yang direkomendasikan oleh W3C. Sebagai bahasa yang terbuka untuk merepresentasikan data, XML menjadi bahasa yag digunakan secara umum untuk berbagai keperluan. Berbeda dengan HTML, XML ditujukan semata-mata untuk merepresentasikan data dan tidak berisi perintah bagaimana data tersebut ditampilkan. Saat ini, telah banyak fasilitas/layanan di Internet yang ditulis dengan standar XML antara lain RDF, RSS, MathML, XSIL, dan SVG.


XML. Himpunan aturan untuk mendesain format teks yang memungkinkan Anda membuat data menjadi terstruktur. XML bersifat ekstensibel, tak tergantung pada suatu platform tertentu, serta mendukung internasionalisasi dan lokalisasi. Aturan-aturan untuk file XML jauh lebih ketat dari pada HTML. Jika sebuah tag lupa ditulis, atau jika sebuah atribut tidak menyertakan tanda petik, maka file tersebut tidak dapat digunakan. Sedangkan pada HTML, kesalahan semacam itu masih ditolerir. Jika file itu mengandung kesalahan, aplikasi harus berhenti memprosesnya, serta menampilkan pesan kesalahan.





XPS. Singkatan dari XML Paper Specification, dulunya bernama Metro, adalah spesifikasi untuk bahasa deskripsi halaman, dan format dokumen tetap yang dikembangkan Microsoft XPS ditujukan sebagai pengganti format Enchaned Metafile (EMF). Aslinya, XPS adalah file ZIP yang menggunakan Open Packaging Convention. Isinya antara lain XML markup, teks, font, gambar raster, grafis vektor 2D, dan informasi DRM.





Xvid. Codec video yang mengikuti standar MPEG-4. XviD merupakan pesaing utama DivX. Berbeda dengan DivX yang bersifat propietary dan terbatas untuk beberapa platform, XviD bersifat free, berlisensi GNU GPL, dan bisa digunakan di berbagai platform.

Huruf W





Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda





W3C. World Wide Web Consortium adalah suatu konsorsium yang bekerj auntuk emngembangkan standar-standar untuk World Wide Web Spesifikasi teknologi-teknologi utama yang dipakai sebagai basis utama web,s eperti URL (Uniform Resource Locator), HTTP (HyperText Transfer Protocol), dan HTML (HyperText Markup Language) dikembangkan dan diatur oleh badan ini.





Walkman. Pemutar audio kaset sebagai pemutar audio dan video portabel. Walkman mengubah kebiasaan mendengarkan musik, sehingga seseorang dapat mendengarkan musik di mana saja. Walkman dirilis pada tahun 1979, di Jepang da disebut Soundabout di negara seperti Amerikat, Freestyle di Swedia, dan Stowaway di Inggris Raya. Peralatan ini dibuat pada tahun 1978 oleh enginer audio Nobutoshi Kihara, untuk mantan ketua Sony, Akio Morita, yang ingin mendengarkan musik ketika perjalanan dengan pesawat terbang.


WAV. Kependekan dari format audio Wave form, WAV adalah format audio yang dikembangkan bersama-sama oleh Microsoft dan IBM, dan merupakan sebuah standar audio format untuk penyimpanan di komputer. WAV merupakan varian dari RIFF Bitstream Format, sebuah metode untuk menyimpan data di “chunks”, dan juga menutup format IFF dan AIFF, format yang digunakan oleh Macintosh.


Web browser. Paket software yang membantu user menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen yang tersimpan pada wb server. Web browser yang eding digunakan pada PC antara lain MS Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Web Server. Web server memiliki dua arti. Pertama, komputer server yang bertugas untuk menyimpan file-file website, sebagian besar berupa dokumen HTML, dan melayani permintaan file tersebut oleh client melalui jalur HTTP. Keuda, aplikasi yang bekerja sebagai daemon (service) yang melayani permintaan dan pengiriman dokumen web. Aplikasi webserver yang cukup terkenal di antaranya Apache dan IIS.


Web server. Software server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari client yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Web server yang terkenal di antaranya adalah Apache dan IIS.





Web Service. Adalah apliaksi Web yang menyediakan servis sehingga dapat digunakan oleh aplikasi lainnya. Cukup menggunakan satu servis dari web service, dapat dibuat berbagai macam aplikasi yang akan memanfaatkan layananya. Mekanisme autentifikasi web servis dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti API Key maupun Password.


Web Services. Sekumpulan protocol dan standar yang digunakan untuk saling bertukar data antar apliaksi atau system. Software tertulis dalam beragam bahasa pemrograman dan berjalan pada beragam platform dapat memanfaatkan web service untuk saling bertukar data lewat network computer sebagaimana perilaku serupa dalam Internet untuk komunikasi antar proses pada satu computer. Interoperabilitas ini (antara Java dan dPython, atau aplikasi Windows dan Linux) adalah buah dari penggunaan standar terbuka.





Webcam. Singkatan dari web camera adalah sebutan bagi kamera real time yang gambarnya bisa diakse atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging atau aplikasi video call. Webcam biasanya beresolusi sebesar 352 x 288 / 640 x 480 pixel. Namun ada yang kualitasnya hingga 1 MP.





Weld. Fasilitas dalam Software Corel Draw untuk mengkombinasikan dua objek atau lebih menjadi satu kurva dan satu outline (bentuk gabungan dari dua objek tadi), yang mana warna objek dan warna outline bergantung pada objek sumber (source object) dan objek target (target object).





Weld. Fasiltias dalam software CorelDraw untuk mengkombinasikan 2 objek atau lebih menjadi satu objek tunggal dengna satu kurva, dan satu outline (bentuk gabungan dari 2 objek tadi). Di mana warna objek dan warna outline, bergantung pada objek submer (source object), dan objek target (target object).





WiFi. Sebutan popular dari teknologi wireless yang digunakan pada jaringan nirkabel. Penggunaannya kini meluas selain pada PC, juga mulai digunakan pada handset mobile phone, video game console, PDS, dan perangat portabel lainnya.


WiFi. Wireless Fidelity. Sekumpulan standar yang digunakan oleh Jaringan local Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN)) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.



Windows 7. Sebelumnya bernama Blackcomb atau Vienna merupakan versi terbaru Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista. Microsoft mengumumkan bahwa pengembangan Windows 7 akan berjalan dalam tiga tahun. Versi klien dari Windows 7 dirilits dalam versi 32 bit dan 64 bit walaupun versi servernya hanya dirilis dalam versi 64-bit, yang akan dinamakan Windows Server 2008 R2. Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 Oktober2009. Windows 7 didesain dengan fitur baru dan peningkatan performa dari Windows Vista.





Windows Defender. Peranti lunak bawaan Vista sebagai fitur pelangkap keamanan. Ketika Anda menggunakan computer, sangat penting untuk memiliki peranti anti spyware untuk mencegah software-software yang tidak diinginkan menginstal diri mereka. Setiap anda melakukan sambungan ke Internet Windows Defender menyediakan dirinya dengan real time protection, dan pilihan scan yang dapat Anda atur untuk melakukan scan otomatis pada waktu-waktu tertentu.



Windows Experience Index. Bagiand ari Windows System Assessment Tool (WinSAT) yang mengukur karakteristik performa dan kapabilitas hardware yang sedang berjalan. Laporan hasil pengukuran ini disebut Windows Experience Index, dan ditampilkan dalam bentuk skor. WEI mengandung 5 subskor yaitu prosesor, memory, grafis 2D, grafis 3D dan disk.





Windows Explorer. Aplikasi yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sistem operasi Microsoft Windows. Windows Explorer menyediakan interface grafis kepada penguna untuk mengakses system file. Komponen Windows inilah yang mempresentasikan interface kepada pengguna di dalam monitor dan mengizinkan penguna untuk mengontrol komputer yang menjalankan system operasi Windows. Kadang-kadang Windows Explorer juga disebut sebagai Windows GUI shell atu “Explorer” saja.





Windows Live ID. Dikenal juga sebagai Microsoft Passport, .NET Passport, atau Microsoft Passport Network. Windows Live ID adalah layanan tunggal yang dikembangkan oleh Microsoft untuk melakukan login ke berbagai website hanya dengan menggunakan satu account saja. Website-website tersebut antara lain Hotmail, MSNBC, MSN, Xbox Live, .NET Messenger Service, dan Zune.





Windows Live Move Maker. Software untuk pembuatan atau pengeditan video yang merupakan bagian dari Microsfot Windows Live. Windows Live Movie Maker merupakan desain ulang dengan penambahan beberapa fitur dari Windows Movie Maker. Windows Live Movie Maker juga memungkinkan pengguna untuk melakukan publish video pada Windows Live Sky Drive, Facebook, Youtube dan Flickr.





Windows Live SkyDrive. Bagian dari layanan Microsoft Windows Live. SKyDrive adalah layanan file hosting yang memungkinkan pengguna untuk mengupload file kepenyimpanan berbasis cloud dan kemudian mengaksesnya dari browser. SkyDrive menggunakan Windows Live ID untuk mengontrol akses ke file pengguna, yang memungkinkan merek auntuk menjaga file pribadi, berbagi, atau membuat file-file publik. Layanan ini menawarkan penyimpanan pribadi sebesar 25 GB gratis dengan file individual terbatas untuk 50 MB.





Windows Sidebar. Komponen Windows Vista yang berisikan apliaksi mini atau dikenal dengan gadget yang berbasiskan pada kombinasi script dan html. Sidebar ini bila diaktifkan muncul di sisi kanan layar, dan berguna untuk menampung aplikasi-aplikasi kecil (applet). Applet ini dalam Windows disebut gadget. Beberapa gadget yang disertakan misalnya jam, RSS Reader, dan kalender.


WinRAR. Aplikasi file archiver dan utility data kompresi yang dikembangkan oleh Eugene Roshal. WinRAR mendukung penuh format RAR dan Zip, dan bisa melakukan proses unpacking arsip berformat ARJ, LZH, TAR, GZ, ACE, UUE, BZ2, JAR, ISO, 7z dan Z.


Wireless. Teknologi yang tidak menggunakan media kabel ketika transfer data dilakukan.Teknologi ini memanfaatkan sinyal radio atau gelombang cahaya, seperti infra red dengan Bluetooth sebagai media pengantar data. Sistem ini berguna jika sistem melalui kabel cukup memakan biaya dan teknologi ini biasa digunakan dalam perangkat mobile.





Wizard. Sebuah user interface software yang mengarahkan user untuk proses tertentu secara bertahap namun pasti, sehingga memudahkan user bahkan bagi pemula sekalipun. Tahapan demi tahapan ditampilkan berupa jendela dialog option yang memberikan informasi dan tindakan selanjutnya.





WMLScript. Dialek JavaScript yang diguankan unuk halaman WML (Wireless Markup Language, bahasa markup berbasis XML yang diperuntukkan bagi perangkat-perangkat yang mengimplementasikan spesifikasi WAP seperti ponsel). WMLScript adlaah client side scripting yang sangat mirip dengan JavaScript. Seperti halnya JavaScript. EMLScript di gunakan untuk keperluan seperti memvalidasi input dari user, membuat pesan error, dan dialog box lainnya.





WMV. Windows Media Video adalah nama generik untuk kumpulan teknologi codec video yang dikembangkan oleh Microsoft. WMV merupakan again dari kerangka kerja Microsoft Windows Media framework. Berkas WMC (.wmv) menggunakan format pembawa ASF milik Microsoft. Berkas ini dapat dijalankan oleh Windows Media Player, dan player lainnya seperti Mplayer, VLC media player atau Media Player Classic.





WMV. Windows Media Video. Nama generic untuk kumpulan teknologi codec video yang dikembangkan oleh Microsoft. WMV merupakan bagian dari kerangka kerja Microsoft Windows Media framework.


WordPress. Blogging software yang ditulis dengan menggunakan PHP dan menggunakan database server MySQL, penerus resmi dari b2\cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. WordPress dibuat khusus untuk blog, walaupun dapat pula difungsikan sebagai CMS untuk keperluan lain. Sebuah blog, sebagaimana didefinisikan oleh Codex Glossary WordPress adalah sebuah jurnal online, diari, atau serial yang dipublikasikan oleh seseorang atau organisasi. Rilis terbaru WordPress adalah versi 2.8. WordPress didistribusikan dengan lisensi GNU GPL.





WPF. Singkatan dari Windows Presentation Foundation, adalah teknologi baru yang dirilis oleh Microsoft bersamaan dengan .Net Framework 3.0 (versi sekarang adalah 3.5). Selain WPF .Net 3.0 juga menyertakan beberapa teknologi baru yaitu WF (Workflow Foundation) untuk permodelan, dan WCF (Windows Communication Foundation) yang merupakan pengembangan dari Web services. WPF merupakan next generation graphic platform yang memungkinkan user membuat advance UI (User Interface) yang memadukan document, media, 2D dan 3D, dan animation yang memiliki kemiripan dengan pemrograman web. WPF dapat digunakan pada platform Windows seperti Windows XP, Vista, dan Windows Server 2003/2008.

Huruf V


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda





VBR. Variable Bite Rate adalah metode encoded video yang menjamin kualitas video dengan menempatkan intelligent bit selama proses encoding. Encoder mengalokasikan informasi yang sesuai untuk setiap detiknya, bergantung pada kompleksitas file video. Dibandingkan dengan CBR, VBR video menyediakan kualitas yang lebih baik dengan penggunaan rata-rata bandwidth yang sama. Penggunaan VBR akan menghasilkan penggunaan bandwidth yang efisien, tetapi perbedaan bit rate paket video menyebabkan permasalahan dalam menghitung bandwidth efektif dari video streams.


Video Game. Game yang menggunakan itneraksi dengna user interface melalui gambar yang dihasilkan oleh perangkat video. Video game umumnya menyediakan sistem penghargaan, misalnya skor yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada dalam game. Banyak video game yang menggunakan joystick sebagai alat interaksi. Namun, dengna semakin sering dipakainya istilah “video game”, kini kata “video game” dapat digunakan untuk menyebut game pada perangkat tampilan apa pun. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan video game disebut platform. Contohny adalah PC dan konsol game.


Video Streaming. Layanan yang berbasiskan data multimedia (audio dan video) yang ditransmisikan melalui Internet. Pada saat proses transfer data multimedia berjalan, file video sudah dapat diputar dan disaksikan tanpa harus menunggu keseluruhan file terdownload. Pentransferan file audio dan video tersebut dilakukan secara ”stream”, alias terus menerus. Dari sudut pandang prosesnya, streaming berarti sebuah teknologi pengiriman file dari server ke client mellaui jaringan packet based semisal Internet File tersebut berupa serangkaian paket time stamped yang disebut stream.


Virtualisasi. Istilah umum yang mengacu kepada abstraksi dari sumber daya komputer. Definisi lainnya adalah sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara system lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah system operasi, sebuah aplikasi atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal; atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logika.


Virtualized Controller Architecture. Teknologi dari OCZ yang mengumpulkan resource dari dua atau lebih NAND Nash controller, MCP, storage processor, dan interface fisik dengan fitur tertentu yang menghilangkan penggunaan ulang silikon. VCA mampu mengalamatkan NAND flash secara inovatif, menghilangkan bottleneck, meningkatkan kecepatan baca/tulis hingga ke batas maksimum dan menjaga latensi tetap minimum.


Virtual Memory. Mekanisme yang digunakan oleh aplikasi untuk menggunakan sebagian memori sekunder seolah-olah ia menggunakan sebagai RAM fisik yang terinstal dalam sistem. Mekanisme itu beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke file dalam hard drive yang disebut dengan swap file, page file, atau swap partition.


Visual Basic. Sebuah bahasa pemrograman generasi ke-4 (fourth generation programming language) yang diciptakan oleh Microsoft. Programmer yang menggunakan Visual Basic bisa memilih kode terkompilasi atau kode yang harus diintepretasi sebagai hasil executable dari kode VB. Visual Basic menjadi populer karena kemudahan desain form secara visual, dan adanya kemampuan untuk menggunakan komponen-komponen ActiveX yang dibuat oleh pihak lain.





VLC. Aplikasi video open source, dan bersifat free software yang dibuat oleh VideoLAN project. VLC mendukung banyak format file codec, audio, dan video, serta DVD, VCDs, dan berbagai streaming protocol. VLC dapat melakukan streaming melalui jaringan dan transcode file multimedia, dan menyimpannya ke dalam berbagai format. VLC dilisensikan oleh Video-LAN project di bawah lisensi GPL 2.





Vorbis. Metode kompresi audio lossy gratis dan open source yang diprakarsai oleh Xiph.org dengan tujuan untuk menggantikan format MP3. Karena hasil kompresi Vorbis biasanya disimpan dalam kontainer OGG, maka Vorbis juga sering disebut Ogg Vorbis. Pengembangan Vorbis dimulai September 1998, didorong dengan pengumuman dari Fraunhofer Gesellschaft bahwa mereka akan mulai menarik biaya lisensi format MP3, Pada tanggal 19 Juli 2002, versi stabil 1.0 Vorbis dirilis.

Huruf U


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda





U3. Teknologi yang memang didesain untuk tujuan portable application. Dari segi hardware, U3 memerlukan USB flash disk yang khusus dibuat untuk itu yang disebut U3. Smart Drive, dengan ditandai tabel U3.





UFD. Singkatan dari USB flash disk. Adalah sebuah flash disk dengan interface USB. Sering juga disebut sebagai pendrive, USB drive, thumb drive, dan lain sebagainya.





UIQ. Dulu dikenal sebagai User Interface Quartz dan dikembangkan oleh UIQ Technology. UIQ adalah platform software yang didasari oleh Symbian OS. Secara khusus, UIQ adalah lapisan GUI yang menyediakan komponen tambahan ke dalam core Symbian. Hal ini bertujuan agar pengembangan aplikasi ponsel bisa diperluas lagi melalui pihak ketiga.


Ultrapolling. Teknologi yang dirancang untuk meningkatkan jumlah waktu dari firmware perangkat mouse ketika mengirimkan data ke komputer hingga 1 ms (atau 1000hz). Hal ini berarti, teknologi ini mampu menurunkan jumlah interval waktu dari setiap transmisi kalkulasi pergerakan perangkat mouse tersebut sehingga menghasilkan efek gerak yang lebih smooth, lebih akurat, serta lebih responsif dibandingkat perangkat mouse konvensional yang ada saat ini. Nilai 1000hz pada teknologi Ultrapolling di atas menggambarkan bahwa komputer yang digunakan sebagai host perangkat mouse tersebut akan selalu menerima total seribu laporan kalkulasi pergerakan mouse setiap detiknya dari perangkat mouse tersebut.


UMPC. Awalnya, Ultra Mobile PC (UMPC) mengacu pada proyek Origami, yang dipelopori oleh Microsoft, Intel, dan Samsung untuk sebuah table PC berukuran ringkas. Variasi berikutnya dari konsep UMPC ini adlaah Mobile Internet Device (MID) yang dikembangkan oleh Intel. Namun, istilah UMPC makin berkembang penggunaannya mengacu pada sebuah mobile PC yang ringkas, biasanya dengan ukuran layar tidak lebih besar dari 10 inci.





Unicode Consortium. Organisasi nirlaba yang mengoordinasi pengembangan standar Unicode. Tujuannya adalah menggantikan skema encoding karakter yang ada saat ini dengan Unicode dan standarnya, skema Unicode Transformation Format (UTF), yang mengklaim bahwa skema encoding yang ada saat ini memiliki keterbatasan dalam ukuran dan ruang lingku, serta tidak kompatibel dengan lingkungan multibahasa. Standar yang dikembangkan Unicode telah diimplementasikan dalam banyak teknologi saat ini, termasuk XML, bahasa pemrograman Java, dan OS modern.


URL Suggestion. Fitur yang biasanya terdapat pada web browser modern, seperti Mozzilla Firefox 3 ke atas, IE 8 ke atas, dan Oepra. Fitur URL suggestion memudahkan pengguna dalam menuliskan alamat website (URL). Ketika pengguna mengetikkan huruf pada address bar, akan muncul di bawahnya daftar website yang mungkin dimaksud oleh pengguna


USB. Singkatan dari Universal Serial Bus. Standar bus ber seri untuk perangkat penghubung, biasanya kepada computer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan dan PDA. Sistem USB mempunyai desain yang asimetris, yang terdiri dari pengontrol host, dan beberapa peralatan terhubung yang berbentuk pohon, menggunakan peralatan hub yang khusus.


USB OTG. USB On The Go merupakan tambahan pada spesifikasi USB versi 2.0 untuk meningkatkan kemampuan mobile device dan periferal USB dengan menambahkan fungsionalitas host untuk koneksi periferal USB. Fungsionalitas tersebut antara lain standar baru untuk bentuk konektor dan kabel kecil USB, tambahan kemampuan host untuk memproduksi, yang selama ini dilakukan oleh periferal saja, untuk mengaktifkan koneksi P2P atau point to point, kemampuan sebagai host sekaligus sebagai periferal (dual role device) dan bisa di switch secara dinamis serta kebutuhan daya yang rendah.





USB Recharge. Beberapa perangkat portabel yang sudah menggunakan rechargeable baterai, proses charging dapat dilakukan dengan menghubungkannya pada port USB pada PC yang sedang beroperasi. Bagaimana jika ingin melakukan charge baterai tanpa PC? USB charger yang melakukannya. USB charger tidak bedanya dengan power supply adapter. Mengubah tegangan dari power outlet, di Indonesia 220V AC, menjadi catuan daya seperti standar USB, yaitu 5V DC.


User script. Pemrograman yang mengizinkan pengendalian sebuah aplikasi. Script disini berbeda dengan kode pemrograman (source code) yang ada di dalam aplikasi. Dan biasanya user script dibuat dan dimodifikasi oleh end user. Contohnya, Firefox dibuat dengan menggunakan C/C++, tapi bisa dikendalikan dengan userscript yang dibuat dengan menggunakan Javascript.

Huruf T


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda





Tab. Pada awalnya, tab hanya digunakan pada menu system untuk menu-menu yang memiliki banyak cabang. Penggunaan tab ini sangat praktis dan otomatis menghemat tempat karena kita cukup hanya membuka satu jendela, dan semua informasi yang diperlukan dapat dilihat bergantian dengan satu kali klik. Sekarang ini, penggunaan tab telah banyak digunakan juga pada aplikasi-aplikasi penting dan browser. Sehingga Anda dapat melakukan browsing tanpa harus menumpuk banyak aplikasi browser di bawah tangan anda.





Task Manager. Tool kecil pemantau kinerja Windows. Berbagai aplikasi yang berjalan bisa dilihat dari tool ini. Dari sini, Anda juga bisa menutup aplikasi secara paksa jika aplikasi tersebut mengalami masalah. Seeprti tool sejenis lainnya, Task manager juga memiliki berbagai fitur yang bisa diaktifkan dan dinonaktifkan. Contohnya, fitur untuk menampilkan kolom-kolom tambahand alam bagian “Processes”. Di sini, Anda bisa mengaktifkan beberapa kolom tahambahan untuk memantau aplikasi yang bekerja dari sisi lainnya.





TCP/IP. Kependekan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol yang merupakan standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas Internet dalam proses tukar menukar data dari satu komputer ke komputer lainnya di dalam jaringan internet. Protokol ini menggunakan skema pengalamatan yang sederhana, dan hal tersebut disebut sebagai IP Address.





Templar. Pasukan militer kristiani pada masa perang salib. Organisasi ini bertahan sekitar dua abad pada masa abad pertengahan. Didirikan oleh gereja Katolik Roma pada tahun 1129, pasukan ini tumbuh dengan cepat dalam keanggotaan dan kekuatan. Ciri khas mereka adalah jubah putih bertanda salib merah, dengan kemampuan bertarung tertinggi di antara pasukan perang Salib.


Terminal. Window yang biasa dipakai untuk mengeksekusi Shell. Terminal juga memiliki arti perangkat yang mengijinkan Anda untuk mengirim perintah ke komputer di tempat lain. Text box. Field yang digunakan untuk memasukkan teks. Text box dapat dibiarkan kosong dan pengisiannya diserahkan sepenuhnya kepad user atau diprogram untuk emengisi teks-teks tertentu sesuai dengna pilihan pengguna.


Texture Filtering. Metode yang dipakai untuk menentukan warna tekstur dari pixel dengan menggunakan warna dari texel terdekat. Singkatnya, texture filtering mencampurkan tekstur pixel secara bersamaan dengan memecahnya menjadi pixel lebih kecil. Istilah lain untuk texture filtering adalah texture smoothing.





TFT-LCD. Penggunaan teknologi thin film transistor pada Liquid Crystal Display. Penggunaan layar ini juga termasuk bagian dari yang disebut active matrix LCD. Selain pada layar notebook, dapat ditemukan juga pada projector, monitor LCD, bahkan mulai pada tahun 2004 juga menggantikan CRT pada televisi.


Theme. Sekumpulan file PHP (atau server side scripting lainnya), HTML, CSS dan gambar yang bertugas menjadi interface antara blogware atau CMS dengan pengjungnya. Apa yang tampil dan anda lihat ketika mengakses blog ditentukan oleh theme. Dengna kata lain, theme adalah mekanisme untuk mendefinisikan tampilan blog.





Thriller. Merupakan salah satu jenis genre yang mencakup banyak bidang, seperti karya tulis, film, televise, dan game yang kadang dibagi lagi mendai beberapa subgenre. Karakterisasi thriller dikenal dengan namanya yang cepat, aksi laga yang sering dan tokoh utama yang seringkali digambarkan tidak berdaya menghadapi musuh yang bersenjata lebih lengkap, dan memiliki keahlian mematikan. Biasanya dihubungkan dengan kisah-kisah misteri, pembunuhan, horror dengan setting latar belakang yang eksotis, seperti kota-kota asing, padang pasir, atau di tengah laut.





Thumnail. Gambar berukuran lebih kecil dari ukuran aslinya. Biasanya thumbnail ini diguankan untuk screenshot jendela aplikasi yang aktif pada aplikasi ataupun catalog untuk toko online dalam memerkan daftar produknya.


Timeline. Istilah itu sering digunakan untuk menyebut tampilan Twitter sebab isinya adalah update tweet yang berdasarkan interval urutan waktu. Timeline ditampilkan dengna urutan terbalik, yang paling baru berada pada bagian paling atas.


Toolbar. Bar menu pada bagian atas layar yang berisi daftar perintah yang diasosiakan dengan tombol bergambar. Toolbar dapat berisi tombol bergambar, menu atau kombinasi tombol dan menu.





Tools Free. Pemasangan suatu perangkat, tanpa membutuhkan alat tambahan seperti obeng dan tang.


Touch Pad. Adalah salah satu jenis input device yang kebanyakan tersedia pada notebook atau laptop. Inpu device ini biasanya sebagai pengganti mouse. Untuk mengarahkan kursor, penggunannya cukup menggerakkan jari di atas touch pad. Pada kebanyakan notebook, luas touch pad biasanya 20 cm2.





Touch Screen. Atau layar sentuh atau adalah layar tampilan computer yang sensitive terhadap sentuhan manusia, sehingga seseorang dapat berinteraksi dengan komputer dengan cara menyentuh gambar atau tulisan yang terpampang pada layar computer. Touch Screen sering dipakai pada kios informasi di tempat-tempat umum, misalnya di bandara dan rumah sakit, serta pada perangkat pelatihan berbasis komputer. Sistem touch screen tersedia dalam bentuk monitor yang sudah memiliki kemampuan layar sensitif sentuhan, dan ada juga kit touch screen lebih ekonomis yang dapat dipasang pada monitor yang sudah ada.





Touch screen. Layar sentuh (touch screen) adalah display yang mampu mendeteksi lokasi koordinat sentuhan. Ini memungkinkan touchscreen sekaligus menjadi input device, menggantikan keyboard atau mouse. Selain pada PC, touch screen juga digunakan pada beragam perangkat mobile, termasuk PDA dan smarphone. Beberapa varian lain yang mirip adalah memanfaatkan penggunaan stylus, untuk meningkatkan akurasi pendeteksian koordinat.





Transparency Tool. Tool / fasilitas khusus untuk memberikan efek transparan pada objek vektor maupun bitmap. Progresi transparansi objek dapat dilakukan secara halus dengan aplikasi radial, liner, dan sebagainya.


TRIM. TRIM command merupakan perintah yang memungkinkan sistem oeprasi untuk menginformasikan blok data yang dianggap tidak digunakan lagi dan dapat dihapus secara internal pada solid state drive (SSD). TRIM memungkinkan SSD untuk menangani overhead sekumpulan garbage yang nantinya secara signifikan dapat memperlambat kemampuan write pada blok yang telah teridentifikasi.


Triple-SLI. Konfigurasi ini mulai diperkenalkan pada chipset seri nForce 700 dan nForce 680i. Konfigurasi ini memungkinkan penggabungan tiga kartu grafis. Dalam prakteknya, konfigurasi ini memiliki banyak persyaratan, antara lain adalah keterbatasan pilihan VGA card yang memungkinkan konfigurasi 3 way SLI ini.


TruPic III+. Mesin pengolah gambar yang memiliki kemampuan untuk memproduksi peningkatan warna alami. TruPic mencakup beberapa teknologi, yaitu Advanced Proper Gamma III yang telah disempurnakan untuk control sinyal pencahayaan mandiri dan perbedaan sinyal chrominance. Advanced Detail Reproduction untuk mendeteksi arah tepid an menerapkan arah Low Pass Filter. Mesin itu juga memberikan peningkatan kecepatan sehingga dengan resolusi 10 MP dapat membuat irisan gambar 3fps. Trusted List. Daftar Website yang digolongkan ke dalam website-website terpercaya, yang tidak akan menimbulkan kerusakan atau menyebarkan virus dan malware ke dalam computer Anda. Tingkat keamanan browser mungkin akan menyebabkan Anda tidak dapat mengakses website spesifik yang penting, dan justru terus menerus memunculkan jendela prompt peringatan dari browser. Untuk mengakses website tersebut dengan mudah, Anda dapat menambahkan URL website ke dalam Trusted List ketimbang menurunkan level sekuriti Anda menjadi medium atau low. Ketika menggunakan level high security, Anda juga perlu menambahkan URL web application ke dalamnya. Twitter. Website layanan social negorking dan microblogging yang memberikan penggunanya fasilitas untuk mengirimkan update berupa teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, IM, e-mail, atau aplikasi seperti Twitterific dan Twttbin. Kesuksesan Twitter membuat banyak website lain meniru konsep ini. Saat ini paling tidak terdapat 111 website web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.

Huruf S


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda


Sasser. Salah satu jenis worm yang menginfeksi Microsoft Windows 2000 dan Windows XP. Dinamakan Sasser karena menyebar dengan memanfaatkan buffer overflow pada komponen yang dikenal dengan nama LSASS (Locak Security Authority Subsytem Service)). Worm ini menyebar denan menjelajahi sistem port jaringan. Sasser mudah menyebar tanpa campur tangan user, tetapi relative mudah pula untuk dihentikan dengan mengatur konfigurasi firewall atau mendownload patch pada fitur Windows Update. Worm ini pertama kali diidentifikasi pada April 2004 dan mempunyai beberapa varian yaitu Sasser.B, Sasser.C, dan Sasser.D.





SATA. Serial Advanced Technology Attachment adalah sebuah standar interface dan command set untuk transfer data antar device ke PC bus. Berbeda dengan IDE yang menggunakan signal parallel, SATA bekerja secara serial. Memungkinkan penggunaan kabel data yang lebih ringkas, jarak kabel yang lebih panjang, dan transfer speed yang lebih cepat. Yang sebelumnya telah digunakan memiliki transfer data rate 150 MB/s (SATA-150). Yang sekarang banyak digunakan adalah SATA-300 (SATA II), dan kelak bahkan SATA-600.


Sci-Fi. Singkatan dari Science Fiction, merupakan genre yang berpengaruh kuat karena khayalan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi, sering berhubungan dengan suasana di masa depan. Berbeda dengan fantasi, khayalan dan imajinasi dalam sci-fi masih mungkin diwujudkan oleh hukum-hukum ilmu pengetahuan yang ada walaupun beberapa elemennya masih sebatas spekulasi.


Screenshot. Disebut juga sebagai screen dump ataupun screen capture. Merupakan gambar yang diambil dari apa yang ditampilkan oleh monitor. Screenshot umumnya diambil sebagai image digital, menggunkaan program yang telah disediakan oleh desktop. Namun, bisa juga screenshot diambil dengan menggunakan device eksternal, seperti halnya kamera. Screenshot bisa berupa tangkapan satu layar penuh, window tertentu saja, atau bagian tertentu dari layar. Di Linux, kita bisa menggunakan program snapshot, gimp, imagemagick, xwd, dan lain sebagainya untuk mengambil screenshot.


Script. Serangkaian instruksi / perintah untuk melakukan sesuatu yang ditulis dengan kode-kode bahasa pemrograman. Script dapat langsung dijalankan tanpa harus di compile ke dalam object code.





SD Card. Secure Digital Card diperkenalkan pada tahun 2001 oleh SanDisk Corporation, Matshushita (Panasonic) dan Toshiba. Dikembangkan dari MMC sehingga memiliki banyak kesamaan. Dengan dimensi 32 x 24 x 2,1 mm (kurang lebih seukuran perangkato), berat seitar 2 gram.


SDL. Simple DirectMedia Layer adalah library pemrograman untuk membuat Software multimedia di berbagai sistem operasi. Dengan SDL, programmer dapat mengakses layar, suara, papan tik, joystick, hardware 3D, dan 2D framebuffer dengan cara yang sama di berbagai sistem oeprasi. Kelebihan dari SDL adlaah dapat diguankan dengan berbagai bahasa pemrograman.





SDHC. (Secure Digital High Capacity) card adalah salah satu jenis flash memory card, dengan kapasitas lebih besar dari 4 GB. SDHC card menjadi removable memory pada beragam perangkat, seperti kamera digital, camcorder, PDA, MP3 player, dan seterusnya. SDHC card hanya dapat difungsikan pada slot yang mendukung spesifikasi SDHC 2.0. Slot SD spesifikasi 1.0/1.1 tidak dapat mengakses SDHC card.


Self-hosted. Istilah yang merujuk pada penggunaan aplikasi web pada host. Dalam kasus WordPress, misalnya terdapat dua jenis penggunaan blogware ini; Developer hosted (untuk WordPress.com) dan self-hosted (untuk WordPress.org). Pada kasus kedua, self-hosted, Anda diizinkan untuk men-download script WordPress dan meng-install-nya di host sendiri.





SEM. Search Engine Marketing. Bentuk pemasaran Internet yang bertujuan untuk mempromosikan website mereka dengan meningkatkan visibilitas di SERP. Menurut Search Engine Marketing Professional Organization, metode SEM termasuk SEO, penempatan berbayar. Sumber lain, termasuk New York Times, mengartikan SEM sebagai praktek membeli daftar pencarian berbayar.





SEO. Search Engine Optimization. Seperangkat metode yang bertujuan untuk menaikkan peringkat website dalam SERP, dan dapat dianggap sebagai again dari SEM. Istilah SEO juga mengacu kapada “search engine optimizer”, sebuah industry konsultas yan menjalankan proyek optimasi mewakili situs client mereka.





Server Samba. Paket program yang berjalan pada system Linux yang mampu menerapkan protocol SMB (Server Message Block) pada platform Linux. Dalam windows, SMB berperan sebagai protocol yang digunakan untuk membagi data, baik dari perangkat CD-ROM harddisk maupun perangkat output seperti printer sehingga dapat diguankan bersama-sama. Server Samba mampu bertindak sebagai jembatan yang menghubungkan dua komputer yang menggunakan sistem operasi berbeda, misalnya Windows dan Linux.


Server side. Lawan dari client side atau browser side, server side berarti berjalan di server bukan di web browser atau client. Contoh server side adalah ketika request dating dari client, web server akan memerintahkan server scripting meng-generate HTML untuk dikirimkan kepada web browser client. PHP, ASP, CFML, JSP adalah contoh-contoh sever side.


setProperty ( ). Fungsi yang berguna untuk mengubah nilai property dari sebuah movieclip sat movieclip tersebut berjalan. Dengan format setProperty (a, b, c). Parameter a merupakan path ke instance name movieclip yang akan diset propertinya, parameter b menunjukkan property yang akan diset dari movieclip tersebut, dan parameter c akan menjadi nilai baru properti tersebut.





SHA. Secure Hash Alogrithm merupakan salah satu algoritma fungsi hash yang digunakan. SHA adalah fungsi hash satu arah yang dibuat oleh NIST dan digunakan bersama DSS (Digital Signature Standard). SHA didasarkan pada MD4 yang dibuat oleh Ronald L.Rivest. SHA disebut aman (secure) karena ia dirancang sedemikian rupa sehingga secara komputasi tidak munkin menemukan pesan yang berkorespondensi dengan message digest yang diberikan.





Shape Tool. Fasilitas untuk memanipulasi garis lengkung vector dengan memanfaatkan titik poros (nodes) pada objek vector.





Shell. Suatu perangkat yang memungkinkan user untuk berinteraksi dengan operating system. Shell menyediakan jalur akses layanan ke kernel. Shell pada operating system pada umumnya terbagi menjadi dua yaitu command line dan grafis, masing-masing menghasilkan CLI (Command Line Interface), dan GUI (Graphical User Interface).





Shortcut. Dalam system oeprasi Microsoft Windows, shortcut merujuk pada file yang berukuran kecil yang digunakan untuk membuka program atau file lain pada direktori tertentu. Alih-alih mencari dan menemukan file dalam Windows Explorer dengan menggunakan short cut, kita bisa membuka file tanpa perlu menemukan lokasi asli file tersebut. Shortcut sangat umum untuk ditempatkan pada desktop, taskbar, atau dalam menu utama


Shortcut. Sebuah link untuk apa pun yang dapat diakses pada komputer Anda atau dalam jaringan, seperti program, file, folder, disk drive, halaman website, printer atau komputer lain. Anda dapat meletakkan shortcut di mana saja, seperti pada desktop, atau dalam suatu folder.


Slideshow. Menampilkan serial gambar / materi yang telah dipilih. Umumnya, istilah slidesohow merujuk kepada presentasi yang ditampilkan dengan palikasi pengolah / penampil presentasi, seperti Microsfot PowerPoint ataupun OpenOffice.org impress. Desktopmodern seperti KDE juga menyediakan fasilitas mirip dengan slideshow untuk wallpaper, di mana serial gambar terpilih secara periodik akan berganti menghias layar. Slot Memory Card. Ruang yang digunakan untuk menempatkan memory card jenis tertentu. Hal ini biasanya digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan data. Pada ponsel ukuran slot yang disediakan lebih umum bertipe mini atua micro, misalnya microSD.





SMB. Server Message Block adalah istilah yang mengacu kepada protokol client / server yang ditujukan sebagai layanan untuk file sharing di dalam sebuah jaringan. Protokol ini seringnya digunakan di dalam Microsoft Windows dan IB OS/2. Sistem operasi berbasis UNIX juga dapat menggunakannya dengan tambahan perangkat lunak yang disebut dengan SAMBA. Protokol SMB ditemukan oleh Dr. Barry Feignbaum dari Laboratorium Boca Raton milik IBM. Protokol itu selanjutnya dikembangkan lebih lanjut oleh 3Com Corporation, IBM, Intel, dan Microsoft pada pertengahan decade 1980 hingga akhir decade tersebut. SMB awalnya menggunakan protocol NetBIOS over TCP/IP (NBT) sebagai protocol lapisan transport-nya. Dengan begitu, SMB juga dapat diguankan dalam sebuah jaringan TCP/IP yang lebih luas dukungannya.





SMIL. Synchonized Multimedia Integraton Language. Bahasa markup berbasis XML yang direkomendasikan E3C untuk menggambarkan presentasi multimedia. SML mendefinisikan antara lain: markup untuk timing, layout, animasi, transisi visual dan media embedding. SMIL mengizinkan presentasi item media seperti teks, image, video, dan audio sebagaimana link pada presentasi SMIL lainnya, dan file dari banyak web server.


SOI. Di dunia chip, Silicon On Insulator (SOI) adalah suatu teknik dalam pembuatan chip untuk mengurangi kapasitansi bocor pada komponen chip yang akan diguankan pada kecepatan tinggi dan daya kecil atau kebalikannya. Hal itu dilakukan dengan menempatkan satu layar Kristal silkon di atas sebuah layar insulator.


Solver. Diapaki untuk memecahkan masalah optimasi linier dan non linier. Solver bisa dipakai untuk memecahkan masalah dengan variable hingga 200, 100 constraint explicit, dan 400 simpel constraint. Misalnya, Solver bisa dipakai untuk memperkirakan kombinasi mobil yang bisa dibeli berdasarkan dana dan constraint yan gsudah ditentukan.


SQL. (Strutured Query Language) adalah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dlaam basis data relation. Bahasa ini secara de facto adalah bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua semua server basis data yang ada mendukung bahsa ini dalam manajamen datanya.





SQLite. Sebuah sistem atau engine database yang ccok untuk keperluan embedded applicaton. Sejauh ini, SQLite mempunyai kemampuan yang cukup cepat untuk database yang mempunyai table dengan kapasitas di bawah 3.000 baris. SQLite yang didesain untuk embedded application, tidak mengenal adanya RDBMS (Relational Database Management System). SQLite menulis dan membaca langsung dari file yang terdapat dalam disk (lebih mirip dengan Microsoft Access). Hal ini menghasilkan performa yang lebih irit memory pada saat database tidak digunakan.


SSL. Secur Socket Layer, merupakan cryptographic protocol yang menyediakan komunikasi data secara aman, terutama melalui Internet. Kali pertama dikembangkan oleh NetScape, protocol ini mengenkripsi data agar tidak mudah dibaca meskipun jalur data dapat disadap. Saat ini, pengguna SSL sudah cukup banyak, antara lain untuk mengirimkan data username dan password, serta account bank melalui HTTPS.





Stethoscope. Stethscope adalah salah satu peralatan medis yang berfungsi untuk mendengarkan suara dalam tubuh dari pasien, baik itu aliran darah maupun organ tubuh lainnya. Stethoscope fungsi utama memperbaiki akustik suara dari objek yang dituju sehignga dapat lebih jelas terdengar.





Streaming. Sebuah teknik untuk mentransfer data agar dapat diproses secara stabil dan berkelanjutan. Teknologi streaming memungkikan sebuah aplikasi dapat menjalankan data walaupun keseluruhan data belum terdownload. Contohnya adalah streaming audio dan streaming video.


Streaming. Teknologi yang mampu mengkompresi atau menyusutkan ukuran file audio dan video agar mudah di transfer melalui jarignan Internet. Pentransferan file audio dan video tersebut dilakukan secara “stream”, alias terus menerus. Dari sudut pandang prosesnya, streaming berarti sebuah teknologi pengiriman file dari server ke client melalui jarignan packed based semisal Internet. File tersebut berupa serangkaian paket time stamped yang disebut stream.





String. Kumpulan dari satu atau lebih elemen yang berjenis alphanumeric ataupun karakter ASCII. Dalam bahasa pemrograman, nilai dari variable string biasanya ditandai dengan awalan dan akhiran karakter tanda petik tunggal atau tanda petik ganda.





Sun Microsystems. Sebuah produsen semikonduktor dan perangkat lunak yan gbermarkas di Santa Clara, California, di SIlikon Valley. Pabrik Sun terletak di Hillsboro, Oregon, dan Linlithgo, Skotlandia. Pada tahun 2010, Sun Microsystems diakuisisi oleh Oracle Corporation sebesar US$ 7,4 miliar. Sejumlah aplikasi free dan open source popular yang dibuat oleh Sun Microsystems di antaranya Java, MySQL, dan NFS.


SWF. Format grafis vector yang dihasilkan oleh aplikasi Flash dari Adobe (dulunya Macromedia). SWF bisa berisi animasi atau applet interaktif. SWF juga biasa dipakai untuk menu pada DVD dan iklan. SWF merupakan kependekan dari Small Web Format atau Shockwave Flash. Saat ini SWF menjadi format yang dominan untuk menampilkan animasi vector grafis di web, melampaui format SVG yang dibuat oleh W3C.





Swing. Kumpulan komponen dalam JAVA yang digunakan untuk pemrograman GUI (Graphical User Interface). Berbagai macam komponen tersedia untuk berbagai fungsi, termasuk menampilkan gambar dan juga table. Salah satu keunggulan Sing adalah dapat diintegrasikan dengan IDE popular saat ini untuk membaut program dengan drag and drop.





Symbian. Sebuah operating system yang dibuat khusus untuk perangkat mobile yang terasosiasi dengan beberapa library, tampilan grafik, dan berbagai macam tool. Aplikasi ini diproduksi oleh Symbian Ltd. Symbian bukan OS ponsel yang gratis. Tapi biasanya sudah disertakan pada palet ponsel-ponsel merk tertentu. Pada perkembangannya, Symbian memfokuskan dirinya pada urusan koneksi tanpa kabel atau wireless.


System File Checker. Utilitas tambahan dari Microsoft Windows yang memungkinkan user dapat melakukan scan, dan memperbaiki kerusakan dalam file sistem Windows. Utilitas ini tersedia pada Windows 9 hingga Windows Vista. Pada Vista System File Checker terintegrasi dengan Windows Resource Protection yang melindungi key registry dan folder, seperti halnya file sistem yang kritikal. Pada sistem operasi ini pula, stc.exe dapat digunakan untuk mengecek folder path yang spesifik, termasuk folder Windows dan folder boot.

Huruf R


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda





RAID. Redundant Array of Inexpensive Disks (RAID) juga kadang disebut sebagai Redundant Array of Independent Disks. Sebutan kedua lebih sering digunakan di dunia komputer. RAID adalah teknologi yang memanfaatkan dua buah harddisk atau lebih untuk mendapatkan kinerja dan reabilitas yang lebih baik, dan/atau untuk mendapatkan kapasitas volume data yang lebih besar.





Range. Jarak antara nilai terendah dan tertinggi dalam sebuah deret atau sel dalam Excel. Range disebut juga sub group.


RAW. Format gambar RAW memiliki proses data yang minimal, yang didapatkan dari sensor gambar kamera digital atau scanner. Dinamakan RAW (mentah), karena format ini belum diproses, dan dapat langsung digunakan oleh editor gratis bitmap, dicetak, atau di display melalui web browser tertentu. Format RAW harus diproses dan dikonversi ke format RGB seperti TIFF atau JPEG, sbelum dapat dimanipulasi melalui computer. Hampir semua kamera digital dapat memproses gambar dari sensor ke format JPEG, menggunakan fitur while balance, saturasi warna, contrast dan sharpness, yang dapat dipilih secara otomatis atau manual oleh fotografer sebelum memotret. Kamera digital yang mendukung format RAW, menyimpan proses gambar di file, tapi menunda prosesing-nya. Hasil ini adalah suatu kelebihan untuk fotografer. Jadi format RAW biasa digunakan, jika proses melalui computer benar-benar diperlukan.





RDF. Resource Description Framework. Keluarga spesifikasi W3C yang didesain untuk merepresentasikan informasi tentang data melalui web, terutama untuk merepresentasikan metadata (dta tentang data) mengenai suatu dokumen web. Sebagai contoh, RDF dapat merepresentasikan file, author, modification data, copyright serta informasi mengenai license.





RealBasic. Code translator bahasa BASIC yang dpaat melakukan proses compile – link dengan menghasilkan runable code yang dapat berjalan di Windows, Linux, Mac OS. Diperkaya dengan banyak plugins yang disediakan, sangat memanjakan para developernya.





RealPlayer. Aplikasi bersifat cross platform buatan RealNetworks, yang dapat diguankan untuk memutar beragam format multimedia, seperti MP3, MPEG-4, QuickTime, Windows Media, dan beberapa versi eksklusift format Real Audio dan RealVideo format. Vers peratama dari RealPlayer diluncurkan pada April 1995. RealPlayer juga dikenal sebagai aplikasi yang digunakan untuk memutar file video streaming melalui Internet. Real Player juga merilis versi open source miliknya yang bernama Heli Player.





Rectangle Tool. Fasilitas / tools yang disediakan software Corel Draw untuk membuat objek persegi, kotak, bujur sangkar, dan sebagainya.





Reference Chard. Pada produk motherboard atau VGA card, isilah referensi atau reference card sering didengar. Adalah acuan produk yang dibuat oleh produsen chipset pada motherboard dan / atau graphic core pada video card. Referensi biasanya dibuat dalam bentuk fisik, menjadi sebuah produk jadi. Termasuk beberapa setting yang digunakan.





Registry. Fitur penting dari komputer yang berisi seluruh file system, dan susunan hierarki key berisi informasi mengenai cara kerja komputer. Windows menciptakan file-file baru, dan menyusunnya ketika Anda menginstal program baru, melakukan perubahan terhadap user profile, dan menambahkan hardware. Untuk melakukan perubahan terhadap sistem, Anda dapat melakuannyua dari dua cara, yaitu mellaui Graphic User Interface atau manual melalui registry. Dibutuhkan pemahaman terhadap registry untuk melakukan perubahan-perubahan tertentu. Sebaiknya, berjaga-jaga dengan melakukan backup terhadap key-key registry.


Registry. Database untuk menyimpan informasi tentang konfigurasi komputer. Registry berisi informasi yang dirujuk secara kontinyu oleh Windows selama beroperasi, seperti profil user, program yang diinstal berikut jenis dokumen yang dibuatnya, setting property untuk folder dan icon program, hardware yang terpasang, dan port-port yang digunakan. Registry diatur secara hierarkis, seperti pohon dan terdiri dari key berikut subkey, hive, value entry.


Release Candidate. Ketika software yang akan dirilis, biasanya developer membuat beberapa versi percobaan. Diawali dengan versi alpha yang belum stabil kemudian versi beta yang lebih stabil, tetapi masih perlu banyak feedback kemudian release candidate. Release candidate merupakanversi yagn hampir stabil untuk terakhir kalinya diujikan ke user sebelum dirilis secara resmi.





Remote Code Execution. Suatu teknik dalam hacking yang memungkinkan seorang mengeksekusi sembarang code di sebuah computer korban yang terbuka. Terbuka dikarenakan adanya celah di aplikasi, service, atau system operasi yang digunakan. Berikut ini celah atau kelemahan programming yang sangat umum terjadi antara lain: Buffer Overflow, Integer Overflow, Error Format String, SQL, injection, file Inclussion dan Cross Site Scripting (XSS).


Resolusi. Jumlah pixel per-unit dari ukuran linier pada sebuah video display, atau jumlah dot (titik) per inci dalam format cetak. Contoh: 12 pixel per millimeter berarti beresolusi 12. Resolusi vertical dan horizontal pada sebuah gambar biasanya sama. Sebuah gambar dengan resolusi 12 berarti mengandung 144 pisel. Semakin tinggi nilai resolusi, semakin tajam gambar yang dihasilkan. Restore Point. Merupakan representasi dari status file sistem komputer yang tersimpan di hard drive Anda. Restore Point tercipta dari penggunaan System Restore pada jarak-jarak tertentu, dan ketika System Restore mendeteksi perubahan penting pada komputer yang mempengaruhi file system seperti penginstalan program. Anda juga dapat menciptakan restore point secara manual, dan mengembalikannya seperti sebelum di restore.


Retouch. Proses yang dilakukan utnuk membuat foto digital menjadi lebih baik, misalnya dengan mengkalibrasi warna agar sesuai dengan warna asli objek, membuang noise, dan lain-lain. Retouch dilakukan untuk menghasilkan foto yang lebih baik.





RFID. Radio Frequency Identification. Teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk menidentifikasi manusia atau objek secara otomatis. Metode yang paling sering digunakan adalah untuk menyimpan serial number yang menunjukkan identitas seseorang atau benda, pada sebuah microchip yang disertakan pada antenna (chip dan antenna adalah RFID transporder atau sebuah tag RFID). Melalui antenna, chip mentransmisikan informasi identifikasi kepada reader. Kemudian reader mengubah pantula gelombang radio dari tag RFID kedalam informasi digital yang dapat dilewati pada komputer yang akan menggunakannya.





Ribbon. Widget GUI berupa lembaran yang melintasi windows dan menampilkan semua fungsi dari program dalam satu tempat saja. Ide utama di balik ribbon adalah meningkatkan kegunaan, dengan menggabungkan semua fungsi dan perintah dalams ebuah tempat yang mudah dikenal. Jadi pengguna tidak perlu mencari dalam menu yang bercabang-cabang, di dalam toolbar atau di dalam task pane untuk mencari perintah yang diinginkan.


Rich Text Box. Sama dengan TexBox, hanya saja Rich TextBox menyediakan fitur lebih dibandingkan dengan TextBox standar. RichTextBox mengijinkan format teks seperti memberi warna, menampilkan font tertentu dan lain-lain. Rich TextBox banyak dipakai karena banyaknya word processor yang mengijinkan menyimpan dalam format rich text format (RTF).





ROT13. Singkatan dari bahasa Inggris rotate by 13 atau putar pada ke-13. Algoritma enkripsi sederhana yang menggunakan sandi abjad tunggal dengan pergeseran k=13 (huruf A diganti dengan N, huruf B diganti dengan O, dan seterusnya). Enkripsi ini merupakan penggunaan sandi Caesar dengan geseran 13. ROT13 biasanya digunakan di forum Internet, agar spoiler, jawaban teka-teki, kata-kata kotor, dan semacamnya tidak terbaca dengan sekilas.


RPG. Singkatan dari Role Playing Game, merupakan genre dalam dunia game yang diasumsikan bahwa karakter utama yang ada pada game menjadi fokus utama dan bertanggung jawab dalam setiap alur cerita game. Karakter utama akan berperilaku serta memilih pilihan tertentu untuk menentukan kesuksesan atau kegagalan dalam aturan game tersebut.





RSS. Rich Site Summary (RSS 0.91), RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0), Really Simple Syndication (RSS 2.0.0) adalah keluarg format file XML untuk web syndication yang digunakan oleh website berita dan blog. RSS digunakan untuk menyediakan informasi singkat dari konten sebuah website atau blog beserta link yang erujuk kepada konten seutuhnya.


RSS. File berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan website berita dan weblog. Teknologi yang dibangun dengan RSS mengizinkan user untuk berlangganan website yang menyediakan feed RSS, biasanya website yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi RSS, Anda membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai inbox pribadi. Anda kemudian dapat mendaftar ke situs yang Anda ingin ketahui perubahannya. Untuk berlangganan RSS, tidak diperlukan biaya. Namun biasanya si pelanggan hanya mendapatkan satu bari atau pengantar isi website berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya. Ruby. Bahasa object oriented programming bersifat reflektif. Ia menggabungkan syntax yang terinspirasi oleh Perl dengan fitur-fitur object oriented serupa Smalltalk dan memiliki beberapa fitur yang sama dengan phyton, Lisp, Dylan, dan CLU. Ruby adalah bahasa yang diinterpretasi dalam single pass implementasi utamananya adalah sebagai software grafis yang didistribusikan dengan lisensi open source.