Skip to main content

Posts

Showing posts from February 20, 2011

GNU Images Manipulation “Portal”

GIMP User
Anda ingin memiliki aplikasi manipulasi gambar yang andal dan legal, namun tidak menyiksa dompet? Mengapa tidak mencoba GIMP? Anda yang sudah terbiasa dengan Photoshop hanya memerlukan sedikit adaptasi saat bekerja dengan aplikasi freeware yang kini tengah mempersiapkan dirinya untuk merilis versi 2.7.0 ini.

Bila sudah sreg dengan aplikasi raster image editor berlisensi GNU GPL ini, dan ingin berbagi dengan sesama pengguna, Anda bisa bergabung dengan websitegimpusers.com. Di sini, Anda bisa membaca berita terbaru seputar GIMP, menyaksikan video tutorial, berdiskusi di forum, dan fasilitas chat yang disediakan.

Website ini juga menyediakan link-link download yang berhubungan dengan GIMP, seperti dokumentasi resmi dan manual, plugin, aplikasi GIMP portabel yang bisa diinstal dan dijalankan dari USB flash disk, dan lain-lain. Selain itu, di sini Anda juga bisa membaca resensi buku-buku tentang GIMP.

- - - - - - - - -- - - - - - - - - -

GIMP. GNU Image Manipulation Program atau yang…

Dilengkapi e-label yang sekaligus menampilkan sisa kapasitas yang tersedia

Western Digital My Book Studio

Wester Digital My Book Elite adalah produk terbaru yang belum lama ini diperkenalkan oleh Wester Digital. Bentuk rancangan yang ditawarkan cukup unik, dengan bentuk yang mirip buku. Demikian juga dengan operasionalnya dalam posisi vertikal, membuatnya seperti susunan buku di rak dalam posisi vertikal. Berbeda dengan kebanyakan harddisk eksternal, Western Digital My Book Elite dilengkapi dengna fungsi e-label smart display.

Teknologi yang digunakan pada e-label adalah teknologi yang sama dengan yang digunakan pada e-paper sehingga tulisan yang terlihat pada e-label ini terlihat seperti tulisan pada tinta. Disertakan dengan software WD SmartWare untuk meng-customize informasi yang ditampilkan pada e-label ini. Dua bari informasi e-label dapat membantu memberikan informasi mengenai isi harddisk eksternal, dan sisa kapasitas Western Digital My Book Elite. Juga memungkinkan penggunanya dapat melakukan backup otomatis data ke Western Digital My Book Elite ini. B…

Menambahkan mark pada teks bersifat rahasia yang terdapat dalam dokumen MS Word

Word 2007 Redaction Tool 1.1
Informasi bersifat rahasia sudah seharusnya diproteksi, agar tidak diketahui oleh siapa pun. Namun hal tersebut menjadi kendala bila sebuah file dokumen yang ingin di sharing untuk umum, namun didalamnya masihmencantumkan informasi rahasia. Meskipun Anda dapat menghapusnya secara manual melalui fitur search yang tersedia pada aplikasi Microsoft Word, akan tetapi hal tesebut dapat memakan waktu cukup lama.

Menghadapi situasi ini, Anda dapat mempergunakan tool tambahan untuk Microsoft Word yang mampu menambahkan fungsi final dan mark pada informasi-informasi rahasi tersebut berupa spesfik teks. Mark tersebut menjadikan teks tertentu dihitamkan sehingga tak terbaca.

Anda pun pada akhirnya pengecekan dokumen akan diingatkan dn ditawarkan untuk menghapus informasi hidden metadata yang ada sebelum pendistribusian dokumen. Aplikasi ini membutukan .Net Framework 3.5 Service Pack 1.

Harga: Gratis
Ukuran File: 6,01MB
Download: redaction.codeplex.com

Satu Dekade Blogger di dunia Internasional

Di halaman indeks Blogger, pada bagian footer tertera @1999 – 2009 Google. Ya, meski layanan ini baru dikenal banyak orang pada pertengahan tahun 2000-an, Blogger sebenarnya sudah berusia satu dekade. Sepuluh tahun adalah usia yang cukup matang bagi sebuah layanan di Internet.

Di usianya yang ke-10 ini, Blogger telah menjaring lebih dari 300 juta pembaca aktif, dan menampung miliaran kata yang setara dengan 3,2 juta novel. Setiap menit, 207 ribu kata bertambah di sini atau sekitar 388 juta kata per hari. Angka yang fantastis bila ditinjau dari kuantitas.

Blogger memulai debutnya pada tahun 1999 di San Francisco, tepat di tengah-tengah booming bisnis dotcom. Ev Williams, salah seorang pendirinya, juga ikut membidani layanan micro-blogging yang tengah naik daun, Twitter. Pada 2003, Google mengakusisi Blogger dari Pyra Labs.

Info: news.bbc.co.uk

Blu-ray disc dengan kapasitas 320 GB menggunakan 10 layer

TDK 320GB Blu-ray Disc

Dua tahun yang lalu, TDK memperkenalkan Blu-ray disc yang mampu menampung data dengan kapasitas hingga 200 GB. Belum lama ini, TDK kembali memperkenalkan media keping yang mampu menampung kapasitas data hingga 320 GB.

Kapasitas 320 GB ini dimungkinkan dengan menggunakan 10 layer, dengan kapasitas masing-masing layer 322 GB. Untuk mengatasi hal tersebut, TDK menyiasati dengan menggunakan lapisan layer yang berbeda. Pada layer 0, digunakan silicum-copper alloy, sedangkan untuk layer 1 hingga layer 9 menggunakan materail bismut dan germaniumoxide. Ini memungkinkan sinar laser yang digunakan dapat mengakses seluruh layer.

Untuk melakukan proses read, pada TDK 320 GB Blu-ray disc ini menggunakan blue laser of 0,85 (NA). Hal ini bisa dilakukan dengan kebanyakan Blu-ray player ataupun optical disc drive yang sekarang ada. Sedangkan untuk proses write, diperlukan sinar laser dengan kapasitas 13mW hingga 28 mW untuk dapat melakukan proses write di seluruh layer. Hal ini bel…

Blog tentang Wanita di dunia Militer

Military Woman

Tema yang unik pasti menarik. Itulah yang dibidik oleh blog photoblog Military Woman, yang menampilkan kumpulan foto perempuand alam balutan seragam militer dari seluruh dunia. Perempuan identik dengan kelembuatan yang berbanding terbalik dengan dunia militer yang keras dan disiplin.

Di sanalah letak keunikan tema blog ini. Belum lagi dari sudut jumlah, perempuan yang berkecimpung dalam dunia militer tentu lebih sedikit dibandingkan laki-laki. Blog ini cukup luwes dalam mencari foto-foto perempuan berseragam tentara atau yang mirip tentara.

Di sini, Anda tidak hanya disuguhkan foto-foto perempuan militer sesungguhnya, melainkan juga model yang mengenakan seragam militer atau yang mirip militer. Bukankah di Indonesia banyak organisasi yang memiliki seragam dan atribut yang mirip militer? Anda punya fotonya? Ayo, kirim ke blog ini.

Aplikasi untuk meng-Konversi file video ke file exe

MakeInstant Player 1.35
Jenis file yang paling mudah dijalankan dan dibaca pada sistem operasi Windows adalah file.exe. Jenis file ini banyak dimanfaatkan untuk instalasi, uninstall ataupun menjalankan aplikasi, termasuk didalamnya aplikasi portable.

Kemudahan penggunaan aplikasi portabel berupa file exe semakin diminati, bahkan kini telah merambah pada file-file lain yang ikut serta dapat dikonversi menjadi file exe untuk kemudahan pembacaan file, misalnya video.

Dengan adanya perubahan ini, menjadikan file movie dapat ditampilkan atau ditonton secara langsung tanpa perlu aplikasi tambahan lain sebagai player-nya. Tentunya kemudahan ini akan menamba marak aktivitas sharing video di antara komunikasi user. Anda dapat menambahkan splash screen ataupun url homepage pada favoi video Anda tersebut.

Harga: Gratis
Ukuran File: 6,05 MB
Download: mulder.dummwideutsch.de atau softpedia.com

Pembelaan pemerintah atas sensor Internet

Malaysia
Kementerian komunikasi dan kebudayaan Malaysia membela Malaysian Communications and multimedia Commission (MCMC) atas tuduhan dari beberapa kelompok yang menganggap MCMC menggunakan kekuasaannya untuk mengendalikan media. MCMC adalah pihak regulator teknologi informasi dan komunikasi di Malaysia.

Menurut pihak kementerian, MCMC selalu bertindak transparan, adil, dan berimbang. Yang dibuktikan dengan tidak adanya pelarangan berinternet, kecuali untuk website yang berisi pornografi, ancaman terhadap keamanan Negara, dan penipuan.

Sedangkan untuk website-website yang diblokir, pihak kementerian membantahnya dengan menyatakan hal itu hanya kesalahan teknis saja. Pengelola website yang diblokir juga diperingatkan agar tidak menampilkan berita yang tidak sesuai denan kenyataan, dan bisa mempengaruhi public.

Diduga http://www.malaysia-today.net/ dan http://www.malaysiakini.com/ menjadi dua website teranyar yang kena kebijakan MCMC.

Info: zdnetasia.com

Portal informasi selular dan internet

Selular & Internet
Operator selular mana yang menawarkan tariff paling rendah? Apa paket Internet terbaru yang dijajakan oleh operator, dan berapa tarifnya? Mana yang lebih baik di lokasi Anda, UMTS atau EVDO? Sudahkan jaringan HSDPA, HSUPA, dan EVDO meng-cover kota Anda?

Persaingan antara selular semakin memanas akhir-akhir ini. Selain pemangkasan tarif, bundling Internet menjadi senjata andalan mereka dalam menggaet calon pelanggan. Selalu saja ada maneuver baru yang dilakukan oleh operator. Ingin tahu apa saja keuntungan yang ditawarkan oleh mereka?

Anda tidak perlu lagi mendatangi website setiap operator, tapi cukup menyimak semua perkembangan baru dari mereka di blogInfo seluler dan internet. Beberapa perkembangan teranyar bahkan bisa Anda dapatkan terlebih dahulu dari blog ini ketimbang website resmi operator.


- - - - - - - - - - - - - - - - - UMTS. Unviersal Mobile Telcommunications System. Di Indonesia lebih dikenal dengan nama 3G. Teknologi kounikasi mobile generasi ke-3, yan…

Open Source menyelematkan persediaan listrik

Australia

Sebuah virus menginfeksi jaringan integral Energy, dan berhasil menyebar ke komputer operator di dalam ruang kendali. Namun dengan sigap, para teknisi di sana mengganti komputer-komputer berbasis Windows yang terinfeksi, dengan komputer yang berbasis Linux. Penyebaran virus pun berhasil dicegah, dan sekali lagi open source menunjukkan kelebihannya.
Cerita tadi bukanlah sebuah dongeng open source belaka, melainkan kejadian nyata yang terjadi di Australia. Integral Energy adalah perusahaan penyedia listrik kedua terbesar di Australia. Kekhawatiran akan serangan virus, hacker, ataupun teroris cyber dari Negara lain yang menyerang objek vital, sudah menjadi perhatian beberapa pihak di pemerintahan Australia. Bahkan mereka juga khawatir akan penggunaan windows di infrastruktur yang sifat kritikal.

Dalam kasus Integral Energy ini, ternyata banyak sekali komputer berbasis Windows di dalam jaringan Integral Energy yang sudah terinfeksi virus, dan harus dibangun ulang.

Info: theinquirer…