Add this

19 April 2012

Belajar menjadi anggota NSA (National Security Agency) dengan kriptografi

Mathematics dan Cryptography
Tahukah anda sebagian besar anggota NSA, badan keamanan AS adalah matematikawan? Dan tahukah Anda apa yang menjadi kajian utama di lembaga bentukan mantan presiden AS Harry S. Truman ini? Jawabannya adalah kriptografi alias persandian.

Berbicara tentang kriptografi tidak bisa dilepaskan dari matematika. Kriptografi modern sendiri merupakan kesatuan yagn tak terpisahkan dari disiplin matematika, ilmu komputer, dan rekayasa (engineering). Tertarik untuk menelaah masalah matematika dan kriptografi ini?

Arahkan saja web browser Anda ke blog zakimah, yang didedikasikan untuk membahas matematika dalam ranah kriptografi. Selain membaca posting seputar kriptografi, di sini Anda juga bisa mendapatkan link download materi perkuliahan matematika, dan tentu saja kriptografi.

- - - - - - - - - - - - - - - - -

Kriptografi. Ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi, seperti kerahasiaan, keabsahan, integritas, serta autentifikasi data. Meski demikian, tidak semua aspek keamanan informasi ditangani oleh kriptografi. Ada empat tujuan mendasar kriptografi yang merupakan aspek keamanan informasi, yaitu kerahasiaan, integritas data, autentifikasi, dan non repudiasi.

Web browser. Software yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang telah disediakan oleh web server. Web browser terpopuler saat ini adalah Mozilla Firefox, yang disusul oleh Microsoft Internet Explorer. Webbrowser adalah jenis

Web Server. Software server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser, dan mengirimkan kemabali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Web server yang terkenal di antaranya adalah Apache dan IIS. Apache merupakan web server antar platform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistem operasi Windows. Web server juga dapat berarti komputer yang berfungsi seperti definisi di atas.

IIS. Internet Information Services atau Internet Information Server. HTTP web server yang igunakan dalam sistem operasi server Windows, mulai dari Windows NT 4.0 Server, Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Layanan ini merupakan layanan terinterasi dalam Windows 2000 Server, Windows Server 2003 atau sebagai add-on dalam Windows NT 4.0. Layanan ini berfungsi sebagai pendukung protocol TCP/IP yang berjalan dalam application layer.

Apache. Web server yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows, dan Novell Netware, serta platform lainnya). Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigurasi, autentifikasi berbasis data, dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah interface berbasis grafis (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.


No comments:

Post a Comment