Add this

11 July 2011

Mobil Pintar tanpa pengemudi yang Berbasis Ubuntu

Barniege Mellon



Jangan heran jika kini ada mobil yang bisa berjalan tanpa ada orang didalamnya. Mobil Carnigie Mellon merupakansebuah mobil otomatis tanpa pengemudi, yang didalamnya terdapat sistem operasi Ubuntu. McCabe Software Inc, lewat McCabe University Program, menyediakan tim dari Carniege Mellon dengan perlengkapan software manajemen kualitas, McCabeIQ. Tartan Racing, tim Barniege Mellon memenangkan 2007 DARPA (Defende Advance Research Project Agency) Urban Challenge, sebuah pertandingan rally untuk mobil otomatis.



Dalam Urban Challenge, setiap kendaraan harus bernavigasi, berhenti, dan membuat cara tersendiri untuk melewati perjalanan sub urban tersebut sejauh kurang lebih 60 mil (100 km). Mereka harus berjalan tanpa arahan dari manusia, dan hanya bertumpupada sensor dan komputer. Mobil juga harus menurut pada rambu lalu lintas dan menghindar dari rintangan. Pada tahun 2007, hadiah tamanya adalah $2 juta, dan hadiah kedua serta ketiga berturut-turut $1 juta dan $500.000



Chevy Tahoe, yang disebut Boss, merupakan sebuah karya yang menarik. Didalamnya mengandung 10 komputer dengan selusin Intel core 2,dan 200.000 deretan software. Dikarenakan kerumitan bawaan software, Tartan Racing Team memilih McCabe IQ untuk menganalisis kode berbasis C++. Tim kemudian hadir dengan Michael Clark dari Tartan Racing, dan carniege Mellon’s Robotic Institute. McCabe dihubungkan dengan McCabe IQ di dalam Ubuntu 6.06 dalam hanya beberapa hari.



Jika dengan menggunakan Ubuntu 6.06 kemudian berhasil, mungkin tahun ini tim akan memakai Ubuntu 8.04 yang akan diluncurkan pada bulan April. Mungkin mereka akan menang lagi di DARPA Urban Challenge.



Info: theautochannel.com



- - - - - - - - - -- - - - - - -- - - - -- - - -




Ubuntu. Ubuntu merupakan distribusi Linux berorientasi desktop berdasar pada Debian GNU/Linux. Ubuntu bertujuan untuk digunakan sebagai free software untuk menyediakan sistem oeprasi yang stabil dan up to date. Ada juga rilis Long Term Support (LTS) yang memiliki 3 tahun dukungan untuk desktop, dan 5 tahun untuk versi server. Ubuntu 6.0.6 dengan code name Dapper Drake merupakan rilis LTS yang diluncurkan pada tanggal 1 Juni 2006. Ubuntu meliris versi baru setiap enam bulan sekali, dan mendukung rilis tersebut selama 18 bulan.



No comments:

Post a Comment