Add this

01 August 2011

Kamus online yang Mendukung beberapa bahasa asing

Kamus Online

Begitu membuka website ini, saya yakin bahwa di benak Anda terbersit search engine ternama, yakni Google. Anda tidak salah, tampilan website Kamus Online ITB ini memang mirip dengan Google. Simplifikasi tampilan website yang mengedepankan layanan memang menjadi tren akhir-akhir ini.

Tampilan yang sederhana berdampak pada peningkatan, kecepatan membuka halaman website. Soalnya, teks dan gambar yang di-load ke dalam webs browser memang tidak banyak. Hal ini pulalah yan menjadi salah satu kelebihan website kamus.itb.ac.id.

Kelebihan lainnya adalah ketersediaan bebarapa kamus bahasa. Selain kamus Indonesia – Inggris dan sebaliknya, terdapat pula kamus Indonesia-Jerman, Italia, dan Perancis. Sayangnya, hasil pencarian ditampilan sebagai teks statis yang tidak memiliki link seperti kebanyakan website kamus buatan orang asing.

Kekurangan lainnya yang mungkin Anda rasakan adalah ketidakmampuan menerjemahkan satu kata ke dalam beberapa bahasa asing secara simultan, dan hasil pencarian tidak disimpan sebagai history, seperti kebanyakan website kamus yang sudah memanfaatkan Ajax.

Di luar kelebihan yang telah ada serta kekurangannya, website ini diharapkan dapat menjadi one stop dictionary untuk bahasa Indonesia. Selain kamus untuk keempat bahasa Eropa yang sudah ada, ke depannya, website ini akan menambahkan kamus Indoensia – jawa, dan Sunda. Kita tunggu saja, ya!

- - - - - - - - - - - - - - -- - - - - -

Ajax. Asyncronous JavaScript dan XML. Teknik pengembangan web untuk menciptakan aplikasi web interaktif. Tujuannya adlaah membuat halaman web terasa lebih responsif melalui pertukaran sejumlah kecil data dengan server di belakang layar sehingga seluruh halaman web tidak perlu di reload setiap kali pengguna membuat perubahan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan interaktivitas, kecepatan dan kegunaan halaman web.


No comments:

Post a Comment