Add this

31 December 2009

Minyak Kayu Putih untuk mengobati BlackBerry yang Macet

Cukup oleskan ketika masuk angin


Malolo Island in Fiji


Pengguna BlackBerry pasti kesal dengan ketidaktangguhan peranti ini. Meskipun punya banyak fitur hebat, BlackBerry punya penyakit langganan, yakni scroller yang macet bila penggunanya adalah maniak BlackBerry. Macetnya scroller ini biasanya karena banyaknya debu atau "daki" yang masuk dan menempel di dalam peranti ini. Akibatnya, scroler sering ngadat bila digerakkan. Maunya menggerakkan kursor ke kiri, malah lari ke bawah.

Bawa saja ke tempat servis? Itu malah merepotkan. Pertama, saat ini Research In Motions belum mendirikan service center resmi. Yang ada cuma tukang servis ponsel di Mal Ambasador atau Roxy. Lagipula biayanya tak murah. Mengganti bola scroller ini biayanya Rp 250 ribu.

Ada cara yang lebih murah. Yakni menggunakan minyak kayu putih atau alkohol. Ini bukan karena BlackBerry masuk angin. Minyak atau alkohol bisa menggerus debu yang menempel di alas scroller. Caranya, cukup oleskan minyak kayu putih pada cotton bud. Lalu oleskan ke bola scroller. Putar-putar sampai bersih. "Cara ini kelihatannya tak masuk akal, tapi cespleng. Banyak pengguna BlackBerry yang melakukannya," kata Akmal, pemakai BlackBerry Curve.

Menurut Priyambodo, pengguna BlackBerry jenis Huron, penggunaan alkohol 70 persen lebih efektif ketimbang minyak kayu putih. Berdasarkan pengalamannya, alkohol membuat scroller lebih bersih dan berputar lebih mulus.

No comments:

Post a Comment