22 February 2010

Tutorial dasar Windows XP, e-mail, dan Internet untuk pemula

Dibutuhkan oleh pengguna pemula
.


Meski dihajar di sana-sini, Microsoft Windows tetap menjadi operating system (OS) yang paling banyak digunakan sampai saat ini. Beberapa survei yang dilakukan oleh lembaga yang berbeda menunjukkan bahwa windows masih bercokol di posisi satu dengan perolehan persentase rata-rata di atas 90%.

Namun ada satu hal yang unik, meski Microsoft telah dua kali merilis OS anyar (Windows Vista dan 7), namun tetap saja mayoritas pengguna bertahan dengan Windows XP yang telah berusia delapan tahun. Dari semua OS Microsoft, Windows XP menduduki posisi teratas dengan torehan persentase di atas 60%.

Melihat Marketshare OS di atas, wajar bila website-website yang menawarkan tutorial Windows XP masih menjadi primadona. Salah satunya adalah website Basics 4 Beginners. Sesuai dengan namanya, website ini menawarkan tutorial Windows XP, e-mail, dan Internet untuk pengguna pemula.

Tutorial yang disajikan di sini meliputi keahlian dasar menggunakan Windows XP (Basic Windows XP Skills), Keahlian mengubah sesuai dengan Windows XP (Windows XP Customizations), file dan manajemennya (Files and File Management), web browser, dan berselancar di dunia maya (Internet Browsers and Surfing the Web), keahlian dasar menggunakan e-mail (Basic Email Skills), serta bekerja dengan word processor (Working with Text).

Topik-topik di atas sangat dibutuhkan pengguna pemula. Oh ya, semua tutorial dikemas dalam format video. Anda bisa men-download video tersebut atau langsung menyetelnya secara streaming. Tentunya untuk pilihan terakhir, Anda harus mempersiapkan bandwidth yang besar dan stabil.


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


Bandwidth. Istilah yang menunjukkan kapasitas media dalam membawa informasi. Bandwidth dapat digunakan dapat digunakan dalam banyak hal, misalnya telepon, jaringan, kabel, bus, sinyal frekuensi radio, dan monitor. Bandwidth diukur dengan putaran per detk (cycles per second) atau hertz (Hz), yaitu perbedaan antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat ditransmisikan. Tetapi juga sering digunakan ukuran bit per second (bps)

Bit. Sebutan ringkas untuk binary digit atau dalam bahasa Indonesia disebut angka biner. Bit merupakan unit terkecil dari sebuah data di komputer. Satu bit terdiri dari satu angka biner 0 atau 1. Walaupun komputer dapat menjalankan dan memanipulasi bit, tetapi saat ini komputer dirancang untuk menangani dan menyimpan sekumpulan bit yang dinamakan byte. Dalam sebagian besar sistem komputer, 1 byte terdiri dari 8 bit.

Hertz. Disimbolkan dengan Hz. Unit SI untuk frekuensi. Kata hertz dipilih untuk menghargai jasa Heinrich Rudolf Hertz atas kontribusinya dalam bidang elektromagnetisme. 1 Hertz pada dasarnya berarti 1 gelombang per detik. Unit ini dapat digunakan untuk mengukur apa saja yang periodik. Contoh: gerak jam adalah 1 Hz.

SI. Sistem Internasional Satuan (nama aslinya dalam bahasa Prancis: Systeme International d”Unites atau disingkat SI). Sistem satuan atau besaran yang paling umum digunakan. Pada awalnya merupakan MKS, yakni panjang (meter), massa (kilogram), dan waktu (detik/sekon). Sistem SI secara resmi digunakan di semua negara di dunia, kecuali Amerika Serikat (yang mnggunakan Sistem Imperal), Liberia, dan Myanmar. Dalam sistem SI terdapat 7 satuan dasar SI dan 2 satuan tanpa dimensi.

Streaming. Teknologi yang mampu mengkompresi atau menyusutkan ukuran file audio dan video agar mudah ditransfer melalui jaringan Internet. Pentransferan file audio dan video tersebut dilakukan secara “stream”, alias terus menerus. Dari sudut pandang prosesnya, streaming berarti sebuah teknologi pengiriman file dari web server ke client melalui jaringan packet based semisal Internet. File tersebut berupa serangkaian paket time stamped yang disebut stream.
Bagi Sahabat
Bagi SAHABAT Updated at: February 22, 2010

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Labels

A (1) AlertPay (2) Analisa (1) Anti virus (4) B (1) Bahasa Komputer (23) Belajar dan Bahasa (47) Bengkel dan Kendaraan (1) Berita dan Informasi (266) Biologi (6) Bioskop dan Video (63) Blog (151) Browser (3) Budaya dan Bahasa (15) Buku Majalah dan tulisan (40) C (2) Catur (1) D (2) Desain dan Furniture (95) DNS (2) Dongeng dan Cerita (1) Dunia Busana dan Mode (4) E (2) E-commerce (4) E-mail (10) Ekonomi dan perdagangan (58) Eksakta (7) F (1) Facebook (10) Flora dan Fauna (6) Foto dan Design (99) G (1) gad (1) Gadget (257) Game (73) Generator (23) H (1) Hand Phone (14) Hardware (6) Hobi dan koleksi (8) Hosting dan Domain (7) Hubungan dan komunikasi (129) Hukum dan Perundang-undangan (12) Humor (4) Huruf dan Template (4) i (1) Indonesia - Pengetahuan Alam - Geografi (35) Industri (1) Interior Desain Komputer (27) Internasional (1) J (1) Jaringan (7) Jejaring Sosial (9) K (1) Kamera (35) Keamanan (7) Kedokteran (25) Keyboard (1) Kimia (7) Kisah (10) Komik dan Animasi (12) Komputer dan Perangkatnya (109) Koneksi (7) Konfrensi (1) Konversi (1) Koran (1) Kreatifitas (3) Kumpulan (19) L (1) Lembar (234) Libery Reserve (1) Liburan dan Pariwisata (7) Lingkungan hidup (2) Linux (2) Logo (7) Lowongan Kerja (8) M (1) Matematika (17) Media Penyimpanan (14) Meja (4) Membaca dan Menulis (40) Mencari uang di Internet (25) Microsoft-Google-Yahoo (57) Militer (1) Miniatur (2) Monitoring (9) Motherboard (1) Mozilla Firefox (1) Multimedia (33) Musik dan Lagu (57) N (1) Note Book (48) O (1) Olahraga dan Kesehatan (53) P (1) Page Rank (1) PDF (3) Pemimpin (1) Pendidikan dan Pengetahuan (105) Perangkat Lunak (442) Perbaikan komputer (48) Pertanian dan Perkebunan (2) Peternakan dan Perikanan (6) Ping (1) Playstore (1) Politik dan Pemerintahan (10) Print (2) Produk (62) Produk Internet dan Tekhnologi (40) Prosesor (3) Psikologi (6) Q (1) R (1) Rak Buku (51) Religi (7) Remaja dan Pergaulan (11) Resep dan Masakan (1) Rumah dan Keluarga (64) S (1) Scanner (1) Search Engine (19) Sejarah (40) Seni dan Kerajinan (18) Seni Melipat Kertas (4) Sepeda (8) Service (1) Sharing (3) Situs Komputer dan Tekhnologi (27) Situs Menarik (66) Situs Populer dan Aplikasinya (26) SMS (5) Sofa (19) Sony (2) T (1) Telepon Genggam (18) Tempat duduk (14) Tips dan Tricks (138) Trans 7 (1) Tutorial (66) U (1) Ucapan Selamat (1) Unik (19) USB Drive (7) V (1) W (2) Wanita dan Peranannya (8) Website (1) Windows (27) X (1) Z (1)