Add this

20 February 2011

Portal informasi selular dan internet

Selular & Internet

Operator selular mana yang menawarkan tariff paling rendah? Apa paket Internet terbaru yang dijajakan oleh operator, dan berapa tarifnya? Mana yang lebih baik di lokasi Anda, UMTS atau EVDO? Sudahkan jaringan HSDPA, HSUPA, dan EVDO meng-cover kota Anda?

Persaingan antara selular semakin memanas akhir-akhir ini. Selain pemangkasan tarif, bundling Internet menjadi senjata andalan mereka dalam menggaet calon pelanggan. Selalu saja ada maneuver baru yang dilakukan oleh operator. Ingin tahu apa saja keuntungan yang ditawarkan oleh mereka?

Anda tidak perlu lagi mendatangi website setiap operator, tapi cukup menyimak semua perkembangan baru dari mereka di blog Info seluler dan internet. Beberapa perkembangan teranyar bahkan bisa Anda dapatkan terlebih dahulu dari blog ini ketimbang website resmi operator.



- - - - - - - - - - - - - - - - -
UMTS. Unviersal Mobile Telcommunications System. Di Indonesia lebih dikenal dengan nama 3G. Teknologi kounikasi mobile generasi ke-3, yang kini tengah dikembangkan untuk generasi ke-4. Bentuk UMTS yang paling banyak digunakan adalah W-CDMA. Berbeda dengan EDGE dan CDMA2000, UMTS mesyaratkan tower selular baru serta alokasi frekuensi yang juga baru.

EVDO. Evolution-Data Optimized atau Evolution-Data only. Standar telekomunikasi unuk transmisi data wireless menggunakan sinyal radio, khususnya untuk akses Internet berkecepatan tinggi. EVDO telah distandarisasikan oleh 3rd Generation Partnership Project 2 (3GPP2) sebagai bagiand ari keluarga CDMA2000, dan telah diadopsi oleh banyak operator selular, khususnya CDMA, di seluruh dunia.

HSDPA. High Speed Downlink Packet Access. Peningkatan dari protocol omunikasi mobile generasi ke-3 atau 3G, yang dikenal dengna sebuatan 3.5G, 3G+, atau turbo 3G. HSDPA memungkinkan jaringan berbasis UMTS untuk meningkatakan kecepatan dan kapasitas transfer data. HDSPA terkini telah mendukung kecepatan downlink 1.8, 3.6, 72, dan 14.0 Mbps.

HSUPA. High Speed Uplink Packet Access. Protokol telepon mobile 3G dalam keluarga HSPA dengan kecepatan uplink 5,76 Mps. Nama HSUPA diciptakan oleh Nokia 3GPP tidak mendukung penggunaan nama HSUPA, sebagai gantinya menggunakan nama Enhanced Uplink (EUL).

EDGE. Enhanced Data rates for GSM Evolution. Peningkatan kecepatan transmisi data unuk standar GSM. EDGE dapat mengangkat bandwidth hingga 236,8 bps untuk 4 timeslot, atau secara teori 473,6 Kbps untuk 8 timeslot. Edge memenuhi persyaratan dari ITU untuk jaringan 3G.

ITU. International Telecommunication Union. Organisasi internasional yang didirikan untuk membakukan dan meregulasi radio internasional dan telekomunikasi. ITU didirikan sebagai International Telegraph Union, di Paris, pada tanggal 17 Mei 1865. Tujuan utamanya meliputi standarisasi, pengalokasian spektrum radio, dan mengorganisasikan perjanjian rangkaian itnerkoneksi antara Negara-negara berbeda untuk memungkinkan panggilan telepon internasional.

No comments:

Post a Comment