Add this

26 February 2011

GNU Images Manipulation “Portal”

GIMP User

Anda ingin memiliki aplikasi manipulasi gambar yang andal dan legal, namun tidak menyiksa dompet? Mengapa tidak mencoba GIMP? Anda yang sudah terbiasa dengan Photoshop hanya memerlukan sedikit adaptasi saat bekerja dengan aplikasi freeware yang kini tengah mempersiapkan dirinya untuk merilis versi 2.7.0 ini.

Bila sudah sreg dengan aplikasi raster image editor berlisensi GNU GPL ini, dan ingin berbagi dengan sesama pengguna, Anda bisa bergabung dengan website gimpusers.com. Di sini, Anda bisa membaca berita terbaru seputar GIMP, menyaksikan video tutorial, berdiskusi di forum, dan fasilitas chat yang disediakan.

Website ini juga menyediakan link-link download yang berhubungan dengan GIMP, seperti dokumentasi resmi dan manual, plugin, aplikasi GIMP portabel yang bisa diinstal dan dijalankan dari USB flash disk, dan lain-lain. Selain itu, di sini Anda juga bisa membaca resensi buku-buku tentang GIMP.

- - - - - - - - -- - - - - - - - - -


GIMP. GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk memanipulasi grafik berbasis raster. GIMP berjalan pada desktop GNOME dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License. GIMP pada awalnya dikembangkan untuk desktop X11 yang berjalan di platform Unix. Namun, saat ini piranti lunak ini sudah diporting ke beberapa platform sistem operasi yang lain yaitu MS Windows dan Mac OS.

Raster. Disebut juga bitmap. Berbeda dengan vektor, gambar pada raster tersusun dari jajaran (array) titik-titik berwarna (pixel) yang membentuk baris dan kolom. Satu titik yang direpresentasikan oleh satu atau lebih bit data. Makin banyak bit yang digunakan untuk merepresentasikan satu titik, makin banyak warna dan bayangan abu-abu yang bisa digambarkan. Bitmap biasanya digunakan untuk merepresentasikan gambar fotografi.

GNU GPL. GNU General Public License. Lisensi free software yang aslinya ditulis oleh Richard Stallman untuk proyek GNU. GNU GPL memperikan hak kepada seseorang untuk menggunakan, memodifikasi, dan mendistribusikan kembali sebuah software. GNU GPL juga menerapkan copyleft untuk memastikan kebebasan yang sama berlaku pada versi berikutnya dari software tersebut.

Plugin. Sebuah program, biasanya berukuran kecil, dibuat untuk diintegrasikan pada aplikasi induk. Fungsi plugin adalah membuat fungsi tambahan yang tidak terdapat pada aplikasi. Contohnya plugin language pack pada WInamp, yaitu untuk mengubah bahasa text yang ada pada Winamp.

No comments:

Post a Comment