02 November 2009

Komponen Utama di Notebook yang wajib diperhatikan

Pembahasan yang sesederhana mungkin


Sailing an Outrigger Canoe


Seiring berjalannya teknologi, sudah mulai banyak komponen untuk notebook yang ukurannya semakin kecil dan semakin hemat daya. Jadi selain bisa membuatnya menjadi lebih portable, suara yang dihasilkan bisa semakin sunyi dan panasnya semakin berkurang.

Berikut ini adalah komponen yang wajib diperhatikan. Jika Anda tidak mengerti tentang teknik komputer, jangan khawatir, Saya mencoba menyajikannya dalam bahasan sesederhana mungkin.



Processor

Processor adalah otaku tama sebuah komputer. Di situlah semua kalkulasi yang dilakukan oleh komputer terjadi. Oleh karena itu, processor menjadi komponen paling utama yang wajib diperhatikan. Processor diukur dalam GHz, misalnya 1,8 GHz. Angka tersebut menentukan berapa cepat processor itu menangani instruksi dalam cycle per second. Selain kecepatan, jumlah core processor juga jadi hal penting. Core adalah inti processor. Jadi bila processor Anda memiliki dua core, maka secara teori itu sama seperti menggunakan dua buah processor dalam satu komputer.

Saat ini, Intel berada di depan dalam keunggulan performa processor, diikuti oleh AMD. Processor yang berbasis intel Core 2, baik extreme maupun Duo berada di paling atas dalam urusan performa, baru diikuti oleh processor AMD Turion 64 X2. Pada alamat situs Toms Hardware, Anda bisa melihat hasil komparasi antara kedua processor tersebut.




Memory

Saat ingin membeli notebook, pasti kita ditawarkan produk dengan kapasitas memory yang berbeda-beda. Pertanyaannya adalah “apakah dengan memory sekian MB itu sudah cukp?” Cukp tidaknya kapasitas memory, bisa diukur dari penggunaan OS dan jenis aplikasi yang annti akan dipakai. Misalnya Anda ingin menggunakan Windows Vista, yang seperti kita ketahui membutuhkan memory minimal 512 MB.

Maka carilah notebook yang memiliki memory setidaknya 1 GB. Karena jika sistem mengalami kekurangan memory, ia akan memanfaatkan harddisk sebagai pengganti memory. Dan itu bisa memperlambat performat komputer. Inti utamanya adalah semakin banyak memory yang dimiliki, maka semakin bagus. Tidak seperti processor yang tidak bisa di-upgrade, memory pada laptop bisa ditambah kemudian hari.



Harddisk

Saat ini, ada dua jenis media penyimpanan, yaitu harddisk dan SSD (Solid State Drive).

Bila bicara masalah keuunggulan performa, SSD lebih unggul karena lebih cepat, sunyi, dan konsumsi dayanya lebih rendah daripada harddisk tradisional yang biasa kita pakai. Namun harga SSD saat ini masih sangat mahal, Oleh karena itu, notebook sekarang umumnya masih menggunakan harddisk.

Untuk kapasitasnya sendiri, bila Anda akan memakai laptop tersebut untuk menyimpan video, musik, dan foto, maka carilah harddisk berkapasitas besar, misalnya 320 GB. Tapi seandainya tidak besar pun tidak menjadi masalah, sebab saat ini sudah banyak harddisk portable berkapasitas besar yang bisa dijadikan tempat penyimpanan cadangan. Selain itu, harddisk juga bisa di-upgrade di kemudian hari.



Video Card

Ada dua jenis video card yaitu integrated dan dedicated. Video card integrated adalah video card yang memory-nya memanfaatkan memory utama (RAM). Sedangkan dedicated menggunakan memory sendiri. Untuk performanya, jelas lebih bagus yang dedicated. Oleh karena itu video card dedicated lebih cocok dipakai untuk penggunaan game. Tapi bukan berarti yang integrated tidak bisa dipakai game. Tetap bisa cukup performanya akan loyo bila dipakai untuk menjalankan game-game berat. Di alamat situs Notebook Check, Anda bisa melihat daftar benchmark terhadap video card untuk laptop atau mobile GPU.

Bagi Sahabat
Bagi SAHABAT Updated at: November 02, 2009

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Labels

A (1) AlertPay (2) Analisa (1) Anti virus (4) B (1) Bahasa Komputer (23) Belajar dan Bahasa (47) Bengkel dan Kendaraan (1) Berita dan Informasi (266) Biologi (6) Bioskop dan Video (63) Blog (151) Browser (3) Budaya dan Bahasa (15) Buku Majalah dan tulisan (40) C (2) Catur (1) D (2) Desain dan Furniture (95) DNS (2) Dongeng dan Cerita (1) Dunia Busana dan Mode (4) E (2) E-commerce (4) E-mail (10) Ekonomi dan perdagangan (58) Eksakta (7) F (1) Facebook (10) Flora dan Fauna (6) Foto dan Design (99) G (1) gad (1) Gadget (257) Game (73) Generator (23) H (1) Hand Phone (14) Hardware (6) Hobi dan koleksi (8) Hosting dan Domain (7) Hubungan dan komunikasi (129) Hukum dan Perundang-undangan (12) Humor (4) Huruf dan Template (4) i (1) Indonesia - Pengetahuan Alam - Geografi (35) Industri (1) Interior Desain Komputer (27) Internasional (1) J (1) Jaringan (7) Jejaring Sosial (9) K (1) Kamera (35) Keamanan (7) Kedokteran (25) Keyboard (1) Kimia (7) Kisah (10) Komik dan Animasi (12) Komputer dan Perangkatnya (109) Koneksi (7) Konfrensi (1) Konversi (1) Koran (1) Kreatifitas (3) Kumpulan (19) L (1) Lembar (234) Libery Reserve (1) Liburan dan Pariwisata (7) Lingkungan hidup (2) Linux (2) Logo (7) Lowongan Kerja (8) M (1) Matematika (17) Media Penyimpanan (14) Meja (4) Membaca dan Menulis (40) Mencari uang di Internet (25) Microsoft-Google-Yahoo (57) Militer (1) Miniatur (2) Monitoring (9) Motherboard (1) Mozilla Firefox (1) Multimedia (33) Musik dan Lagu (57) N (1) Note Book (48) O (1) Olahraga dan Kesehatan (53) P (1) Page Rank (1) PDF (3) Pemimpin (1) Pendidikan dan Pengetahuan (105) Perangkat Lunak (442) Perbaikan komputer (48) Pertanian dan Perkebunan (2) Peternakan dan Perikanan (6) Ping (1) Playstore (1) Politik dan Pemerintahan (10) Print (2) Produk (62) Produk Internet dan Tekhnologi (40) Prosesor (3) Psikologi (6) Q (1) R (1) Rak Buku (51) Religi (7) Remaja dan Pergaulan (11) Resep dan Masakan (1) Rumah dan Keluarga (64) S (1) Scanner (1) Search Engine (19) Sejarah (40) Seni dan Kerajinan (18) Seni Melipat Kertas (4) Sepeda (8) Service (1) Sharing (3) Situs Komputer dan Tekhnologi (27) Situs Menarik (66) Situs Populer dan Aplikasinya (26) SMS (5) Sofa (19) Sony (2) T (1) Telepon Genggam (18) Tempat duduk (14) Tips dan Tricks (138) Trans 7 (1) Tutorial (66) U (1) Ucapan Selamat (1) Unik (19) USB Drive (7) V (1) W (2) Wanita dan Peranannya (8) Website (1) Windows (27) X (1) Z (1)