Add this

10 February 2011

Huruf P


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda


P2P. Suatu system hubungan antar komputer yang terkoneksi secara langsung bia jaringan atau Internet. Pertukaran file dapat dilakukan antar komputer yang terhubung secara langsung tanpa perantara server jaringan. Masing-masing komputer akan berperan sebagai server sekaligus client. Persyaratan untuk Peer to Peer di Internet adalah tersedianya sebuah koneksi atau software P2P. Setelah koneksi komputer terjadi, maka komputer akan dapat mengakses ribuan system komputer lain yang berada dalam jarignan. Masing-masing user dapat saling mencari file pada komputer lainnya dengan cara masing-masing menyediakan suatu folder shaering untuk diakses.


Paradox Interactive. Perusahan pengembang video game asal Swedia yang didirikan pada tahun 1998. Perusahaan itu dikenal sering memproduksi game strategy di komputer bertema sejarah. Pemimpin game programmer di Paradox Interactive adalah Johan Andersson.





PATA. Sebelumnya dikneal sebagai ATA (Advanced Technology Attachment), atau juga seing disebut IDE, ATAPI dari UDMA. Merupakan standar interface yang digunakan untuk perangkat storateg pada PC, seperti drive optic dan harddisk. Dengan diperkenalkannya Serial ATA pada tahun 2003 yang lalu, untuk lebih spesifik, kemudian lebih dikenal sebagai PATA (Parallel ATA). Mengacu pada metode sinyal data pada kabel data ATA.





Patch. Metode untuk memperbaiki atau mengadakan perubahan pada sebuah program dengan cara cepat. Biasanya patch menggunakan script-script tambahan untuk memodifikasi atau menambal celah-celah keamanan atau menghilangkan bug yang ditemukan dalam sebuah program.


PDF. Singkatan dari Portable Document Format, merupakan format file yang dibuat oleh perusahaan Adobe pada tahun 1993 untuk pertukarang dokumen dan persaingannya dengan Microsoft Office. Seiirng dengan berlalunya waktu, versi PDF juga mengalami peningkatan yang hingga saat ini adalah PDF 1.7 yang dirilis pada tahun 2009 sesuai dengan standar ISO 32000.





Pearl. Practical Extraction and Report Language. Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Larry Wall, dirancang untuk memproses teks. Karena kemampuannya dalam memproses teks, Perl menjadi bahasa yang banyak diguankan untuk menulis script CGI. Perl adalah interpretive language, sehingga mudah untuk membuat dan menguji program-program sederhana.


Perl. Practical Extraction and Report Language. Bahasa pemrograman yang dirancang untuk memproses teks. Karena kemampuannya dalam memproses teks. Perl menjadi bahasa yang banyak digunakan untuk menulis script CGI. Perl adalah interpretive language sehingga mudah untuk membuat dan menguji program-program sederhana.





Photoshop. Perangkat image editor buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite),





Picasa. Aplikasi penyunting foto digital. Pembuat sebenarnya adalah Idealab, dan sekarang dimiliki oleh Google. Di bulan Juli tahun 2004, Google mengakuisisi Picasa, dan menjadikan Picasa gratis untuk di download. Aplikasi ini berjalan di Windows XP, Windows Vista, Linux, dan Mac OS X, yang dapat di download melalui Google Labs. Untuk Windows 98 dan Windows ME, hanya tersedia versi yang lebih tua.


Ping. Istilah atua perintah yang biasanya digunakan jika Anda memverifikasikan apakah sebuah IP address tertentu itu ada dan selanjutnya dapat menerima permitnaan atau tidak tersedia. Ping ini merupakan singkatan dari Packet Internet Groper.





Pixel. SIngkatan dari picture element. Elemen terkecil dari gambar digital. Gambar yang terlihat di monitor computer terdiri atas susunan titik-titik yang berwarna atau disebut dengan dot. Dot-dot tersebut sangat kecil dan saling berdekatan sehingga terlihat seperti menyatu.





Platform. Dalam istilah computer, platform menggambarkan satu lingkungan kerja, baik hardware maupun software , yang memungkinkan software untukb erjalan di dalamnya. Platform meliputi arsitektur computer, operating system, atau bahasa pemrograman dan runtime library yang dimilikinya.





Player vs Player. Tipe interaksi multiplayer di dalam sebuah game dengan dua atau lebih orang yang berpartisipasi. Sistem ini kontras dengan game pada era dimana pemain hanya berkompetisi dengna lawan yang dikendalikan oleh computer. Player vs Player digunakan secara luas untuk menggambarkan game dimana pemain berkompetisi satu sama lain. Ini termasuk seluruh genre gaming, seperti first person shooter atau real time strategy.


Playlist. Daftar beberapa lagu yang akan dimainkan atau yang akan diputar. Dengna menyimpan playlist kita tidak perlu bersusah-payah menambah lagu ketika hendak memutarnya, cukup pilih menu playlist yang telah kita simpan maka lagu kesukaan bisa langsung didengarkan.


PlayStation Portable. Secara resmi disingkat PSP, adalah konsol game handheld yang merupakan produk Sony Computer Entertainment. PSP diperlihatkan kepada umum pada 11 Mei 2004 dalam sebuah konferensi pers Sony. Peluncuran resminya di Jepang dilakukan pad a12 Desember 2004. PSP diluncurkan di Amerika Utara pada akhir maret 2005. Asia pada Mei 2005 dan Eropa pada akhir 2005, Asia pada Mei 2005 dan Eropa pada akhir 2005. PSP merupakan semacam platform hiburan dan diposisikan untuk emainkan permainan video, fil dan music dan juga menampilkan foto digital. PSP mempunyai dukungan Memory Stick Sony (PRO Duo) dan “Universal Media Disc” daripada menggunakan cartridge ROM solid. Selain itu, PSP juga mempunyai fitur dukungan jaringan nirkabel WiFi, baterai yang dapat diisi ulang serta dilepas, layar LCD lebar, dan stik analog panel datar. Game-game PSP menggunakan media penyimpanan baru bernama UMD (Universal Media Disc) yang berukuran lebih kecil namun berkapasitas lebih besar ()1,8 GB) dari CD biasa. Plotter. Perangkat cetak grafis vector yang terhubung dengan computer. Plotter mencetak dengan menggerakkan sebuah pena pada permukaan kertas, Yang artinya, plotter terbatas pada grafis garis ketimbang grafis raster seperti pada printer lain. Perbedaan lain antara plotter dan printer adalah printer biasa ditujukan untuk mencetak teks sehingga lebih mudah dikendalikan. Tapi plotter, menggunakan sejumlah bahasa khusus yang dibuat untuk mengirim informasi detail untuk proses penggambaran. Plugin. Sebuah program, biasanya berukuran kecil, dibuat untuk diintegrasikan pada aplikasi induk. Fungsi plugin adalah membuat fungsi tambahan yang tidak terdapat pada aplikasi. Contohnya plugin language pack pada WInamp, yaitu untuk mengubah bahasa text yang ada pada Winamp.





PMP. Portable multimedia player (PMP) atau kadang disebut portable video player (PVP), adalah perangkat elektronik untuk menyimpan dan memutar atau memainkan file multimedia dalam format digital. File multimedia disimpan pada media penyimpanan berbasis harddisk atau flash. Beberapa ponsel terkini dengan fitur multimedia juga memiliki kemampuan yang serupa.





Point and Click. Aksi yang dilakukan oleh pengguna computer dengna menggerakkan kursor menuju lokasi tertentu pada layer, dan kemudian menekan tombol mouse atau pointing device lainnya. Contoh point and click adalah hypermedia, user mengklik hyperlink untuk melakukan navigasi dari satu dokumen ke dokumen lain. Metode ini sangat mudah untuk digunakan. Hanya membutuhkan aksi sederhana utnuk mencapai tujuan.


Pop Art. Gerakan seni yang muncul pada pertengahan tahun 1950 di Inggris dan pada akhir 1950-an di Amerika Serikat. Pop Art menantang tradisi yang ada dengan menegaskan bahwa penggunaan komoditas visual yang diproduksi secara masal dari budaya populer adalah berdekatand engan perspektif seni rupa. Pop art menghilangkan materi dari konteks dan mengisolasi objek, atau menggabungkan dengan objek lain, untuk kontemplasi.





Pop-up. Bekerja pada sistem operasi dengan Graphical User Interface (GUI) yang muncul sebagai bentuk interaksi user dan computer ketika user melakukan suatu perintah fisik yang berfungsi sebagai pemicu. Pada sistem operasi Windows, Mac OS X atau Unix, yang umum digunakan adalah melakukan klik kanan pada mouse, yang akan memunculkan list menu tersebut pada layar. Apabila Anda melakukan klik kanan pada file, pop-up menu akan menyajikan sekumpulan perintah yang dapat dieksekusi pada file tersebut.


Pop Up. Window yang biasanya muncul tiba-tiba secara otomatis tanpa permisi, tanpa Anda merasa telah membukanya. Ukuran jendela bervariasi, tetapi biasanya tidak menutup keseluruhan layar. Pop up biasanya sering Anda temui jika mengunjungi halaman web. Biasanya, pop up berisi iklan yang sering mengganggu proses menjelajah web. Namun, pada sistem operasi, pop up biasanya berisi informasi tentang error pad sistem dan sebagainya.





Port Jack Audio 3,5 mm. Jenis port untuk audio jack yang kebanyakan tersedia pada beragam perangkat. Salah satu contoh termudah dapat ditemukan pada jack audio PC Anda. Angka 3,5 mm mengacu pada diameter jack yang digunakan.





Portal. Situs web yang menyediakan kemampuan tertentu yang dibuat sedemikian rupa untuk mencoba menuruti selera para pengunjungnya. Kemampuan portal yang lebih spesifik adalah penyediaan kandungan informasi yang dapat diakses dengan menggunakan beragam perangkat misalnya computer pribadi, notebook, PDA (personal Digital Assistant), atau bahkan telepon seluler.





PPA. Personal Package Archive (PPA) adalah repository software yang ditujukan untuk mengupload kode sumber untuk kemudian dibangun dan dipublikasikan sebagai sebuah repository apt oleh Launchpad atau paliaksi sejenis. Istilah ini merujuk ke istilah paket yang merujuk ke Ubuntu, mesiki sebenarnya dapat ditujukan oleh berbagai macam distro





Prefetch. Fasilitas Windows yang berfungsi untuk mempercepat proses booting. Jadi file-file yang sudah pernah dibuka akan disimpan di prefetch, sehingga kalau kita membukanya kembali prosesnya akan lebih cepat. Apabila menginginkan proses boot lebih cepat, file-file yang tidak sering dibuka dapat dihapus, tapi jangan menghapus file-file yang diperlukan untuk boot system file karena proses booting dapat menjadi lebih lambat.





Problem Stes Recorder. Situr baru pada windows 7 uamg dapat digunakan untuk meng-capture setiap langkah yang Anda lakukan pada system dengan cepat dan mudah. Bahkan termasuk deskripsi teks dimana Anda mengklik tempat tersebut. Anda juga dapat menambahkan komentar pada bagian-bagian tertentu. Sekali ANda mengcapture gambar-gambar tersebut, Anda dapat menyimpannya dalam bentuk file .zip yang mengandung sebuah file MHTML di dalamnya. Penggunaannya adalah dengan menggunakan aplikasi browser.


Programmer. Istilah yang biasa digunakan untuk menyebut pemrograman komputer. Umumnya, programmer dikelompokkan menjadi dua kelompok utama, yaitu programmer aplikasi dan programmer sistem. Programmer aplikasi menulis program untuk emnangani tugas khusus, seperti program untuk melacak persediaan barang dalam organisasi, sedangkan programmer sistem menulis program yang berfungsi memelihara dan mengendalikan software sistem komputer, seperti sistem oeprasi dari sistem manajemen database.





Projector. Projector mengubah sinyal gambar/ video menjadi gambar yang diproyeksikan ke layar, menggunakan system lensa. Projector menggunakan sebuah lampu yang sangat terang untuk dapat memproyeksikan gambar ke layar projector modem sudah dapat mengatasi masalah gambar yang tidak jelas, distorsi dari lensa, dan masalah lainnya. Projector banyak digunakan untuk kebutuhan presentasi, penyampaian materi training, untuk kebutuhan home entertainment dan sebagainya.


Protokol. Aturan yang harus dijalankan antara dua atau lebih sistem yang saling berhubungan agar komunikasi data dapat terlaksana dengan benar. Pada masing-masing sistem diharuskan mempunyai protocol yang sama untuk dapat saling berhubungan. Tiga hal utama dalam protocol, adalah kode dan representasi data, transmisi data, dan cara penanganan kegagalan komunikasi.





Proxy. Software / computer yang berfungsi sebagai perantara antara client dan server dalam jaringan computer. Proxy server bertindak sebagai gaetway terhadap dunia internet untuk setiap computer client. Web server pada Internet yang menerima request dari proxy server akan mengintepretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu dating secara langsung dari komputer client, bukan dari proxy server.





PSD. Photoshop Document, adalah format yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone. Kepopuleran Photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program image editor lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam software mereka.


Pseudo isometric. Merupakan bentuk dari proyeksi grafis yang digunakan untuk secara visual menggambarkan objek 3D daalm bidang 2D. Dikenal juga dengan isometric projection, yang umumnya digunakan dalam metode penggambaran teknikal dan arsitektur. Istilah isometric berasal dari bahasa Yunani yang berarti “equal mesure”, popular digunakan dalam video game skontemporer yang dirancang lebih modern dengan menggunakan perspektif 3D.





PST. Personal Storage Table (.pst) merupakan file yang digunakan untuk penyimpanan local copy dari pesan e-mail, event kalender, dan item lainnya oleh software buatan Microsoft, seperti Microsoft Exchange client, Windows messaging, dan Microsoft Outlook.


Publisher. Perusahan yang bertugas mulai dari mempromosikan, memasarkan, sampai dengna mendistribusikan game yang dibuat oleh developer. Tujuannya tidak lain adalah agar angka penjualan meningkat di pasaran. Kadang publisher juga dapat bertindak sebagai developer atau sebaliknya.


Python. Bahasa pemrograman level tinggi yang diciptakan oleh Guido Van Rossum pada tahun 1980-an. Python 2.0 dirilis pada 16 Oktober 2000 dengan banyak fitur baru, termasuk garbage collector yang dapat melakukan manajemen memroy secara otomatis Python 3.0 dirilis pada 3 Desember 2008 dan saat ini menjadi salah satu dari sepuluh bahasa pemrograman populer di dunia. Python. Bahasa pemrograman scripting yang berorientasi objek. Python dapat diguankan untuk berbagai keperluan pengembangan software dan dapat berjalan di berbagai platform sistem oeprasi. Python didistribusikan di bawah lisensi open source sehingga dapat digunakan secara bebas, bahkan dalam pengembangan aplikasi komersial.

No comments:

Post a Comment