Skip to main content

Membaca isi dokumen PDF dengan suara

Inilah caranya

Baseball stadium


Acrobat Reader. Namanya saja sudah Reader, fungsinya ya jelas untuk membaca. Membacanya bukan cuma sekadar menampilkan lho. Tapi memang benar-benar bisa dibacakan isinya dengan suara. Seru khan?

Fitur yang diberi nama Read Out Loud ini punya dua pilihan, yaitu Read This page Only yang berfungsi untuk membacakan dokumen pada halaman yang aktif saja. Sedangkan yang satunya adalah Read To End Of Document, yang akan membacakan semua isi dari file tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur ini ada beberapa tahapan yang perlu diikuti:

1. Buka dokumen PDF Anda, lalu tekan “Ctrl + K” dan halaman “preferences” akan muncul.
2. Klik pada “Reading” dan lakukan pengaturan pada halaman tersebut. Atau bila menggunakan cara panjangnya, klik “Edit > Preferences > Reading.
3. “Volume”, berfungsi untuk mengatur besar kecilnya suara yang dihasilkan. Dengan menghilangkan tanda checklist pada “use default voice”, Anda dapat memilih satu di antara 3 karakter suara yang akan membaca dokumen PDF Anda.
4. Dengan menghilangkan tanda checklist pada “Use default speech attributes” Anda dapat menentukan tinggi rendahnya nada suara melalui kolom “pitch”. Semakin tinggi angkanya, maka nada suara semakin tinggi. Sedangkan pengaturan pada “words per minute” akan menentukan kecepatan membaca. Semakin tinggi angkanya, maka dokumen akan dibaca dengan lebih cepat.
5. Bila sudah selesai dalam tahap pengaturan, klik “OK”.
6. Untuk mengaktifkannya, klik “View > Read Out Loud” > “Activate Read Out Loud” atau dengan menekan “Shift + Ctrl + Y”.
7. Untuk membaca hanya satu halaman, klik “View > Read Out Loud > Read This page Only” atau dengan menekan “Shift + Ctrl + V”.
8. Untuk membaca keseluruhan dokumen, klik “View > Read Out Loud > Read To End of Document” atau dengan menekan “Shift + Ctrl + B”.

Langkah-langkah di atas adalah untuk membaca suatu dokumen. Sedangkan untuk membaca form fields, dianjurkan untuk mengatur dulu Preference yang ada di menu “Edit”. Lalu pilih option “Reader”, aktifkan “Read Form Field”. Jangan lupa, pada saat Anda telah mengisikan suatu field dengan suatu teks atau angka, Anda harus menekan tombol “Tab” agar pembacaan teks dilanjutkan.

Comments

Popular posts from this blog

Panduan cara memperbaiki sendiri kamera digital

Mempermudah anda
Apa reaksi Anda, sesaat setelah kamera digital kesayangan terjatuh dan rusak? Padahal terdapat klausul bahwa kerusakan akibat kelalaian pengguna seperti terjatuh atau terendam airt tidak dijamin dalam garansi. Celakanya, di kota Anda tidak ada service center yang bisa memperbaiki kamera digital.
Posting menarik lainnya
Merekam semua pergerakan Mouse dan Keyboard
Aplikasi manajemen usaha Perhotelan gratisSitus mengenai Biologi dari A sampai Z
Perpustakaan maya yang membahas masalah komposisi dalam fotografi
Kuliah Jaringan Komputer Online Gratis
Pendidikan Teknologi Komputer Online Gratis
FLV video player gratis yang paling sederhana
Manfaatkan Keylogger untuk mendeteksi orang lain
Tak perlu buru-buru mengintip saldo tabungan untuk membeli kamera baru. Mengapa tidak mencoba untuk memperbaikinya sendiri? Silahkan buka blogCamera Repair untuk mendapatkan petunjuk memperbaiki kamera digital sendiri. Dalam banyak kasus, ternyata kamera digital bisa diperbaiki sendiri!Meski demikian…

Sejarah Munculnya Sosialisme

Sejarah munculnya sosialisme

Sosialisme muncul di akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 sebagai reaksi dari perubahan ekonomi dan sosial yang diakibatkan oleh revolusi industri. Revolusi industri ini memang memberikan keberkahan buat para pemilik pabrik pada saat itu, tetapi di lain pihak para pekerja justru malah semakin miskin. Semakin menyebar ide sistem industri kapitalis ini, maka reaksi dalam bentuk pemikiran-pemikiran sosialis pun semakin meningkat.

Cara membuat perangkat lunak atau software sendiri

Hampir semua orang
.

HyperNext Studio memberikan kemudahan bagi anda untuk menciptakan dan membuat perangkat lunak dengan sistem yang baik. Dimana sistem tersebut memungkinkan penggemar, siswa, pendidik dan bahkan hampir semua orang untuk dapat membangun perangkat lunak-nya sendiri.

Mengapa mereka mampu memberikan solusi seperti itu ?

HyperNext memiliki jendela dengan satu desain dan toolbar yang sederhana, serta tiga modulasi pembangunan, yakni Design, Preview dan Run. Tombol kontrol yang jelas dengan skrip bahasa Inggris yang baik pasti dapat membantu anda dalam menggunakan script editor yang mereka miliki.

Posting menarik lainnya
Animasi Kartun 2D secara gratis dan mudah
Membuat komputer Anda bisa berbicara dan menjawab pertanyaan
Membuat resume atau lamaran kerja dengan Twitter
Blog tentang Wanita di dunia Militer
Kalkulator untuk gizi Anda
Menikmati berita-berita teraktual dalam format PDF
Download gratis Novel-novel Romantis
Baca Online Manga dan Komik GratiS
Aplikasi ini memiliki cross plat…