India
Presiden India, Pratibha Patil, meluncurkan sebuah portal online yang beralamat di help-line.rb.nic.in. Tujuan dihadirkannya portal ini untuk mempermudah penyampaian keluahan yang dialami oleh masyarakat langsung ke presiden.
Cara penggunaan portal ini juga cukup mudah. Masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan tinggal mengklik link Lodge a Request/Grievance. Masyarakat juga bisa melacak sampai sejauh mana keluhan mereka ditanggapi oleh pihak yang bersangkutan, dalam hal ini adalah badan pemerintahan, melalui e-mail.
Portal ini terhubung dengan Cetranlised Public Grievance Redress and Monitoring System yang memfasilitasi transmisi data secara online antara pihak kementerian, departemen, organisasi, dan pihak terkait lainnya.
Dengan adanya portal ini, masyarakat bisa tahu apa yang terjadi dengan petisinya. Bahkan mereka menjanjikan untuk memproses petisi dan menyampaikannya ke pihak bersangkutan dalam waktu tujuhhari kerja. Bisakah Indonesia seperti ini?
Sumber: alootechie.com
No comments:
Post a Comment