Add this

30 April 2009

Melihat pengecekan kondisi disk dalam sekejap mata

Ariolic Disk Scanner 1.2


Bila Anda menemui beberapa file ataupun folder pada disk yang tidak dapat terbaca, segeralah lakukan scanning hard drive untuk melihat kondisiny seberapa buruk. Lebih cepat lebih baik, dengan kata lain sedini mungkin. Anda dapat mempergunakan utilitas scanner disk yang gratis, salah satunya adalah Ariolic Disk Scanner.

Aplikasi ini ringan digunakan untuk melakukan pengecekan kerusakan yang terdapat pada hard drive. Karang-kadang, Anda mungkin saja menemui warning message, dimana beberapa file dalam disk tidak dapat dibaca. Hal tersebut mungkin saja terjadi karena beberapa alasan, namun yang terpenting adalah degradasi hard drive, yang kemungkinan merupakan pertanda awal/permulaan terjadinya kegagalan disk (disk failure).

Ariolic Disk Scanner melakukan pengecekan read only pada cluster hard drive, dan menampilkan hasilnya seper ti sebuah gambar disk (disk picture), dimana cluster yang berkondisi baik serta buruk ditandai sehingga Anda dapat melihat status disk sekejap mata. Tidak hanya pada harddisk, namun dapat digunakan pula pada flash disk, CD ataupun floppy.



Harga : Gratis
Ukuran File : 508 KB
Download : Ariolic

Cluster merupakan unit terkecil dari kapasitas harddisk yang dapat digunakan untuk menyimpan file. Ukuran cluster berkisar antara 1 sektor (512 byte) sampai dengan 512 sektor (256 kilobyte), tergantung yang dialokasikan. File system yag didukung antara lain FAT, FAT32, dan NTFS. Sebagai contoh apabila file berukuran (Size) sebesar 1 KB atau bahkan 1 byte, pada harddisk dengan ukuran cluster 4 KB (4.096 byte), akan membutuhkan ruang (Size on disk) sebesar 4 KB tersebut, sisa 3 KB lainnya merupakan ruang tak berguna yang biasa disebut slack. Jadi Size on disk sendiri selalu kelipatan dari ukuran cluster tersebut.

No comments:

Post a Comment