Add this

14 January 2011

Panduan membangun Toko online shop dan menyediakan link buku-buku e-commerce

PHP Web Commerce

Dari sudut tampilan, mungkin website ini sama sekali tidak menarik. Namun seperti kata orang bijak, “Don’t judge a book by its cover,” isi website PHP Web Commerce tidak hanya menarik melainkan penting! Website ini memberikan tutorial gratis bagi siapa saja yang ingin mengembangkan online shop sendiri berbasis PHP. Halaman index website ini berisi daftar isi berikut sedikit keterangan tentang isi masing-masing bab.

Ditilik dari daftar isinya, website ini memiliki 28 bab. Di awali dengan introduction yang berisi penjelasan tentang urgensi membangun online shop, fitur-fitur yang dimilikinya, persyaratan menjalankan online shop di computer local, dan link download file online shop. Secara garis besar, tutorial di sini mencakup desain databse, administrasi (back-end), serta tampilan (front-end) online shop.

Sebelum memulai mempraktekkan tutorial di sini, Anda terlebih dahulu harus menginstal web server, PHP, dan MySQL di komputer lokal. Bila belum mengerti cara mengisntal ketiga komponen server di atas, Anda bisa membaca petunjuk instalasinya pada link yang disertakan di halaman introduction. Langkah selanjutnya adalah menginstal file online shop yang bisa Anda langsung dari website ini.

Setelah menamatkan 22 dari 28 bab yang tersedia, Anda dijamin mengerti cara kerja sekaligus cara membuat online shop sendiri. Enam bab lainnya berisi resource dukungan selama, dan setelah Anda mempelajari tutorialnya, seeprti website demo online shop, daftar pertanyaan yang sering diajukan, serta link buku-buku yang membahas e-commerce secara umum.


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


PHP. Hypertext Prerocessor. Bahasa scripting yan gdiguankan sebagai bahan untuk memproses data melalui CGI dari form HTML. PHP bekerja di komptuer server untuk memproduksi kode HTML yang dikirimkan kepada web browser. Contoh terkenal dari aplikasi PHP adalah phpBB dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). Contoh aplikasi lain yang lebih komples berupa CMS yang dibangun dengan menggunakan PHP adalah Mambo, Joomla!, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain.

MySQL. Software DBMS SQL yang multithread, multi user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB (sekarang berada di bawah Sun Microsystems) membuat MySQL tersedia sebagai freeware di bawah lisensi GNU GPL, tetapi mereka juga menjual di bawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana pengguannnya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

DBMS. Database Management System. Sistem atau software yang dirancang untuk mengelola suatu database dan menjalankan operasi terhadap data di dalamnya. Contoh tipikal DBMS adalah akuntansi, sumber daya manusia, dan system pendukugn pelanggan. DBMS telah berkembang menjadi bagian standar di bagian pendukung (back office) suatu perushaaan. Contoh DBMS adalah Oracle, SQL server 200/2003, MS Access, MySQL, dan sebagainya.

GNU GPL. GNU General Public License. Lisensi free software yang aslinya ditulis oleh Richard Stallman untuk proyek GNU. Lisensi GPL

No comments:

Post a Comment