Add this

14 January 2011

Web service berbasis Java

Apache Wink adalah sebuah framework uantuk mengembangkan “RESTful web services”. Proyek ini sebelumnya berada di dalam Apache Incubator pada bulan Mei, setelah proyek yang terbaru diperkenalkan dengan Apache Software Foundation, serta telah dievaluasi dan matang untuk dapat dipromosikan ke proyek Apache. Kode dasar Wink merupakan kntribusi dari HP dan IBM, yang pada masa depan akan ditunjuk untuk mengawasi perkembangan proyek Wink.

Rilis pertama dari framework Wink, yakni versi 0.1, akan tersedia dan berisi modul klien dan server unuk menyediakan web service RESTful. Modul-modul yang ada merupakan penerapan dari spesifikasi JAX-RS 1.0 (JAVA API untuk web service RESTful, JSR 311), dan berencana untuk menawakan fitur tambahan dalam pengembangan web service yang sederhana dengan berdasarkan pada prinsip REST.

Pendekatan REST (Representational State Transfer) semakin lama menjadi semakin popular untuk pengembangan aplikasi web sejak beberapa tahun yang lalu. REST dapat memetakan setiap objek atau sumber dari sebuah apliaksi ke URL yang dapat diakses melalui metode HTTP, seperti GET, POST, PUT, dan DELETE, yang bertindak sebagai mekanisme untuk mendapatkan, membuat, memperbaharui, atau menghapus sumber yan gdipetakan.

Info: h.online.com


- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


REST. Representational State Transfer (REST) adalah gaya arsitektur software untuk mendistribusikan hypermedia system, seperti World Wide Web. Istilah representational state transfer dan REST diperkenalkan pada tahun 2000 oleh disertasi doctoral Roy Fielding, salah seorang author penting untuk spesifikasi Hypertext Transfer Protocol (HTTP) versi 1.0 dan 1.1. Sistem yang mengikuti prinsip REST kadang disebut dengan RESTful.

No comments:

Post a Comment