Add this

20 January 2011

Langkah unik iPod untuk mencegah dirinya terkena pembajakan melalui Pajak

iPod kena Pajak

Kanada mengenakan pajak bagi penjualan CD-Run untuk memberi kompensasi kepada artis rekaman. Nah, pajak serupa akan dikenakan juga pada pemutar musik digital seperti iPod. Untuk setiap pembelian CD-R, kepingan cakram digital kosong yang bisa ditulisi, akan di kenakan biaya yang dialirkan untuk artis rekaman.

Biaya ini sebagai kompensasi ketika pembeli musik menyalin, dan mengkompilasikan musik ke dalam CD-R untuk penggunaan pribadi. Pajak juga dikenakan kepada pemutar musik digital seperti jajaran Apple iPod dikarenakan orang mulai beralih ke perangkat seperti iPod. Lembaga Canadian Private Copying Collective (CPCC) adalah lembaga nirlaba yang bertanggung jawab memungut, dan mendistribusikan pajak tersebut.

Diperkirakan lembaga itu telah mengumpulkan lebih dari USD $ 160 juta ke lebih dari 100.000 penulis lagu, artis rekaman, dan perusahaan rekaman. Sumber penghasilan tersebut dikhawatirkan akan menjadi kering, jika iPod tidak dikenakan aturan yan sama dengan CD-R. Potensi ini yang mengkhawatirkan bagi musisi independen Kanada.

Info: macworld.co.uk

No comments:

Post a Comment