Add this

19 January 2011

Makin aman dengan WikiTrust

Wikipedia dengan WikiTrust

Dalam usahanya untuk mendukung konten Wikipedia, Wikipedia Foundation menyatakan akan memberikan pilihan tool untuk user yang sudah registrasi sehingga dapat member warna teks di artikel Wikipedia yang belum terpercaya. Software tersebut bernama WikiTrust, sebuah ekstensi untuk platform MediaWiki, yang ada di Wikipedia.

WikiTrust merupakan proyek professor Luca de Alfaro asal Santa Clara, AS, dan B.Thomas Adler dan Ian Pye. Tool tersebut masih dalam percobaan, dan diskusi pihak internal Wikimedia. Tujuannya unuk mendapatkan feedback komunitas mengenai manfaat tool tersebut. Wikimedia membuat tool WikiTrust untuk mencegah siapa saja yang berniat memanipulasi masukan di Wikipedia. Komunitas editor ensiklopedia online tersebut akan secara konstan atas perubahan yang membuat artikel menjadi biasa.

Code WikiTrust telah di-review oleh tim organisasi teknologi, dan untuk waktu peluncuran trial tersebut belum dipublikasikan. Fitur ini tidak semuah “rate this article”, dan lebih untuk ketika menguji data lain di beberapa artikel.

Info: sofpedia.com


- - - - - - - - - - - - -- - - - - - - - - -


MediaWiki. Sebuah paket perangkat lunak wiki yang menggunakan lisensi GNU (General Public License). MediaWiki merupakan perangkat lunak yang dibuat secara khusus untuk Wikipedia dan proyek-proyek lainnya dari Yayasan Wikimeia, tetapi sekarang ini sudah digunakan secara luas. MediaWiki dibuat dengan menggunakan PHP dengan texvc untuk pross render simbil-simbol matematika, dan menggunakan sistem manajemen basis data relasional MySQL.

No comments:

Post a Comment