Add this

10 February 2011

Huruf B


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda





Back Minus Front. Fasilitas memotong objek vector dalam CoreDraw, dengan cara menumpuk 2 objek, dan memotong objek lapisan bawah, dan meghilangkan objek lapisan atas hingga menjadi sebuah objek baru dari persinggungan keduanya (dalam program seperti Adobe Illustrator, dikenald engan fasilitas khusus pathfinder, dengan pilihan divide, trim, merge, crop).


Background. Bidang paling jauh dari orang yang melihat objek, atau disebut juga latar belakang. Layar yang berada paling bawah disebut juga sebagai background.





Backup. Data yang telah di copy ke lokasi yang lain untuk menjaga keamanan file tersebut. Backup dapat diartikan sebagai proses penyalinan data ke lokasi lain untuk tujuan antisipasi kehilangan data asli.





Backup. Menyalin isi disk ke dlaam media lain, seperti floppy disk, magnetic tape, optical disk, dan external harddisk. Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi dengan komputer (dalam hal ini disk) kita esok hari. Bisa saja, tiba-tiba terjadi failure yang membuat data yang ada dalam disk berubah, bahkan terhapus. Untuk mengantisipasi ketidakkonsistenan data dan terhadapusnya data dari disk, kita perlu melakukan backup data.


Bagle. Salah satu jenis worm computer yang menginfeksi Windows. Terdapat dua jenis varian Bagle yaitu Bagle A yang tidak mempunyai pengaruh signifikan dan Bagle B yang lebih mematikan. Bagle akan menyalin dirinya sendiri ke direktori Windows (Bagle A sebagai bbeagle.exe dan Bagle B sebagai au.exe) dan membuka backdoor TCP port 6777 (Bagle.A) atau 866 (Bagle.B). Worm ini tidak akan mengirimkan dirinya sendiri ke alamat yang mengandung string “@hotmail.com”, “@msn.com”, “@microsoft” atua “@avp”.


Barebone. Paket penjualan komponen PC yang menyediakan beberapa komponen utama, dengan customize komponen lain sesuai kebutuhan pengguna. Biasanya. Paket ini menyertakan PC case, mother board, dan PSU. Beberapa produsen mengemasnya dalam bentuk form factor yang diringkas. Sedangkan komponen lain seperti pilihan CPU, RAM, media penyimpanan dan lainnya disesuaikan dengan kebutuhan.


Baterai Lihtium Ion. Baterai Lithium ion atau disingkat Li-ion, adalah salah satu dari tipe baterai rechargeable. Lithium ion bergerakd ari anoda (kutub positif) ke katoda (kutub negative) saaat digunakan. Lithium ion agak bergerak kembali dari katoda ke anoda saat dilakukan proses charging. Baterai jenis ini banyak digunakan pada consumer electronic. Kepopuleran baterai ini dikarenakan beberapa alas an, seperti baterai jenis ini portable, dengan ratio energi banding berat yang baik, minim memory effect, dan lain sebagainya.





Baterai Rehargeable. Jenis baterai yang di-carge ulang (rechargeable) dan beberapa di antaranya dapat dilepas dengan mudah (removable). Keuntungan jenis baterai yang removable, baterai dapat diganti dengan baterai lain atau baterai cadangan. Atau bahkan diganti, jika baterai yang digunakan sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya (rusak atau drop).





Bcc. Singkatan dari Blind Carbon Copy adalah fitur di aplikasi e-mail yang mengijinkan pengiriman e-mail yang sama ke sekian banyak orang, tanpa memberitahukan masing-masing alamat penerima ke yang lain.





Bing. Mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows LiveSearch, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini resmi diluncurkan pada tanggal 3 Juni 2009, emnggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bind diciptakan dengan menggunakan teknologi, yakni teknologi PowerSet.


Biometric Fingerprint Reader. Perangkat keamanan biometric yang paling sering digunakan di beberapa perangkat gadget, seperti smarphone, notebook, dan HDD eksternal. Aplikasi ini menggunakan metode khusus yang dapat mengenali seseorang dari karakter fisik seseorang yang unik, dalam hal ini adalah sidik jari. Aplikasi ini bekerja dengan melakukan pembadingan antara data sidik jari hasil proses secanning yang idlakukan saat itu dengan data sidik jari di database yang sudha diinputkan sebelumnya. Pembandingan ini menggunakan konsep pengenalan citra terhadap beberapa pola spesifik yang dijadikan acuan untuk membedakan / mengenali antara orang yang satu dengan orang lainnya.


BIOS. Singkatan dari Basic Input Output System. Dalam sistem x86, BIOS merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan banyak hal antara lain Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test), memuat dan menjalankan sistem operasi, mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam computer, membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services. BIOS juga menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah,d an dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.





BitLocker. Atau lengkapnya adalah Bitlocker Drive Encryption, yaitu fitur data proteksi yang diintegrasikan ke dalam Windows Vista, dan berfungsi menyediakan enkripsi ke keseluruhan OS. Bitlocker hanya terdapat pada Vista edisi Enterprise dan Ultimate. Secara default, Bitlocker menggunakan algoritma enkripsi AES (Advanced Encryption Standard) dalam mode CBC (Cipherblockchaining) 128 bit.





Bitmap. Gambar/Image, yang terdiri atas gabungan ribuan bahkan jutaan pixel atau titik. Biasanya ditentukan dengan satuan DPI (dot per inchi).





Blogware. Weblog software. Aplikasi yang dirancang untuk kemudahan pembuatan dan pemeliharaan blogs. Sebagai content management system (CMS) spesialis, aplikasi ini mendukung penulisan, pengeditan, dan pempublikasian posting blog dan komentar, dengan fungsi khusus untuk manajemen image, sindikasi web, serta moderasi posting dan komentar.





Blu ray. Sebuah format cakram optic untuk penyimpanan media digital, termasuk video definisi tinggi. Nama Blu-ray diambil dari laser biru-ungu yang diguankan untuk membaca dan menulis cakram jenis ini. Cakram Blu-ray dapat menyimpan data yang lebih banyakd ari format DVD yang lebih umum karena panjang gelombang laser biru-ungu yang dipakai hanya 405 mm, dimana leibh pendek dibandingkan laser merah, 650 nm, yang dipakai DVD dan pirinan compact.





Blu ray. Sebuah format disc untuk penyimpanan media digital terasuk video high definition. Nama Blu ray diambil dari laser biru ungu yang digunakan untuk membaca dan menulis disc jenis ini. Disc: Blu ray dapat menyimpan dan yang lebih banyakd ari format (DVD) yang lebih umum karena panjang gelombang laser biru ungu yang dipakai hanya 405nm dimana lebih pendek dibandingkan laser merah 650 nm yang dipakai DVD dan piringan kompak. Beberapa pabrik bahkan telah membuat disc Blu ray stu lapis dan dua lapis (50 GB) yag dapat ditulis ulang. Beberapa studio film yang mendukung format Blu ray bahkan telah merilis atau mengumumkan akan merilis film pada disk berkapasitas 50GB.





Bluetooth. Teknologi komunikasi wireless yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM band, dengan menggunakan sebuah frequency hopping transceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host Bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas. Fungsi Bluetooth sendiri hampir sam adnegna wireless LAN (WLAN) yang menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11, hanya saja pada Bluetooth mempunyai jangkauan jarak layanan yang lebih pendek, dan kemampuan transfer daya yang lebih rendah.


Bookmark. Fitur yang ada di semua web browser, berfungsi untuk memudahkan proses katalog dan mengakses website yang akan atau yang belum dikunjungi, tanpa harus mengingatnya atau mengandalkan aplikasi lain. Pada Internet Explorer bookmar dinamai dengan Favorites, dan di Mosain dinamai dengan Hotlist.


Border. Garis pembatas antar sel atau antar kolom dalam sebuah table. Border juga dapat digunakan untuk menegaskan bidang kerja pada Microsoft Word dengan memberi garis yang berada tepat pada posisi margin atas, bawah, kini, dan kanan.





Break Contour. Operasi pemisahan antara objek yang telah diberi efek khusus. Gunanya untuk memisahkan objek utama/ objek aslinya dengan efek khusus hasil modifikasi dari objek utama tersebut. Efek tersebut dipisahkan menjadi objek individual.





Brightness. Atribut dari persepsi visual yang menandakan jumlah cahaya. Dnegna kata lain, brightness adalah persepsi yang ditangkap dari sebuah objek yang memantulkan cahaya. Semakin tinggi nilai brightness semakin banyak cahaya yang dipantulkannya (semakin pucat warna yang terlihat).





Browser. Aplikasi yang menterjemahkan kode HTML dan merepresentasikan halaman website. Aplikasi inilah yang paling sering kita gunakan setiap hari untuk melakukan browsing di dunia maya. Contohnya adalah Internet Explorer, Netscape, Mozilla, Chrome, Safari, dll.


Brush. Atau bisa disebut sebagai kuas. Tool yang pasti terdapat di semua palikasi pengolah gambar. Brush berfungsi untuk menoreh garis. Ukuran brush bisa beragam dan dalam berbagai bentuk.





BufferedImage. Class pada Java yang terletak dalam package java.awt.image. BufferedImage merupakan turunan dari class image, dengan kemampuan pengaksesan buffer data gambar sehingga cocok untuk representasi data gambar yang akan dimanipulasi dalam program.





BusyBox. APlikasi yang menyediakan standar tool untuk Unix. BusyBox dirancang sekecil mungkin agar bisa digunakand engan kernel Linux sehingga ideal untuk eprangkat embedded. Oleh karena itu, BusyBox juga sering di sebut sebagai pisau Swiss Army di dunia embedded.

No comments:

Post a Comment