Add this

10 February 2011

Huruf O


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda


Object Oriented. Paradigma pemrograman yang berorientasi pada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigman ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya. Fitur object oriented ditambahkan dalam PHP sejak versi 4.


OCX. Kependekan dari OLE Custom control, sebuah modul program independen yang bisa diakses oleh program lain dalam lingkungan Windows. OCX mewakili arsitektur kontrol generasi kedua dari Microsoft, dimana generasi pertamanya adlaah VBX yang dibuat dengan Visual Basic.





OGG. Standar terbuka untuk file multimedia digital yang dikembangkan oleh Xiph. Org Foundation. Format ini digunakan untuk file digital audio, video, dan text subtitle.





OLED. Organic. Light-Emitting Diode atau diode cahaya organik adalah sebuah semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. OLED diguankan dalam teknologi elektroluminensi, seperti pada aplikasi tampilan layar atau sensor. Teknologi ini terkenal fleksibel dengan ketipisannya yang mencapai kurang dari 1 mm. Teknologi OLED ditemukan oleh ilmuwan perusahaan Eastmen Kodak, Dr. Ching W. Tang, pada tahun 1979. OLED diciptakan sebagai teknologi alternative yang mampu mengungguli generasi tampilan layar sebelumnya, tampilan Kristal cair (liquid Crystal Display atau LCD). OLED terus dikembangkan, dan diaplikasikan ked lama peranti teknologi tampilan.





OneCare. Atau lengkapnya Windows Live OneCare, adalah layanan keamanan computer dan peningkatan performa dari Microsoft untuk Windows. Softwrae-software yang ada disitu harus dengan biaya berlangganan dan bisa digunakan hingga 3 PC.


Opacity. Derajat sebuah layer untuk dapat dilalui cahaya (transparan). Opacity diukur dalam satuan persen, dari 100% - 0 %. Semakin tinggi nilai opacity, semakin tidak dapat ditembus cahaya. Sebaliknya, semakin rendah nilai opacity semakin dapat ditembut cahaya atau semakin transparan.


OpenGL. (Open Graphics Library) merupakan spesifikasi standar yang menjembatani cross language sebagai cross platform API untuk menulis aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D dan 3D. Interface pada OpenGL, terdiri atas lebihd ari 250 fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang kompleks. OpenGL, dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc pada tahun 1992 dan secara luas digunakan dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, simulasi penerbangan, dan video game.





Open JDK. Open JDK merupakan hasil karya dari Sun Microsystems untuk meluncurkan aplikasi berbasis Java Development Kit yang bersifat free & open source code secara menyeluruh. Sun mengumumkan pada Java One 2006, bahwa Java akan menjadi open source software. Pada 25 Oktober 2006, pada konferensi Oracle OpenWorld, Jonathan Schwartz mengatakan bahwa perusahan telah menjadwalkan untuk mengumumkan inti Java Platform pada 30 sampai 60 hari ke depan. Sun merilis Java Hostpot virtual machine, dan compiler sebagai free software di bawah lisensi GNU General Public License pada 13 November 2006.





OpenOffice.org. Paket aplikasi perkantoran yang bersifat free dan open souce software yang fungsinya hampir mirip dengan aplikasi Microsoft Office. Open Office.org didistribusikan sebagai free dan open souce software, dan ditulis dengan menggunakan GUI toolkit miliknya sendiri. APlikasi ini mendukung standar ISO/IEC OpenDocument Format (ODF) untuk pertukaran data dalam format file dasarnya.


Opera Turbo. Teknologi milik Opera yang diimplementasikan pada browsernya, termasuk browser lain yang menggunakan Opera Devices SDK. Opera Turbo melakukan kompresi traffic data sampai dengan 80% sehingga dapat mempercepat proses loading saat browsing. Berkat teknnologi ini, Opera menjadi pilihan banyak user yang memiliki koneksi Internet lamban.





Optical Drive. Sebuah perangkat elektronik yang menggunakan sebuah laser dalam pembacaan ataupun penulisan informasi ke dalam sebuah disk (CD/DVD). Biasanya optical drive ditemui pada perangkat computer akan tetapi mereka dapat berdiri sendiri menjadi perangkat khusus. Perangkat optical drive yang dapat ditemui antara lain digital versatile disc (DVD) player, Blu ray disc (BD) player. Compact Disc (CD) player sekalipun merkea tidak terpasang dalam perangkat komputer. Berbagai video game juga banyak menggunakan optical drive untuk pembacaan disc game.


Option Explicit. Untuk menentukan apakan variable-variabel yang digunakan dalam program harus dideklarasikan dahulu atau tidak Default nilainya adalah On.


Option Strict. Untuk menentukan apakah compiler memperbolehkan atua tidak konversi nilai imlicit yang berpotensi menyebabkan kehilangan data. Misalnya kita akan memasukkan nilai dari suatu variable dengan type data yang lebih lebar, ke variable yang tipe datanya letbih sempit atau dari tipe data yang berbeda. Contohnya dari integer ke string dan sebagainya. Secara default nilai dari Option Strict adalah Off.





Oracle. Salah satu perusahaan utama pengembang system manajemen basis data (database management system), perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan (CRM), enterprise resource planning (ERP) dan perangkat lunak manajemen pasokan (SCM) Oracle Corporation didirikan pada tahun 1977. Perusahaan ini memperkerjakan orang sebanyak 68.236 pekerja pada tahun 2007 dan bermarkas di Redwood City, California.





Outline. Garis-garis pinggir, yang mengikuti / mengelilingi bentuk objek dnegna nilai ketebalan tertentu.





Outlook. Sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan bagiand ari Microsoft Office Suite. Walaupun biasanya hanya diguakan untuk mengirim dan membaca e-mail, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila diguankan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak suara, kalender, dan jadwal bersama.


Overlay. Cover transparan yang menyelubungi sebuah gambar dan berfungsi sebagai penunjukan warna dan instruksi lain ke printer. Bisa juga bermakna lapisan transparan yang dipakai untuk menciptakan gambar komposit.

No comments:

Post a Comment