Add this

10 February 2011

Huruf F


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda





File. Istilah untuk sumber penyimpanan informasi pada komputer dengan variasi tipe yang dapat dibuka atau dijalankan menggunakan aplikasi-aplikasi yang sesuai. Sebuah file memiliki ukuran yang diekpresikan dengan sejumlah hitungan byte, yang mengindikasikan seberapa banyak ruang penyimpanan yang akan dihabiskan untuk penyimpanan sebuah file. File dapat dipindahkan, diberi nama atau dihapus langsung menggunakan aplikasi file manager seperti Windows Explorer, pada pengguna computer berbasiskan Windows.


File Setup. File yang mengandung program yang dapat dieksekusi, atau dijalankan dalam sebuah komputer tanpa bantuan apliaksi lain. File setup biasanya berekstensi EXE.



FileStream. Dipakai untuk membaca, menulis, membuka, dan menutup file pada sebuah file system. FileStream juga dipakai untuk memanipulasi file yang berkaitan dengan OS termasuk input standard an output standar.


Filter. Dalam dunia fotografi, filter adalah lensa tambahan yang digunakan untuk menciptakan efek tertentu, misalnya membirukan warna langit, menghilangkan pantulan cahaya pada benda berkilat, dan lain-lain. Demikian pula dalam Photoshop, filter digunakan untuk menciptakan efek tertentu pada gambar agar memiliki suatu kesan.


Fingerprint Scanner. Pernagkat otentifikasi yang menggunakan identitas biometric dari penggunanya. Sesuai dengan namanya, khususnya adalah sidik jari penggunanya. Mulai banyak digunakan dan terintegrasi pada notebook, dan beberapa perangkat pendukung lain. Mempermudah proses, karena tidak perlu mengingat nama user dan password.





FireWire. Merek dagang Apple sekaligus nama yang paling popular untuk standar kabel data antarmuka berseri IEEE 1394. Generasi terbaru FireWire 800 memiliki kecepatan dua kali lipat dari IEEE 1394 (FireWire 400) dengan kecepatan rata-rata 800 Mbps. FireWire tidak menggunakan memori prosesor dan bekerja secara independen sehingga dpaat bekerja lebih stabil dan kemungkinan terjadi hang kecil.





Firmware. Firmware sebetulnya adalah sebuah software yang digunakan pada perangkat hardware, biasanya disimpan pada flash ROM. Firmware tidak akan hilang, meskipun perangkat hardware dimatikan. Firmware berisi binary image file, dan biasanya dapat di upload ke perangkat hardware tersebut oleh pengguna. Update firmware terbaru juga biasanya disediakan oleh produsen, untuk perbaikan beberapa fungsi hardware.


Firmware. Istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu pada rutin-rutin software yang disimpan di dalam ROM (Read Only Memory). Rutin-rutin yang mampu menyalakan komputer (startup) serta instruksi input/output dasar (semacam BIOS atau sistem operasi embedded) disimpan dalam firmware).





Flickr. Situs web untuk berbagi foto, dan situs komunitas yang erupakan contah dari aplikasi Web 2.0. Sebagai situs web yang populer untuk berbagi foto pribadi, layana ini dimanfaatkan oleh banyak blogger sebagai tempat penyimpanan foto. Popularitasnya bertambah, seiiring peralatan komunitas online yang inovatif memperbolehkan foto-foto diberi tanda, dan dicari secara folksonomi.





Flight Simulator. Sistem yang berupaya menduplikasi dan menyimulasikan cara kerja atau pengoperasian pesawat serealistis mungkin. Pada awalnya digunakan sebagai latihan bagi calon pilot, sebelum menerbangkan pesawat sesungguhnya. Kemudian pada era modern diangkat menjadi tema game dengan pemain berperan sebagai pilot. Sudut pandang kamera biasanya akan mengambil bagian dalam (kokpit) pesawat lengkap dengan panel kontrolnya.





Flowchart. Representasi skematis dari sebuah proses. Flowchart banyakd gunakan dalam presentasi bisnis / ekonomi untuk membandu hadirin memvisualisasikan konten secara lebih baik, atau untuk menemukan kelemahan-kelemahan dalam sebuah proses.





FLV. Salah satu format video di Internet yang dimainkan dengan menggunakan Adobe Flash Player. Format FLV adalah proprietary dari Adobe. Flash Player yang bisa menghantarkan format FLV dimulai sejak Flash Player versi 6. Dengan mkemampuan diputar oleh SWF atau di-embedd ke dalamnya, FLV menjadi salah satu format video yang bisa diputar pada hampir di semua sistem operasi.


Focal length. Jarak antara sensor dengan titik focal (titik tengah lensa) dimana lensa terfokus secara tidak terbatas. Focal length diukur dalam satuan millimeter.


Folder. Elemen yang dipakai untuk menggambarkan sub direktori. Folder memberi representasi visual di mana Anda bisa mengumpulkan dokumen yang berhubungan dalam sebuah tempat yang sama. Folder juga bisa memudahkan dalam menavigasi isi harddisk.


Formula. Sekumpulan instruksi yang dimasukkan ke dalam sel untuk melakukan perhitungan (penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan lain-lain). Dalam aplikasi spreadsheet, formula selalu diawali dengan tanda sama dengan *=* dan melakukan kalkulasi untuk tiap sel.


Formula Bar. Area berbentuk kotak / segiempat yang terletak di atas jendela worksheet yang menampilkan isi sebuah sel, termasuk angka, teks, dan formula ketika sebuah sel diseleksi (diklik). Formula bar dapat digunakan untuk memasukkan dan mengedit data dalam sel terpilih.





Fourquare. Website social networking berbasis lokasi, software untuk perangkat mobile. Pengguna memberitahukan lokasi terbarunya atau yang disebut “check-in” dengan menggunakan website mobile, mengirimkan SMS, atau aplikasi khusus yang mendukungnya. Ketika melakukan check in yang menarik menurut website ini, penguna akan mendapatkan sebuah badge. Layanan ini diciptakan pada tahun 2009 oleh Dennis Crowley and Naveen Selvadurai. Sebelumnya, Crowley telah mengerjakan proyek serupa, Dodgeball, yang dibeli Google pada 2005 dan ditutup pada tahun 2009, digantikan dengna Google Latitude.


FOVEON X3. Sensor Foveon X3 adalah CMOS sensor gambar untuk kamera digital, dirancang oleh Foveon, Inc yang sekarang merupakan bagian Sigma Corporation dan diproduksi oleh National Semiconductor dan Dongbu Electronics. Dalam Foveon X3 digunakan sebuah array photosites yang terdiri atas tiga foto diode yang ditumpuk vertical dalam kotak dua dimensi dan memiliki sensivitas yang berbeda kurva spectral. Perbedaan itu disebabkan oleh panjang gelombang cahaya yang berbeda yang menembus silicon untuk kedalaman sinyal yang berbeda dari ketiga foto diode tersebut yang kemudian diolah. Dengan demikian, data menyediakan tiga warna primer aditif, yaitu merah, hijau, dan biru.


FPBGA. Adalah kependekaran dari Fine Pitch Bail Grid Array, merupakan salah satu teknik packaging untuk jenis komponen memory. DI mana terlihat dari pengguanan bola-bola mini di bawah chip dalam menghubungkannya dengan PCB.





Frame. Sel-sel kecil dalam satu windows. Dalam web browser tertentu, frame diguankan untukmenampilkan beberapa halaman ebsite dalam satu jendela.


Frame. Seperti layaknya film, sebuah animasi dalam Flash membagi panjangnya dalam frame-frame. Dalam timeline, isi dokumen diatur dan dikendalikan dalam masing-masing frame atau banyak frame.





Free Pascal. Salah satu compiler yang cukup bagus untuk bahasa pemrograman Pascal. Free Pascal adalah compiler 32 bit untuk processor jenis i386 dan m68k, Free Pascal memiliki kelebihan multiplatform, yaitu dukungan terhadap banyak operating sistem.





FTP. Singkatan dari File Transfer Protocol adalah sebuah protocol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan file komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork yang dikenal dengan download dan upload file. Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format http://namaserver/. Klien FTP dapat menghubung server FTP dengan membuka URL tersebut.





Full HD. Full High Definition video mengacu pada video dengan resolusi 1920 x 1080. Dikenal juga dengan singkatan 1080p. Angka “1080” menyatakan jumlah line pada resolusi vertical. Sedangkan huruf “p” menyatakan progressive scan. 1080p inilah yang disebut sebagai HDTV video mode, dengan rasio gambar 16:9 (wide format). Total resolusi gambar untuk masing-masing frame adlah 2.073.600 pixel.





Function. Dalam ilmu komputer, sebuah subroutine (function) adalah bagian dari kode yang melakukan tugas khusus, sebagai bagian dari program yang lebih besar, dan dikelompokkan sebagai satu, atau lebih blok statement.

No comments:

Post a Comment