Add this

10 February 2011

Huruf M





Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda


MAC. SIngkatan dari Media Access Control adalah alamat fisik dari sebuah hardware yang berjumlah 6 byte. Alamat ini dipakai untuk mengidentifikasi sebuah hardware yang berada dalam jaringan.


Macro. Urutan perintah penekanan tombol keyboard yang disimpan menjadi sebuah perintah. Pada game, macro biasanya terdiri dari urutan aksi yang dilakukan, mengurangi aktivitas penekanan tombol yang perlu dilakukan oleh penggunanya.





Malware. Atau perangkat perusak yang berasal dari kata mallcious dan softaware adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem koputer atau jejaring computer, tanpa izin (informed consent) dari pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu.





Malware. Program komputer yang diciptakan dengan tujuan mencari kelemahan atau bahkan merusak software atau sistem operasi. Ada beberapa kategori malware seperti virus, trojan, worm, spyware, dan lain-lain. Program komputer seperti ini biasanya dapat merusak software yang ada di komputer sehingga membawa dampat kerugian yang tidak sedikit.


Malware. Singkatan dari MaLicious software, yaitu software yang dirancang untuk menyembunyikan informasi penting, dan dapat menyebabkan kerusakan sistem. Virus, worm, Trojan horse, dan spyware dapat digolongkan sebagai Malware. Beberapa software yang mengeluarkan jendela iklan dapat juga membahayakan, karena software jenis ini dapat menginstal dirinya walaupun software ini sudah di uninstall.


Manager. Mode yang biasa terdapat pada game bergenre sport, di mana Anda bermain sebagai pengatur atau pelatih sebuah tim olahraga secara menyeluruh. Peran Anda dalam mode Manager tergantung dari opsi yang Anda pilih pada mode Manager, biasanya mencakup melatih tim muda, porsi latihan, mentalitas pemain, sampai dengan transfer pemain.


MAP. Istilah yang digunakan pada game untuk sebuah peta sebagai acuan penjelajahan dan urutan perjalanan. Map dimanfaatkan untuk menyusun strategi guna memenangkan permainan. Untuk mengurangi kebosanan pada sebuah game, kadang disertakan tambahan map yang diintegrasikan dalam bentuk patch atau add on.





MD5. Fungsi hash kriptografik yang digunakan secara luas dengan hash value 128-bit. Pada standar Internet (RFC 1321). MED5 telah dimanfaatkan secara bermacam-macam pada palikasi keamanan, dan MD5 juga umum digunakan untuk melakukan pengujian integritas sebuah file. MD5 didesain oleh Ronald Rivest pad atahun 1991 untuk menggantikan hash sebelumnya MD4.





md5. Message Digest algorithm 5 ialah fungsi hash kriptografik yang digunakan secara luas dengan hash value 128 bit. Pada standar Internet (RFC 1321). MD5 telah dimanfaatkan secara bermacam-macam pada apliksi keamanan, dan MD5 juga umum digunakan untuk melakukan pengujian integritas sebuah file. MD5 di desain oleh Ronal Rivest pada tahun 1991 untuk menggantikan hash function sebelumnya, MD4.





MediaWiki. Sebuah paket perangkat lunak wiki yang menggunakan lisensi GNU (General Public License). MediaWiki merupakan perangkat lunak yang dibuat secara khusus untuk Wikipedia dan proyek-proyek lainnya dari Yayasan Wikimeia, tetapi sekarang ini sudah digunakan secara luas. MediaWiki dibuat dengan menggunakan PHP dengan texvc untuk pross render simbil-simbol matematika, dan menggunakan sistem manajemen basis data relasional MySQL.





Metadata. Dta mengenai data. Metadata ini mengandung informasi mengenai isi dari suatu data yang dipakai utuk keperluan manajemen file/data itu nantinya dalam suatu basis data. Jika data tersebut dalam bentuk teks, metadatanya biasanya berupa keterangan mengenai nama ruas (field), panjang field, dan tipe fieldnya: integer, character, date, dll. Untuk jenis data gambar (image), metada mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan pemotretannya, dan setting kamera pada saat dilakukan pemotretan.





MHTML. Istilah lebih singkat untuk MIME HTML, format archive web page yang digunakan untuk mengikat resource. Secara tipikal direpresentasikan dengan link external, seperti image, animasi Flash, Java applet , audio file, dan sebagainya, bersama dengan kode HTML menjadi sebuah file tunggal. Format ini terkadang juga dirujuk sebagai MHT. Setelah penggunaan suffix .mht pada beberapa files secara default oleh Microsoft Word, Internet Explorer, dan Opera.





Microblogging. Atau Mikroblog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaruan singkat (biasanya kurang dari 200 karakter) dan mempublikasikannya baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut. Pesan-pesan ini dapat dikirim melalui berbagai cara, termasuk SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, web layanan terpopuler untuk mikroblog adalah Twitter, yang diluncurkan pada Juli 2006, dan telah memenangi Web Award untuk kategori blog pada konferensi South by Southwest 2007 di Austin, Texas, AS. Pesaing utama Twitter adalah Jaiku.





Microchip. Potongan kecil silicon water yang berisi ribuan komponen rangkaian elektronik berukuran mikro. Komponen-komponen elektronik tersebut terdiri atas transistor yang memuat fungsi-fungsi elektronik tertentu.





MicroSD. Nama lainnya TransFlash (TF), adalah varian ukuran terkecil dari media penyimpanan SD (secure digital) card berbasis flash memory. Merupakan salah satu jenis slot memory card yang paling banyak digunakan pad aperangkat mobile. Ukurannya yang kecil adalah salah satu alasan utamanya





Microsoft Flight Simulator X. Atau lebih dikenal dengan nama sederhana RSX adalah versi teranyar dari seri game popular Microsoft Flight Simulator. Memiliki kompatibilitas dengan Windows Vista, dan merupakan seri pertama dari seri Flight Simulator yang dirilis dalam bentuk DVD-ROM. Secara resmi game ini dirilis ke pasaran pada Oktober 2006. Game ini mencakup 28 kota dan 40 airport, yang keseluruhannya dirancang dengan sangat detail melalui 18 pilihan pesawat yang berbeda.


Microsoft Office Button. Fitur baru yang terdapat di Office 2007 yang berfungsi menggantikan menu File dan berlokasi di pojok kiri atas. Di dalamnya berisi perintah-perintah standar seperti Open, Sava, Print. Selain itu juga berisi perintah baru seperti Finish, Publish, Inspect Document.





Mobile Mark. Aplikasi benchmark baterai yang berbasiskan penggunaan aplikasi sehari-hari. MobileMark dikembangkan oleh BAPCO, dan versi terakhirnya adalah MobileMark 2007.


Mode Game. Game-game modern pada umumnya memiliki mekanisme game yang lebih dari satu, berupa beberapa pilihan cara permainaan dengan aturan, tantangan dan tingkat kesulitan yang berbeda. Pemain dapat memilih memainkan game dengan cara dan level yang mereka inginkan. Contoh mekanisme game yang sering diguankan adalah mode game casual, yang pada umumnya akan mengubah game menjadi lebih sederhana dengan gaya permainan linear. Mouse pad. Sebuatan lainnya adalah mouse mat. Sebuah alas dengan permukaan yang dirancang untuk penggunaan mouse. Keuntungan utama penggunaannya adalah kecepatan, ketepatan, dan kenyamanan pengguna mouse. Keuntungan tambahan adalah menghindari terjadinya gesekan langsung dengan permukaan meja, dan kotoran yang akan mengganggu pergerakan mouse. Bahan permukaan dan tekstur tergantung dari tipe mouse yang digunakan. Contohnya, lapisan dari karet lebih ditujukan untuk mouse ball, pelapis plastic atau kain ntuk mouse optical. Kini pengembangan rancangan pun semakin beragam. Ada yang dilengkapi dengan sandaran tangan (biasanya terbuat dari gel siliko).





Mono. Proyek open source yang diketuai oleh Voll untuk membuat kumpulan tool .NET yang kompatibel dengan standar ECMA, termasuk untuk compiler C# dan CLR-nya (Common Language Runtime). Tujuan dibuatnya Mono tidak hanya untuk dapat menjalankan aplikasi berbasis Microsoft .NET, tetapi juga dapat menjadi perangkat pengembang untuk para pengembang Linux. Mono dapat berjalan pad asistem oeprasi Android, BSD, iOS, Linux, Mac OS X, Windows, Solaris dan Unix.





Mouse Optical. Mouse optical menggunakan light emitting diode (LED) dan photodiode sebagai sensor pergerakan dari permukaan yang dilaluinya. Mouse optikal lebih baik dibandingkan jenis mouse makink yang masih menggunakan bola karet untuk membaca pergerakan mouse. Mouse laser masih termasuk bagian dari mouse optical, dengan menggunakan laser sebagai sinar yang dibaca oleh sensor photodiode.





Mouse pad. Sebutan lainnya adalah mouse mat, adalah sebuah alas dengan permukaan yang dirancang untuk meningkatkan penggunaan mouse. Keuntungan utama penggunaannya adalah kecepatan, ketepatan, dan kenyamanan pengguna mouse. Keuntungan tambahan adlah menghindari gesekan langsung dengan permukaan meja, dan kotoran yang akan mengganggu pergerakan mouse. Bahan permukaan dan tekstur tergantung dari tipe mouse yang digunakan. Contohnya, lapisan dari karet yanng lebih ditujukan untuk mouse ball, pelapis plastik atau kain untuk mouse optical. Kini pengembangan rancangan pun semakin beragam. Ada yang dilenkapi dengan sandaran tangan (biasanya terbuat dari gel silikon).





Mouseover. Event yang terjadi jika user meletakkan point mouse di atas objek. Sebagai contoh, Anda meletakkan pointer mouse di atas suatu link, maka alamat URL link tersebut tampil di dalam baris status.


MOV. Ekstension file yang digunakan oleh file multimedia yang dikemas dengan menggunakan QuickTime. Quicktime sendiri dikembangkan oleh Apple dan sifatnya cross platform atau biasa dimainkan di system oeprasi apa saja.


Movieclip. Salah satu jenis symbol yang dapat menjalankan animasi dalam aplikasi Flash, dan dapat dikendalikan dengan menggunakan fungsi dari class MovieClip.


Mozilla Firefox. Aslinya bernama Phoenix kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird adalah web browser antar platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sekarelawan. Dengan lebih dari 5 juta download pada 12 hari pertama rilisnya dan 6 juga hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 menjadi salah satu software gratis (open source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. Mozilla Foundation. Organisasi non-profit yang didirikan untuk mendukung dan menjadi pemimpin untuk berbagai macam proyek open source Mozilla. Organisasi ini memiliki sekumpulan kebijakan yang berpengaruh ke pengembangan, menyediakan infrastruktur, dan mengontrol merek dagang dan kekayaan intelektual. Mozilla Foundation juga memiliki dua perusahaan profit, yakni Mozilla Corporation yang mengkoordinasi proyek Mozilla Firefox, dan Mozilla Messaging, Inc., yang juga mengkoordinasi proeyk Mozilla Thunderbird.


MP4. Atau MPEG-4 Part 14 adalah standar format multimedia yang dispesifikasikan sebagai bagian dari MPEG-4. Biasa dipakai untuk menyimpan audio video digital. Beberapa perangkat yang dikategorikan sebagai MP4 player sebenarnya adalah MP3 player yang bisa memainkan format AMV atau format video lainnya t api sebenarnya tidak bisa memainkan format MPEG-4 Part 14 sesungguhnya.





MPEG4. Diperkenalkan pada akhir 1998 adalah sebuah nama dari sebuah grup coding standar audio dan video serta teknologi yang berhubungan dengan Moving Picture Experts Group (MPEG) ISO/IEC. Kegunaan utama bagi standar MPEG-4 adalah Internet (Streaming media) dan CD, videophone, dan televisi broadcast. Format MPEG-4 sangat tepat untuk memaparkan format video yang besar, seperti avi atau vob, karena konsep dasar dari kompresi MPEG-4 adalah mengkompres file ketika menyimpan video.





MPEG-4. Diperkenalkan pada akhir 1998, adalah sebuah nama dari sebuah grup coding standar audio video dan teknologi yang berhubungan disetujui oleh Moving Picture Experts Group (MPEG) ISO/IEC. Kegunaan utama bagi standar MPEG-4 adalah internet (streaming media) dan CD, videophone, dan televise broadcast. MPEG-4 menyera begitu banyak fungsi dari MPEG-1 dan MPEG-2, dan standar berhubungan lainnya, menambahkan fungsi baru seperti dukungan VRML (extended) untuk pe-render-an 3D, file komposisi berorientasi objek (termasuk audio, video, dan VRML), dukungan spesifikasi Manajemen Hak Cipta Digital, dan banyak interaktivitas lainnya.





MSN. The Microsoft Network atau disingkat MSN, merupakan layanan online service yang dibuat oleh Microsoft Corp. Microsoft menggunakan MSN untuk mengenalkan sejumlah layanan berbasis web yang dibuatnya, termasuk Hotmail dan Messenger. Setelah mengalami proses reorganisasi, layanan ini berubah nama menjadi Windows Live.

No comments:

Post a Comment