Add this

10 February 2011

Huruf E


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda





E4X. ECMAScript for XML. Ekstensi bahasa prmorgaraman yang menambahkan dukungan pada XML asli untuk ECMAScript (termasuk di dalamnya ActionScrip, DMDScript, JavaScript, Jscript). Tujuannya adalah menyediakan alternative pada interface DOM yang menggunakan sntax yang lebih sederhana untuk mengakses dokumen XML.


EDGE. Enhanced Data rates for GSM Evolution. Teknologi ponsel digital yang berkembang dari teknologi 2G dan 2.5G atau yan biasa disebut General Packet Radio Service (GPRS). Teknologi EDGE bekerja baik untuk jaringan GSM dan TDMA. EDGE atau biasa dikenal sebagai GPRS, memberikan perkembangan teknologi yang disebut Enhanced GPRS (EGPRS), yang dapat dipakai sebagai aplikasi packet switched seperti koneksi Internet.





Electrostatic Discharge. Arus listrik bersifat sementara dan tiba-tiba yang mengalir di antara dua objek pada potensial yang berbeda. Istilah ii bisa dipakai di dunia elektronik untuk menggambarkan arus tidak diinginkan yang bisa merusak perangkat elektronik. Salah satu contoh electrostatic discharge adalah percikan listrik.





Ellipse Tool. Fasiltias / tools yang disediakan software CoreleDraw untuk membuat objek elips maupun lingkaran.





elseif. Sesuai namanya, elseif adalah kombinasi dan if dan else. Seperti else, ia akan memperpanjang statement if yang berbeda seandainya if tersebut bernilai FALSE. Tapi tidak seperti else, elseif akan mengeksekusi ekspresi alternative, hanya jika kondisi ekspresi elseif bernilai TRUE.


Embossed. Efek timbul atau pahatan. Image dengan efek emboss seolah-olah dibuat dengan menekan cetakan gambar pada kertas atau lempeng logam. Ukuran pada kayu atau logam merupakan contoh emboss.





Empathy. Aplikasi instant messaging client yang mendukung teks, suara, video, transfer file, melalui sejumlah protocol yang didukug oleh Empathy. Empathy dibuat dengna menggunakan framework Telepathy, dan menggunakan Gossip sebagai antara mukanya. Saat ini, Empathy sudah dapat diguakan untuk melakukan komunikasi suara dan video call menggunakan protocol SIP, XMPP, Google Talk, dan MSN.


Enkripsi. Proses transformasi/ pengubahan informasi dengan algoritma tertentu (chipper) untuk membuatnya menjadi tidak dapat dibaca oleh orang lain tanpa menggunakan kunci (key) khusus. Lawan proses enkripsi ini adlaah deskripsi yang merupakan proses untuk embuat informasi yang telah dienkripsi tadi dapat kembali dibaca sebagai informasi yang berguna.


Enthusiast System Architecture. Protokol terbuka dua arah untuk komunikasi antarkomponen PC. Contohnya, ESA dipakai untuk memantau temperature antara casing dengan power supply. ESA diciptakan oleh nVidia dan beberapa perusahaan lainnya. Spesifikasi pertama ESA yaitu 1.0 dirilis pada tahun 2007.





EOS. Singkatan dari Electro Optical System, sebuah sistem kamera Canon yang menekankan penggunaan auto focus (AF) pada sistem kameranya. Canon EOS menggunakan format kamera 35 mm, dan system kamera digital SLR EOS kali pertama diperkenalkan pada tahun 1987.





Event. Fungsi yang akan dijalankan oleh tombol perintah (command button). Pada saat tombol ditekan, computer akan melaksanakan event y ang didefinisikan dalam command button.





Exception. Suatu event dalam alur program, dimana terjadi suatu error yang mengganggu alur program secara normal. Excepetion dalam Java juga berarti class yang bertugas untuk menangani error tersebut. Ada beberapa class turunan Exception sesuai kebutuhan, salah satu contohnya adalah RuntimeException dan FileNotFoundException.


Expansion Pack. Tambahan dalam game yang tlah dirilis oleh pembuat game tersebut sehingga membutuhkan aslinya untuk di install terlebih dahulu. Biasanya, expansion pack berisi area game baru, senjata, objek atau cerita misi yang tidak terkait dengan misi utama. Harga expansion pack biaanya lebih murah daripada game aslinya. Tujuannya adalah membuat pemain tidak bosan dalam memainkan game tersebut.





Experience Points. Unit pengukuran yang umumnya di gunakan dalam banyak game RPG untuk memperlihatkan kemajuan karakter pemain sepanjang game tersebut. Experience points akan diterima sebagai award, ketika pemain berhasil melengkapi quest yang diberikan. Mengalahkans emua lawan dan menyelesaikan permainan. Dalam banyak game RPG, karakter akan dimulai dengan kondisi lemah dan tidak terlatih. Ketika sejumlah experience points telah didapatkan level karakter akan meningkat dan memungkinkan karakter untuk mendapatkan keahlian baru.


Extension. Suffix yang ditempatkan pada nama file untuk menandai format file tersebut. Merupakan sebuah tipe metada yang umum digunakan untuk mengambil informasi, sesuai dengan cara data tersebut tersimpan. Beberapa sistem operasi seperti Unix hanya menggunakan aturan file extension secara optional, sementara bagi yang lain merupakan suatu kebutuhan. Pada Microsoft Windows dan DOS, beberapa tipe extension mengindikasikan file executable.





Extract. Aksi atau proses untuk mendapatkan data binary dari sumber data untuk keperluan pemrosesan data atau penyimpanan data. Proses ini biasanya diikuti dengan transformasi data. Pada ilmu computer, proses extract dilakukan pada data yang telah dikompresi terlebih dahulu. FungsiExtract pada umumnya telah menjadi satu dengan aplikasi kompresi tersebut.

No comments:

Post a Comment