Add this

10 February 2011

Huruf V


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda





VBR. Variable Bite Rate adalah metode encoded video yang menjamin kualitas video dengan menempatkan intelligent bit selama proses encoding. Encoder mengalokasikan informasi yang sesuai untuk setiap detiknya, bergantung pada kompleksitas file video. Dibandingkan dengan CBR, VBR video menyediakan kualitas yang lebih baik dengan penggunaan rata-rata bandwidth yang sama. Penggunaan VBR akan menghasilkan penggunaan bandwidth yang efisien, tetapi perbedaan bit rate paket video menyebabkan permasalahan dalam menghitung bandwidth efektif dari video streams.


Video Game. Game yang menggunakan itneraksi dengna user interface melalui gambar yang dihasilkan oleh perangkat video. Video game umumnya menyediakan sistem penghargaan, misalnya skor yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada dalam game. Banyak video game yang menggunakan joystick sebagai alat interaksi. Namun, dengna semakin sering dipakainya istilah “video game”, kini kata “video game” dapat digunakan untuk menyebut game pada perangkat tampilan apa pun. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan video game disebut platform. Contohny adalah PC dan konsol game.


Video Streaming. Layanan yang berbasiskan data multimedia (audio dan video) yang ditransmisikan melalui Internet. Pada saat proses transfer data multimedia berjalan, file video sudah dapat diputar dan disaksikan tanpa harus menunggu keseluruhan file terdownload. Pentransferan file audio dan video tersebut dilakukan secara ”stream”, alias terus menerus. Dari sudut pandang prosesnya, streaming berarti sebuah teknologi pengiriman file dari server ke client mellaui jaringan packet based semisal Internet File tersebut berupa serangkaian paket time stamped yang disebut stream.


Virtualisasi. Istilah umum yang mengacu kepada abstraksi dari sumber daya komputer. Definisi lainnya adalah sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara system lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah system operasi, sebuah aplikasi atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal; atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logika.


Virtualized Controller Architecture. Teknologi dari OCZ yang mengumpulkan resource dari dua atau lebih NAND Nash controller, MCP, storage processor, dan interface fisik dengan fitur tertentu yang menghilangkan penggunaan ulang silikon. VCA mampu mengalamatkan NAND flash secara inovatif, menghilangkan bottleneck, meningkatkan kecepatan baca/tulis hingga ke batas maksimum dan menjaga latensi tetap minimum.


Virtual Memory. Mekanisme yang digunakan oleh aplikasi untuk menggunakan sebagian memori sekunder seolah-olah ia menggunakan sebagai RAM fisik yang terinstal dalam sistem. Mekanisme itu beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke file dalam hard drive yang disebut dengan swap file, page file, atau swap partition.


Visual Basic. Sebuah bahasa pemrograman generasi ke-4 (fourth generation programming language) yang diciptakan oleh Microsoft. Programmer yang menggunakan Visual Basic bisa memilih kode terkompilasi atau kode yang harus diintepretasi sebagai hasil executable dari kode VB. Visual Basic menjadi populer karena kemudahan desain form secara visual, dan adanya kemampuan untuk menggunakan komponen-komponen ActiveX yang dibuat oleh pihak lain.





VLC. Aplikasi video open source, dan bersifat free software yang dibuat oleh VideoLAN project. VLC mendukung banyak format file codec, audio, dan video, serta DVD, VCDs, dan berbagai streaming protocol. VLC dapat melakukan streaming melalui jaringan dan transcode file multimedia, dan menyimpannya ke dalam berbagai format. VLC dilisensikan oleh Video-LAN project di bawah lisensi GPL 2.





Vorbis. Metode kompresi audio lossy gratis dan open source yang diprakarsai oleh Xiph.org dengan tujuan untuk menggantikan format MP3. Karena hasil kompresi Vorbis biasanya disimpan dalam kontainer OGG, maka Vorbis juga sering disebut Ogg Vorbis. Pengembangan Vorbis dimulai September 1998, didorong dengan pengumuman dari Fraunhofer Gesellschaft bahwa mereka akan mulai menarik biaya lisensi format MP3, Pada tanggal 19 Juli 2002, versi stabil 1.0 Vorbis dirilis.

No comments:

Post a Comment