Add this

10 February 2011

Huruf W





Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda





W3C. World Wide Web Consortium adalah suatu konsorsium yang bekerj auntuk emngembangkan standar-standar untuk World Wide Web Spesifikasi teknologi-teknologi utama yang dipakai sebagai basis utama web,s eperti URL (Uniform Resource Locator), HTTP (HyperText Transfer Protocol), dan HTML (HyperText Markup Language) dikembangkan dan diatur oleh badan ini.





Walkman. Pemutar audio kaset sebagai pemutar audio dan video portabel. Walkman mengubah kebiasaan mendengarkan musik, sehingga seseorang dapat mendengarkan musik di mana saja. Walkman dirilis pada tahun 1979, di Jepang da disebut Soundabout di negara seperti Amerikat, Freestyle di Swedia, dan Stowaway di Inggris Raya. Peralatan ini dibuat pada tahun 1978 oleh enginer audio Nobutoshi Kihara, untuk mantan ketua Sony, Akio Morita, yang ingin mendengarkan musik ketika perjalanan dengan pesawat terbang.


WAV. Kependekan dari format audio Wave form, WAV adalah format audio yang dikembangkan bersama-sama oleh Microsoft dan IBM, dan merupakan sebuah standar audio format untuk penyimpanan di komputer. WAV merupakan varian dari RIFF Bitstream Format, sebuah metode untuk menyimpan data di “chunks”, dan juga menutup format IFF dan AIFF, format yang digunakan oleh Macintosh.


Web browser. Paket software yang membantu user menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen yang tersimpan pada wb server. Web browser yang eding digunakan pada PC antara lain MS Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Web Server. Web server memiliki dua arti. Pertama, komputer server yang bertugas untuk menyimpan file-file website, sebagian besar berupa dokumen HTML, dan melayani permintaan file tersebut oleh client melalui jalur HTTP. Keuda, aplikasi yang bekerja sebagai daemon (service) yang melayani permintaan dan pengiriman dokumen web. Aplikasi webserver yang cukup terkenal di antaranya Apache dan IIS.


Web server. Software server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari client yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Web server yang terkenal di antaranya adalah Apache dan IIS.





Web Service. Adalah apliaksi Web yang menyediakan servis sehingga dapat digunakan oleh aplikasi lainnya. Cukup menggunakan satu servis dari web service, dapat dibuat berbagai macam aplikasi yang akan memanfaatkan layananya. Mekanisme autentifikasi web servis dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti API Key maupun Password.


Web Services. Sekumpulan protocol dan standar yang digunakan untuk saling bertukar data antar apliaksi atau system. Software tertulis dalam beragam bahasa pemrograman dan berjalan pada beragam platform dapat memanfaatkan web service untuk saling bertukar data lewat network computer sebagaimana perilaku serupa dalam Internet untuk komunikasi antar proses pada satu computer. Interoperabilitas ini (antara Java dan dPython, atau aplikasi Windows dan Linux) adalah buah dari penggunaan standar terbuka.





Webcam. Singkatan dari web camera adalah sebutan bagi kamera real time yang gambarnya bisa diakse atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging atau aplikasi video call. Webcam biasanya beresolusi sebesar 352 x 288 / 640 x 480 pixel. Namun ada yang kualitasnya hingga 1 MP.





Weld. Fasilitas dalam Software Corel Draw untuk mengkombinasikan dua objek atau lebih menjadi satu kurva dan satu outline (bentuk gabungan dari dua objek tadi), yang mana warna objek dan warna outline bergantung pada objek sumber (source object) dan objek target (target object).





Weld. Fasiltias dalam software CorelDraw untuk mengkombinasikan 2 objek atau lebih menjadi satu objek tunggal dengna satu kurva, dan satu outline (bentuk gabungan dari 2 objek tadi). Di mana warna objek dan warna outline, bergantung pada objek submer (source object), dan objek target (target object).





WiFi. Sebutan popular dari teknologi wireless yang digunakan pada jaringan nirkabel. Penggunaannya kini meluas selain pada PC, juga mulai digunakan pada handset mobile phone, video game console, PDS, dan perangat portabel lainnya.


WiFi. Wireless Fidelity. Sekumpulan standar yang digunakan oleh Jaringan local Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN)) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.



Windows 7. Sebelumnya bernama Blackcomb atau Vienna merupakan versi terbaru Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista. Microsoft mengumumkan bahwa pengembangan Windows 7 akan berjalan dalam tiga tahun. Versi klien dari Windows 7 dirilits dalam versi 32 bit dan 64 bit walaupun versi servernya hanya dirilis dalam versi 64-bit, yang akan dinamakan Windows Server 2008 R2. Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 Oktober2009. Windows 7 didesain dengan fitur baru dan peningkatan performa dari Windows Vista.





Windows Defender. Peranti lunak bawaan Vista sebagai fitur pelangkap keamanan. Ketika Anda menggunakan computer, sangat penting untuk memiliki peranti anti spyware untuk mencegah software-software yang tidak diinginkan menginstal diri mereka. Setiap anda melakukan sambungan ke Internet Windows Defender menyediakan dirinya dengan real time protection, dan pilihan scan yang dapat Anda atur untuk melakukan scan otomatis pada waktu-waktu tertentu.



Windows Experience Index. Bagiand ari Windows System Assessment Tool (WinSAT) yang mengukur karakteristik performa dan kapabilitas hardware yang sedang berjalan. Laporan hasil pengukuran ini disebut Windows Experience Index, dan ditampilkan dalam bentuk skor. WEI mengandung 5 subskor yaitu prosesor, memory, grafis 2D, grafis 3D dan disk.





Windows Explorer. Aplikasi yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sistem operasi Microsoft Windows. Windows Explorer menyediakan interface grafis kepada penguna untuk mengakses system file. Komponen Windows inilah yang mempresentasikan interface kepada pengguna di dalam monitor dan mengizinkan penguna untuk mengontrol komputer yang menjalankan system operasi Windows. Kadang-kadang Windows Explorer juga disebut sebagai Windows GUI shell atu “Explorer” saja.





Windows Live ID. Dikenal juga sebagai Microsoft Passport, .NET Passport, atau Microsoft Passport Network. Windows Live ID adalah layanan tunggal yang dikembangkan oleh Microsoft untuk melakukan login ke berbagai website hanya dengan menggunakan satu account saja. Website-website tersebut antara lain Hotmail, MSNBC, MSN, Xbox Live, .NET Messenger Service, dan Zune.





Windows Live Move Maker. Software untuk pembuatan atau pengeditan video yang merupakan bagian dari Microsfot Windows Live. Windows Live Movie Maker merupakan desain ulang dengan penambahan beberapa fitur dari Windows Movie Maker. Windows Live Movie Maker juga memungkinkan pengguna untuk melakukan publish video pada Windows Live Sky Drive, Facebook, Youtube dan Flickr.





Windows Live SkyDrive. Bagian dari layanan Microsoft Windows Live. SKyDrive adalah layanan file hosting yang memungkinkan pengguna untuk mengupload file kepenyimpanan berbasis cloud dan kemudian mengaksesnya dari browser. SkyDrive menggunakan Windows Live ID untuk mengontrol akses ke file pengguna, yang memungkinkan merek auntuk menjaga file pribadi, berbagi, atau membuat file-file publik. Layanan ini menawarkan penyimpanan pribadi sebesar 25 GB gratis dengan file individual terbatas untuk 50 MB.





Windows Sidebar. Komponen Windows Vista yang berisikan apliaksi mini atau dikenal dengan gadget yang berbasiskan pada kombinasi script dan html. Sidebar ini bila diaktifkan muncul di sisi kanan layar, dan berguna untuk menampung aplikasi-aplikasi kecil (applet). Applet ini dalam Windows disebut gadget. Beberapa gadget yang disertakan misalnya jam, RSS Reader, dan kalender.


WinRAR. Aplikasi file archiver dan utility data kompresi yang dikembangkan oleh Eugene Roshal. WinRAR mendukung penuh format RAR dan Zip, dan bisa melakukan proses unpacking arsip berformat ARJ, LZH, TAR, GZ, ACE, UUE, BZ2, JAR, ISO, 7z dan Z.


Wireless. Teknologi yang tidak menggunakan media kabel ketika transfer data dilakukan.Teknologi ini memanfaatkan sinyal radio atau gelombang cahaya, seperti infra red dengan Bluetooth sebagai media pengantar data. Sistem ini berguna jika sistem melalui kabel cukup memakan biaya dan teknologi ini biasa digunakan dalam perangkat mobile.





Wizard. Sebuah user interface software yang mengarahkan user untuk proses tertentu secara bertahap namun pasti, sehingga memudahkan user bahkan bagi pemula sekalipun. Tahapan demi tahapan ditampilkan berupa jendela dialog option yang memberikan informasi dan tindakan selanjutnya.





WMLScript. Dialek JavaScript yang diguankan unuk halaman WML (Wireless Markup Language, bahasa markup berbasis XML yang diperuntukkan bagi perangkat-perangkat yang mengimplementasikan spesifikasi WAP seperti ponsel). WMLScript adlaah client side scripting yang sangat mirip dengan JavaScript. Seperti halnya JavaScript. EMLScript di gunakan untuk keperluan seperti memvalidasi input dari user, membuat pesan error, dan dialog box lainnya.





WMV. Windows Media Video adalah nama generik untuk kumpulan teknologi codec video yang dikembangkan oleh Microsoft. WMV merupakan again dari kerangka kerja Microsoft Windows Media framework. Berkas WMC (.wmv) menggunakan format pembawa ASF milik Microsoft. Berkas ini dapat dijalankan oleh Windows Media Player, dan player lainnya seperti Mplayer, VLC media player atau Media Player Classic.





WMV. Windows Media Video. Nama generic untuk kumpulan teknologi codec video yang dikembangkan oleh Microsoft. WMV merupakan bagian dari kerangka kerja Microsoft Windows Media framework.


WordPress. Blogging software yang ditulis dengan menggunakan PHP dan menggunakan database server MySQL, penerus resmi dari b2\cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. WordPress dibuat khusus untuk blog, walaupun dapat pula difungsikan sebagai CMS untuk keperluan lain. Sebuah blog, sebagaimana didefinisikan oleh Codex Glossary WordPress adalah sebuah jurnal online, diari, atau serial yang dipublikasikan oleh seseorang atau organisasi. Rilis terbaru WordPress adalah versi 2.8. WordPress didistribusikan dengan lisensi GNU GPL.





WPF. Singkatan dari Windows Presentation Foundation, adalah teknologi baru yang dirilis oleh Microsoft bersamaan dengan .Net Framework 3.0 (versi sekarang adalah 3.5). Selain WPF .Net 3.0 juga menyertakan beberapa teknologi baru yaitu WF (Workflow Foundation) untuk permodelan, dan WCF (Windows Communication Foundation) yang merupakan pengembangan dari Web services. WPF merupakan next generation graphic platform yang memungkinkan user membuat advance UI (User Interface) yang memadukan document, media, 2D dan 3D, dan animation yang memiliki kemiripan dengan pemrograman web. WPF dapat digunakan pada platform Windows seperti Windows XP, Vista, dan Windows Server 2003/2008.

No comments:

Post a Comment