Add this

10 February 2011

Huruf A





Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda





.Net. Microsoft .NET Framework atau disingkat .NET merupakan komponen yang dapat ditambahkan ke sistem operasi Microsoft Windows atau telah terintegrasi ke dalam Windows. Framwork ini menyediakan sejumlah besar solusi program untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan umum program baru dan mengatur eksekusi program-program yang ditulis secara khusus untuk framework ini. Framework .NET adalah kunci penawaran utama dari Microsoft dan dimaksudkan untuk digunakan oleh sebagian besar palikasi-aplikasi baru yang dibuat untuk platform Windows.





3D. Berarti parameter atau pengukuran yang dibutuhkan untuk mendefinisikan sifat-sifat suatu objek, yaitu panjang, lebar dan tinggi atau ukuran dan bentuk. Dlama matematika dan fisika, 3D adalah parameter yang dibutuhkan untuk menggambarkan posisi dan sifat-sifat objek dalam suatu ruang. Dalam konteks khusus, satuan ukuran dapat pula disebut “dimensi”, meter atau inci dalam model geografi, atau biaya dan harga dalam model ekonomi.


3D Stereoscopic. Gambar ilusi tiga dimensi (3D) yang dihasilkan dengna menggabungkan dua gambar dua dimensi (2D) yang berbeda. Ilusi kedalaman gambar yang menciptakan ilusi 3D, dihasilkan dengan memanipulasi pengolahan gambar pada otak. Streoscopic menampilkan dua gambar dengan sudut pandang yang berbeda, dengan obyek yang sama untuk masing-masing mata. Perbedaan sudut pandang, disamakan dengan perbedaan sudut antara kedua mata.


3D Active Shutter. Tekniik untuk televisi plasma HD dari televisi LCD. Dengan active shutter, penampil masih harus menggunakan kacamata terpolarisasi, tetapi dengan 3D active shutter, kacamata 3D active shutter akan disinkronikasikan dengan sinyal dari televisi. Bagian kacamata akan bergantian melakukan blocking yang dimulaid ari blok kanan dan pandangan mata sebelah kiri secara bergantian sehingga mata menerima gambar 3D dengan benar. Sistem baru ini memberikan resolusi yang lebih tinggi daripada X-Pol karena teknologi ini membuat setiap mata melihat semua baris di video. 3D Vision IR emitter. 3D Vision ayng sebelumnya adalah GeForce 3D Vision merupakan perangkat game stereoskopik dari nVIDIA yang terdiri atas kacamata shutter LC dan driver software yang memungkinkan visi stereoskopik pada setiap permainan Direct3D dengan berbagai tingkat kompabilitas. Ada banyak jenis kacamata 3D akhir-akhir ini.3D Vision IR emitter diperkenalkan pada 2008 untuk konsumen umum dan penggemar game di PC. Perangkat itu kompatibel dengan monitor CRT high end dan membutuhkan graphic card dari nVIDIA.


_alpha. Nilai transparansi alpha dari sebuah movie clip. Nilai yang valid adalah antara 0 (full transparan) hingga 100 (warna solid), tiap movieclip memiliki nilai default 100. Objek dalam movieclip dengan _alpha di set 0 akan tetap aktif meskipun invisible, contohnya saja kita tetap dapat mengklik button dalam movieclip yang _alpha property-nya di set 0. Untuk mendisable movieclip atau button secara totol, property _visible yang perlu di set menjadi false.





AAA. Baterai berukuran pajang 44,5 mm dan diameter 10,5 mm dan memiliki berat sekitar 11,5 gram. Baterai alkalin ukuran ini memiliki tegangan 1,5 volt, dan kuat arus dari 900 sampai 1.155 Ampere. Baterai AAA juga memiliki kode lainnya seperti LR03 (IEC), 24A (ANSI/NEDA), R03, MN2400, AM4, UM4, HP16, atau mikro. Baterai berukuran AAA umum digunakan dalam alat elektronik kecil seperti remote control, pemutar MP3 dan kamera digital.





AAC. Singkatan dari Advanced Audio Coding merupakan standar format berkas audio terkompresi. AAC umumnya memiliki kualitas suara yang lebih baik dibandingkan dengan format populer MP3 dalam bitrate yang sama, khususnya pada bitrate di bawah 100 kbit/s. AAC merupakan format yang umum digunakan ketika melakukan kompresi CD audio pada Apple. iPod dari iTunes (eksesi .m4a). Format ini merupakan bagian standar Motion Picture Experts Group (MPEG). Sample rate yang ditawarkan sampai 96 KHz atau dua kali MP3 yang hanya 44 KHz.





Accelerometer. Perangkat yang mengukur akselerasi dan sanggup mendeteksi ketinggian dan arah akselerasi dalam kuantitas vektor. Accelerometer banyak digunakan di berbagai bidang teknik, kedokteran, aviasi, transportasi hingga barang elektronik. Perangkat yang memanfaatkan accelerometer antara lain Google Nexus One, HTC Hero, Apple iPhone, Samsung Omnia, Samsung innov8, Samsung Rogue, Motorola Droid, Nokia N96, Sony Ericsson W910i, Blackberry Storm, HTC Touch Diamond, Microsoft Zune HD, Apple iPod.





Add in. Program kecil yang berjalan bersama dengan aplikasi lain. Add in menjalankan fungsi tambahan yang tidak dimiliki oleh aplikasi standar. Add in tidak dapat berjalan sendiri. Untuk menjalankan add in, aplikasi utamanya juga harus aktif dan add in berjalan di atasnya.





Add-on. Program kecil yang ditambahkan dalam program utama dengan tujuan agar program utama dengan tujuan agar program utama lebih powerful. Add-on dapat dikatakan juga sebagai ekspansi fitur, Add-on banyak didapati pada aplikasi browser.





Administrator. Merupakan sebuatan untuk peningkat tertinggi user account khusus pada sistem, dan memiliki wewenang terbesar untuk melakukan perubahan-perubahan pada sistem. Pemisahan wewenang administrator dari user normal akan meminimalisasi pengisnfeksian virus dan malware. Sejumlah sistem operasi yang bertujuan untuk penggunaan rumahan seperti MS-DOS dan Windows 9x, tidak memiliki konsep user account ganda, dan dengan demikian tidak memiliki account administrator terpisah. Semua orang yang menggunakan system memiliki wewenang yang sama.


Addons. Fungsi addon adalah sebagai perangkat tambahan yang menambah fungsionalitas software. Karena bersifat terbuka. Firefox memiliki banyak addon yang dikembangkan oleh komunitas penggunanya. Jenis, addon berbeda-beda dan terklasifikasi sesuati ketentuan.





Aero Snap. Fitur grafis tambahan pada Aero ini akan berfungsi ketika ANda melakukan klik dan drag pada sebuah jendela menuju ke sisi kanan atau kiri desktop. Aksi ini akan menyebabkan setengah sisi layar dipenuhi dengan jendela tambahan tersebut, ketika pointer mouse mencapai sudut layar. Drag kembali windows tersebut untuk mengambalikannya ke bentuk semula.





AGP. Accelerated Graphics Port adalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA, bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan. Spesifikasi AGP pertama kali (1.0) dibuat oleh Intel dalam seri chipset Intel 440 pada Juli tahun 1996. Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI, tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. Selain itu, secara fisik, logis dan secara elektronik, AGP bersifat independen dari PCI. Tidak seperti bus PCI yang dalam sebuah sistem bisa terdapat beberapa slot, dalam sebuah sistem, hanya boleh terdapat satu buah slot AGP saja.





AGP. Singkatan dari Accelerted Graphics Port adalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tingga, menggantikan bus ISA, bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan. Spesifikasi AGP pertama kali (1.0) dibuat oleh Intel dalam seri chipset Intel 440 pada Juli tahun 1996.





Aircraft. Kendaraan yang mampu diterbangkan dengan menggunakan prinsip melawan daya tarik bumi. Berbagai cara telah digunakan, seperti menggunakan balon udara, sayap pada pesawat dan hangglider atau baling-baling pad ahelikopter dan gyrocopter.


Alamat IP. Kombinasi sejumlah angka yang bersifat unik sebagai pengenal sebuah host di suatu jarignan. Sebuah software akan menggunakan alamat ini ketika hendak mengakses data atau informasi yang ada pada host tersebut. IP Address bisa dibagi menjadi dua bagian, yaitu network address dan host address. IP Address umumnya terdiri dari 4 kombinasi angka dan berukuran 32 bit, masing-masing dipisahkan dengan titik. COntohnya: 192.168.0.208





Alarm jam. Pengingat waktu, yang akan berbunyi pada waktu yang ditentukan penggunaannya. Awalnya, fungsi ini hanya tersedia pada jam weker. Seiring waktu, fungsi ini diintegrasikan pada game watch, ponsel, sampai radio. Bisa berupa bunyi suara beep, dentingan lonceng, suara midi, mp3, dan seterusnya. Sebagai penganti bunyi, juga digunakan getaran / vibrasi ataupun pancaran sinar.


Alkaline. Jenis baterai yang tidak bisa di charge ulang, dan banyak dipakai di perangkat elektronik yang membutuhkan daya lebih. Baterai alkaline dapat memberikan energy 50-100% lebih banyak dibandingkan baterai karbon.





Alter Ego. Dari bahasa latin yang berarti “yang lai” , adalah istilah yang menggambarkan diri yan gkedua, kepribadian ganda dalam diri seseorang. Kelainan ini ditemukan pada awal abad ke 19, ketika penyakit schizophrenia kali pertama dideskripsikan oleh psikologis pada era tersebut. Orang-orang yan gmemiliki alter ego, seolah-olah menjalani dua hidup yang berbeda. Tema tentang ini sudah banyak kali diangkat dalam berbagai film, misalnya Dr Jekyll and Mr Hyde yang melukiskan konsep sisi baik dan jahat di dalam diri seseorang.





Android. Sistem operasi untuk telepon seluler yang bebasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untukd igunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc, pendapatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk emngembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi. Di dunia ini terdapat dua jenis distributor system oeprasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar-benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung dari Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).


Antenna Mobility Platform. Disingkat AMP, menyediakan landasan teknologi scalable dan extensible untuk memobilitasasi sumber data di dalam atau di luar perusahaan melalui jaringan nirkabel di seluruh dunia, ke smartphone, atau perangkat tablet. Memanfaatkan munculnya teknologi terbaru dan terbaik berbasiskan standar, AMP adlaah gabaungan dari lima komponen penting yang saling berhubungan untuk memberikan arsitektur end to end untuk emndukung setiap solusi mobile.





Apple TV. Perangkat digital media reciver yan gdiproduksi dan dijual oleh Apple Inc. Perangkat ini merupakan sebuah computer yang berjenis small form factor (SFF) yang ditujukan untuk menjalankan data digitalyang berasal dari iTunes, Netflix, YouTube, Flickr, dan MobileMe. Slain itu,Apple TV jgua dapat menjalankan data dari computer dengan system operasi Mac OS X atau Windows melalui softare iTunes, Apple TV ditampilkan melalui software iTunes. Apple TV ditampilkan melalui enhanced definition atau high definition wide screen television.





Aristokrat. Istilah untuk orang-orang yang merupakan kelas sosial tertinggi di masyarakat. Orang-orang ini memiliki gelar yang diberikan oleh kerajaan dengan sosial hierarki tertentu. Kali pertama, istilah ini diberikan di Athena untuk orang-orang muda yang memimpin tentara di peperangan pada garis depan. Dari Yunani kuno, istilah ini bergulir ke Eropa abad pertengahan sebagai bentuk kebangsawanan.





Artificial Intelligence. Kemampun mesin untuk mengerti dan memahami sebagai salah satu cabang komputer ilmiah. Terdapat pembelajaran khusus untuk ini yang disebut Intelligent agens, dimana Intelligent agnet adalah sebuah sistem yang menerima lingkungannya, dan mengambil aksi yang berkaitan dengan masalah yang harus diselesaikan. AI mengambil contoh pola piker manusia, dan aksi yang mungkin diambil oleh manusia. Pada saat ini, sedang berusaha dikembangkan General Intelligence atau Strong AI yan gdiharapkan dapat benar-benar menyerupai manusia dalam pengetahuan, perencanaan, pembelajaran, komunikai, persepsi, dan kemampuan untuk bergerak dan manipulasi objek. Penelitian AI mengembangkan algoritma yang mengimitasi angkah demi langkah pola pikir manusia, yang digunakan ketika mereka menghadapi masalah seperti memecahkan puzzle, game playboard, dan keputusan logis.





Artificial Intelligent. Atau kecerdasan buatan adalah suatu cabang dalam bidang sains computer yang mengkaji tentang bagaimana melengkapi sebuah komputer dengan kemampuan atau kepintaran seperti manusia. Sebagai contoh, bagaimana komputer bisa belajar sendiri dari pengalaman dan data-data yang telh dikumpulkannya, bagaimana komputer mampu berkomunikasi dan mengucapkan kata demi kata.


Assume Non-Negative. Untuk menyatakan dalam fungsi kendala kita tidak boleh ada nilai produk yang negative (pilihan-pilihan lain kita abaikan dulu). Assume Linear Model. Apabila opsi ini diaktifkan, maka solver akan mengasumsikan bahwa model data Anda seluruhnya terdiri dari fungsi linear, baik untuk objektif dan constraint.





Asus. Asustek Computer Inc. adalah sebuah perusahaan berbasis di Taiwan yang memproduksi komponen computer seperti papan induk, video card, dan notebook. Asus belakangan ini mulai memproduksi PDA, telepon genggam, monitor LCD, dan produk komputer lainnya. Pesaing utamanya, termasuk MSI, dan Gigabyte.





Audacity. Sebuah apliaksi editor audio digital. Audacity bersifat cross platform, dan dibuat dengan menggunakan wxWidgets untuk menyediakan GUI yang hampir sama pada beberapa OS yang berbeda . Audacity dibuat oleh Dominic Mazzoni, setelah lulus sebagai siswa di Carniege Mellon University. Mazzoni sekarang bekerja di Google, namun tetap menjadi pengembang dan maintainer utama Audacity, dengan bantuan banyak orang di seluruh penjuuru dunia.





Audiobook. Buku yang direpresentasikan melalui audio. Sang penulis membacakan langsung isi buku tersebut layaknya membaca dongeng, dialog ataupun pidato.





Autofocus. Penyesuaian otomatis focus pada webcam atau kamaera dengn lensa sederhana lainnya, sehingga gambar objek yang dihasilkan terlihat jelas.


Avatar. Istilah avatar digunakan untuk menyebut gambar atau foto yang digunakan seseorang dlaam account jejaring sosialnya. Biasanya avatar berukuran kecil, bisa berupa foto close-up wajah ataupun karakter kartun tertentu. Avatar bisa menjadi personal brand, bergantung pada cara pemanfaatannya.

No comments:

Post a Comment