Add this

10 February 2011

Huruf L


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda


LAN. Kependekan dari Local Area Network. Sebutan untuk jaringan yang biasa diterapkan pada area local seperti di kantor, kampus, rental dan tempat lainnya yang jarak antar komputernya tidak terlalu jauh. Tujuan LAN adalah berbagi informasi dan perangkat agar dpat digunakan bersama sehingga transfer data menjadi lebih mudah dan menghembat biaya pembelian perangkat karena dapat dipakai secara bersama-sama.





Laptop Cooling Pad. Aksesoris untuk laptop atau notebook, berupa alas yang diletakkan di bawah laptop untuk memaksimalkan aliran udara untuk melepaskan panas dari notebook secara optimal. Biasanya dilengkapi dengan minimal sebuah fan, untuk meningkatkan aliran udara.


Layar Browser. Layar Browser atau Layar Reality Browser merupakan aplikasi platform mobile yang berfungsi untuk menemukan/menampilkan informasi yang terdapat di dunia sekitar anda. Dengna menggunakan teknologi AR (Augmented Reality), Layar dapat menampilkan informasi-informasi digital yang disebut dengan “Layers” ke dalam tampilan pada perangkat smartphone penggunanya. APlikasi Layar Reality Browser ini berjalan pada sistem operasi Android.





Layar Sentuh. Display yang mampu mendeteksi lokasi koordinat sentuhan. Ini memungkinkan touch screen sekaligus menjadi input device, menggantikan keyboard atau mosue. Selain pada PC, touch screen juga digunakan pada beragam perangkat mobile, termasuk PDA dan smart phone.





Layar Sentuh. Display yang mampu mendeteksi lokasi koordinat sentuhan. Ini memungkinkan touch screen sekaligus menjadi input device, menggantikan keyboard atau mouse. Selain pada PC, touch screen juga digunakan pada beragam perangkat mobile, termasuk PDA dan smart phone.





Layer. Salah satu bagian terpenting aplikasi grafis yang sangat membantu dalam pengolahan gambar berupa lapisan yang berfungsi sebagai tempat objek. Dengan adanya layer, memungkinkan user untuk mengedit sebuah objek tanpa mengganggu objek yang lain. Sebagai contoh, jika user sedang mengedit gambar 1 maka gambar 2 tidak akan terpengaruh. User dapat mengatur komposisi layer dengan cara mengubah atribut dan urutan layer. Ketika memberikan efek tertentu (layer style) pada sebuah layer, maka user dapat menduplikasi layer style ke layer yang lain dengan corak dan bentuk yang sama.


Layer. Lapisan pada kertas kerj adalam aplikasi image editing. Layer dapat berisi bagian gambar yang apabila digabungkan dengna lapisan yang lain akan membentuk gambar yang utuh. Layer dapat bersifat transparan atau solid.





LCD. Suatu jenis media tampilan yang menggunakan Kristal cair sebagai penampilan utamanya. LCD sudah digunakan di berbagai bidang, misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televise, kalkulator ataupun layar computer. Pada LCD berwarna, semacam monitor yang terdapat banyak sekali titik cahaya (pixel) yang terdiri dari satu buah kristal cir sebagai sebuah titik cahaya. Walau disebut sebagai titik cahaya, namun Kristal cair ini tidak memancarkan cahayanya sendiri.





LEN. Berfungsi mengembalikan panjang dari string yang telah ditentukan.





Library. Kumpulan routine yang belum dikompilasi sehingga bisa dipakai oleh program. Routine yang juga disebut dengan modul, disimpan dalam format objek. Library sangat berguna untuk menyimpan routine yang paling sering dipakai sehingga tidak usah selalu me-link-nya saat program membutuhkannya.


Library. Panel library adalah tempat dimana kita menyimpan dan mengelola symbol yang dibuat dalam Flash, seperti juga file-file yang diimpor,t ermasuk gambar bitmap, sound file, dan video klik. Panel library memberikan kita kebebasan untuk mengelola banyak item ke dalam folder-folder, emlihat seberapa sering sebuah item digunakan dalam dokumen, dan menyortir item berdasarkan tipenya.





LibreOffice. Paket aplikasi perkantoran yang kompatibel dengan apliaksi perkantoran besar dan tersedia dalam berbagai platform. Tujuan pembuatan LibreOffice adalah menghasilkan apliaksi perkantoran yang mendukung format odf tanpa bergantung pada sebuah pemasok dan keharusan mencantumkan hak cipta. Nama LibreOffice merupakan gabungan dari kata “libre” (bahasa Spanyol dan Perancis yang berarti “bebas”) dan “office” (bahasa Inggris yang berarti “kantor”). Sebagai seubah perangkat lunak bebas, LibreOffice bebas untuk didownload, digunakan, dan didistribusikan.


License Agreement. Perjanjian antara pembuat aplikasi dan pengguna aplikasi tersebut. Seing juga disebut software license, yang menyatakan bahwa pengguna boleh menggunakan perangkat lunak ini dengan syarat ia harus setuju untuk tidak melanggar semua larangan yang tercantum pad EULA tersebut. Persetujuan ini bisa dinyatakan dengan memilih “I Accept” pada awal proses instalasi aplikasi.


LightWave. Aplikasi komputer grafis yang dikembangkan oleh NewTek. LightWave dipakai untuk rendering gambar 3D baik animasi atau statik. Beberapa film yang memanfaatkan efek spesial dari Lighwave antara lain Babylon 5, Start Trek Voyager, Jimmy Neutron, dan lain sebagainya.





Linkedln. Salah satu website jejaring sosial ini difokuskan untuk orientasi bisnis. Didirikan pada November 2002, saat ini layanan Linkedln menjadi media sosial untuk dunia professional. Setidaknya orang yang ingin memiliki personal brand online, pasti memiliki account Linkedln, terbukti dengan terdaftarnya 60 juta user dari 200 negara di dunia.


Lithium. Baterai utama yang tidka bisa di charge ulang. Banyak dipakai di perangkat elektronik, ukurannya kecil, daya tahan lama, dan harga murah. Baterai bisa disimpan hingga jangka waktu 5-10 tahun.





Localhost. Disebut juga loop back yang merujuk pada lokasi system yang sedngan digunakan. Alamat IP 127.0.0.1 biasanya diberikan pada localhost, yang berate bahwa operating system akan menyampaikan informasi pada local host tujuan melalui port pad amesin yagn sama dan bahkan tidak sampai ke sebuah NIC. Bahkan, Sebuah NIC tidak diharuskan memiliki sebuah localhost.


Log. Catatan atau pesan yang tersimpan dalam sebuah file, biasanya mewakili pesan proses aplikasi yang berjalan. Terdapat berbagai jenis log diantaranya adalah error log, cache log, user log dan update log.


Log. Fungsi logging adalah mencatat semua kejadian suatu proses. Mekanisme log sering digunakan untuk mendeteksi catatan proses dari software yang sedang tidak diawasi secara langsung.





Logon screen. Layar yang ditampilkan saat dimulainya sebuah sistem operasi. Umumnya di logon screen, akan diminta usernama dan password.


LQFP. Atau Low Profile Quad Flat Package, adalah salah satu packaging IC dengna penggunaan pin yang berada di keempat sisi IC.


LSI. Large Scale Integration, pengorganisasian atau penggabungan dari banyak IC-IC ke dlaam sebuah substrat yang sangat kecil, yang menjadi basis dari seubah komputer core Tonic (chipset)

No comments:

Post a Comment