Add this

10 February 2011

Huruf G


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda





Gadu-Gadu. Gadugadu atau biasa disingkat GG atau gg, merupakan instant messaging client buatan Polandia yang menggunakan protocol tertutup. Gadu-gadu merupakan layanan instant messaging terpopuler yang terdapat di Polandia, dan telah digunakan oleh lebih dari 7,8 juta pengguna.





Gangster. Istilah gangster berawal dari kata gang yang merujuk pada sekumpulan orang yang membangun organisasi, farmasi dan memiliki cirri atau visi yang khas sebagai identitas kelompok mereka. Biasanya digunakan untuk kumpulan organisasi criminal. Sedangkan ganster itu sendiri adalah para criminal yang merupakan anggota dari organisasi tersebut. Pada umumnya dihubungkan juga dengan mafia.


GDDR5. Graphics Double Data Rate versi 5 (GDDR5), adalah tipe VRAM (video RAM) adalah penerus dari GDDR4. Namun belum digunakan dalam produk akhir sebuah VGA card. Dengan bandwidth 20 GB/s dengan bus 32 bit per IC. Artinya, untuk konfigurasi 8 IC untuk VRAM 1GB akan menghasilkan bandwidth 160 GB/s dengan bus 256 bit.





Gecko. Sebuah layout engine/rendering engine yang dibuat oleh Netscape pada tahun 1998, dan sekarang di bangun oleh Mozilla Corp. Gecko bersifat cross platform, yang dapat digunakan mulai dari Win32, GNU UNIX, dll. Gecko mendukung banyak Internet standar, di antaranya HTML, XML, CSS, dan DOM.





Genetic Algorithm. Suatu teknik pencarian pada komputer untuk menemukan solusi yang exact maupun yang mendekati, ntuk optimisasi dan kasus masalah pencarian. Algoritma genetik ini merupakan kelas khusus dari algoritma evolusiner dengan menggunakan teknik yang diambil dari biologi evolusioner, yaitu warisan, mutasi, seleksi alam, dan rekomendasi (crossover).





Geo tagging. Tag informasi pada file foto digital yang memperlihatkan informasi foto tersebut diambil, berupa koordinat kombinasi garis lintang, dan bujur pada bumi. Beberapa situs untuk upload photo online sudah mendukung Geo tagging, bahkan sudah dilengkapi dengan tool visualisasi pemandangan sekitar lokasi tersebut. Beberapa situs tersebut, antara lain Flickr, Picasa, Nikon myPicturetown, PhanPhare, dan SmugMug. Aplikasi yang dapat memanfaatkan informasi tag lokasi pada foto ini, antara lain Adobe Photoshop Elements 6, Google Picasa, Ovolabs Geophoto, dan Microsoft Pro Photo Tools.





Geotagging. Sebuah tambahan informasi geografis dalam sebuah metadata pada file foto, video, situs web, dan lain sebagainya. Informasi pada geotagging meliputi letak geografis dengan koordinat lintang dan bujur, ketingian dari permukaan laut, juga bisa dilengkapi dengan nama tempat dan informasi tambahan lain mengenai tempat tersebut. Penambahan informasi geografis ini lebih melengkapi informasi metadata, dan memudahkan pencarian di masa mendatang.





GIMP. GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk memanipulasi grafik berbasis raster. GIMP berjalan pada desktop GNOME dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License. GIMP pada awalnya dikembangkan untuk desktop X11 yang berjalan di platform Unix. Namun, saat ini piranti lunak ini sudah diporting ke beberapa platform sistem operasi yang lain yaitu MS Windows dan Mac OS.





Git. Perangkat lunak pengontrol versi atau proyek manajemen kode perangkat lunak yang diciptakan oleh Linus Torvalds, yang pada awalnya ditujukan untuk pengembangan kernel Linux. Desain Git terinspirasi oleh BitKeeper dan Monotone. Gil pada awalnya hanya dirancang sebagai mesin tingkat rendah yang dapat digunakan oleh tampilan muka (front end) lain seperti Cogito atau SIGIT.


GNU GPL. GNU General Public License. Lisesnsi free software yang aslinya ditulis oleh Richard Stallman untuk proyek GNU. Lisensi GPL memberikan penerima salinan perangkat lunak hak dari free software, dan menggunakan copyleft untuk memastikan kebebasan yang sama diterapkan pada versi berikutnya dari karya tersebut. Berdasarkan beberapa survey, GPL merupakan lisensi free software dan open source yang paling banyak digunakan.


Google Adsense. Program afiliasi iklan dari Google. Sebagai search engine terbesar, Google mengajak para pemilik website atau blog untuk menampilkan iklan dari mereka. Google akan membayar pemiliki website atau blog jika iklan yang ditampilkan oleh mereka diklik oleh pengunjung. Google Adsensi sangat sensitive terhadap berbagai aksi manipulasi, misalnya dengan cara mengklik sendiri iklan tersebut.





Google Chrome. Aplikasi web browser yang dibangun oleh Google,d an berdasarkan pada WebKit layout engine and application framework. Kali pertama diluncurkan sebagai versi beta untuk Microsoft Windows pada 2 September 2008. Nama ini diambil dari frame GUI, atau “chrome”, dari web browser. Rilis stabil ada pada 11 Desember 2008. Chromium adalaah project open source dibalik Google Chrome.





Google Docs. Merupakan pengolah kata, spreadsheet, presentasi, dan form application berbasis web gratis yang ditawarkan oleh Google. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit dokumen online saat berkolaborasi secara real time dengna pengguna lain. Google Docs menggabungkan dua fitur layanan, Writely dan Spreadsheets, yang digabung menjadi satu produk pada 10 Oktober 2006.


Google Docs. Layanan online word processor, spreadsheet, presentation, yang disediakan secara free oleh Google. Google Docs mempermudah para pengguna dalam membuat dan mengubah dokumen secara online, dan secara bersamaan dapat berkolaborasi secara real time dengan pengguna lainnya. Google Docs mengkombinasikan fitur dua service, Writely dan Spreadsheet, yang digabungkan ke dalam satu produk pada 10 Oktober 2006.


Google SketchUp. Aplikasi 3D modelling dari Google dan dirancang untuk digunakan di bidang arsitektural, sipil, film, game, dan bidang lain yang terkait. Sketch-Up awalnya dikembangkan oleh perusahaan bernama @Last Software yang kemudian diakuisisi oleh Google pada Maret 2006.





Google Talk. Atau biasa disingkat GTalk, merupakan aplikasi instant messaging dan VoIP berbasis desktop maupuan web, yang dibuat oleh Google Inc. Instant messaging buatan Google ini menggunakan protocol XMPP / Jabber untuk berkomunikasi dengan sesame pengguna GTalk. Saat ini, GTalk sudah tersedia untuk platform Windows, Mac OS X, Blackberry, dan Android.


Google Translate. Layana yang disediakan oleh Google Inc untuk menterjemahkan bagian teks atau halaman web dalam satu bahasa ke bahasa lain. Untuk beberapa bahasa, pengguna diminta untuk memberikan terjemahan alternative, seperti untuk istilah teknis, yang akan dimasukkan untuk pembaruan dalam proses penerjemahan selanjutnya.





GoogleApps. Merupakan salah satu web service Google cloud yang menyediakan aplikasi Google seperti Gmail, GTalk, Calendar, dan sebagainya dengan tetap menggunakan domain pemilik Dengan aplikasi ini, seseorang dapat memiliki account nama@domain.com namun menggunakan aplikasi dan media penyimpanan miliki Google. Dengan demikian, web service ini dapat menghemat resource pemilik domain. GoogleApps menyediakan account gratis sebanyak 50 user.





GPS. Global Positioning System (GPS) adalah suatu sistem navigasi yang menggunakan bantuan satelit dalam memetakan suatu lokasi. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke bumi. Sinyal ini kemudian diterima oleh alat penerima yang ada di bumi. GPS ini digunakan untuk menentukan posisi, kecepatan, arah, dan waktu.





GPS. Singkatan dari Global Positioning System, adalah sistem navigasi untuk menentukan posisi/lokasi, kecepatan, arah dan waktu. Awalnya dikembangkan untuk kebutuhan militer di Amerika Serikat. Sistem ini menggunakan Global Navigation Satellite System (GNSS), terdiri dari 24 satelit medium orbit yang memancarkan sinyal microwave, yang kemudian diterima oleh GPS receiver.


GPS. Global Positioning System (GPS) adalah sistem untuk menentukan posisi di permukaan bumi dengna bantuan sinkronisasi sinyal satelit. Untuk sistem itu diguankan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke bumi. Sinyal itu diterima oleh alat penerima di permukaan dan digunakan untuk menentukan posisi kecepatan, arah, dan waktu. Sistem yang serupa dengan GPS antara lain GLONASS Rusia, Galileo Uni Eropa, dan IRNSS India.


GPU. Perangkat yang secara khusus ditugaskan hanya untuk mengolah tampilan graphics. Pada graphics card add-on, yang dimaksud dengan GPU adalah chip graphics-nya yang kita kenal dengan nama Ge-Force, Radeon, dan lainnya. Sedangkan pada solusi integrated graphics, GPU-nya biasanya tidak berupa chip tersendiri karena sudah diintegrasikan ke dalam chipset motherboard. Istilah GPU sendiri dipopulerkan oleh chip graphics buatan NVIDIA, yaitu Ge-Force 256. Sebelum ada istilah GPU, chip-chip tersebut lebih dikenal dengan 2D accelerator, atau 3D accelerator.





GPU. Sebuah unit pemroses grafis atau GPU (Graphics Procesing Unite) adlaah sebuah alat pe-render grafis yang didedikasikan untuk sebuah PC, workstation, atau game console. GPU modern sangat efisien dalam memanipulasi dan menampilkan grafik computer, dan struktur pararel tingkat tingginya, sehingga membuat GPU lebih efektif daripada tujuan umum CPU untuk sebuah jangkauan algoritma yang kompleks. Sebuah GPU dapat berada di atas sebuah video card atau dapat dihubugkan secara langsung pada motherboard.





Grid computing. Komputer grid adaalah penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputer yang terdistribusi, dan terpisah secara geografis untuk memecahkan persoalan komputasi dalam skala besar. Dalam buku “The Grid Blue Print for a New Computing Infrastructure” dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan komputasi grid adalah infrastruktur perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat menyediakan akses yang bisa diandalkan, konsisten, tahan lama dan tidak mahal, terhadadap kemampuan komputasi mutakhir yang tersedia.





Group Box. Berfungsi untuk mengkelompokkan control-kontrol pada form menjadi satu bagian. Dengan group box, maka tampilan form pada suatu keadaan tertentu akan menjadi lebih teratur.





Grouping. Menyeleksi dan mengumpulkan objek menjadi satu area kelompok (pengelompokkan objek).





Gstreamer. Framework multimedia yang ditulis dalam bahasa C, dengan tipe system berdasarkan GObject. GStreamer memungkinkan Anda untuk membuat berbagai media penanganan komponen, termasuk audio playback sederhana, audio dan video playback, rekaman, streaming, dan editing audio/video GStreamer berfungsi sebagai dasar untuk membuat berbagai jenis apliaksi multimedia, seperti video editor, streaming media broadcast, dan pemutar media.





GUI. Singkatan dari graphical user interface merupakan sebuah konsep yang memunkinkan interaksi antar akomptuer dan pengguna secara grafis. GUI yang biasa digunakan berbentuk WIMP (windows, icons, menus, pointer), dimana terdapat window atau jendela untuk setiap program yang berjalan, icon yang melambangkan file menu pada program, dan adanya sebuah pointer mouse yan gdigunakan untuk navigasi.

No comments:

Post a Comment