Add this

10 February 2011

Huruf D





Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda


Database. Atau basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan did alam komputer secara sistematik, sehingha dapat diperiksa dengan menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola, dan memanggil query basis data disebut sistem manajemen basis data (database managemen system / DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.


Database Server. Program komputer yang menyediakan layanan pengelolaan database, dan melayani komputer atau program aplikasi database yang menggunakan model client server. Istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer (umumnya merupakan server) yang didedikasikan untuk menjalankan program yang bersangkutan. Database Managerment System (DBMS) pada umumnya menyediakan fungsi-fungsi server database, dan beberapa DBMS (seperti halnya MySQL atau Microsoft SQL Server) sangat bergantung kepada model client server untuk mengakses database-nya.


dB. Atau decibel (Lambang Internasional = dB) adalah satuan untuk mengukur intensitas suara. Satu decibel ekuivalen dengan sepersepuluh Bel. Huruf “B” pada db ditulis dengan huruf besar karena merupakan bagian dari nama penemunya, yaitu Bell. Desibel juga merupakan sebuah unit logaritmis uantuk mendeskripsikan suatu rasio. Rasio tersebut dapat berupa daya (power), tekanan suara (sound pressure), tegangan atau voltasi (voltage), intensitas (intencity), atau hal-hal lainnya. Terkadang, dB juga dapat dihubungkan dengan Phon dan Sone (satuan yang berhubungan dengan kekeraan suara). Untuk mengukur rasio dengan menggunakan dB dapat digunakan logaritma.


Decode. Mengubah informasi terkode menjadi informasi yang dapat dibaca oleh aplikasi atau user.





Deiscrete Graphic Controller. Kebanyakan notebook, menggunakan graphic controller yang terintegrasi pada motherboard atau chipset yang digunakan. Discrete graphic controller menyatakan notebook menggunakan video card untuk proses graphic. Ini juga menandakan notebook tersebut memiliki slot untuk video card, dan kemungkinan upgrade video card jika dibutuhkan.


Desain Slide. Isitlah desain slider pada ponsel mengacu pada desain dengan tombol tersembunyi, yang baru terlihat dan dapat digunakan, jika menggeser bagian atas yang menutupinya. Tombol yang tersembunyi dapat berupa sekedar tombol numpad (angka) ataupun tombol keyboard qwerty.





Desain slide. Istilah desain slider pada ponsel, mengacu pada desain dengan tombol tersembunyi, yang baru terlihat, dan dapat digunakan jika menggeser bagian atas yang menutupinya. Tombol yang tersembunyi dapat berupa sekedar tombol numpad (angka) ataupun tombol keyboard QWERTY.


Desaturate. Fitur yang bisa mengubah semua warna yang ada di layer aktif menjadi warna abu-abu. Hal ini berbeda dari megnubah gambar langsung ke dalam mode grayscale. Desaturate hanya beroperasi di layer aktif, dan warna pada layer tersebut masih tetap dalam nilai RGB dengan tiga komponen warna. Artinya, setelah di desaturate Anda tetap bisa mewarnai layer tersebut.


Desktop. Sebuatan untuk layar monitor Windows pada saat tidak ada satu pun jendela aplikasi yang aktif. Pada desktop biasanya terdapat banyak icon shortcut menuju file atau aplikasi yang sering digunakan.





Device Driver. Istilah yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem computer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Sebagian besar perangkat keras, tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjlaan tanpa driver yang cocok. Device driver, umumnya akan dimuat ke dalam ruangan kernel (kernelspace) sistem operasi selama proses booting dilakukan, atau secara sesuai permintaan (ketika ada intervensi pengguna atau memasukkan sebuah perangkat plug and play). Beberapa driver telah dimasukkan ke dalam system oeprasi secara default pada saat instalasi, tapi banyak perangkat keras, khususnya yang baru, tidak dapat didukung oleh driver-driver bawaan system operasi. Adalah tugas pengguna yang harus menyuplai dan memasukkan driver ke dalam sistem operasi.


DHCP. Dynamic Host Configuration Protocol adalah protocol yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan local yang tidka menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua computer secara manual. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal, maka semua computer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Selain alamat IP, banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server. Pada saat computer DHCP client yang terhubung dengan jarignan dinyalakan, komputer itu akan mencari alamat DHCP servernya. Kemudian client kaan mengirimkan permintaan alamat IP kepada server. Jika disetujui, Server akan memberikan alamat IP tertentu kepada client tersebut.





DHTML. Dynamic HTML. Istilah untuk halaman web yang memanfaatkan HTML (Heypertext Markup Language), DOM (Document Object Model), SC (Cascading Style Sheet), dan client side untuk membuat tampilan halaman tersebut dinamis atau interaktif istilah Dynamic ditambahkan untuk membedakan sifat dinamis halaman web ini dengna halaman web statis yang dibuat dengan HTML saja.


Dicreate Graphic. Kebanyakan notebook mengggunakan graphic controller yang terintegrasi pada motherboard atau chipset yang digunakan. Discreate graphic controller menyatakan notebook menggunakan VGA card untuk proses graphic. Ini juga memiliki slot untuk VGA card, dan kemungkinan upgrade VGA card jika dibutuhkan


DLL. Dynamic Link Libiary. File berekstensi menyimpan data dan fungsi untuk operasi tertentu. Beberapa DLL digunakan hanya untuk aplikasi yang diinstal, tetapi ada juga DLL yang terinstal pada saat instalasiWindows kali pertama, dan digunakan secara bersama sama dengan berbagai aplikasi lainnya. Masalah akan timbul ketika DLL hilang atua di update yang menyebabkan tidak dikenali oleh aplikasi lain.


DMB. Digital Multimedia Broadcasting adalah sebuah system transmisi digital untuk mengirim data, radio dan televise ke perangkat digital mobile, seperti ponsel. DMB dapat dioperasikan melalui transmisi satelit (S_DMB) atau terrestrial (T-DMB). DMB berbasiskan standar Eureka 147 DAB, dan mempunyai kesamaan dengan pesaingnya, DVB-H. DNS. Domain Name System, adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer. Misalkan, Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata etiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima e-mail untuk setiap domain. DNS menyediakan servis yang cukup penting untuk internet, bilaman perangkat keras computer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat e-mail. DNS menghubungkan kebutuhan ini.





Distro Linux. Merupakan kependekan dari distribusi Linux, yakni sebuah sebutan untuk sistem operasi komputer, dan aplikasinya pada keluarga Unix yang menggunakan kernet Linux. Distro Linux ini bisa berupa free software dan juga software yang berbayar. Contoh distro Linux yang populer, diantaranya RedHat Enterprise, SuSE, Debian, Mandriva, dll. Ada juga distro untuk kalangan anak-anak, seperti Ubuntu, Knoppix, Sandros.





DivX. Merek produk buatan DivX, Inc (sebelumnya DivXNetworks, Inc). Codec DivX menjadi terkenal karena kemampuannya untuk mengkompresi panjang segmen video menjadi ukuran kecil, dengan tetap menjaga kualitas visual yang relative tinggi. Codec DivX menggunakan Lossy MPEG-4 compression, dimana memiliki kualitas yang seimbang dengna ukuran file untuk digunakan.





DivX. Video codec yang diciptakan oleh DivX, Inc. (sebelumnya DivXNetworks, Inc.), yang menjadi terkenal karena dapat mengkompresi video menjadi ukuran kecil dengan kualitas relatif baik. DivX menggunakan kompresi lossy MPEG-4 Part 2. Karena sering digunakan untuk membuat salinan dari DVD yang berhak cipta, DivX menjadi kontroversial. Saat ini, banyak DVD player di pasaran yang dapat memainkan film DivX.





Doctype. Singkatan dari Document Type Declaration, diguankan untuks ecra cepat mengenali tipe dokumen halaman website. Dnegna pendefinisian doctype, browser dapat dengan mudah me-render tampilan sesuai dengan standar dokumen yang telah ditetapkan. Doctype tidak akand itampilkan pada layar, karena bersifat sama seperti sebuah comment.





Dolby Atau Dolby laboratories atau biasa disingkat Doby Labs, merupakan perusahaan asal Inggris yang berbasis di AS, yang mengkhususkan kepada teknologi audio noise reduction dan audio encoding/compression. Dolby Labs, ditemukan oleh Ray Dolby di Inggris pada tahun 1965. Kemudian Dolby memindahkan perusahaannya ke AS pada tahun 1976. Produk pertama yang dibuat Dolby adalah Type A Dolby noise reduction.





DOM. Document Object Model. Model standar untuk HTML dan XML yang bersifat cross platform dan language independent. Sebuah web browser tidak harus menggunakan DOM untuk menampilkan dokumen HTML. Namun DOM diperlukan oleh JavaScrip yang akan mengubah tampilan sebuah website secara dinamis. Dengan kata lain, DOM adalah cara JavaScript melihat suatu halaman HTML.


Domain. Nama unik yang diberikan untuk menidentifikasi nama server computer seperti web server atau e-mail server di Internet.


Domain. Nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau e-mail server di jaringan komputer ataupun Internet. Domain berfungsi mempermudah pengguna di Internet pada saat melakukan akses ke server dan dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain juga dikenal sebagai satu-kesatuan dengan website, seperti “wikipedia.org”.


Domain name. Sebutan ringkas untuk domain name. Sebuah system pengalamatan di Internet. Alamat asli di Internet (ID address) berupa angka-angka yang sulit dihapal. Domain membuat pengalamatan tersebut menjadi lebih mudah diingat, dengan menterjemahkan IP address menjadi nama seperti http://www.pcmedia.co.id/ . Domain terdiri atas sebuah struktur hierarkis, di mana level tertinggi disebut sebagai TLD. Saat ini, terdapat lebihd ari 200 TLD yang terdaftar di seluruh dunia, dan terus bertambah. Terdapat tiga TLD yang paling popular, yaitu .com, .net, dan .org.


DPI. Dot per Inch dari mouse menunjukkan jumlah data yang dihasilkan dari pergerakan mouse yang direkam oleh komponen sensor pada perangkat mouse pada setiap inchi pergerakan yang terjadi. Jumlah data pergerakan yang dihasilkan itu kemudian akan direspons oleh komputer untuk menggerakkan sejumlah pixel pergerakan dari kursor di Desktop OS pengguna. Data pergerakan itu dihitung berdasarkan ukuran array komponen sensor tersebut, jumlah frame yang ditangkap sensor setiap detiknya, serta seberapa cepat komponen sensor tersebut memproses informasi ini sebelum dikirimkan ke host.





DSSS. Direct Sequence Spread Spectrum atau dikenal juga sebagai Direct Sequence Code Division Multiple Access (DS-CDMA). Dlama DSSS, aliran informasi ditransmisikan dan dibagi dalam potongan-potongan kecil, tiap bagian dialokasikan melewati saluran frekuensi melalui spectrum. Sebuah sinyal data dalam satu titik transmisi yang dikombinasikan dengan sebuah urutan data bit yang lebih tinggi (dikenal sebagai chipping code) yang membagi data secara serasi ke sebuah rasio penyebaran. Kelebihan chipping code menolong sinyal dari gangguan, dan juga memungkinkan data asli mendapat ganti jika bit data mengalami kerusakan selama proses transmisi.





DVB-T. DEV-T adalah singkatan dari Digital Video Broadcasting Terrestrial, standar penyiaran transmisi digital televise teresterial, kali pertama diguankan di Eropa sejak tahun 1997, dengan kompresi digital video, dan audio MPEG, menggunakan modulasi COFDM.

No comments:

Post a Comment