Add this

10 February 2011

Huruf H


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda


H.264. H.264, atau juga dikenal sebagai MPEG-4 AVC (Advanced Video Coding), adalah standar kompresi video yang menawarkan tingkat kompresi video yang lebih tinggi di banding standar-standar sebelumnya. Standari ni diharapkan dapat menawarkan tingkat kompresi hingga dua kali lipat dari standar MPEG-4 ASP (Advanced Simple Profile) yang ada sekarang, dan juga peningkatan dalam hal kualitas gambar. Melalui standar H.264 ini, akan didapat video kualitas DVD pada transfer rate kurang dari 1Mbps.





Hang. Kondisi ketika komputer berhenti merespon input yang diberikan oleh user. Hang dapat disebabkan kerusakan software yang mengakibatkan data bertabrakan (crash) saat diolah oleh CPU, atau kerusakan hardware.





HD 720p. HD720p adalah sebutan lain unuk format High Definition (HD), mengacu pada jumlah pixel vertical yang ditampilkan (1280 x 720 pixel), dan huruf “p” menyatakan hasil gambar yang ditampilkan melalui proses progressive scanning atau disebut no interlacing.





HD. High-definition (HD) video adalah istilah yang digunakan untuk video dengan resolusi yang lebih tinggi daripada standar definition (SD) video. Biasanya, menggunakan resolusi 1280 x 720 (720p), 1920 x 1080 (1080i atau 1080p).





Hibernation. Mode dalam manajemen power. Dalam status ini, computer menyimpan isi memory ke dalam hard disk. Selanjutnya, supply power ke komponen-komponen tertentu diputus sehingga konsumsi power dapat diminimalkan. Hibernate hampir sama dengan mode Standby atau Sleep. Hanya saja, Hibernate lebih sedikit mengkonsumsi power karena dalam kondisi Hibernate, computer tidak perlu mensuplai RAM. Tentunya dengan konsekuensi wkatu pengaktifannya (wakeup) lebih lama dibandingkan apabila aktif dari status Standby atau Sleep.


Host. Penempatan file pada web server agar dapat diakses oleh komputer lain dalam jaringan atau internet. File-file itu dipetakan oleh web server dalam sebuah IP. Alamat file dalam host dikenal dengan sebutan URL.





Hostname. Pemberian nama spesifik unuk satu komputer tertentu saja dlaam suatu jaringan . Karena sifatnya yang unik maka dalam satu jaringan tidak boleh ada 2 atau lebih hostname yang sama. Jika terjadi penamaan yang sama maka sistem akan memberitahukan bahwa telah terjadi duplikasi nama. Tapi jika komputer tidak saling terkoneksi ke jaringan memberikan nama komputer yang sama tidak masalah.





Hotfix. Satu bagian atau kumpulan yang didalamnya terdapat satu atau lebih data yang digunakan untuk memperbaiki masalah khusus dalam suatu produk software. Biasanya hotfix dibuat khusus dari kekurangan-kekurangan yang dialami oleh penggunanya.





HTML. Hyper Text Markup Language adlaah sebuah bahasa markup yang diguankan untuk sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi did alams ebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML. HTML adlaah sebuah standar yang diguankan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh W3C. Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML, yang merupakan pengembangan dari HTML.


HTML standar dengan perintah dataase, operator kondisional, fungsi formatting high level, dan elemen lainnya untuk memproduksi aplikasi web. Halaman dalam aplikasi ColdFusion menambahkan tag-tag server side dalam tag HTML (atau XHTML), yang kaan diproses oleh Cold Fusion Application Server.


HTML5. Revisi yang sedang dibangun oleh konsorsium W3C untuk dimasukkan sebagai perubahan besar berikutnya pada standar HTML. Sebagaimana pendahulunya, yaitu HTML 4.01 dan XTHML 1.1, HTML5 adalah standar untuk menstrukturkan dan menampilkan isi pada World Wide Web. Standar HTML5 terbaru ini memperkenalkan fitur baru seperti memutar video serta melakukan drag and drop tanpa bergantung pada plugins pihak ketiga di browser web, seperti Adobe Flash dan Microsoft Silverlight.





Htmlentities(). Digunakan untuk mengkonversi karakter-karakter tertentu dalam tag HTML, hasil fungsi ini akan menterjemahkan tag-tag HTML sebagai teks biasa.





HTTPS. Versi aman dari HTTP, protocol komunikasi dari World Wide Web. Dikembangkan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam perdagangan elektronik. Selain menggunakan komunkasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi dengan menggunakan protocol SSL (Secure Socket Layer) atau protocol TLS (Transport Layer Security). Kedua protocol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serngan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port HTTPS aealah 443. Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada web browser dan aplikasi server dan didukung oleh algoritma penyandian yang actual





Hyperlink. Kadang disingkat link. Setiap teks, tombol, atau gambar yang jika diklik akan berpindah antar halaman web atau dokumen lain. Link sebenarnya adlaah alamat website yang disembunyikan di balik format gambar, tombol, atau teks tersebut.


Hyperlink. Elemen referensi atua navigasi dalam sebuah dokumen ke bagian dokumen ke bagian dokumen yang sama, atau dokumen lain Hyperlink merupakan pondasi dari World Wide Web.

No comments:

Post a Comment