Add this

10 February 2011

Huruf X


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda





Xbox 360. Console game kedua buatan Microsoft, kelanjutan Xbox. Console itu merupakan saingan PlayStation 3 dan Nintendo Wii sebagai console game generasi ketujuh yang populer saat ini. Xbox 360 dipasarkan dengan beberapa versi sesuai dengan kapasitas harddisk yang disediakan di dalamnya. Model terbaru console itu saat ini adlaah Xbox 360 S yang berkapasitas harddisk 250 GB.


XML. Extensible Markup Language. Format universal untuk dokumen terstruktur dan data pada web. XML adalah standar yang direkomendasikan oleh W3C. Sebagai bahasa yang terbuka untuk merepresentasikan data, XML menjadi bahasa yag digunakan secara umum untuk berbagai keperluan. Berbeda dengan HTML, XML ditujukan semata-mata untuk merepresentasikan data dan tidak berisi perintah bagaimana data tersebut ditampilkan. Saat ini, telah banyak fasilitas/layanan di Internet yang ditulis dengan standar XML antara lain RDF, RSS, MathML, XSIL, dan SVG.


XML. Himpunan aturan untuk mendesain format teks yang memungkinkan Anda membuat data menjadi terstruktur. XML bersifat ekstensibel, tak tergantung pada suatu platform tertentu, serta mendukung internasionalisasi dan lokalisasi. Aturan-aturan untuk file XML jauh lebih ketat dari pada HTML. Jika sebuah tag lupa ditulis, atau jika sebuah atribut tidak menyertakan tanda petik, maka file tersebut tidak dapat digunakan. Sedangkan pada HTML, kesalahan semacam itu masih ditolerir. Jika file itu mengandung kesalahan, aplikasi harus berhenti memprosesnya, serta menampilkan pesan kesalahan.





XPS. Singkatan dari XML Paper Specification, dulunya bernama Metro, adalah spesifikasi untuk bahasa deskripsi halaman, dan format dokumen tetap yang dikembangkan Microsoft XPS ditujukan sebagai pengganti format Enchaned Metafile (EMF). Aslinya, XPS adalah file ZIP yang menggunakan Open Packaging Convention. Isinya antara lain XML markup, teks, font, gambar raster, grafis vektor 2D, dan informasi DRM.





Xvid. Codec video yang mengikuti standar MPEG-4. XviD merupakan pesaing utama DivX. Berbeda dengan DivX yang bersifat propietary dan terbatas untuk beberapa platform, XviD bersifat free, berlisensi GNU GPL, dan bisa digunakan di berbagai platform.

No comments:

Post a Comment