Add this

10 February 2011

Huruf R


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda





RAID. Redundant Array of Inexpensive Disks (RAID) juga kadang disebut sebagai Redundant Array of Independent Disks. Sebutan kedua lebih sering digunakan di dunia komputer. RAID adalah teknologi yang memanfaatkan dua buah harddisk atau lebih untuk mendapatkan kinerja dan reabilitas yang lebih baik, dan/atau untuk mendapatkan kapasitas volume data yang lebih besar.





Range. Jarak antara nilai terendah dan tertinggi dalam sebuah deret atau sel dalam Excel. Range disebut juga sub group.


RAW. Format gambar RAW memiliki proses data yang minimal, yang didapatkan dari sensor gambar kamera digital atau scanner. Dinamakan RAW (mentah), karena format ini belum diproses, dan dapat langsung digunakan oleh editor gratis bitmap, dicetak, atau di display melalui web browser tertentu. Format RAW harus diproses dan dikonversi ke format RGB seperti TIFF atau JPEG, sbelum dapat dimanipulasi melalui computer. Hampir semua kamera digital dapat memproses gambar dari sensor ke format JPEG, menggunakan fitur while balance, saturasi warna, contrast dan sharpness, yang dapat dipilih secara otomatis atau manual oleh fotografer sebelum memotret. Kamera digital yang mendukung format RAW, menyimpan proses gambar di file, tapi menunda prosesing-nya. Hasil ini adalah suatu kelebihan untuk fotografer. Jadi format RAW biasa digunakan, jika proses melalui computer benar-benar diperlukan.





RDF. Resource Description Framework. Keluarga spesifikasi W3C yang didesain untuk merepresentasikan informasi tentang data melalui web, terutama untuk merepresentasikan metadata (dta tentang data) mengenai suatu dokumen web. Sebagai contoh, RDF dapat merepresentasikan file, author, modification data, copyright serta informasi mengenai license.





RealBasic. Code translator bahasa BASIC yang dpaat melakukan proses compile – link dengan menghasilkan runable code yang dapat berjalan di Windows, Linux, Mac OS. Diperkaya dengan banyak plugins yang disediakan, sangat memanjakan para developernya.





RealPlayer. Aplikasi bersifat cross platform buatan RealNetworks, yang dapat diguankan untuk memutar beragam format multimedia, seperti MP3, MPEG-4, QuickTime, Windows Media, dan beberapa versi eksklusift format Real Audio dan RealVideo format. Vers peratama dari RealPlayer diluncurkan pada April 1995. RealPlayer juga dikenal sebagai aplikasi yang digunakan untuk memutar file video streaming melalui Internet. Real Player juga merilis versi open source miliknya yang bernama Heli Player.





Rectangle Tool. Fasilitas / tools yang disediakan software Corel Draw untuk membuat objek persegi, kotak, bujur sangkar, dan sebagainya.





Reference Chard. Pada produk motherboard atau VGA card, isilah referensi atau reference card sering didengar. Adalah acuan produk yang dibuat oleh produsen chipset pada motherboard dan / atau graphic core pada video card. Referensi biasanya dibuat dalam bentuk fisik, menjadi sebuah produk jadi. Termasuk beberapa setting yang digunakan.





Registry. Fitur penting dari komputer yang berisi seluruh file system, dan susunan hierarki key berisi informasi mengenai cara kerja komputer. Windows menciptakan file-file baru, dan menyusunnya ketika Anda menginstal program baru, melakukan perubahan terhadap user profile, dan menambahkan hardware. Untuk melakukan perubahan terhadap sistem, Anda dapat melakuannyua dari dua cara, yaitu mellaui Graphic User Interface atau manual melalui registry. Dibutuhkan pemahaman terhadap registry untuk melakukan perubahan-perubahan tertentu. Sebaiknya, berjaga-jaga dengan melakukan backup terhadap key-key registry.


Registry. Database untuk menyimpan informasi tentang konfigurasi komputer. Registry berisi informasi yang dirujuk secara kontinyu oleh Windows selama beroperasi, seperti profil user, program yang diinstal berikut jenis dokumen yang dibuatnya, setting property untuk folder dan icon program, hardware yang terpasang, dan port-port yang digunakan. Registry diatur secara hierarkis, seperti pohon dan terdiri dari key berikut subkey, hive, value entry.


Release Candidate. Ketika software yang akan dirilis, biasanya developer membuat beberapa versi percobaan. Diawali dengan versi alpha yang belum stabil kemudian versi beta yang lebih stabil, tetapi masih perlu banyak feedback kemudian release candidate. Release candidate merupakanversi yagn hampir stabil untuk terakhir kalinya diujikan ke user sebelum dirilis secara resmi.





Remote Code Execution. Suatu teknik dalam hacking yang memungkinkan seorang mengeksekusi sembarang code di sebuah computer korban yang terbuka. Terbuka dikarenakan adanya celah di aplikasi, service, atau system operasi yang digunakan. Berikut ini celah atau kelemahan programming yang sangat umum terjadi antara lain: Buffer Overflow, Integer Overflow, Error Format String, SQL, injection, file Inclussion dan Cross Site Scripting (XSS).


Resolusi. Jumlah pixel per-unit dari ukuran linier pada sebuah video display, atau jumlah dot (titik) per inci dalam format cetak. Contoh: 12 pixel per millimeter berarti beresolusi 12. Resolusi vertical dan horizontal pada sebuah gambar biasanya sama. Sebuah gambar dengan resolusi 12 berarti mengandung 144 pisel. Semakin tinggi nilai resolusi, semakin tajam gambar yang dihasilkan. Restore Point. Merupakan representasi dari status file sistem komputer yang tersimpan di hard drive Anda. Restore Point tercipta dari penggunaan System Restore pada jarak-jarak tertentu, dan ketika System Restore mendeteksi perubahan penting pada komputer yang mempengaruhi file system seperti penginstalan program. Anda juga dapat menciptakan restore point secara manual, dan mengembalikannya seperti sebelum di restore.


Retouch. Proses yang dilakukan utnuk membuat foto digital menjadi lebih baik, misalnya dengan mengkalibrasi warna agar sesuai dengan warna asli objek, membuang noise, dan lain-lain. Retouch dilakukan untuk menghasilkan foto yang lebih baik.





RFID. Radio Frequency Identification. Teknologi yang menggunakan gelombang radio untuk menidentifikasi manusia atau objek secara otomatis. Metode yang paling sering digunakan adalah untuk menyimpan serial number yang menunjukkan identitas seseorang atau benda, pada sebuah microchip yang disertakan pada antenna (chip dan antenna adalah RFID transporder atau sebuah tag RFID). Melalui antenna, chip mentransmisikan informasi identifikasi kepada reader. Kemudian reader mengubah pantula gelombang radio dari tag RFID kedalam informasi digital yang dapat dilewati pada komputer yang akan menggunakannya.





Ribbon. Widget GUI berupa lembaran yang melintasi windows dan menampilkan semua fungsi dari program dalam satu tempat saja. Ide utama di balik ribbon adalah meningkatkan kegunaan, dengan menggabungkan semua fungsi dan perintah dalams ebuah tempat yang mudah dikenal. Jadi pengguna tidak perlu mencari dalam menu yang bercabang-cabang, di dalam toolbar atau di dalam task pane untuk mencari perintah yang diinginkan.


Rich Text Box. Sama dengan TexBox, hanya saja Rich TextBox menyediakan fitur lebih dibandingkan dengan TextBox standar. RichTextBox mengijinkan format teks seperti memberi warna, menampilkan font tertentu dan lain-lain. Rich TextBox banyak dipakai karena banyaknya word processor yang mengijinkan menyimpan dalam format rich text format (RTF).





ROT13. Singkatan dari bahasa Inggris rotate by 13 atau putar pada ke-13. Algoritma enkripsi sederhana yang menggunakan sandi abjad tunggal dengan pergeseran k=13 (huruf A diganti dengan N, huruf B diganti dengan O, dan seterusnya). Enkripsi ini merupakan penggunaan sandi Caesar dengan geseran 13. ROT13 biasanya digunakan di forum Internet, agar spoiler, jawaban teka-teki, kata-kata kotor, dan semacamnya tidak terbaca dengan sekilas.


RPG. Singkatan dari Role Playing Game, merupakan genre dalam dunia game yang diasumsikan bahwa karakter utama yang ada pada game menjadi fokus utama dan bertanggung jawab dalam setiap alur cerita game. Karakter utama akan berperilaku serta memilih pilihan tertentu untuk menentukan kesuksesan atau kegagalan dalam aturan game tersebut.





RSS. Rich Site Summary (RSS 0.91), RDF Site Summary (RSS 0.9 and 1.0), Really Simple Syndication (RSS 2.0.0) adalah keluarg format file XML untuk web syndication yang digunakan oleh website berita dan blog. RSS digunakan untuk menyediakan informasi singkat dari konten sebuah website atau blog beserta link yang erujuk kepada konten seutuhnya.


RSS. File berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan website berita dan weblog. Teknologi yang dibangun dengan RSS mengizinkan user untuk berlangganan website yang menyediakan feed RSS, biasanya website yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi RSS, Anda membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai inbox pribadi. Anda kemudian dapat mendaftar ke situs yang Anda ingin ketahui perubahannya. Untuk berlangganan RSS, tidak diperlukan biaya. Namun biasanya si pelanggan hanya mendapatkan satu bari atau pengantar isi website berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya. Ruby. Bahasa object oriented programming bersifat reflektif. Ia menggabungkan syntax yang terinspirasi oleh Perl dengan fitur-fitur object oriented serupa Smalltalk dan memiliki beberapa fitur yang sama dengan phyton, Lisp, Dylan, dan CLU. Ruby adalah bahasa yang diinterpretasi dalam single pass implementasi utamananya adalah sebagai software grafis yang didistribusikan dengan lisensi open source.

No comments:

Post a Comment