Add this

10 February 2011

Huruf S


Artikel sebelumnya: Abjad Kamus Teknologi, internet dan komputer untuk kebutuhan pengetahuan anda


Sasser. Salah satu jenis worm yang menginfeksi Microsoft Windows 2000 dan Windows XP. Dinamakan Sasser karena menyebar dengan memanfaatkan buffer overflow pada komponen yang dikenal dengan nama LSASS (Locak Security Authority Subsytem Service)). Worm ini menyebar denan menjelajahi sistem port jaringan. Sasser mudah menyebar tanpa campur tangan user, tetapi relative mudah pula untuk dihentikan dengan mengatur konfigurasi firewall atau mendownload patch pada fitur Windows Update. Worm ini pertama kali diidentifikasi pada April 2004 dan mempunyai beberapa varian yaitu Sasser.B, Sasser.C, dan Sasser.D.





SATA. Serial Advanced Technology Attachment adalah sebuah standar interface dan command set untuk transfer data antar device ke PC bus. Berbeda dengan IDE yang menggunakan signal parallel, SATA bekerja secara serial. Memungkinkan penggunaan kabel data yang lebih ringkas, jarak kabel yang lebih panjang, dan transfer speed yang lebih cepat. Yang sebelumnya telah digunakan memiliki transfer data rate 150 MB/s (SATA-150). Yang sekarang banyak digunakan adalah SATA-300 (SATA II), dan kelak bahkan SATA-600.


Sci-Fi. Singkatan dari Science Fiction, merupakan genre yang berpengaruh kuat karena khayalan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi, sering berhubungan dengan suasana di masa depan. Berbeda dengan fantasi, khayalan dan imajinasi dalam sci-fi masih mungkin diwujudkan oleh hukum-hukum ilmu pengetahuan yang ada walaupun beberapa elemennya masih sebatas spekulasi.


Screenshot. Disebut juga sebagai screen dump ataupun screen capture. Merupakan gambar yang diambil dari apa yang ditampilkan oleh monitor. Screenshot umumnya diambil sebagai image digital, menggunkaan program yang telah disediakan oleh desktop. Namun, bisa juga screenshot diambil dengan menggunakan device eksternal, seperti halnya kamera. Screenshot bisa berupa tangkapan satu layar penuh, window tertentu saja, atau bagian tertentu dari layar. Di Linux, kita bisa menggunakan program snapshot, gimp, imagemagick, xwd, dan lain sebagainya untuk mengambil screenshot.


Script. Serangkaian instruksi / perintah untuk melakukan sesuatu yang ditulis dengan kode-kode bahasa pemrograman. Script dapat langsung dijalankan tanpa harus di compile ke dalam object code.





SD Card. Secure Digital Card diperkenalkan pada tahun 2001 oleh SanDisk Corporation, Matshushita (Panasonic) dan Toshiba. Dikembangkan dari MMC sehingga memiliki banyak kesamaan. Dengan dimensi 32 x 24 x 2,1 mm (kurang lebih seukuran perangkato), berat seitar 2 gram.


SDL. Simple DirectMedia Layer adalah library pemrograman untuk membuat Software multimedia di berbagai sistem operasi. Dengan SDL, programmer dapat mengakses layar, suara, papan tik, joystick, hardware 3D, dan 2D framebuffer dengan cara yang sama di berbagai sistem oeprasi. Kelebihan dari SDL adlaah dapat diguankan dengan berbagai bahasa pemrograman.





SDHC. (Secure Digital High Capacity) card adalah salah satu jenis flash memory card, dengan kapasitas lebih besar dari 4 GB. SDHC card menjadi removable memory pada beragam perangkat, seperti kamera digital, camcorder, PDA, MP3 player, dan seterusnya. SDHC card hanya dapat difungsikan pada slot yang mendukung spesifikasi SDHC 2.0. Slot SD spesifikasi 1.0/1.1 tidak dapat mengakses SDHC card.


Self-hosted. Istilah yang merujuk pada penggunaan aplikasi web pada host. Dalam kasus WordPress, misalnya terdapat dua jenis penggunaan blogware ini; Developer hosted (untuk WordPress.com) dan self-hosted (untuk WordPress.org). Pada kasus kedua, self-hosted, Anda diizinkan untuk men-download script WordPress dan meng-install-nya di host sendiri.





SEM. Search Engine Marketing. Bentuk pemasaran Internet yang bertujuan untuk mempromosikan website mereka dengan meningkatkan visibilitas di SERP. Menurut Search Engine Marketing Professional Organization, metode SEM termasuk SEO, penempatan berbayar. Sumber lain, termasuk New York Times, mengartikan SEM sebagai praktek membeli daftar pencarian berbayar.





SEO. Search Engine Optimization. Seperangkat metode yang bertujuan untuk menaikkan peringkat website dalam SERP, dan dapat dianggap sebagai again dari SEM. Istilah SEO juga mengacu kapada “search engine optimizer”, sebuah industry konsultas yan menjalankan proyek optimasi mewakili situs client mereka.





Server Samba. Paket program yang berjalan pada system Linux yang mampu menerapkan protocol SMB (Server Message Block) pada platform Linux. Dalam windows, SMB berperan sebagai protocol yang digunakan untuk membagi data, baik dari perangkat CD-ROM harddisk maupun perangkat output seperti printer sehingga dapat diguankan bersama-sama. Server Samba mampu bertindak sebagai jembatan yang menghubungkan dua komputer yang menggunakan sistem operasi berbeda, misalnya Windows dan Linux.


Server side. Lawan dari client side atau browser side, server side berarti berjalan di server bukan di web browser atau client. Contoh server side adalah ketika request dating dari client, web server akan memerintahkan server scripting meng-generate HTML untuk dikirimkan kepada web browser client. PHP, ASP, CFML, JSP adalah contoh-contoh sever side.


setProperty ( ). Fungsi yang berguna untuk mengubah nilai property dari sebuah movieclip sat movieclip tersebut berjalan. Dengan format setProperty (a, b, c). Parameter a merupakan path ke instance name movieclip yang akan diset propertinya, parameter b menunjukkan property yang akan diset dari movieclip tersebut, dan parameter c akan menjadi nilai baru properti tersebut.





SHA. Secure Hash Alogrithm merupakan salah satu algoritma fungsi hash yang digunakan. SHA adalah fungsi hash satu arah yang dibuat oleh NIST dan digunakan bersama DSS (Digital Signature Standard). SHA didasarkan pada MD4 yang dibuat oleh Ronald L.Rivest. SHA disebut aman (secure) karena ia dirancang sedemikian rupa sehingga secara komputasi tidak munkin menemukan pesan yang berkorespondensi dengan message digest yang diberikan.





Shape Tool. Fasilitas untuk memanipulasi garis lengkung vector dengan memanfaatkan titik poros (nodes) pada objek vector.





Shell. Suatu perangkat yang memungkinkan user untuk berinteraksi dengan operating system. Shell menyediakan jalur akses layanan ke kernel. Shell pada operating system pada umumnya terbagi menjadi dua yaitu command line dan grafis, masing-masing menghasilkan CLI (Command Line Interface), dan GUI (Graphical User Interface).





Shortcut. Dalam system oeprasi Microsoft Windows, shortcut merujuk pada file yang berukuran kecil yang digunakan untuk membuka program atau file lain pada direktori tertentu. Alih-alih mencari dan menemukan file dalam Windows Explorer dengan menggunakan short cut, kita bisa membuka file tanpa perlu menemukan lokasi asli file tersebut. Shortcut sangat umum untuk ditempatkan pada desktop, taskbar, atau dalam menu utama


Shortcut. Sebuah link untuk apa pun yang dapat diakses pada komputer Anda atau dalam jaringan, seperti program, file, folder, disk drive, halaman website, printer atau komputer lain. Anda dapat meletakkan shortcut di mana saja, seperti pada desktop, atau dalam suatu folder.


Slideshow. Menampilkan serial gambar / materi yang telah dipilih. Umumnya, istilah slidesohow merujuk kepada presentasi yang ditampilkan dengan palikasi pengolah / penampil presentasi, seperti Microsfot PowerPoint ataupun OpenOffice.org impress. Desktopmodern seperti KDE juga menyediakan fasilitas mirip dengan slideshow untuk wallpaper, di mana serial gambar terpilih secara periodik akan berganti menghias layar. Slot Memory Card. Ruang yang digunakan untuk menempatkan memory card jenis tertentu. Hal ini biasanya digunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan data. Pada ponsel ukuran slot yang disediakan lebih umum bertipe mini atua micro, misalnya microSD.





SMB. Server Message Block adalah istilah yang mengacu kepada protokol client / server yang ditujukan sebagai layanan untuk file sharing di dalam sebuah jaringan. Protokol ini seringnya digunakan di dalam Microsoft Windows dan IB OS/2. Sistem operasi berbasis UNIX juga dapat menggunakannya dengan tambahan perangkat lunak yang disebut dengan SAMBA. Protokol SMB ditemukan oleh Dr. Barry Feignbaum dari Laboratorium Boca Raton milik IBM. Protokol itu selanjutnya dikembangkan lebih lanjut oleh 3Com Corporation, IBM, Intel, dan Microsoft pada pertengahan decade 1980 hingga akhir decade tersebut. SMB awalnya menggunakan protocol NetBIOS over TCP/IP (NBT) sebagai protocol lapisan transport-nya. Dengan begitu, SMB juga dapat diguankan dalam sebuah jaringan TCP/IP yang lebih luas dukungannya.





SMIL. Synchonized Multimedia Integraton Language. Bahasa markup berbasis XML yang direkomendasikan E3C untuk menggambarkan presentasi multimedia. SML mendefinisikan antara lain: markup untuk timing, layout, animasi, transisi visual dan media embedding. SMIL mengizinkan presentasi item media seperti teks, image, video, dan audio sebagaimana link pada presentasi SMIL lainnya, dan file dari banyak web server.


SOI. Di dunia chip, Silicon On Insulator (SOI) adalah suatu teknik dalam pembuatan chip untuk mengurangi kapasitansi bocor pada komponen chip yang akan diguankan pada kecepatan tinggi dan daya kecil atau kebalikannya. Hal itu dilakukan dengan menempatkan satu layar Kristal silkon di atas sebuah layar insulator.


Solver. Diapaki untuk memecahkan masalah optimasi linier dan non linier. Solver bisa dipakai untuk memecahkan masalah dengan variable hingga 200, 100 constraint explicit, dan 400 simpel constraint. Misalnya, Solver bisa dipakai untuk memperkirakan kombinasi mobil yang bisa dibeli berdasarkan dana dan constraint yan gsudah ditentukan.


SQL. (Strutured Query Language) adalah bahasa yang dipergunakan untuk mengakses data dlaam basis data relation. Bahasa ini secara de facto adalah bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua semua server basis data yang ada mendukung bahsa ini dalam manajamen datanya.





SQLite. Sebuah sistem atau engine database yang ccok untuk keperluan embedded applicaton. Sejauh ini, SQLite mempunyai kemampuan yang cukup cepat untuk database yang mempunyai table dengan kapasitas di bawah 3.000 baris. SQLite yang didesain untuk embedded application, tidak mengenal adanya RDBMS (Relational Database Management System). SQLite menulis dan membaca langsung dari file yang terdapat dalam disk (lebih mirip dengan Microsoft Access). Hal ini menghasilkan performa yang lebih irit memory pada saat database tidak digunakan.


SSL. Secur Socket Layer, merupakan cryptographic protocol yang menyediakan komunikasi data secara aman, terutama melalui Internet. Kali pertama dikembangkan oleh NetScape, protocol ini mengenkripsi data agar tidak mudah dibaca meskipun jalur data dapat disadap. Saat ini, pengguna SSL sudah cukup banyak, antara lain untuk mengirimkan data username dan password, serta account bank melalui HTTPS.





Stethoscope. Stethscope adalah salah satu peralatan medis yang berfungsi untuk mendengarkan suara dalam tubuh dari pasien, baik itu aliran darah maupun organ tubuh lainnya. Stethoscope fungsi utama memperbaiki akustik suara dari objek yang dituju sehignga dapat lebih jelas terdengar.





Streaming. Sebuah teknik untuk mentransfer data agar dapat diproses secara stabil dan berkelanjutan. Teknologi streaming memungkikan sebuah aplikasi dapat menjalankan data walaupun keseluruhan data belum terdownload. Contohnya adalah streaming audio dan streaming video.


Streaming. Teknologi yang mampu mengkompresi atau menyusutkan ukuran file audio dan video agar mudah di transfer melalui jarignan Internet. Pentransferan file audio dan video tersebut dilakukan secara “stream”, alias terus menerus. Dari sudut pandang prosesnya, streaming berarti sebuah teknologi pengiriman file dari server ke client melalui jarignan packed based semisal Internet. File tersebut berupa serangkaian paket time stamped yang disebut stream.





String. Kumpulan dari satu atau lebih elemen yang berjenis alphanumeric ataupun karakter ASCII. Dalam bahasa pemrograman, nilai dari variable string biasanya ditandai dengan awalan dan akhiran karakter tanda petik tunggal atau tanda petik ganda.





Sun Microsystems. Sebuah produsen semikonduktor dan perangkat lunak yan gbermarkas di Santa Clara, California, di SIlikon Valley. Pabrik Sun terletak di Hillsboro, Oregon, dan Linlithgo, Skotlandia. Pada tahun 2010, Sun Microsystems diakuisisi oleh Oracle Corporation sebesar US$ 7,4 miliar. Sejumlah aplikasi free dan open source popular yang dibuat oleh Sun Microsystems di antaranya Java, MySQL, dan NFS.


SWF. Format grafis vector yang dihasilkan oleh aplikasi Flash dari Adobe (dulunya Macromedia). SWF bisa berisi animasi atau applet interaktif. SWF juga biasa dipakai untuk menu pada DVD dan iklan. SWF merupakan kependekan dari Small Web Format atau Shockwave Flash. Saat ini SWF menjadi format yang dominan untuk menampilkan animasi vector grafis di web, melampaui format SVG yang dibuat oleh W3C.





Swing. Kumpulan komponen dalam JAVA yang digunakan untuk pemrograman GUI (Graphical User Interface). Berbagai macam komponen tersedia untuk berbagai fungsi, termasuk menampilkan gambar dan juga table. Salah satu keunggulan Sing adalah dapat diintegrasikan dengan IDE popular saat ini untuk membaut program dengan drag and drop.





Symbian. Sebuah operating system yang dibuat khusus untuk perangkat mobile yang terasosiasi dengan beberapa library, tampilan grafik, dan berbagai macam tool. Aplikasi ini diproduksi oleh Symbian Ltd. Symbian bukan OS ponsel yang gratis. Tapi biasanya sudah disertakan pada palet ponsel-ponsel merk tertentu. Pada perkembangannya, Symbian memfokuskan dirinya pada urusan koneksi tanpa kabel atau wireless.


System File Checker. Utilitas tambahan dari Microsoft Windows yang memungkinkan user dapat melakukan scan, dan memperbaiki kerusakan dalam file sistem Windows. Utilitas ini tersedia pada Windows 9 hingga Windows Vista. Pada Vista System File Checker terintegrasi dengan Windows Resource Protection yang melindungi key registry dan folder, seperti halnya file sistem yang kritikal. Pada sistem operasi ini pula, stc.exe dapat digunakan untuk mengecek folder path yang spesifik, termasuk folder Windows dan folder boot.

No comments:

Post a Comment